1
220

Akhirnya aku bisa nyetir, ini Tahapan yang baik dan benar

Halo sahabat King’S,Udah pada bisa nyetir belom? Malu-maluin kalo ngga bisa, udah 2018 masa ngga bisa nyetir. apalagi kalau kalian cowo, sungguh terlalu kalo ngga bisa, ngga ada alasan bagi kalian ga bisa,

Kali ini gw mau share pengalaman gw dar, sehingga gw harus bisa nyetir, meski ngga punya mobil. Yaps rental banyak kali, kursus nyetir juga banyak.

Sedikit ilustrasi, manusia itu di hargai salah satunya karena keahliannya, manusia itu di butuhkan karena kebermanfaatannya. Banyak cara untuk bisa bermanfaat, salah satunya bisa nyetir. Yang gw maksud nyetir mobil yah, bukan nyetir motor hehehe

Karena mau, akhirnya jadi mampu

kemauan menyetir

Malu juga sih nyeritainnya, dulu gw sempet deket sama seorang cewe, tapi bukan mau cerita tentang ceweknya ya. Suatu hari gw main kerumah doi pake motor kesangan gw, singkat cerita di ajak sama ortunya untuk makan diluar. Seneng sihh berarti ortunya baik sama gw.

Tapi yang jadi masalah berangkatnya pake mobil doi, singkat cerita pas mau berakngkat.

ortu gebetan : dul ?

gw                 : iya pak.

Ortu gebetan: kamu yang nyetir ya, bapak capek duduk aja.

Gw ga lanjutin percakapannya, pasti kalian tau jawabannya. Yaps betul sekali, malah gw yang duduk, gimana mau nyetir orang gw kagak bisa, punya aja kagak, hehehe. Dari situlah mulai deh gw belajar nyetir. Sampe gw bisa nyetir.

Gw mau sharing dari seorang sopir pemula ini mungkin yang para dewa nyetir bisa komen yah, dan ngasih saran, atau bagi yang mau beljar bisa menerapkan pola yang gw pake, hehehe

“Disetiap usaha pasti ada Jalan”

Tahapan Nyetir yang baik dan benar

Ouhh iya, mobil ke bagi dalam 2 jenis segi transmisi, ada yang manual dan ada yang matic. Gw pertama belajar pake manual guys, kebetulan ada mobil yang biasa dipake ngangkut sayur. Ceritanya itu mobil suka dipake belanja sayur kemudian gw ngikut-ngikut belajar nyetir.

Sebelum gw memutuskan belajar nyetir, ngga lupa minta izin sama orang tua, biar berkah dan ucapin bismillah hehehe. nah ini tahapan bagi pemula yah. FYI gw di ajarin sama temen yang emang dewa lah kalo masalah nyetir

1. Kenali Mobil dengan Segala Atributnya

atribut nyetir

Tahap pertama, jika kalian ingin belajar nyetir mobil, gw saranin pake manual. Kenapa demikian biar ntar ngga belajar dua kali, skalinya pake matik tinggal jos aja, bagi pemula hal yang harus diperhatikan  mengetahui posisi alat/tombol dan fungsi dari atribut-atribut mobil.

Mengetahui fungsi atribut di mobil sebagai langkah mudah untuk ke tahan selanjutnya. Pepatah dari guru nyetir gw. berikut atribut pokok di mobil:

  • Pedal gas
  • Pedal Kopling
  • Pedal Rem
  • perseneling (operan gigi)
  • rem tangan
  • tombol lampu sein
  • posisi kaca spion
  • tombol pembuka tutup bahan bakar
  • posisis, kunci pintu

2. Perhatikan Posisi ketika menyetir

tahapan nyetir

Tahap kedua, kenapa posisi menyetir harus di perhatikan, karena ini akan jadi kebiasaan yang buruk jika tidak dilatih dari awal. Jika tidak baik dalam posisi menyetir bisa menyebabkan cedera ringan bahkan sakit. berikut posisi yang harus di perhatikan.

  • Posisi duduk tegak menghadap ke depan
  • posisi tangan ketika menyetir
  • posisi tangan ketika memegang perseling
  • posisi kaki ketika menginjak pedel baik gas, rem, kopling

Seperti yang di alami gw, salah satu contoh ketika duduk, badan gw selalu nyender agak membungkuk, yang menyebakan cepet pegel brayy. Trus posisi kaki ketika menginjak pedal kopling, karena terlalu sering di tahan, padahal ketika tidak menginjak bisa di lepaskan, yang menyebabkan kaki gw suka kram.

3. Peraktek Belajar mengemudi

tahapan nyetir

Pertama-tama jangan panik ya guys, santai aja. Sebelum memulai pastikan kondisi mesin mesin mati dan posisi netral pada persneling. Untuk memulai start hidupkan mesin dengan memutar kunci, tunggu beberapa saat hingga mesin siap

Pada saat mesin udah nyala, perlahan injak kopling terus masukkan ke gigi satu, kaki kanan menghimpit gas sampai suara mesin meningkat. Pelan-pelan kopling di lepas tanpa menaikkan gas, mobil mulai jalan tapi, jenis-jenis mobil lama harus agak di injak gas nya.

Kebetulan gw belajar pake mobil lama jadi gas agak di injak dikit biar ngankat , sampai mobil satabil dan lepaskan kopling.

Step selanjutnya sama sampai kecepatan tinggi untuk mengoper gigi. Kemudian untuk berhenti mulai dengan menurunkan gas secara pelan pelan dan injak kopling oper gigi ke rendah.

4. Safety Driving

tahapan safety drive

Belajar mobil gampang- gampang susah, ya lumayan lah hari pertama gw udah bisa maju mundur. Tapi kalo ke jalan raya/jalan umum belum berani hehehe. Gw coba memberanikan diri tapi di temenin sama yang udah jago.

Banyak terjadi kecelakaan lalu lintas di akibatkan oleh pengendara itu sendiri, hal paling dasar yaitu tidak memakai sabuk pengaman. Nyetir karena ngantuk, muat beban yang over. Hal tersebut karena kebiasaan dari awal pertama belajar nyetir, makanya gw disaranin untuk membiasakan hal tersebut.

kata orang-orang, ngga jago kalo belum nabrak/kecelakaan katanya.

Oh iya lupa gw diajarin nyetir sama temen namanya Lucky, kalo dari tingkatan nyetir doi udah dewa. Nanti gw ceritain deh di artikel selanjutnya tentang sahabat-sahabat gw. next

Kecelakaan, meningkatkan skill dan kepercayaan

kecelakaan tahapan nyetir

Singkat cerita gw udah bisa nyetir. Definisi bisa nyetir diartikan sesorang yang sudah bisa nyetir sendiri tanpa harus di dampingi, dan mampu mengoprasikan mobil baik di tankan ataupun turunan, dan parkir mobil.

Ceritanya gw lagi kerja, kalo gak salah hari jumat, memang dikantor ada mobil inventaris yang di gunakan untuk mobilitas sehari-hari. ketika pulang kerja gw pake tuh mobil, kondisi jalanan lagi macet juga. ngga nyangka juga sih, mungkin karena asik ngobrol tiba tiba, “jedak” gw nabrak mobil dari belakang.

Nggak gw lihat efek tabrakannya, paling lecet dikit, nanti ajalah di kosan ceknya. dan ternyata pas di cek, cukup elus dada lumayan ancur, lampu pecah, bemper ancur dan kap mesin ngangkat. dari kejadian itu gw semakin hati hati kalo nyetir lagi.

Hikmah dari kecelakaan

tahapan nyetir

The first accident dari kejadian tersebut, banyak pengalaman yang gw ambil. Terutama ketika nyetir, meskipun dari tahap belajar udah menerapkan tahapan nyetir  yang bener, tapi kalo udah musibah ya mau gimana lagi.

dari semenjak kecelakaan, alhamdulillah sampe sekrang belom pernah kecelkaan, nabrak atau kejadian yang ngga di inginkan lagi. tapi jangan sampe kejadian lagi lah, mungkin hikmahnya jadi lebih hati-hati, lebih jago dan skill pun meningkat siring bertambahnya jam terbang nyetir.

sampe sampe gw pernah nyoba, nyetir mobil bak yang berisi muatan penuh, sensasinya men degdegan, nginjek gas kayak udah mentok sampe bawah. pantesan kalo liat mobil mobil teruk di tanjakan jalannya pelan, dulu sih sering ngomel ga jelas ke supir truk, tapi setelah gw merasakan, diem aja deh. hehehe

Cukup sekian dan terima kasih, itu pengalaman gw nyetir, plus tahapan yang baik yang benar. kalo mau sharing atau nanya boleh komen di bawah ya bro and sist.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply