5302

25 Alat Musik Sunda Khas Jawa Barat [Lengkap dengan Penjelasannya dan Gambar]

Alat Musik Sunda- Menurut perkembangannya alat musik tradisional di indonesia sudah ada sejak zaman kerajaan Prabu Siliwangi. Indonesia merupakan negara dimana banyak suku dan bahasa pembentuknya. Perbedaan suku mempengaruhi ke dalam jenis-jenis musik daerah.

Suku sunda merupakan suku asli yang terletak di provinsi Jawa Barat. Suku Sunda merupakan salah satu suku terbesar yang ada di Indonesia. Sudah tidak diragukan lagi, jika ditanya tentang seni, orang sunda terkenal dengan darah seni nya yang tinggi.

Banyak seni yang berkembang di tatar parahyangan, baik seni pertunjukan, seni musik, maupun seni lukis. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang alat musik yang ada di jawa barat. Mungkin banyak yang tidak tahu nama, bahkan bentuk alat musik sunda.

Yuk kita bahas apa saja sih alat musik sunda, agar pengetahuan kita bertambah. Terkhusus buat kamu orang sunda.

Alat Musik Sunda Khas Jawa Barat

Jenis musik suatu daerah merepresentasikan karakter daerah tersebut. Keberagaman alat musik di Indonesia sangat banyak, mulai dari ujung Aceh sampai ujung Papua. Tidak terkecuali keberagaman alat musik di daerah Jawa Barat. Berikut beberapa alat musik sunda yang wajib anda ketahui.

Terdapat beberapa jenis alat musik sunda berdasarkan cara memainkannya. Pertama alat musik yang terbuat dari bambu, alat musik yang di tiup, alat musik yang di gesek,dan alat musik yang dipukul.

Alat Musik Sunda yang dipukul

Alat musik yang dipukul merupakan jenis alat musik yang mengeluarkan bunyi atau suara dengan cara di pukul. Banyak jenis alat musik pukul, apalagi di Indonesia dengan ragam budaya dan bahasanya yang banyak, alat musik pukulnya pun banyak.

Ada beberapa alat musik pukul yang menjadi ciri khas daerah dengan populasi terbesar di Indonesia ini. Salah satunya kendang dan jenglong. Berikut pembahasannya

Baca Juga : Sejarah Perabu Siliwangi Raja diraja Tanah Sunda

Alat Musik Kendang atau Gendang

alat musik kendang

Sudah tau kan dengan alat musik yang satu ini, yaps benar sekali namanya kendang. Kendang atau gendang, merupakan alat musik pukul khas Jawa Barat. Kendang digunakan sebagai instrumen dari rangkaian gamelan.

Jika di musik moderen kita mengenal drum, sebagai alat musik pengatur tempo. Maka kendang adalah alat musik yang digunakan untuk mengatur ritme di musik tradisional, terutama musik gamelan

Cara memainkan kendang yaitu dengan teknik di pukul, dalam bahasa sunda disebut dengan istilah tepak  atau ditepak. Ditepak mempunyai arti dipukul dalam bahasa Indosesia. Ditepak bukan berarti di pukul sebagaimana kita memukul sesuatu. Ditepak merupakan teknik memukul alat musik dengan telapak dan ujung tangan.

Pola tepakan atau pukulan pada alat musik ini tidak senbarangan. Dalam mementaskan gamelan, kendang menjadi faktor utama penentukan interval dan ritme musik yang dibawakan.

Alat musik kendang terbuat dari kayu, kulit dan rotan berkualitas. Salah satu kayu yang sering digunakan adalah kayu nangka, sedangkan bahan kulit yang dipake adalah kulit kambing dan sapi/kerbau yang berkualitas. penggunaan kulit pada kendang di dasarkan pada pemilihan nada pada kendang itu sendiri.

Kendang bagian bawah bernada rendah menggunakan kulit kerbau. Sedangkan untuk bagian atas yang bernada tinggi menggunakan kulit kambing. Kemudian tali yang digunakan adalah tali yang terbuat dari rotan.

Cara Memainkan Kendang/Gendang

Pertama pastinya harus ada kendangnya dulu, kemudian memperhatikan posisi gendang sebelum dimainkan. Posisi gendang bagian yang besar di letakan di bawah kemudian bagian kendang yang kecil di posisi atas.

Setelah itu anda mengambil posisi tangan kanan di bagian gendang yang berukuran kecil, sedangkan tangan kiri di letakan di bagian gendang yang berukuran besar. Posisi kaki otomatis mengikuti posisi tangan. duduk yang yaman dan seenak mungkin.

Kedua perhatikan cara memukul atau menepak kendang. Karena posisinya sebelah kanan jadi, cara memukul gendang pada bagian kecil dengan cara memukul dengan menggunakan telunjung dan jari.

Buat ketukan sesuai ritme lagu yang ada ingin mainkan. jika anda masih belum bisa, di tingkatkan lagi kemauan belajarnya. Dengan sara mengulang semakin lama semakin paham.

Ketiga cara memukul bagian bawah kendang dengan tangan kiri. Tentunya berbeda cara memukulnya kendang bagian kanan. Cara memukul kendang bagian bawah dengan memukul oleh semua ujung telapak tangan dan di tahan bagian dalam tangan. Selait itu menggunakan bagian tumit kaki untuk meredam suara bas gendang.

Alat Musik Sunda Jenglong

Jengglong

Jengglong merupakan salah satu instrumen atau alat musik Sunda. Jenglong adalah satu jenis alat musik pukul khas jawa barat, Jenglong memiliki fungsi sebagai pembuat nada dasar dan kerangka lagu pada seni gamelan.

Alat musik ini terbuat dari kuningan atau perunggu sama halnya dengan bahan pembuat bonang dan saron. Alat untuk memukulnya terbuat dari kayu yang ujungnya dibuat bulatan kemudian dibungkus kain wol halus atau karet tipis yang di ikatkan ke ujung pemukul.

Cara Memainkan Jenglong

Cara memainkan jenglong, yaitu dengan dipukul halus. Jenglong memiliki ciri bentuk bilah-bilah yang berjejer di atas resonator atau ruang suara. Masing-masing resonantor berjumlah 3 bilah bilah-bilah terbagi pada dua buah ancak yang dan permukaannya berpencong dengan diameter 30-40 cm.

Selain memiliki ciri bilahan, ada beberpa jenis jenglong berbentuk bulat  berpencong permukaannya.

Alat Musik Sunda yang di Petik

Alat musik petik adalah jenis alat musik yang jika di petik akan mengeluarkan suara atau nada-nada tertentu. Instrumen pada alat musik yang di petik mengeluarkan bunyi berurutan sesuai urutan petikan pada alat musiknya.  Tidak terkecuali alat musik khas tradisional jawa barat.

Secara global banyak jenis alat musik peting yang terkenal, salah satunya gitar. Namun pada bahasan kali ini saya akan membahas tentang alat musik petiknya orang sunda. Kita ketahui ada kecapi dan tarawangsa, berikut beberapa contoh alat musik sunda yang dipetik

Alat musik Kacapi

Kacapi Rincik

Kacapi Rincik

Alat musik kacapi merupakan alat musik tradisional khas jawa barat yang di mainkannya dengan cara di petik. Kacapi biasanya dimainkan solo (perseorangan) atau untuk mengiringi musik pentas lainnya. Kacapi terbuat dari kayu sebagai badan alat musiknya dan senar sebagai instrumen tempat keluarnya suara.

Kacapi terdiri dari dua jenis berdasarkan fungsinya ketika dimainkan

  • Kacapi rincik / kacapi anak
    • Kacapi anak memiliki fungsi sebagai pengiring musik dengan frekuensi tinggi. Kacapi rincik memiliki 15 not balok pada umumnya
  • Kacapi indung / kacapi induk
    • Kacapi indung adalah kacapi yang berfungsi sebagai pemimpin kacapi, dimainkan dengan cara memberikan introbridges,. san berfungsi Juga menentukan tempo, dawai yang digunakan antara 18 sampai 20 dawai

Nada pada kacapi terdiri dari 5 nada laras pelog sunda, yaitu 1 (da), 2(mi), 3(na), 4(ti) 5(la) 1(da)

Cara Memainkan Kecapi

Sebagai pengetahuan berikut teori cara memainkan kacapi

Teknik yang pertama disebut teknik sintreuk-toel ialah suatu teknik cara memainkan kecapi dengan cara dipetik menggunakan telunjuk kanan dan kiri.

Perhatikan gerakan dan posisi jari yakni satu telunjuk kanan melipat ke dalam. Kemudian ujung kukunya menyentuh bagian senar dengan gerakan ”menjentik” dan telunjuk bagian kiri agak melengkung ke bagian bawah. Noel ”  adalah posisi ujung kuku memetik senar dengan gerakan sedikit menyentuh.

Teknik diatas dilakukan supaya posisi kedua jari ketika melakukan gerakan tersebut dapat menghasilkan alunan nada yang diinginkan. Fungsi jari tersebut sebagai cara untuk mengeluarkan nada pada kecapi

Teknik yang kedua yaitu teknik “jambret” yaitu sebuah teknik dimana nada yang keluar sekaligus tiga nada bersamaan. Nada tersebut keluar akibat  sebuah petikan jari-jari bagian kanan, dengan menggunakan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah. Sedangkan bagian kiri menggunakan ibu jari dan telunjuk.

Alat Musik Jentreng

alat musik sunda

Alat musik tradisional petik lainnya adalah jetreng. jenis alat musik khas jawa barat ini merupakan sejenis alat musik mirip dengan kacapi namun berbeda dari penggunaan nadanya. Jika kacapi menggunakan lima laras pelog (da, mi, na, ti, la, da), jentreng menggunakan 7 buah nada seperti berikut

  • Laras Pelog
    Dawai 1 bernada 5 (la atau singgul)
    Dawai 2 bernada 1 (da atau barang)
    Dawai 3 bernada 2 (mi atau loloran)
    Dawai 4 bernada 3 (na atau panelu)
    Dawai 5 bernada 4 (ti atau galimer)
    Dawai 6 bernada 5 rendah (oktav la)
    Dawai 7 bernada 1 rendah (oktav da)
  • Laras Salendro
    Dawai 1 bernada 4 (ti atau galimer)
    Dawai 2 bernada 1 (da atau barang)
    Dawai 3 bernada 2 (mi atau loloran)
    Dawai 4 bernada 3 (na atau panelu)
    Dawai 5 bernada 4 (ti atau galimer)
    Dawai 6 bernada 5 rendah (oktav la)
    Dawai 7 bernada 1 rendah (oktav da)

Jika dibandingkan dengan kacapai ukuran jentreng lebih kecil. Jentreng terbuat dari bahan kayu kenanga atau nagka.

Cara Memainkan Jentreng

Jika anda ingin mempelajari musik ini, terlebih dahulu anda harus memahami teori dari cara memainkan alat musik jentreng. Cara memainkan alat musik jentreng sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara memainkan kecapi, yaitu dengan cara dipetik dengan teknik di-toel (disentuh) dengan jari kiri-kanan.

Tahap pertama yaitu, tempatkan telunjuk, jari tengah, dan ibu jari tangan kanan untuk memetik nada-nada tinggi. kemudian telunjuk tangan kiri untuk menyentuh nada-nada rendah. petik senar sesuai urutan, sesuai lagu yang akan dimainkan.

Alat Musik Sunda yang Di Gesek

Alat musik gesek adalah jenis alat musik yang jika di gesek akan mengeluarkan suara. resonansi yang di hasilkan dari gesekan alat dan senar pada alat musiknya berupa nada nada laras pelog. Alat musik gesek pada seni musik berfungsi sebagai instrumen pelengkap dalam suatu seni tampilan.

Dimusik moderen kita mengenal biola, namun ada juga alat musik gesek tradisional yang menghasilkan suara indah, berikut beberapa jenis alat musik gesek khas jawa barat

Alat Musik Rebab

alat musik Rebab

Rebab merupakan salah satu alat musik tradisional indonesia yang termasuk kedalam jenis alat musik gesek. Rebab merupakan serapan dari bahasa arab. Rebab menjadi alat musik pengiring pada beberapa jenis seni pertunjukan.

Bahan utama pembuatan rebab adalah kayu dengan penutup resonatornya berupa kulit yang tipis, kemudian di pasang senar. Sedangkan alat gesek rebab terbuat dari bulu atau rambut hewan ternak. Nada yang dihasilkan berupa nada pentatonis.

Cara memainkan

cara memainkan alat musik rebab ini dengan cara di gesek, tentunya dengan aturan baku penggunaan rebab. biasanya musik rebab di mainkan oleh seseorang sebagai pengiring alunan dalam musik pertunjukan

Alat Musik Tarawangsa

Alat musik tarawangsa merupakan alat musik tradisonal yang lebih dulu ada dibanding rebab. Pada awal kemunculan alat musik gesek, tarawangsa menjadi alat musik gesek pengiring musik pertunjuka. Namun pada masa penyebaran kerajaan islam alat musik gesek rebab muncul sebagai perkembangan dari tarawangsa.

Perbedaan tarwangsa dengan rebab lebih kepada dimensi alat musiknya dan nada yang digunakan. Pada masa itu tarawangsa disebut rebab jangkung karena ukurannya lebih besar dibandingkan rebab. Selain itu tarawangsa menggunakan laras pelog dalam penggunaan nadanya.

Cara memainkan tarawangsa

cara memainkan tarawangsa, sama halnya dengan memaikan rebab dengan teknik menggesek, namun dengan aturan laras pelog. tarawangsa biasa dimainkan solo atau sendiri sebagai musik pertunjukan tidak sebagai pengiring sebuah musik lainnya

Alat Musik Sunda yang di Tiup

Alat musik tiup adalah jenis alat musik yang jika di berikan tekanan udara akan mengeluarkan nada-nada tertentu. Suara yang di hasilkan dari alat musik ini disebabkan tekanan pada rongga alat tersebut, sehingga menimbulkan nada.

Karakter dari alat musik tiup ini menghasilkan suara yang halus. Contohnya suara yang keluar dari sexofon, bunyi yang dihasilkan mempunyai karakter tersendiri. Begitu juga dengan alat musik tradisional seperti suling dan karindig. Dibawah ini akan dibahas tentang kedua jenis musik ini

Alat musik sunda yang menghasilkan suara ketika di tiup adalah suling dan karinding.

Alat Musik Suling

suling

Suling sunda, merupakan alat musik tiup khas jawa barat. Kenapa saya bilang suling sunda, karena di berbagai daerah di indonesia ada juga jenis-jenis suling sesuai daerah asal masing masing. Ciri khas suling Sunda yaitu mempunyai kekhususan tersendiri. Suling sunda memiliki lubang enam dengan nada laras pelog.

Suling terbuat dari 100% bambu, jenis bambunya pun dinamakan bambu suling. penamaan tersebut digunakan hanya jenis bambu itu yang bisa digunakan buat membuat suling. pada ujung suling sunda di buat iket sebagai penahan udara ketika di tiupkan

Cara memainkan suling

Cara memainkan suling pada dasarnya dengan cara ditiup dan untuk menghasilkan nada yang berbeda, ada lubang pengatur. Untuk memainkan suling disarankan mengetahui nada dasar yang keluar dari masing-masing lubang suling.

lakukan latihan sesering mungkin agar anda mahir dalam meniupkannya

Musik Khas Tradisional Karinding

alat musik karinding

Pada sejarahnya karinding dibuat dan digunakan untuk mengusir hawa, ketika seseorang sedang menunggu padi di sawah. Asal kata karingding dari kata “Ka” Sumber dan “rinding” Suara, yang berarti sumber suara yang di guanakan sejenis hama atau serangga disawah.

Karinding merupakan alat musik sunda, yang mulai terangkat eksistensinya sekitar tahun 2000 an. Sebagai musik khas sunda karinding mempunyai ciri khas dari suara yang di hasilkan. Di jawa barat, karinding bisa ditemukan di daerah Citamiaang, Tasik Malaya, Cianjur Selatan dan daerah Kab Bandung.

Bahan uatama pembuatan karinding ada dua jenis, yang pertama dari bahan pelepah kawung (aren) dan yang kedua dari bambu.

Cara Memainkan Karinding

Cara meainkan alat musik tiup ini cuku simple. Karena karinding ukurannya cukup kecil maka karinding bisa di pegang satu tangan. Pertama tama pegang karinding dan tempelkan ruas badan karinding di depan mulut yang agak terbuka.

Tahap kedua untuk memunculkan suara karinding dengan cara memukul atau menyentir ujung ruas paling kanan karinding dengan satu jari hingga “jarum”. Karinding pun bergetar secara intens, nada yang keluar merupakan efek dari gertaran bambu pada tengah karinding yang beresonansi dengan rongga mulut.

Suara yang dikeluarkan akan tergantung dari rongga mulut, nafas, dan lidah.

video diatas merupakan contoh memainkan karinding.

Penutup

Nah cukup lengkap kan, setidaknya mewakili alat musik yang merefresentasikan Jawa Barat, menggambarkan masyarakat sunda. Bangga kan jadi suku sunda, bangga kan kalian jadi Indonesia. Mari lestarikan musik tradisional  dengan cara mempelajarinya dan mari kenalkan alat musik sunda ke seluruh dunia.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply