272

Teknik Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Panen dan Cepat Untung

Budidaya Ikan Gurame – Satu Komoditas yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dari jenis ikan air tawar adalah ikan gurame. Mungkin bagi yang belum tau, ko bisa ya ikan gurame memiliki harga yang cukup mahal, dan tidak jarang hanya ada di menu menu restoran besar saja.

Mungkin sudah banyak juga artikel atau bahasan tentang bagaimana memelihara atau beternak ikan yang mempunyai prospek cerah ini. Namun tidak sedikit juga dari kita yang sudah menyerah dulu sebelum mencoba melakukan budidaya jenis ikan ini.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa memanen ikan gurame lebih cepat dibandingkan biasanya. Tentunya Butuh ilmu dan pengalaman tidak hanya membaca artikel-artikel atau pengalaman orang lain. Karna kamu akan menemukan pola tersendiri dalam kegiatan budidaya.

Baik agar tidak membuang waktu, mari kita bahas bagaimana caranya budidaya ikan gurame agar cepat panen dan cepat menghasilkan keuntungan.

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Gurame

klasfisikasi ikan gurame, Budidaya ikan gurame

Sebelum jauh membahas tentang bagaimana budidaya gurame, dasar yang perlu kita ketahui sebagai pembudidaya adalah klasifikasi dan dan morfologinya. Bagi sebagian petani mugkin tidak penting namun jika kita mengetahui klasifikasi dengan ciri-ciri tertentu bibit atau kualitas ikan gurame yang unggul

Dengan demikian, target dari budidaya itu sendiri dapat dicapai, karena selain kemampuan teknis dalam membudidayakan. Teorinya pun kadang diperlukan sebagai wawasan bagi kita sebagai wirausahawan yang turun ke dunia budidaya, khususnya ikan gurame.

Klasifikasi Ikan Gurame

Ikan gurame atau Osphronemus gouramy merupakan jenis ikan air twar yang sering kita temukan, baik di warung mkan ataupun di kolam budidaya. Ikan gurame berasal dari daratan asia tenggara termasuk indonesia. Untuk mengenal jenis ikan ini berikut klasifikasi ikan gurame

Kingdom : Animali

Filum : Cordata

Subfilum : Vertebrata

Kelas : Pisces

Bangsa : Labirinthici

Suku : Anabantidae

Famili : Osphronemus

Spesies : Osphronemus gouramy

Osphronemus gouramy merupakan ikan yang termasuk kedalam ordo labirinthici karena memiliki organ pernapasan lambahan yang dinamakan labirin. Selain itu kita juga harus mengenal ciri-ciri fisik dari gurame atau ciri morfologi yang melekat di spesies ini.

Morfologi Ikan Gurame

Untuk mengetahui morfologi ikan gourame berikut ciri ciri yang bisa di perhatikan:

  1. Bentuk tubuh Ikan gurami pipih memanjang mecapai 65 cm
  2. Memiliki bukaan mulut relatif kecil, miring dan mempunyai muncung
  3. Ikan gurami juga memiliki garis lateral tunggal, tidak terputus dan lengkap. Serta memiliki sisik yang sangat licin dan kasar serta berbentuk stenoid ( bulat ).
  4. Memiliki gigi rahang di bawah
  5. Mempunyai ekor dengan ciri khas seperti bulan yang berwarna  hitam atau gelap
  6. Memiliki warna putih kecoklatan hingga kehitaman dengan di tandai bintik – binti hitam dan juga putih di bagian sirip dada

Baca Juga : Panduang Lengkap Budidaya ikan lele, Bisnis yang menggiurkan

Keunggulan Ikan Gurame

Tidak serta merta kita menekuni suatu usaha kalau usaha tersebut tdak memiliki potensi. Salah satu potensi dari usaha budidaya ikan gurame, karena keunggulan ikan gurame tersebut, sehingga banyak pembudidaya memilih jenis ikan ini untuk di budidayakan. Berikut keunggulan ikan gurame dibanding jenis ikan lainnya

  1. Kemampuan bertahan hidup yang cukup kuat karena mempunyai pernapasan tambahan
  2. Mempunyai nilai ekonomis yang tingg
  3. Daging yang tebal 1-2 cm
  4. Rasa daging yang lebih gurih dibanding jenis daging ikan lainnya
  5. Jenis pakan dalam proses pembesaran bisa di ganti dengan alternatif
  6. Proses budidaya yang cukup mudah

Nah jika kita telah mengetahui kelebihan dari ikan gurame ini, saatnya untuk melakukan kegiatan usaha budidaya gurame. Disini penulis akan membahas bagaimana caranya ternak gurame agar cepat panen

Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame

Tips Mudah Budidaya Ikan gurame

Kenapa saya bilang cara mudah, ya memang mudah. Sekali penulis tekankan sama halnya pada bahasan budidaya ikan lele, bahwa usaha budidaya ikan ini termasuk unit usaha yang mudah untuk dijalankan. Penulis ingin menanamkan nilai mencoba dulu, dan jangan langsung membuat sugesti susah dalam melaksanakan suatu usaha

Ikan gurame merupakan ikan yang banyak dicari oleh masyarakat untuk keperluan konsumsi. Berikut beberapa tips bagaimana kita melakukan ternak gurame agar cepat besar dan cepat panen, yang akhirnya cepat untung tentunya.

Tips Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar & Cepat Panen

Sejatinya banyak cara dalam proses budidaya berdasarkan media kolam budidaya diantaranya budidaya kolam terpal, kolam tanah maupun kolam tembok atau beton. Masing masing media kolam budidaya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Dalam bahasan kali ini penulis akan memberikan tips, bagaimana budidaya gurame dapat di panen lebih cepat dibanding budidaya konvensional seperti biasanya. Kemampuan produksi kolam budidaya gurame memang pada dasarnya agak lama dibanding jenis ikan lainnya jika kita bandingkan tengan budidaya nila atau lele.

Namun dengan berkembangnya ilmu pengentahuan, banyak penemuan-penemuan yang akhirnya membantu manusia dalam kehidupannya. Dalam lingkup ini proses pertumbuhan ikan gurame bisa di pacu lebih cepat, untuk memenuhi kebutuhan konsumen di masyarakat. Berikut beberapa tips agar gurame cepat besar

  • Persiapan Kolam Ternak Ikan Gurame

kolam budidaya ikan gurame

Tips yang pertama adalah Tahap persiapan kolam pada usaha budidaya adalah memilih tempat atau media kolam budidaya yang tepat untuk ikan gurame. di alam ikan gurame hidup di perairan yang agak tenang dan banyak ditemukan di dataran rendah. Jadi jika kita mencari kolam untuk gurame usahakan di dataran rendah dengan kondisi air yang cukup memadai.

yang harus diperhatikan juga adalah sinaran matari kedalam kolam, jangan pilih lokasi kolam yang teduh atau banyak pepohonan dipinggirnya. Kenapa demikian ketika kondisi kolam tidak tersentuk matahari maka membuat ikan malas makan.

Kemudian apa hubungannya dengan pertumbuhan ikan? Ketika kondisi kolam dingin atau di bawah suhu rata-rata sebesar 25-28° maka metabolisme ikan akan rendah, yang menyebabkan ikan tidak cepat lapar. Hal ini berdampak kepada malasnya ikan untuk makan yang pada akhirnya berdampak pada pertumbuhan ikan itu sendiri.

Kebalikan dari itu jika kolam tersentuh sinar matahari, metabolisme ikan akan tinggi nafsu makannyapun tinggi sehingga pertumbuhan tubuhnya pesat pula.

Dalam tahap persiapn kolam ada beberapa tahapan yang harus di lewati, khsusunya kolam tanah. Berikut tahapannya

  1. Pembuatan kolam (jika pertama kali budidaya)
  2. Pengeringan kolam (jika kolam sudah ada)
  3. penggemburan kolam
  4. Pemberian kapur/dohot dan pemberian pupuh kandang dan kimia
  5. pengairan awal
  • Memilih Bibit Unggul Ikan Gurame

Bibit unggul budidaya ikan gurame

Tips yang kedua adalah pemilihan bibit unggul. Hal ini penting sekali karena faktor gen dalam menghasilkan anakan itu terkait dengan gen turunan dari indukannya. Jika ingin proses pertumbuhan gurame cepat maka kita harus tau benih yang dihasilkan dari indukan yang berkualitas juga.

Usahakan benih yang di besarkan mempuyai ciri-ciri fisik seperti sehat, lincah, gesit dan memiliki ukuran yang tidak kecil ketika proses pembesaran.

Selain itu jika anda membeli benih dari pembudidaya lain atau dari balai benih, usahakan membesarkan gurame tidak jauh dari dari lokasi pembenihan, agar lingkungan serta kualitas air tidak jauh berbeda. Hal tersebut agar ikan cepat beradaptasi dengan lingkungan dan tidak membuat ikan stress

  • Perawatan Kolam Budidaya Ikan Gurame

Faktor penunjang lainnya agar cepat tumbuh besar dan panen yaitu proses perawatan kolam. Perawatan kolam budidaya di tujukan agar proses budidaya terhidar dari faktor-faktor penghambat kegiatan budidaya yang bisa disebabkan dari internal maupun eksternal.

Contoh kasus menghindari dari penyakit dan hama yang menyerang kolam budidaya baik yang diltimbukan oleh ikan yang mati, penyakit yang ditimbulkan pakan, bahkan predator alami seperti ular. Selain itu proses perawatan hendaknya memperhatikan kualitas air dengan mengecek, drajat keasaman (PH), sirkulasi air dan kandungan pakan alami yang ada.

  • Pakan Ikan Gurame Berkualitas

pakan ikan gurame

Proses pembesaran merupakan point penting bagaimana ikan gurame bisa cepat besar, karena pada tahapan ini bagaimana kita memberi pakan yang bisa di konversi sebanyak mungkin menjadi daging.

Pemberian pakan alangkah baiknya dengan mempertimbangkan kandungan protein dalm pakan tersebut. Ikan gurame merupakan ikan pemakan segala, artinya ketika di kasih pakan berupa nabati atau hewani dia tetap akan memakannya.

Namun perlu di catat bahwa protein hewani menyumbah lebih besar terhadap pertumbuhan ikan di banding nabati. Dimana skitar 25% kebutuhan pakan ikan gurame harus di penuhi dari protein hewani. Dan selain itu bisa dikasih nabati berupa pakan tambahan dari dedaunan.

Pakan yang di berikan bisa berupa pakan apung dengan jumlah protein 60% jika anda membeli ke toko pakan. Namun selain itu anda bisa membuat pakan sendiri jika mengetahui teknik pembuatan pakan dengan sisa-sisa makanan, tepung ikan, ataupun ikan curah.

waktu pemberian pakan bisa dllakukan sehari 3 kali dengan 2 kali pelet dan satu kali pakan tambahan dedaunan. Untuk meningkatkan pertumbuhan kamu bisa menambahkan enzim atau probiotik yang khusus untuk kegiatan budidaya.

Penutup

Sebagai penutup kegiatan budidaya itu kegiatan yang mengasikan, terutama dalam budidaya ikan gurame. Jika anda berhasil dalam proses ini akan ada kepuasan tersendiri yang dapat kamu capai sehingga anda akan berusaha ke jenis ikan lainnya seperti budidaya ikan nila . Semoga bermanfaat terima kasih

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply