414

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Gabus, Sebuah Usaha yang Menjanjikan

Budidaya Ikan Gabus – Sejatinya manusia terus berfikir untuk bisa memenuhi kebuthan hidupnya, baik dari sandang papan dan pangan. Pertumbuhan penduduk semakin hari semakin pesat, tidak hanya di negara kita saja bahkan di setiap negara di dunia mengalami masalah dalam pengendalian jumlah penduduk.

Meningkatnya pertumbuhan penduduk secara langsung berdampak kepada pemenuhan kebutuhan akan pangan. KEmampuan alam untuk menyediakanyapun makin berkurang. Bahan pangan yang tadinya ada di alam semakin sudah untuk didapatkan, entah itu tumbuhan ataupun hewan.

Maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia sebagai makhluk paling pintar memanfaatkan kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengentahuan, yang salah astunya ilmu budidaya. Pada bahasan kali ini penulis insya Allah akan membahas secara lengkap tentang cara budidaya ikan gabus

Kalasifikasi dan Morfologi Ikan Gabus

klasifikasi dan morfologi ikan Gabus

Sebelum lebih jauh dalam tahapan budidaya alangkah baiknya kita belajar tentang apasih ikan gabus itu? ciri dan sifat nya seperti apa? dll. Berikut Klasifikasi ikan gabus

Klasifikasi Ikan Gabus

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actionopterygii

Ordo : Percformes

Famili : Channidae

Genus : Ophiocephalus

Spesies : Ophiocephalus striatus ( Channa striata )

Jika di alam kita dapat menemukan ikan gabus dengan dua spesies yaitu

  • Channa micropeltes
  • Channa pleuropthalmus

Morfologi Ikan Gabus

Setelah kita mengetahui klasifikasi dari ikan gabus berikut akan di jelaskan morfologinya. Sejatinya ikan ini mempunyai ciri-ciri morfologi sebagai berikut:

  1. Bentuk tubuh gabus bulat dengan panjang mencapai ½ – 1 meter, pada kondisi tertentu bisa lebih
  2. Boobot rata– rata 2-5 kg bahkan bisa lebih sesuai umur ikan
  3. kepala menyerupai kepala ular ( Head snake )
  4. Memiliki sisik hampir disebua bagian tubuhnya
  5. Sirip berbentuk memanjang dan sirip ekor bebentuk bulat pada ujungnya
  6. Pada bagian atas tubuh hingga bagian ekor memiliki warna kehitaman maupun kehijauan
  7. kemudian warna perut putih
  8. Samping bagian tubuh memiliki ( striata ) atau coretan
  9. Ikan gabus mempunyai gigi yang besar dan tajam, yang berfungsi untuk memangsa buruannya

Ciri-ciri Ikan Gabus

Jika dilihat dari habitatnya ikan gabus merupakan ikan air tawar yang hidup di rawa-rawa, muara sungai atau perairan dengan lahan gambut. Secara umum ikan gabus memiliki ciri-ciri umum dimana pada bagian badan memanjang sedangkan kepala pipih seperti kepala ular, pada selururh pagian ikan gabus terdapat sisik.

Ciri khas lain dari gabus adalah bau amisnya yang lebih kuat dibanding bau amis jenis ikan lainnya. Bau amis tersebut dihasilkan dari zat yang dihasilkan atas penguraian ( dekomposisi ), zat amonia dari senyawa belerang dan bahan kimia amina yang berasal dari penguraian asam amino.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus

Pada dasarnya peluang usaha dalam sektor budidaya mengalami peningkatan. Kenapa demikian, Semakin kesini semakin terasa persaingan untuk seseorang bekerja di sutu perusahaan atau instansi tertentu semakin susah. secara tidak langsung semakin mendorong seseorang untuk mendapatkan pengashilan yang salah satunya dengan jalan wirausaha.

ternak ikan gabus dianggap salah satu pilihan usaha yang cukup menjanjikan, mungkin pada awalnya ikan ini dianggap hama di sebagian tempat karena sifatnya yang merusak. Seiring perkembangan teknologi bayak penelitian yang mengemukaaan bahwa ikan gabus mempunyai potensi nilai usaha yang bagus.

Kesadaran masyarakat atas makan ikan semakin tinggi, terlebih rasa dari daging ikan gabus meang enak dan cocok di olah untuk apa saja. Melihat kenyataan tersebut para interpreuner memandang bahwa budidaya ikan gabus merupakan peluang usaha yang menjanjikan, dengan potensi keuntungan yang cukup besar.

Nah jika anda sekalian memang berminat dalam ternak ikan gabus. Secara garis besar budidaya ikan memliki dua sektor yang berbeda dalam budidaya. Yang pertama adalah fokus budidaya pembesaran dan fokus budidaya pembenihan. Jika ingin berhasil dalam kegiatan budidaya, perhatikan bahasan di bawah ini, yang insya Allah bermanfaat

Budidaya Ikan Gabus Pembenihan

budidaya ikan gabus

sudah pernah saya bahas sebelumnya dalam artikel tentang cara budidaya ikan lele tentang fokus usaha budidaya, Pada dasarnya dalam kegiatan budidaya terdapat dua fokus usaha yang sama sama berkaitan dengan satu objek. Hal ini menjadi peluang yang berbeda ketika kita membicarakan usaha pembenihan dan pembesaran.

Pembenihan ikan gabus merupakan suatu kegiatan yang ditujukan untuk menghasilkan benih yang siap panen kemudian di jual kepada peternak yang berfokus pembesaran. Biasanya setiap pembudidaya jarang yang sekaligus fokus kedua-duanya, mengapa demikian karena sesuatu hal yang berbeda ketika kita berbicara bbudidaya pembenihan dan pembesaran.

Seperti biasanya dalam proses budidaya ada beberapa tahapan yang harus di lewati yang akan di jelaskan di bawah ini.

Menentukan Media atau Tempat Budidaya

Sejatinya ikan gabus merupakan ikan yang hampir mirip dengan lele yang mempunyai ketahanan terhadap lingkungan. Jadi tidak terlalu masalah mau menggunakan tempat budidaya seperti apapun. Pada umumnya budidaya ikan gabus bisa di lakukan di kolam tanah, kolam tembok, dan media kolam terpal

Namun pada proses pembenihan saya memilih kolam tanah sebagai media pembenihan. mengapa demikian, selain sebgaai tempat alami si ikan gabus tinggal ada beberapa ketebihan jika kita menggunakan tanah sebagai tempat budidaya.

Kelebihan Kolam Tanah

  • Penggunaan kolam tanah asupan pakan alami akan lebih tinggi, sehingga akan berdampak kepada ketersediaan pakan dalam pembenihan ikan gabus
  • Akan selalu ada beberapa pakan alami yang hidup dan berkembang biak secara langsung di dalam kolam ikan berjenis ini seperti beberpa jenis ikan – ikan kecil, udang – udang liar dan beberapa zat renik.
  • Kolam tanah menyerupai habitat alami dari ikan gabus, yang diharapkan dapat memaksimal pertumbuhan ikan gabus
  • Pergantian air kolam tanah biasanya bersumber dari sungai, yang berdampak kepada masuknya pakan alami.

Dengan beberapa pertimbangan tersebut kolam tanah bisa dikatakan lebih unggul dibanding kolam jenis lain, namun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan  pembenihan. Tahapan selanjutnya setelah memilih tempat atau media budidaya adalah memilih indukan

Memilih Indukan Ikan Gabus

ciri ciri indukan jantan dan betina ikan gabus, budidaya ikan gabus

Objek utama sebelum benih dihasilkan dalam proses pembenihan adalah bagaimana kita memilih indukan ikan gabus yang berkualitas. Pemilihan dilakukan dengan harapan benih yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus juga. Berikut beberapa ciri ikan gabus bibit unggul

Ciri-ciri Indukan ikan gabus

  • Ada perbedaan antara ikan gabus jantan dan betina, bentuk kepala gabus jantan oval sedangkan betina berbentuk bulat.
  • Warna tubuh ikan gabus jantan sedikit gelap dan pada betina terdapat warna kontras yang cukup terang.
  • Alat kelamin gabus jantan memiliki warna agak merah dan jika di tekan akan keluar cairan bening. Sedangkan gabus betina jika di tekan pada bagian perut akan mengeluarkan telur
  • Selain itu ukuran perut gabus betina lebih besar dibanding gabus jantan

Pemijahan dan Pendederan Ikan Gabus

Setelah tahapan pemilihan indukan yang berkualitas, step slanjutnya dalam budidaya ikangabus adalah pemijahan dan pendederan.

Pemijahan

Pemijahan adalah suatu kegiatan mengkawinkan indukan jantan dengan indukan betina yang sudah siap dibuahi. ada beberapa yang harus diperhatikan sebelum pemijahan indukan gabus:

  1. Pastikan kolam sudah terisi air
  2. Pengisian air minimal 7-10 hari sebelum pemijahan
  3. pastikan ada media untuk menenmpelnya telur biasanya menggunakan tanaman air atau pakai kakaban

Setelah 3 point di atas terpenuhin, saatnya melakukan pemijahan.

  1. Masukan beberapa indukan betina dengan perbandingan 1 betina 3 jantan
  2. Pemijahan biasanya terjadi setelah 3-4 hari
  3. Setelah itu lihat di tanaman air atau kakaban ada telur-telur yang menempel.
  4. biasanya indukan betina gabus bisa menghasilkan 10.000 telur
  5. telur ikan gabus akan menetas tidak lebih dari dua hari
  6. setelah telur menetas pastikan suhu kolam stabil, karena larva masih sensitif
  7. selama dua hari setelah menetas tidak perlu dikasih pakan karena masih ada cadangan makanan dari perut larva tersebut

Setelah telur menetas, tahap yang tidak kalah pentingnya adalah proses perawatan larva, berikut penjelasannya.

Perawatan Larva Ikan Gabus

sebenarnya untuk perawatan larwa ikan gabus tidak seribet perawatan jenis ikan lain, karena pada dasarnya ikan gabus memiliki kemampuan bertahan lebih baik dibanding jenik ikan budidaya lainnya.

Perawatan larva atau burayak ikan gabus bisa dikatakan susah-susah gampang. Untuk memahami bagaimana perawatan ikan gabus ada beberapa yang harus diperhatikan antara lain:

  • Larva umur 2 hari

Seperti apa yang telah dibahas di awal bahwa larva gabus yang sudah menetas memiliki cadangan makanan yang menempel dalam perutnya. Cadangan makanan itu biasanya bertahan sampai 2 hari setelah larva menetas. dengan demikian setelah larva lebih dari 2 hari harus di berikan pakan sebagai bentuk perawatan.

Beberapa jenis pakan yang diberikan pada larva bisa berupa artemia, dengan pemberian 3 kali sehari. Selain pemberian pakan perlu diperhatikan pula kondisi suhu dan air yang harus stabil

  • Larva umur 5 hari

Setelah larva umur 5 hari, ukran larva sudah mulai besar maka pakan yang diberikan pun harus sedikit berbeda. Anda bisa memberikan daphia sebagai pakan larva, dengan pemberian pakan sebanyak 3 kali sehari, sampai larva berukuran sebesar jempol orang dewasa.

Berakhirlah tahap pembenihan ikan gabus yang selanjutnya siap untuk di jual untu para pembudidaya pembesaran.

Budidaya Ikan Gabus Pembesaran

budiaya ikan gabus pembesaran

Tahapan selanjutnya setelah pembenihan adalah fokus budidaya pada pembesaran. Pembesaran ditujukan untuk menghasilkan ikan ukuran konsusmsi yang siap di jual ke konsumen. Ikan gabus termasuk ikan yang mempunyai ukuran besar, sehingga ukuran konsumsi gabus bisa mencapai satu ekor/ kg

Ada beberapa tahapan dalam pembesaran ikan gabus. Tahapan ini penting adanya untuk di perhatikan karena menjadi faktor keberhasilan suatu tahapan budidaya. Berikut akan dijelaskan step-step dalam pembesaran

Penebaran Benih Ikan Gabus yang Benar

Tahap pertama dalam proses pembesaran setelah persiapan kolam adalah penebaran benih

Pemberian Pakan Ikan

Tahap kedua adalah pemberian pakan ikan secara teratur

Kontroling Selama Pembesaran

proses kontroling atau pengawasan sangat perlu dilakukan

Proses Panen atau Masa Panen

setelah mencapai ukuran yang di inginkan saatnya ikan di panen

Budidaya ikan gabus

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply