2829

Cara Memainkan Angklung, Metode Angklung Interaktif Moderen

Sampurasun, baraya sakota, lembur sadulur,  Gimana kabarnya ? Sehat selalu yah. Setelah membahas tentang beberapa alat musik sunda pada tulisan sebelumnya. Kali ini kingsunda akan membahas tentang bagaimana cara memainkan angklung.

Mungkin beberapa tahun kebelakang kita mendengar angklung menggema di dunia internasional. Bukan hanya di Indonesia saja, angklung sudah menjadi alat musik tradisional yang di kenal oleh masyarakat dunia.

Bahkan pada tanggal 17 November tahun 2010 UNESCO, sebagai organisasi internasional yang menangani budaya, telah menetapkan angklung sebagai warisan budaya dunia.

Sejarah Alat Musik Angklung

sejarah angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional khas Jawa Barat yang berkembang di masyarakat sunda khususnya. Secara sederhana cara memainkan angklung di goyangkan sehingga muncul not-not balok menimbulkan nada yang indah.

Jika di telusur lebih jauh, tidak tercatat kapan dan pada masa apa angklung mulai ada di tanah sunda. Namun pencatatan alat musik angklung mulai terdokumentasikan pada abad ke 12 sampai ke 16, yaitu abad dimana Kerajaan Prabu Siliwangi sedang berjaya.

Asal mula angklung didasarkan pada pokok pandangan masyarakat sunda yang sebagian besar pekerjaannya sebagai petani padi. Dalam masyarakat sunda muncul mitos kepercayaan terhadap Nyai Sri Pohaci, yang menjadi lambang kessuburan padi, sehingga di sematkan sebagai Dewi Padi pemberi kehidupan.

Pandangan itu masih dijalankan oleh Masyarakat Baduy. Sebagai masyarakat Sunda asli yang masih memepertahankan budaya zaman dulu. Mereka menggunakan angklung sebagai bagian dari ritual dalam penanaman padi.

Sebagai contoh di daerah lain di Jasinga Bogor ada permainan angklung gubrag yang masih di lestarikan sejak 400 tahun silam.

Kepercayaan lain muncul, angklung di ciptakan kemudian dimainkan untuk memikat Dewi Sri turun ke bumi agar tanaman padi rakyat tumbuh subur. yang kita ketahui bahwa Dwi Sri menjadi mitos sebagai dewi padi. Sebagai Musik tradisional angklung terbuat dari bambu, dengan susunan nada (laras) pelog dan salendro.

Angklung merupakan alat musik khas jawa barat, namun dalam perkembangannya alat musik ini menyebar ke seantero nusantara, baik itu pulau Jawa, Sumatera bahkan sampai ke Kalimantan. Dalam sebuah ekpedisi yang dilakukan pada tahun 1908, Alat musik angklung sudah meyebar sampai Thailand.

Pengertian Angklung

pengertian angklung

Secara terminologi angklung merupakan alat musik yang terbuat dari bilah bilah bambu, yang menimbulkan suara.

Beberapa sumber yang menyebutkan bahwa angklung berasal dari bahasa bali atau berasal dari bahsa hindu. Dalam bahasa bali angklung terdiri dari kata angka (nada) dan lung (putus).

Namun kita ketahui bahwa angklung merupakan alat usik yang berasal dari jawa barat. kemudian menurut bahasa sunda angklung berasal dari kata angkleng-angklengan yang artinya gerakan bergoyang. Sehingga didefinisikan sebagai alat musik gerakan atau goyangan. Karena cara memainkan angklung  dengan digoyangkan.

Jenis-jenis Angklung

Dalam seni pertunjukan, angklung menjadi seni yang sangat diminati oleh masyarakat, khsusunya orang sunda. angklung dimainkan sebagai hiburan masyarakat, lebih dari itu fungsi angkulung pada awal kemunculannya sebagai lagu penyemangat pada saat memulai atau panen padi.

Tidak hanya itu, ada perbedaan angklung di setiap daerah di Tatar Parahyangan, baik dari fungsinya dari cara memainkan angklung nya, menyebabkan kekayayaan musik angklung makin beragam. Di bawah ini akan di bahas beberapa jenis angklung yang ada dinusantara.

Angklung Padaeng “Pak Daeng”

angklung Pak daeng

Pada tahun 1930-an muncul seorang tokoh bernama Daeng soetigna. Beliau merupakan seniman segaligus guru seni musik yang berasal dari kuningan. Pada masa penjajahan beliau sebagai gru seni di sekolah HIS.

Berkat Kemampuannya dalam bermusik, pak Daeng terinspirasi membuat angklung dengan nada diatonis. Dimana angklung pada dasarnya di buat menggunakan nada pentatonis.

Dengan tekad yang kuat pak Daeng membuat angklung nada diatonis dengan bantuan pak Djaja, sebagai empunya angklung pada masa itu. Sehingga pada tahun 1938, tercipta musik alat tradisional dengan nada diatonis.

No Nama Jmlh Melodi Akompanimen Kegunaan
1 Sarinande 8 nada penuh C4-C5, kunci 1=C tak ada Untuk souvenir, bermain angklung interaktif
2 Sarinande Plus 13 nada penuh G3-E5, kunci 1=C tak ada berlatih lagu sederhana
3 Angklung TK 18 nada penuh F3-E5, kunci 1=C, 1=G, 1=F tak ada berlatih lagu cukup kompleks, dibawa demo
4 Unit Kecil 73 28 nada lengkap (x2 set), 6 bass party 6 mayor, 5 minor konser/lomba lagu sederhana
5 Unit Sedang 86 31 nada lengkap (x2 set), 11 bass party 8 mayor, 5 minor konser lagu kompleks dengan dinamika
6 Unit besar 149 31 nada lengkap (x3 set), 11 bass party (x2 set) 10 mayor, 7 minor, 10 cuk mayor, 7 cuk minor konser di ruang besar

Angklung Kanekes

angklung kanekes

Angklung Kanekes adalah jenis angklung yang dimainkan di daerah kanekes. Kanekes merupakan daerah di Provinsi Banten, yang warganya 100% orang baduy. Angkung di masyarakat baduy digunakan pada ritus padi, yaitu di bunyikan ketika para petani memulai menanam padi huma (padai ladang) .

Angklung kanekes tidak disajikan sebagai fungsi hiburan, meskipun pernah dijadikan hiburan. Angklung Kanekes mempunyai ritme sendiri dalam alunan musiknya terutama di baduy jero (dalam). Pementasan angklung dilakukan ketika kondisi terang bulan, dan di tempat umum bisa bale, lapangan, tempat yang luas.

Pembuatan angklung di kanekes tidak bisa sembarang orang hanya orang kajeroan (baduy dalam) yaitu Cibeo, Cikartawana, dan Cikeusik, yang berhak membuatnya.

Angklung Dogdog Lojor

dogdog lojor

Angklung dogdog lojor merupakan jenis kesenian angklung yang pada masa kemunculannya di tujukan untuk mengiringi panen atau menanam padi. Dogdog Lojor  berasal dari Kasepuhan Pancer Pangawinan atau kesatuan adat Banten Kidul.

Penyebarannya di sekitar perbatasan banten sukabumi, gunung halimun, dan Bogor perbatasan gunung salak dan lebak.

Kesenian dogdog lojor sebenarnya bukan seni pertunjukan angklung, namun di dalamnya ada paditera yang memainkan angklung. Pada awal tahun 70-an dogdog lojor digunakan sebagai musik hiburan pada acara khitanan atau kawinan, dan sering juga di tampilkan dalam acara-acara hiburan.

Angklung dogdog lojor terdiri dari 2 alat dogdog, dan 4 buah angklung.

Angklung Gubrag

angklung gubrag

Kesenian angklung tidak bisa lepas dari masyarakat sunda. Pada awal kemunculannya angklung gubrag muncul sebagai pengiring nandur sawah. Angklug gubrag berasal dari kampung adat Cipining, kecamatan Cigudeg, Bogor.

Angklung ini terbuat dari bambu hitam, Berbeda dengan angklung pada umumnya, angklung gubrag tidak mempunyai tangga nada. Meski demikian, angklung jenis ini terdiri dari 6 bilah angklung yang masing-masing diberi nama, antara lain bibit, anak bibit, engklok 1, engklok 2, gonjing, dan panembal.

Menurut kepercayaan masyarakat sunda bogor, suara bunyi rampak yang muncul dari angklung gubrak dapat menggetarkan tumbuhan, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan. ke lumbung.

Cara Memainkan Angklung Badeng

angklung badeng

Angkulung Badeng merupakan jenis kesenian masyarakat garut berfungsi sebagai sarana hiburan. Namun dalam perjalananya mengalami perkembangan setelah adanya penyebaran agama islam di nusantara. badeng dijadikan media seni uuntuk menjalankan dakwah.

Angklung Badeng terdapat di Desa Sanding, Kecamatan Malangbong, Garut. Pementasan angklung badeng biasanya terdiri dari 9 orang yaitu yaitu 2 angklung roel, 1 angklung kecer, 4 angklung indung dan angklung bapa, 2 angklung anak; 2 buah dogdog, 2b uah terbang atau gembyung, serta 1 kecrek

selain jenis-jenis angklung yang di jelaskan di atas ada juga jenis-jenis angklung yang menyebar di nusantara. sebagai berikut

  1. Angklung Sarinande
  2. Angklung Toel
  3. Angklung Sri-Murni
  4. Angklung Reyog
  5. Angklung Banyuwangi
  6. Angklung Bali
  7. Angklung solo

Setelah maengetahui jenis-jenis angklung, baru kita belajar cara memainkannya. Apa kamu sudah bisa? kalo belum yuk baca beberapa tahapan cara memainkan angklung

Cara Memainkan Angklung

cara memainkan angklung

Angklung termasuk alat musik yang sangat mudah di mainkan, beda halnya sama permainan calung. Karena bentuk angklung merupakan satu buah nada, maka untuk memainkannya perlu orang banyak.

Cara memainkan angklung cukup mudah, dengan satu tangan kiri memegang rangka dan tangan kanan menggerakkannya, maka angklung sudah berbunyi. Namun sebelum memainkannya, ada beberapa teknik umum yang perlu kamu ketahui dalam menggerakan angklung. diantaranya

  • Teknik kurulung, merupakan teknik dasar cara memainkan angklung paling sering digunakan. Kamu cukup memegang dasar kerangka, kemudian menggerakananya kekiri-kekanan secara terus menerus sesuai lama bunyi yang di inginkan
  • Teknik Centok, teknik membunyikan angklung dengan cara cepat dimana angklung hanya berbunyi sekali. Saranya kerangka dasar angklung di pegang oleh jari dan dibenturkan ke telapak tangan.
  • Teknik Tengkep, yaitu cara membunyikan angklung hampir sama dengan kurulung. Namun ketika angklung di tarik salah satu tabung di tahan agar tidak bergetar, sehingga hanya musik murninya saja yang keluar.

Nah mudahkan cara memainkan angklung. Namun yang menjadi catatan untuk memainkan satu buah lagu dengan angklung, tidak bisa dimainkan sendiri. Artinya harus ada minimal 7 orang sebagai pemain angklung yang bertugas memegang 1 nada diatonis per orangnya.

Selain itu perlu adanya kondektur yang tahu susunan nada pada lagu yang akan dimainkan dan kode-kode nada. Karena pemain angklung hanya fokus membunyikan angklung saja

Kode Isyarat Cara Memainkan Angklung

Sebagai penemu angklung dengan nada diatonis, Daeng Soetigna meciptakan kode atau isyarat untuk memudahkan cara memainkan angklung. Dengan kode nada yang diciptakan, cara memainkan angklung pun lebih mudah di pelajari.

Namun hal itu masih dirasa sulit, sehingga anaknya kang udjo meneruskan dengan metode yang lebih mudah. Berikut kode atau isyarat yang di ciptakan oleh empu angklung

  1. DO = ikan
  2. RE = bebek
  3. MI = ayam jago
  4. FA = kucing
  5. SOL = tikus
  6. LA = capung
  7. SI = burung
  8. DO’ = elang
Kode cara memainkan angklung

Sumber: wikipedia

Cara Memainkan Angklung Metode Interaktif

Namun pada prakteknya, cara memainkan angklung disempurnakan lagi oleh mang Udjo, menjadi metode Koda’ly. Dimana isyarat ini menggunakan tangan dan jari untuk menggambarkan tinggi rendahnya nada. Berikut gambarnya

Gambar di atas merupakan kode-kode isyarat cara memainkan angklung dengan nada diatonis. Penggunaan isyarat solffage rentang nadanya terbatas, selain itu isyarat ini agak susah jika dimainkan di nada lagu yang mempuyai ritme cepat. Isyarat solffagehanya bisa digunakan untuk lagi dengan rentang 1 oktaf

Saya jamin kalian tidak akan bisa bermain angklung jika tidak berlatih. Jika kalian sudah mengetahui teknik-teknik dasar dalam memainkan angklung, ajak teman untuk melakukan latihan. Sampe pada tahap kalian memahami dan bisa memainkannya.

Cara Membuat Angklung

cara membuat angklung

 

Hanya sebagai pengetahuan saja, karena kalaupun mau membuat, tidak semudah apa yang kalian pikirkan. Mungkin kalian penasaran gimana sih cara membuat angklung? Dari jenis bambu apa angklung di buat? ko bisa menghasilkan alunan nada yang begitu indah.

Ada beberapa tahap dalam proses pembuatan angklung dari bahan baku sampai jadi sebuah alat musik.

  • Pemilihan Bahan dasar

Bahan dasar pembuatan angklung adalah bambu. Jenis bambu yang digunakan adalah  bambu Hitam, Temen, Apus dan bambu Gombong. Bambu yang di pilih berumur sekitar 4-5 tahun. Waktu pemotongannya pun di perhatikan,  disarankan pada musim kemarau pada jam 9-15.00. Hal ini dilakukan agar kandungan air dalam bambu tidak banyak

  • Proses pembuatan

Angklung yang kita ketahui, tidak sepenuhnya satu bagian. Untuk membentuk satu kerangka angklung lengkap membuatuhkan 3 bagian penyusun angklung, yang terdiri dari tabung suara, kerangka, dan dasar angklung.

  • Proses penyeteman

Penyeteman yaitu proses pembentukan nada-nada pada bilah tabung. Penyeteman dilakukan menggunakan alat tuner. Untuk menyetem angklung, jika ingin meninggikan nada maka bagian atas tabung di ptong sedikit. Kemudian jika ingin membuat nada rendah kedua buah sisi tabung di serut sampai nada yang di inginkan.

  • Proses penyusunan

Setelah nada tercipta, proses terakhir dari pembuatan angklung yaitu menyusun tabung dengan kerangka, yang di ikat oleh tali rotan. Tidak kalah penting juga anda harus merawat agar angklung tetap terjaga kualitas nada yang di hasilkan.

Penutup

Giaman udah ada bayangan dalam memainkan angklung? harusnya sudah dong. kalo belum coba baca kembali dan praktekan, bagaimana cara mamainkan angklung. Kunci utamanya dalam memainkan aalat musik tradisional anklung adalah banyak dan sering. semoga bermanfaat tulisan ini.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply