1
3973

5 Tips Cara Memakai Hijab Segi Empat, Simpel Mudah Untuk Di coba

Cara Memakai Hijab Segi Empat-Trend fashion setiap tahunnya terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada akhir tahun 2014, terutama di Indonesia yang mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia sebenarnya sudah tidak aneh dengan trend pakain muslim, baik pria maupun wanita.

Tetapi yang terjadi pada akhir tahun tersebut adalah masa dimana trend hijab mulai tumbuh pesat. Tidak hanya di Indonesia namun di dunia internasional.

Buktinya sekarang siapa yang tidak tahu hijab, baik kalangan biasa artis, publik pigur atau entah siapapun, lagi menggandrungi trend berhijab. Bagi umat muslim hijab bukan sekedar pakain atau trend saja. Lebih  dari itu memakai hijab adalah perintah agama.

Nah bagi kamu yang belum berhijab, yuk segera hijrah apalagi sebentar lagi bulan puasa agar kita mendapatkan keutamaan bulan ramadhan.

Sebagaimana firman Allah

يَاأَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ ِلأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلاَبِيبِهِنَّ

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang Mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. (QS al-Ahzab [33]: 59)

Bagi kaum hawa yang beragaman muslim menggunakan hijab bukan hanya ikut-ikutan tapi perintah untuk menutupi auratnya. Namun pada kenyataanya jilbab dimasa sekarang selain berfungsi menutup aurat berfungsi juga sbagai trend dalam mempercantik kaum perempuan.

Jika di gali satu persatu banyak bagian dari fashion wanita yang bisa di bahas. Namun pada kali ini saya akan membahas, trend penggunaan hijab segi empat.

Macam-Macam Hijab Segi Empat

cara memakai hijab segi empat

Model hijab atau model kerudung memang sangat banyak sekali macamnya. Seperti kita tahu ada model segi tiga, segi empat, kerudung pasmina, dll. Penggunaan hijab yang baik adalah penggunaan yang dilakukan setiap saat oleh kaum hawa. Namun tidak demikian, ketaatan seseorang berbeda-beda.

Mungkin kalo dulu penggunaan hijab di identikan dengan kegiatan keagamaan, pengajian namun sekarang tidak lagi. Kegiatan seperti pesta, acara formal, suatu perayaan sudah sering orang memakai hijab.

Sehingga muncul berbagai jenis hijab, salah satunya hijab segi empat. Disini saya akan mencoba berbagi tips bagaimana menggunakan hijab segi empat yang cocok buat kamu.

Meskipun sudah banyak tutorial hijab baik di medsos atau youtube, saya tidak berkecil hati untuk berbagi tips. Sebelum ke tutorial cara memakai hijab segi empat, alangkah baiknya kita mengenal jenis-jenis hijab segi empat terlebih dahulu sebagai berikut.

Hijab Rawis Square

cara memakai hijab segi empat jenis hijab rawis square

Bagi para remaja atau kids zaman now, hijab rawis menjadi pilihan karena karakter bahannya yang lembut dan tidak menimbulkan gerah ketika di pakai. Pada umumnya hijab rawis square berbahan kain doble sifon.

Baca juga artikel : Tata cara Sholat tarawih lengkap beserta doa

Karakteer dari kai tersebut ialah bahannya tidak licin sehingga mudah untuk digunakan berbagai aktifitas yang menunjang kaum remaja. Selain itu hijab ini tidak nampak dan tidak bisa di terawang.

Hijab Segi Empat Tasel

Hijab Segi Empat TASSEL

Hijab tasel adalah jenis hijab segi empat yang mempunyai hiassan tasel pada sisi-sisi kain nya. Ada yang tau tassel kan? Tasel adalah benang yang di ikatkan di pinggir hijab bebrbentuk seperti benang yang ada di ujung tasbeh.

Bhan pembentuk tassel ini adalah kain woll, sehingga ketika tassel mengembang akan memberikan erek indah. Hijab segi empat tasel biasanya di pakaioleh para ibu muda,karena memeberikan efek dewasa namu tidak terkesan remaja.

Hijab Segi Empat Umama Casablanca

Bahan dasar dari hijab ini adalah bahan polyester dan sintetis. Umma casablanca cocok di gunakan oleh semua umur dengan catatan memperhatikan acara yang mau di kunjungi. Karena umma casablanca ful bermotif, pengguna hijab ini biasanya orang yang berani memadu padankan gaya dalam berpakaian.

Jika di bandingka dengan bahan paris bahan umma lebih tebal dan lebih halus. Namun jika anda akan berkegiatan di luar ruangan atau beraktifitas yang cukup banyak bergerak disarankan tidak menggunakan umama, karena akan menimbulkan efek gerah.

Jilbab Segi Empat Syar’i

Kenapa dikatakan syari karena jilbab ini memiliki ukuran yang lebih lebar, sehingga ketika di pakai aka lebih banyak menutupi bagian dari tubuh wannita. Bahan jadi jilbab ini adalah katun tebal dan tidak terawang, sehingga dalam keadaan basah pun cocok untuk di pakai.

Hijab syari biasa dipakai bagi kaum hawa yang memang memakain hijab karena perintah agama, bukan karena trend yang sedang terjadi di masyarakat.

Cara Memakai Hijab Segi Empat Sesuai Kebutuhan

Bagi generasi zaman now, berpenampilan menarik merupakan hal yang utama di banding segalanaya. Sempet denger ngga istilah “yang penting gaya dulu” istilah itu sangat cocok jika digambarkan di masa sekarang.

Termasuk sesorang khususnya wanita dalam memakai hijab. Sejatinya fungsi hijab sebagai penutup aurat, namun ngga salahnya jika memadu padan kan setiap kegiatan yang dijalani dengan model hijabnya. Berikut beberapa cara memakai hijab segi empat disesuaikan dengankegiatan

Tutorial Cara memakai Hijab Segi Empat untuk Pesta

Kalo kita beranggapan pesta itu identik dengan gaun, pakain sexy oh salah besar. Karena wanita muslimpun bisa dateng ke perayaan pesta namun masih berpenampilan muslimah. Berikut model yang cocok memakai hijab segi empat.

  1. Gunakan terlebih dahulu hijab dalaeman, bisa menggunakan hijab maroko agar kulit leher tertutupi. Pastikan posisi hijab sudah pas dan nyaman
  2. Langkah kedua yaitu, membentuk hijab segiempat menjadi segitiga dengan menarik ujung, ujungnya dengan rapih
  3. Posisikan hijab simetris dikepala anda, kemudian tarik ke belakang kepala. Setelah itu tarik posisi ujung hijab di depan pundak dan kasih jarum pentul.
  4. Tahap yang selanjutnya buka hijab dengan lebar kemudian posisikan di bagian depan kepala membentuk posisi serong, lakukan hal sama pada ujung hijab sebelah kiri
  5. Untuk tahapan akhir ujung hijab dari keduanya coba tarik ke depan dan posisikan di pundak

Tutorial Hijab Segi Empat untuk Pergi Ke Kantor

Bagi anda yang memiliki cit-cita menjadi wanita karir dan memiliki prissip berhijab jangan khawatir. Karena banyak sekali model hijab yang cocok di pakai untuk kalin bekerja. Salah satu model hijab yang pas adalah hijab segi empat.

Hijab segi empat sangat cocok jika di gunakan untuk aktifitas dengan mobilitas yang sangat tinggi, terutama wanita karir. Berikut tutorial cara pemakaian hijab segi empat untuk bekerja/ke kantor.

  1. Sebelum menggunakan hijab alangkah baiknya menggunakan ciput ninja lerlebih dahulu
  2. Jangan merubah bentuk hijab, tetap di posisi segi empat
  3. Setelah itu posisikan hijab lebih panjang sebelah, bisa yang kanan ataupun yang kiri
  4. Ujung jilbab yang panjang coba di tarik dan putarkan hingga menutup kepala membentuk muda depan anda. Pasangkan jarum pentul di atas kepala agar posisi hijab tetap pada posisinya
  5. Pastikan panjang dari kedua ujung hijab sama, kemudian tarik keposisi depan di atas kepala membentuk pola lipatan berlapis. Setelah itu berikan jarus agar posisi kain hija tidak berubah
  6. Tahapan terakhir ikatlah kedua ujung hijab kebagian dalan leher, kemudian tutup dengan ujung hijab yang di depan

Tutorial Cara Hijab Segi Empat untuk Kegiatan Sehari-Hari

Salah jika kamu memakai hijab hanya untuk keperluan acara-acara tertentu saja. Justru inti dari memakai hijab adalah bagaimana kita menerapkan nya di kehidupan sehari-hari. Karena dengan kita berhijab isnyaAllah kita mendapatkan pahala dan keridhoan ALLah

Terus bagaimana model hijab yang cocok untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Berikut ssalah satu contoh model hijab yang bisa di gunakan sehari-hari, sehingga kegiatan kamu tetap bisa berjalan lancar.

  1. Tahap pertama kamu bisa membentuk hijab segi empat anda menjadi bentuk persegi panjang. Namun sebelumnya anda bisa menggunakan ciput ninja terlebih dahulu. Setelah itu pasangkan di kepala
  2. Pada bagian hijab sebelah kanan coba tarik kebagian dalam sisi kiri hijab dan kuatkan dengan jarum
  3. Tahap terakhir adalah merapihkan bagian sisi hijab yang lain, dibagian kanan dan kiri hijab

Tutorial Hijab Segi Empat untuk Wisuda

Tutorial hijab selanjutnya adalah cara memakai hijab segi empat yang cocok buat wisauda kamu. Moment wisuda merupakan salah satu moment penting bagi yang berkesempatan menginjak bangku kuliah.

Biasanya model hijab  yang digunakan di acara wisuda menyesuaikan jubah wisuda yang anda pakai. Bagi perempuan pemilihan warna hijab ketika wisuda sangat penting yang biasanya disesuaikna dengan kebaya yang ia pakai. Berikut contok pemakaian hijab segi empat untuk acara wisuda  kamu.

  1. Pertama tama kmau harus menyesuaikan waarna terlebih dahulu dengan kebaya yang akan kamu pakai.
  2. Agar tampil tidak biasanya kamu harus berani memadu pdankan warna, contohnya menggunakan 2 warna.
  3. Untuk tahap awal kamu bisa menggunakan ciput ninja dua warna
  4. Selanjutnya pasang jilbab yang akan dijadikan warna dominan dengan terlebih dahulu membentuk persegi panjang.
  5. Pasangkan jilbab dengan ujung kiri lebih panjang. Kemudian ujung jilbab sebelah kanan ditarik kebelakan dan sematkan menggunakan peniti atau jarum.
  6. Kemudian pakaikan hijab yang kedua berlawanan arah, dengan mengikuti tahap pemasnagan jilbab yang pertama
  7. Setelah itu kedua ujung hijab di tarik kebelakang dengan membentuk lipatan berlapis, kemudaian sematkan jarum pentul agar posisi hijab kuat tidak bergoyang
  8. Yang terakhir sematkan bros sesuai kesukaan kamu, untuk mempercantik tampilan wisuda kamu.

Tips Memilih Hijab Yang Baik

Dalam menggunakan hijab, tidak serta merta kamu bisa langsung membeli dan memakai begitu saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihi hijab yang akan kamu gunakan.

Berikut di bawah ini akan di jelaskan beberapa tips dan cara memakai hijab segi empat agar sesuai dengan muka kamu.

Hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu hendak menggunakan hijab adalah memperhatikan bentuk wajah, kemudian memperhatikan bahan hijab yang kamu pilih. Kemudian Corak atau warna hijab yang kamu pilih

Tips Dalam Memilih Hijab 

Sesuaikan dengan Bentuk Wajah

  • Berwajah Oval

Bagi akhwat yang memliki wajah cantik bentuk oval. Kamu bisa bereksplorasi bagaimana cara memakai hijab segi empat. Namun bagi kalian yang memiliki kulit agak gelap, mohon diperhatikan dalam memilih warna hijab yang kamu pilih.

  • Berwajah Bulat

Tips buat yang memiliki bentuk muka agak bulat, disarankan agar kalian menggunakan inner hijab terlebih dahulu. Fungsi inner sendiri untuk menutupi leher sampai menutup telinga sampai sisi pipi kamu.

Biasanya kamu yang berwajah bulan mempunyai pipi yang agak tembem yah, maka dari itu pilih bahan hijab dengan bahan losse yang akan menambah pas dan cantik muka anda.

Untuk pemilihan jenis hijab sebenarnya bisa semua jenis hijab, namun saya sarankan untuk memakai hijab model bebas karena ukurannya yang lebih besar, sehingga kamu bisa lebih leluasa dalam mengatur.

  • Berwajah Lonjong

Bagi akhwat yang memiliki wajah lonjong atau panjang, model hijab yang pas buat kamu adalah model hijab turky. Model hijab ini kainnya meneyntuh undercaps, sehingga mengurangi efek panjang muka anda.

  • Berwajah persegi atau segitiga

Nah bagi yang memiliki jenis wajah agak kotak dan segitiga, hindari warna hijab yang memiliki warna mencolok. Selain itu hindari jenis hijab dengan model gipsi, karena model tersebut akan menonjolkan sisi rahang anda.

Pemilihan Bahan yang Nyaman

Faktor utama dalam pemilihan hijab sebenarnya yang paling utama dalah bahan hijab itu sendiri. Karena jika anda tepat memilih bahan hijab maka akan nyaman pula anda memakainya.

Beberapa bahan yang cocok untuk segala kegiatan yang nyaman antara lain sutra, bahan volie dan bahan sifor

Pemilihan Corak dan Motif

Model dan corak hijab makin hari makin beraneka saja. Pasalnya banyak motif hijab dan corak yang terkesan berani. Bagi anda para hijaber hati hati dalam mengeksplor corak atau motif yang anda pilih tidak bikin anda norak.

Pemilihan Warna Hijab

Selain corak, pemilihan warna pun sangat penting untuk di perhatikan, Warna hijab harus sesuai dengan warna baju yanga nda gunakan. Pemilihan warna hijab harus di sesuaikan dengan warna kulit kamu, biar ngga nabrak.

Dan bagi kalian yang memiliki warna coklat atau agak gelap hindari warna warna gelap.

Penutup

Munkin cukup sekian pembahasan bagaimana cara memakai hijab segi empat beserta tips memilih hijab yang pas buat kamu. Bagi Kamu yang belum berhijab, mulai sekarang yuk berhijab sebagaimana agama kita memerintahkan untuk menutup aurat

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply