2921

Cara Membuat Kolam Terpal Yang Benar untuk Budidaya Ikan Lele

Assalamualaikum, Sampurasun. Jika pada tulisan sebelumnya penulis membahas tentang bagaimana caranya beternak ikan lele. Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba membahas salah satu media tempat budidaya itu sendiri yaitu cara membuat kolam terpal.

Sejatinya pembuatan kolam terpal dalam budidaya merupakan salah satu bentuk inovasi skaligus pemanfaatan lahan kecil agar lebih bermanfaat. Pada dasarnya budidaya lebih baik di kolam alami atau kolam tanah. Namun hal tersebut menjadi penghalang, bahwa yang bisa melakukan usaha tersebut hanya pemilik lahan saja.

Berangkat dari situlah, bagi siapa saja yang hanya memiliki lahan sempit baik di depan, samping atau belakang rumah jangan kawatir. Selain itu objek budidaya ikan lele merupakan hewan yang kuat terhadap lingkungan budidaya salah satunya budidaya dalam kolam terpal

Kelebihan Penggunaan Kolam Terpal

Tentunya dalam menentukan media budidaya kita harus tau faktor faktor yang menyebabkan keberhasilan budidaya daik dari on farm ataupun off farm. berikut beberapa kelebihan jika kita melakukan budidaya menggunakan kolam terpal

  1. Kolam terpal mudah diaplikasikan pada daerah kurang air
  2. Kolam terpal mudah diaplikasikan pada daerah yang sempit
  3. Suhu air di kolam terpal lebih stabil
  4. Ikan Kolam terpal tidak berbau tanah
  5. Panen Ikan Lebih Mudah
  6. Pengolahan Kolam Terpal Lebih Cepat
  7. Padat Tebar Benih Ikan Lebih Tinggi
  8. Jarang Ditemui Hama & Penyakit
  9. Kelangsungan Hidup Ikan Lebih Tinggi

Sangat banyak sebenarnya jika dijelaskan satu persatu kelebihan budidaya menggunakan kolam terpal sebagai media budidaya. Apalagi di zaman sekarang, budidaya ikan lele menggunakan terpal menjadi pilihan banyak orang.

Persiapan Cara Membuat Kolam Terpal

Dalam membuat kolam terpal khususnya untuk kegiatan budidaya sebenarnya susah susah gampang. mungkin sebgain dari kita sudah pernah membaca beberapa tutorial dalam pembuatan kolam terpal untuk budidaya kolam terpal ikan lele. Kolam terpal merupakan dalah satu media tempat ternak ikan lele yang menjadi pilihan karena beberapa keunggulannya.

Nah untuk memudahkan dalam pembuatan kolam terpal ada beberapa hal yang harus di perhatikan dan dipahami agar dalam proses pembuatannya tidak ada kegagalan. Beberapa faktor cara membuat kolam terpal budidaya ikan lele yang pertama kita harus menentukan dimensi kolam yang akan dibuat dan menentukan jenis serta ukuran terpal yang akan digunakan.

Menentukan Dimensi Kolam Terpal

cara membuat kola terpal

Tahap pertama yang paling penting adalah bagaimana kita menentukan ukuran kolam atau mengetahui dimensi kolam yang akan kita buat. Dengan demikian kita bisa bisa melaksanakan step selanjutnya dalam memilih jenis terpal yang akan di pakai dan berapa banyak kebutuhan bambu atau kayu untuk membuat rangka kolam.

Dalam menentukan dimensi kolam hendaknya kita memperhatikan:

  1. Luas tempat untuk di buatnya kolam terpal
  2. Rencana kepadatan tebar pada proses budidaya
  3. Jenis terpal dan bahan rangka kolam yang akan digunakan

Dengan mengetahui beberpaa kriteria di atas diharapkan keberadaaan kolam tidak menganggu aktifitas dan kita dapat memperkirakan kekuatan kolam tersebut.

Cara Memilih Jenis Terpal yang Tahan Lama

Sejatinya dalam memilih jenis terpal harus berdasarkan ukuran kolam terpal yyang akan di buat, dengan asumsi semakin besar kolam yang akan di buat maka terpal yang digunakan harus lebih kuat.

Selain itu pertimbangan lain dalam memilih jenis terpal adalah kedalam kolam yang akan di buat. Mengapa demikian? karena semakin dalam kolam yang dibuat, akan semakin besar juga beban air yang akan di tahan terpal, sehingga perlu jenis terpal yang berbeda pula.

Yang jadi pertanyaan adakah merek terpal yang bagus?

cara membuat kolam terpal

Mungkin kalau ditanya soal merek penulis belum tahu, tapi tenang. Berdasarkan pengalaman ciri-ciri jenis terpal yang bagus adalah jenis terpal dengan dua lapis. Mungkin anda bisa menemukan di penjual terpal yang dicirikan berbeda warna pada kedua sisinya. Sisi pertama berwarna orange dan satu sisi berwarna biru. Seperti pada gambar di atas

Cara Membuat Kolam Terpal untuk Budidaya Ikan Lele

Tahap selanjutnya setelah tahap persiapan dan mengetahui bagaimana menentukan dimensi kolam dan jenis terpal yang bagus untuk budidaya adalah tahap pelaksanaan. Sejatinya pada tahap ini, disarankan jika anda tidak terbiasa membuat sesuatu yang menggunakan perkakas. alangkah baiknya menggunakan jasa tukang saja. Agar kolam yang terbentuk sesuai.

Tetapi jika anda ingin mencoba sendiri, tidak masalah namun waktu yang dibutuhkan pasti lebih banyak secara tidak langsung anda belum berpengalaman. Baik dalam tahap ini ada beberapa tahap yang harus di kerjakan antara lain:

  1. Persiapan lahan
  2. Pembuatan kerangka kolam
  3. Pembuatan saluran pembuangan

Secara detai akan di jelaskan di bawah ini

Persiapan Lahan untuk Kolam Terpal

Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan lahan atau lokasi untuk kolam terpal di bangun atau didirikan. Yang menjadi salah satu kelebihan kolam terpal adalah bisa memanfaatkan lahan terbatas atau lahan sempit yang ada di sekitar kita, baik di halaman rumah, atau pekarangan belakang rumah.

Pertama anda mengukur luas lahan atau lokasi yang nantinya akan digunakan untuk kolam berdiri. Kedua bersihkan dari sampah atau tanaman yang sebelumnya ada di lahan tersebut. Ketiga ratakan permukaan tanah dan sisir jangan sampai ada benda tajam seperti batu atau paku di permukaan tanah. Keempat Padatkan tanah agar setelah di isi air tanah tidak menurun akibat beban air di kolam terpal. Dan tahap selanjutnya pembuatan rangka kolam

Pembuatan Kerangka Kolam Terpal dari Bambu

kerangka kolam terpal dari bambu

Contoh kolam terpal yang akan di buat berdimensi P x L x T = 4 x 2 x 0.8 satuan dalam meter

  1. Potong bambu sesuai ukuran yaitu 2x P x L = 2 (4 x 2) maka ptong sesuai ukuran yang di tentukan. Belah bambu menjadi beberpa bagian disesuaikan dengan ukuran bambu
  2. Memotong bambu untuk tiang rangka dengan jumlah 0.8 x 4 buah
  3. Haluskkan bambu sebelum proses perangkaian
  4. Susun bambu hingga membentuk dinding di setiap bagiannya, jika sudah
  5. Susun bagian dinding dengan tiang pada setiap sudut kolam

Yang menjadi catatan adalah ketika anda berusaha menyusun kerangka kolam dengan di paku ataupun di ikat, perhatikan kekuatan konstruksi kolam. Beberapa faktor yang mempengaruhi adalah kerapatan bilah bambu pada dinding kolam dan jumlah tiang pada setiap sudut kolam.

Jika dirasa kerangka tidak kuat untuk menahan beban nantinya, bisa di tambahkan tiang tambahan dinding kolam sesuai kebutuhan. Semakin anda memperbanyak tiang di dinding kerangka maka semakin kuat pula konstruksi kolam tersebut.

Cara Membuat Saluran Pembuangan Air Kolam Terpal

Pembuatan saluran pembuangan air sangat lah penting, hal ini di maksudkan agar mudahnya dalam beberpaa proses yang akan di lewati dalam proses budidaya. pembuatan saluran merupakan salah satu step penting dalam cara membuat kolam terpal untuk budidaya ikan lele.

agar lebih paham berikut penulis sajikan tutorial video agar lebih cepat mengerti dalam pembuatan saluran pembuatan air

Manfaat di buatnya saluran pembuangan air antara lain:

  1. Memudahkan dalam proses pembuangan
  2. Mempermudah dalam mengontrol air di kolam ketika kondisi hujan
  3. Mempercepat proses pengeluaran air ketika panen

beberapa manfaat pada poin point di atas merupakan satu kesatuan, artinya kegunaan dari pembuatan saluran air tersebut adalah magaimana memenej air masuk dan keluar. Setelah saluran air di buat maka pada tahap trakhir adalah proses pemasangan terpal pada kerangka kolam,

Cara Memasang Terpal di Kerangka Kolam

Tahapan terakhir pada cara membuat kolam terpal adalah memasangkan terpal di kerangka kolam yang sudah jadi. Agar lebih mudah perhatikan beberapa langkah berikut. namun seblum kepada tahap itu perlu anda perhatikan ukuran terpal yang di pesan atau di beli janagn sampai salah.

Contoh jika kolam yang akan di bual berdimensi P x L x T = 4 x 2 x 0.8, maka panjang dan lebar yang di perlukan adalah ( P + 2 x T) di tambah ( L + 2 x T) maka panjang terpal yang di butuhkan sekitar 4 + 1.6 = 5.6 M sedagkan lebar nya 2 + 1.6= 3.6. Jadi untuk membuat kolam terpal dengan dimensi P x L x T = 4 x 2 x 0.8, terpal yang di butuhka P= 5.6 dan L= 3.6

Kemudian tahapan pemasangan terpal dalam kerangka sebagai berikut:

  1. Pastikan kerangka kolam sudah dalam konstruksi yang kuat.
  2. Pastikan ukuran kolam sudah di sesuaikan
  3. Tempatkan ujung ujung terpal pada ujung ujung kerangka kolam
  4. Posisikan saluran air di bawah, jangan sampaiada di posisi bawah
  5. Seseuaikan terpal terhadap bentuk kerangka kolam
  6. Agar poisis terpal tetap menempel di kolam, paku atau ikat dengan kawat pada ujung ujung terpal

Yang menjadi tahap krusial ada pada proses bagaimana terpal bisa kuat menahan dan tetap pada posisi kerangka kolam. Maka dari itu sangat penting dalam proses pemasangan terpal, tidak ada lipatan atau terpal belum di ikatkan di krangka kolam

Penutup

Mungkin cukup sekian pembahasan tentang cara membuat kolam terpal dalam tahap persiapan budidaya ikan lele. Cara ini merupakan cara yang dilakukan penulis, jika ada ketidak sesuain terhadap aturan ilmu yang berlaku mohon maaf. Semoga bermanfaat terima Kasih

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply