1
16091

Cara Membuat Makalah & Kumpulan Contoh Makalah yang Baik dan Benar

Pasti kamu masih bingung gimana sih cara membuat makalah yang benar. Bagaimana sih menyusun makalah agar memenuhi kriteria penulisan yang benar. Di artikel ini saya akan membahas secara lengkap cara membuat makalah dari A sampai Z, sehingga kamu paham. Selain itu akan di sajikan juga contoh-contoh cara membuat makalah sebagai bahan refernsi.

Makalah sering di temui dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi para pelajar maupun mahasiswa. Makalah dibuat demi memenuhi tugas dari guru atau dosen pengajar.

Bagi pelajar membuat makalah sudah hal biasa, namun entah kenapa setiap kali mendapat tugas membuat makalah kamu pasti bingung kembali dan mencari referensi lagii.

Masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar. Padalah setiap siswa dituntut untuk membuat makalah yang sempurna sesuai aturan.

Sebelum membahas bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar, alangkah baiknya kamu memahami terlebih dahulu seluk beluk tentang makalah. Baik itu pengertian, ciri-ciri dan jeni-jenis makalah.

Pengertian Dan Contoh Makalah

pengertian makalah

Pokok permasalahan yang sering dihadapi pelajar dan mahasiswa dalam cara membuat makalah yaitu, ketika mereka membuat makalah, hanya mencontoh master-master saja. Tanpa mengetahui dasar-dasar pembuatan makalah.

Sebelum ke cara membuat makalah, berikut beberapa pengertian makalah menurut para ahli dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jad, langkah tepat untuk mengerjakan sesuatu kita harus faham terlebih dahulu makna yang kita kerjakan.

Pengertian Makalah Menurut Para Ahli

Panuti Sudjiman Makalah didefinisikan sebagai karangan fakta, bentuk frosa, bukan cerita yang direka-reka untuk menceritakan pokok tertentu. Makalah biasanya dimuat di majalah atau koran koran umum.

Tanjung Dan Ardial Makalah adalah karya berupa tulisan secara sistematis dan runut dengan disertai analisa dan logika secara objektif yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis.

E. Zaenal Arifin Makalah adalah karya tulis ilmiah yang bersifat empiris-objektif, kemudian menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan.

Drs. S. Imam Asy’ari Makalah merupakan tugas dalam satu semester berbentuk paper ditugaskan oleh seorang dosen atas mata kuliah yang diajarkannya. Makalah adalah karya tulis yang tidak begitu panjang mungkin 10-15 halaman ukuran folio.

Sedangakan menurut (KBBI), Makalah ialah tulisan resmi tentang suatu pokok permasalahan yang dimaksudkan untuk dibaca di muka umum dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Makalah juga berarti karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi selama waktu selang tertentu.

Contoh – Contoh Makalah

Jenis jenis makalah

Penulisan makalah tentunya harus menggunakan kata kata yang bijak, dalam artian sesuai penempatannya. Berdasarkan sumber dan sub pembahasan jenis makalah di bagi kedalam 3 jenis yaitu mkalah Induktif, makalah deduktif dan makalah campuran keduanya. Berikut penjelasannya

Makalah Induktif

Makalah Induktif adalah pola cara mebuat makalah yang mempunyai pola induktif dalam penulisannya. Induktif yaitu pola penulisan  yang bersifat khusus kemudian dikembangkan kepada hal bersifat general. Polanya terbentuk oleh kalimat utama pada akhir makalah. Isi dalam makalah induktif biasanya membahas data dari penelitian di lapangan yang bersifat empiris.

Makalah Deduktif

Makalah deduktif merupakan pola cara mebuat makalah yang dalam penulisannya bersifat deduksi atau dijelaskan dari hal yang bersifat umum kemudian mengarak ke bersifat khusus. Artinya paragraf utama berada di awal paragraf, kemudian diikuti oleh kalimat-kalimat pendukung.

Makalah deduktif mempunyai ciri kajian dalam penyusunannya berdasarkan kajian teoritis dan beberapa literatur yang ada.

Makalah Campuran

Dari namanya saja sudah jelas makalalah ini adalah pola cara mebuat makalah dengan menggabungkan pola penulisan baik dari aturan makalah induktif maupun makalah deduktif. Untuk lebih jelasanya perhatikan contoh.

Setelah mengetahui jenis jenis makalah, tahap selanjutnya adalah menyususn kerangka makalah, agar proses pembuatannya lebih mudah.

Cara Membuat Makalah dan Contoh Makalah

cara membuat makalah

Pada umumnya cara membuat makalah mempunyai aturan dan pola yang sama. Jadi kalian bisa menggunakan pola-pola yang sudah ada kemudian tinggal ikuti.

Berikut susunan kerangka makalah yang baik dan benar

  1. Cover
  2. Daftar Isi
  3. Kata Pengantar
  4. Bab I Pendahuluan
  5. Bab II Pembahasan
  6. Bab III Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran

Menentukan kerangka adalah salah satu tahapan cara membuat makalah yang efektif dan efisien, sehingga kalian bisa membuat sesuai kaidah penulisan makalah yang benar.

Setelah mengetahui 8 point kerangka dalam penyususnan makalah, kalian harus memperhatikan setiap point dengan teliti. Berikut aturan dalan setiap kerangka makalah

Contoh Cover Makalah

Poin poin standar yang harus diperhatikan ketika membuat cover makalah sebagai berikut

  • Judul Makalah judul amkalah harus merefresentasikan isis makalah
  • Logo makalah logo merupakan identis dan berfungsi memeperindah cover lamaran
  • Nama penyusun dan instansi penting karena dengan itu bukti bahwa kita membuat tugas yang diberikan
  • Tahun Pembuatan makalah merupakan karya ilmiah yang jelas, pembubuhan tahun agar informasinya falid

Format pada cover makalah pada umumnya Font judul 14, namun disesuaikan dengan kebutuhan dan format, kemudian rata tengah, penempatan logo baiknya agak ketas dari posisi tulisan.

Baca Juga : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, Kerja, Kuliah

  • Sampul makalah menggunakan kertas yang agak berbeda dengan isi, seperti buffalo
  • Kertas makalah menggunakan Kertas A4
  • Model huruf standar: Times New Roman, arial, arial black
  • Ukuran huruf & spasi: 12 dan 1,5
  • Margin
     Atas      : 4 cm
     Bawah  : 4 cm
     Kanan  : 3 cm
     Kiri       : 4 cm

1. Contoh Makalah Cover

Cara memebuat MAKALAH

2. Contoh Cover Makalah

MAKALAH
MK. PENANGKAPAN IKAN
Dosen pengampu: Didin Komarudin
Disusun Oleh
Abdul Rohim

 

 

 

 

 

PSP
FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2018

Penulisan Daftar Isi

Daftar isi adalah urutan Heading atau sub heading pada karya ilmiah. Fungsi daftar isi pada karya ilmiah adalah membantu proses dalam untuk memudahkan pencarian judul penulisan. Dengan daftar isi kita bisa menemukan secara cepat tanpa harus mencari satu persatu.

Berikut contoh penulisan daftar isi

1. Contoh Daftar Isi Makalah

contoh-daftar-isi

2. Contoh Daftar Isi Dalam Makalah

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN……………………………………………………i
KATA PENGANTAR…………………………………………………………….ii

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang………………………………………………………………..1
1.2 Rumusan Masalah………………………………………………………..5
1.4 Tujuan …………………………………………………………………………….6

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Jenis Makalah……………………………………………………………….7

2.1 Cara Membuat Makalah ……………………………………………..7

2.1 Kerangka Makalah ……………………………………………………..7

2.1 Jenis-jenis makalah ……………………………………………………8

PENUTUP ………………………………………………………………………..29

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………..29

LAMPIRAN-LAMPIRAN ………………………………………………30

 

Penulisan Kata Pengantar Makalah

Kata pengantar atau mukodimah merupakan ucapan pembuka pada sebuah karya tulis. Sebagai pembuka di kata pengantar harus memperlihatkan penulisan yang baik dan benar. Berikut cara membuat kata pengantar yang benar

  • Harus sesuai dengan kaidah bahas indonesis “Sesuai EYD”
  • Ucapan rasa syukur ke Tuhan Masing-Masing
  • Ucapan terimakasih kepada semua pihak
  • Dasar pokok pikir makalah yang anda buat
  • Di akhir paragrah membubuhkan tanda tangan, kota dan tanggal penulis

1. Contoh Kata Pengantar Makalah

kata pengantar

2. Contoh penulisan kata pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya sehingga karya ilmiah ini berhasil diselesaikan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2015 dengan judul Pengaruh Perbedaan Waktu Operasi Penangkapan Siang dan Malam Hari Terhadap Hasil Tangkapan Jaring Arad di Perairan Belanakan Subang.

Penulis mengucapkan trimakasih kepada Ir Mokhamad Dahri Iskandar, M.Si dan Dr Ir Ronny Irawan Wahju, M.Phil selaku komisi pembimbing yang telah banyak memberi saran dan bimbingan selama penulis melakukan penelitian hingga penulisan skripsi. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada Dr.Ir. Budi Wiryawan, M.Sc selaku Ketua Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan FPIK IPB.

Kepada kedua Orang tua atas segala pengorbanan dan doa yang telah diberikan, Bapak Ende sebagai nelayan jaring arad yang telah banyak memberikan bantuan selama penelitian, Cunengsih rekan yang bersama-sama melakukan penelitian, keluarga PSP 48 dan semua pihak yang terlibat dalam penulisan skripsi ini.

Bogor, Agustus 2015

Abdul Rohim

Cara Penulis Pendahuluan Makalah

Poin pendahuluan di makalah merupakan gambaran apa yang di tuliskan dalam sebuah karya ilmiah, yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, maksud dan tujuan.

  • Latar belakang : Latar belakang adalah alsan-alasan yang mendasari si pemakalah melakukan penelitian atau penulisan ulang
  • Rumusan masalah : Berisi tentang permasalahan yang akan dibahas dalam suatu topik bahasan. dan seringkali berbentuk pertanyaan
  • Maksud dan Tujuan : Berisi tentang tujuan kenapa riset itu dilakukan.

1. Contoh Pendahuluan Makalah

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Jaring arad merupakan alat tangkap yang dioperasikan secara aktif dengan cara ditarik oleh perahu yang digunakan untuk menangkap udang dan ikan demersal. Konstruksi jaring arad terdiri dari sayap, badan dan kantong. Bahan jaring seluruhnya terbuat dari polyethylene (PE) yang dilengkapi dengan papan otter sebagai alat pembuka mulut jaring kearah horizontal Manadiyanto et al. (2000).
Jaring Arad merupakan salah satu alat tangkap yang termasuk kedalam klasifikasi jaring trawl, karena ukurannya kecil sehingga disebut juga mini trawl dan bekerjanya di dasar perairan sama seperti trawl lainnya sehingga disebut small bottom trawl Ayodhyoa (1981). Jaring arad merupakan alat tangkap yang efektif digunakan untuk menangkap ikan demersal dan udang, namun pada umumnya di tujukan untuk menangkap jenis udang saja.

Operasi penangkapan ikan di tunjang oleh berbagai informasi tentang penangkapan, salah satunya adalah waktu operasi penangkapan. Pemilihan waktu operasi penangkapan umumnya didasarkan pada kebiasaan masyarakat nelayan saja, maka diharapkan perbedaan waktu operasi penangkapan berpengaruh terhadap hasil tangkapan. Kegiatan operasi penangkapan jaring arad di perairan Belanakan Subang dilakukan pada siang dan malam hari.
Perbedaan waktu operasi penangkapan ini didasarkan pada kebisaan nelayan setempat dan musim dalam melakukan operasi penangkapan. Berdasarkan penelitian sebelumnya diperoleh informasi terdapat perbedaan jumlah hasil tangkapan jaring arad diperairan Cirebon dimana jumlah hasil tangkapan malam hari lebih banyak dibandingkan jumlah hasil tangkapan siang hari Fariz (2006).

Penelitian lain menyebutkan jumlah hasil tangkapan udang tiger pada siang hari lebih banyak dibandingkan jumlah hasil tangkapan malam hari di perairan Arafura Prasetyo et al (2014). Pengoperasian pukat udang pada siang dan malam hari, pengaruhnya terhadap hasil tangkap sampingan Riyanto (2005). Adapun perbedaan hasil tangkapan, perbedaan tingkat keanekaragaman di setiap perairan menjadi informasi penting dalam waktu penangkapan. Sehingga perlu dilakukan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil tangkapan dan keanekaragaman berdasarkan waktu operasi.

Tujuan Penelitian

1. Menentukan jumlah dan jenis hasil tangkapan yang dioperasikan pada siang dan malam hari
2. Membandingkan komposisi hasil tangkapan siang dan malam hari

2. Contoh Penulisan Latar Belakang Makalah

pendahuluan makalah

Pembahasan Makalah

Pembahasan merupakan hal inti dari pembuatan makalah, karena di dalamnya terdapat pokok permasalahan yang di bahas dalam makalah tersebut.

Pada bagian pembahasan penulis menjelaskan semua proses dalam pembuatan makalah. baik dari teori ataupun prakteknya. Beberapa yang di tuliskan diantaranya teori, metode penelitian, dan juga tujuan penelitian. setelah itu pelaporan melalui ksimpulan dari hasil penelitian

Untuk mempertahankan gagasan yang kamu angkat, Pada bagian ini harus disajikan berupa data-data ilmiah yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Serta berlandaskan teori-teori yang digunakan

Jika kamu melakukan penelitian dengan hasil data kualitatif maka pemakalah dapat menuliskan kutipan dari narasumber. Namun jika data penelitian yang didapat data kuantitatif bentuk diagram, tabel atau grafik yang mudah dipahami oleh pembaca.

Hindari pembahsan yang subjektif, pembahasan atas pendapat sendiri tanpa landasan tteori yang anda ketahui.

1. Contoh pembahasan Makalah 

contoh pembahasan

Penulisan Penutup Dalam Makalah

Penutup makalah adalah bagian terakhir dari poin-poin standar cara membuat makalah. Pada jenis makalah yang lain mungkin saja ada penambahan seperti dokumentasi dan lampiran makalah.

Penutup makalah adalah bagian dimana kesimpulan dari pembuatan di sampaikan. Menjawab dari hipotesa yang di ajukan dalam penelitian, selaian itu juga berisi saran baik dari penulis atau yang terlibat penulisan.

Pada penutup makalah biasanya diketahui hasil penelitian, baik menjawab atau tidak hipotesa yang dibuat.

1. Contoh Penutup Makalah

penutup makalah

Cara Membuat Daftar Pustaka

Daftar pustaka ialah sumber, sumber rujukan dalam penulisan. daftar pustaka berisi tatacara penulisan sumber teori yang digunakan. sumber yang digunakan biasanya dari jurnal dan buku-buku yang sesuai bahasan materi.

Daftar pustaka berfungsi sebagai informasi sumber dan landasan teori yang dipakai dalam penulisan makalah. ada beberapa aturan dalam penulisan daftar pustaka. akan dibahas secara khusus dalam materi cara membuat daftar pustaka. berikut contoh daftar pustaka

1. Contoh Daftar Pustaka Makalah

contoh-daftar-pustaka

Ada satu lagi point dalam pembuatan makalah yaitu, penambahan lampiran. Penambahan lampiran bersifat kondisional tergantung materi yang dibuat pada makalah. Secara garis besar sudah dijelaskan tentang cara membuat makalah secara lengkap. Tinggal ada sendiri yang mengembangkan isi dalam pembuatan makalah yang di buat. Semoga Informasi ini membantu terima kasih.

Show Comments

2 Comments

  1. makalah 28 August 2018
    • Raden Surya Atmaja 28 August 2018

Leave a Reply