1
4110

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur Yang Mudah Untuk di Kerjakan

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur – Gimana kabarnya teman teman semua? semoga tetap sehat dan bisa berkarya. Kren apa, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang satu karya yang bisa menghasilka nilai ekonomi. Jadi ngga sia-sia kalau kamu mantengin artikel ini sampai beres.

Karena pada tulisan ini berbeda dari postingan sebelumnya, penulis akan membahas bagaimana caranya membuat tas dari bahan tali kur. Yang mana kita ketahui tali kur adalah sejenis benang atau tali yang sudah ada pada abad ke 13, yang di sebut macrame.

Kemudian apa benar tas bisa dibuat dengan sebuah tali? jadi jika kita mengetahui jenis tali ini tidak seperti tali tali yang lain. Tali kur adalah sejenis tali seperti bahan wol tebal dan biasa digunakan untuk merajut. Tas tali kur adalah tas yang tersusun atas tali yang tersusun dan di rankai menjadi tas yang unik.

Baik agar tidak panjang lebar kita bahas bagaimana caranya membuat tas yang bernilai tinggi dari tali kur

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur untuk Pemula

Pada dasarnya tas tali kur merupakan susunan atau sangkaian dari simpul simpul tali yang membentuk kemudaian menjadi sebuah tas. Keunikan dari model tas tali kur yaitu kita bisa membentuk sesuai keinginan, sesuai desan dan model yang kita hendaki.

Selain menjadi bentuk tas, ada juga susunan tali kur menjadi barang lain seperti dompet cantik, gelang ataupun kalung yang sangat unik. Namun untuk membuat kerajinan dari tali kur tidak serta merta dapat diuat begitu saja, butuh keahlian khusus agar bisa membentuk suatu karya.

Karena setiap benda yang dibentuk mempunyai tingkat kesulitan dan kerumitan sendiri. Namun alangkah baiknya kita memahami dasar nya terlebih dahulu. Nah bagi kalian yang masih newbie atau pemula jangan khawatir karena pada tulisan ini, penulis akan membahas bagaimana cara membuat tas dari tali kur untuk pemula.

Berikuta tahapannya:

Tahapan Membuat Tas Tali Kur Untuk Pemula

Pada tahap pertama tentunya kamu harus menyiap kan alat dan bahan yang akan di butuhkan untuk membuat tas tali kur. Hal yang wajib bagi kamu untuk mempersiapkan karena jika tidak, ya pastinya kamu todak bisa untuk memulai membuat tas ini.

Berikut alat dan bahan yang harus disiapkan:

  • Tali Kur, Banyaknya disesuaikan kebutuhan
  • Gunting dan cutter, untuk memotong tali kur
  • Jarum dan benang, untuk menggabungkan bagian bagian tertentu
  • Korek api untuk menggabungkan dua tali atau untuk menutup ujung tali
  • Resleting, manik, manik, atau kancing, sebagai hiasan

Jika kalian ingin mendapatkan Tas tali kur yang indah bisa kunjungi halaman kami di jual tas tali kur

Setelah tahapan pertama siap, dengan mempersiapkan alat dan bahan. Tahap selanjutnya adalah memulai merajut talikur menjadi bagian bagian yang akan di gabungkan menjadi sebuah tas. Ada sembilan tahapan dasar yang wajib kalian kuasai, Berikut tahapannya

Tahapan pertama

cara membuat tas dari tali kur 1

Sumber: sittinaaja.blogspot.co.i

Pada tahapan pertama, setelah memperisapkan tali kur, ambilah dua helai talikur yang masing masing panjangnya sama. Panjang tali disesuaikan dengan kebutuhan untuk tahap awal, gunting 2 tali yang panjangnya masing-masing 1M, dan susun tali seperti pada gambar di atas

Tahapan kedua

cara membuat tas dari tali kur 2

Sumber: sittinaaja.blogspot.co.i

Pada tahap selanjutnya, setelah tali disusun membentuk lengkungan seperti gambar pertama, hendaknya kamu memberi no urutan tali agar mudah dalam praktek nya. Contoh saja urutan no tali di atas terdiri dari no 1,2,3 dan empat berturut-turut dari sebelah kanan ke kiri.

Setelah di beri nomer maka tahapan selanjutnya bisa di ikuti. Karena disini saya sudah menomori, maka ambil tali no 1 tarik ke arah tali no empat, dengan melewati bagian bawah tali no 2, 3 dan empat, seperti pada gambar.

Tahapan ke tiga

cara membuat tas dari tali kur 3

Sumber: sittinaaja.blogspot.co.i

Sebenarnya untuk tahapan ketiga sangat mudah, jadi setelah tali no 1 di tarik melewati bawah semua tali, pada tahapan ketiga, kalian tinggal memposisikan tali no 1 berada di atas tali no 4, perhatikan gambar.

Tahapan ke empat

cara membuat tas dari tali kur 4

Sumber: sittinaaja.blogspot.co.i

Pada tahapan ke empat, perhatikan tali no 4, untuk membuat kuncian, ambil tali no 4 kemudian masukan ke lubang atau lengkungan yang dibentuk oleh tali pertama dan kedua. sehingga akan membentuk simpul atau kuncian seperti gambar diatas.

Tahapan ke lima

cara membuat tas dari tali kur 6

Sumber: sittinaaja.blogspot.co.i

Tahapan kelima adalah menarik dari ujung-ujung tali menjadi simpulan yang terkunci, seperti terlihat pada gambar

Tahapan ke enam

cara membuat tas dari tali kur 7

Sumber: sittinaaja.blogspot.co.i

Sebelum tahapan ke enam adalah pengabungan dari beberapa simpul yang sudah di buat. Jati sebelum ke tahapan ini, kalian harus membuat beberapa simpul seperti yang dibuat dari tahapan 1 samapai lima yang nantina akan digabungkan seperti tahapan yang terlihat pada gambar .

cara membuat tas dari tali kur 5

Sumber: sittinaaja.blogspot.co.i

Masih di tahapan yang ke enam, sebenarnya teknik yang digunakan untuk tahapan pemula tidak terlalu rumit, jika kalian sudah paham pada step perrtama sampai dengan ke lima. Dan kemudian akan menggabungkan beberapa simpul menjadi suatu bagian tertenbtu maka perlu di satukan dengan cara menyisipkan bagian dari kegua masing masing tali. lihat pada gambar

Tahapan ke tujuh

cara membuat tas dari tali kur 8

Sumber: sittinaaja.blogspot.co.i

Tahapan ini adalah menarik ujung ujung atli yang sudag digabungkan atau dianyam, dari satu bagian ke bagian lain. Tahapan berikut diualgi sampai membentuk lagi bagian yang akan membentuk tas. seperti pada gambar di bawah ini

cara membuat tas dari tali kur 9

Sumber: sittinaaja.blogspot.co.i

Mungkin diawal awal akan terasa sulit namun setelah terbiasa kalin akan semakin cepat dalam menbuat bagian bagia dari tas tali kur. Setelah terbentuk pada ahap selanjutnya adalah membuat tas dengan cara menggambungkan sehingga membentuk tas, baik dengan cara digabung baik dengan benang atau lilin.

Jika masih bingung kalian bisa melihat tutorial bagaimana cara membuat tas tali kur, berikut videonya

Cara Membuat Tas dari Tali Kur Sederhana

Bagaimana sudah tau teknik dasar dalam merajut tali kur menjadi bagian-bagian yang akan menyusun tas. Tahap selanjutnya kalian bisa mengenbangkan sendiri bagaimana cara membuat tas dari tali kur. Kuncinya jangan gampang menyerah dan harus dilakukan secara berulang sampe kalian paham danbisa menghasilkan karya yang bisa bernilai jual.

Ada banyak model dan desai dari tas tali kur, di bawah ini ada beberapa referensi bagaima cara membuat tas yang cantik ddengan berbagai model dan desain yang pada umumnya sering di buat.

Tas Tali Kur Motif Garis dan Miring

Teknik membuat motif garis sebenarnya teknik dasar dalam teknik cara membuat tas dari tali kur, hanya menggabungkan dua warna yang berbeda pada tali kur yang akan di buat menjadi tas. Jika kamu telah paham betul teknik dasar yang telah di bahs pada point sebelumnya. Untuk membuat teknik tersebut pahami langkah langkah berikut

Step pertama, perhatikan gambar di bawah ini, siapkan dua bagian tali kur yang berbeda warna yang sudah di rajut sebelumnya

cara membuat tas tali kur motif garis

diansispayani blogspot co id

step kedua, yaitu dengan mengambil tali kur, satu satu dengan warna yang berbeda seperti pada gambar.

cara membuat tas tali kur motif garis

diansispayani blogspot co id

Step tiga, silangkan kedua tali dan bentuk setengah lingkaran dan masukan tali dengan warna yang lain sehingga membentuk gambar di bawah

cara membuat tas tali kur motif garis

diansispayani blogspot co id

Step ke empat, putarkan tali sehingga melilit salah satu bagian tali, dan masukan diantara tali yang dililitkan, seperti pada gambar dibawah ini

cara membuat tas tali kur motif garis

diansispayani blogspot co id

Step ke lima, adalah mengulangi teknik ke empat hingga membentuk beberapa bagian seperti pada gambar, dibawah

cara membuat tas tali kur motif garis

diansispayani blogspot co id

Step ke enam, pada tahapn ini merupakan gabungan dari simbul baru yang telah di rangkai miring dari kedua warna seperti pada gambar terlihat.

cara membuat tas tali kur motif garis

diansispayani blogspot co id

Step ke tujuh, setelah motif garis miring terbentuk sesuai yang ingin di bentuk, sampai meratanya motif atau bentuk yang ingin dibuat. sisakan 1 tali pada ujung atau pangkal garis miring yang dibuat. Contoh pada gambar di bawah ini. sampai membentuk tas motif garis miring yang kalian inginkan

cara membuat tas tali kur motif garis

diansispayani blogspot co id

cara membuat tas tali kur motif garis

diansispayani blogspot co id

cara membuat tas tali kur motif garis

diansispayani blogspot co id

cara membuat tas tali kur motif garis

diansispayani blogspot co id

Tas Tali Kur Motif Bunga

Tas Tali Kur Motif Sisik

Tas Tali Kur Motif Kerang

Tas Tali Kur Motif Panah

Tas Tali Kur Motif Ketupat

Mungkin cukup sekian bagaimana cara membuat tas dari talikur, semoga bermanfaat. intinya ketika kamu mencoba membuat suatu karya jangan pernah merasa puas, agar terus mencoba membuat karya yang lebih baik.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply