10262

Tumbuhan Monokotil: Pengertian, Ciri, Contoh Gambar [Lengkap]

Di tulisan kali ini saya akan membahas tentang ciri-ciri tumbuhan monokotil. Jika tulisan sebelumnya saya membahas tentang tumbuhan dikotil, kali ini saya akan lebih dalam membahas tentang tumbuhan monokotil.

Dalam ilmu biologi pengelompokan tumbuhan bisa berdasarkan daun, batang dan akar. Namun kali ini saya akan membahas berdasarkan pengelompokan kepingan biji. Secara general tumbuhan terbagi kedalam dua kelompok, yaitu tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil.

Biar ngga terlalu panjang lebar prolog yuk scroll ke bawah apa sih Tumbuhan jenis Monokotil?

Pengertian Tumbuhan Monokotil

pengertian tumbuhan monokotil

Monokotil terdiri dari kata, mono yang berarti satu dan kotiledon yang berarti lembaga atau keping atau biji. Jadi tumbuhan monokotil dapat di artikan sebagai tumbuhan yang hanya mempunyai satu keping lembaga.

Dalam sistem taksonomi tumbuhan, keping tunggal ini diletakan pada beberapa kelompok besar jenis tumbuhan seperti Monocotyledodeae.

Pembagian kelompok besar tanaman monokotil secara lengkap sebagai berikut:

  • Monocotyledoneae dalam sistem de Candolle dan sistem Engler.
  • Kelas Liliopsida dalam sistem Takhtajan dan sistem Cronquist.
  • Klas monocots dalam sistem APG dan sistem APG II.
  • Monocotyledones dalam sistem Bentham & Hooker dan sistem Wettstein.
  • Anak kelas Liliidae dalam sistem Dahlgren dan sistem Thorne (1992).

Ciri-ciri Tumbuhan Monokotil

Untuk mengetahui ciri-ciri tumbuhan keping satu, kita harus memahami terlebih dahulu secara spesifik ciri khusus tumbuhan monokotil. Seperti daun lembaga, akar, batang, ciri daun, bentuk tulang daun, bunga dan buah yang dihasilkan dari jenis tumbuhan ini.

Sebenarnya jika kita peka terhadap lingkungan sekitar, banyak terdapat contoh tumbuhan keping satu ada di sekeliling kita.

Contoh umum tumbuhan berkeping tunggal yang ada di sekitar kita seperti padi-padian atau (graminae), bawang-bawangan (alliaceae) dan masih banyak lagi.

Ciri-ciri khusus tumbuhan ini bisa dilihat dari bentuk akar, daun, buah, batang dan bentuk bunga.

  • Akar Monokotil

akar Tumbuhan monokotil

Ciri pertama yang mudah di identifikasi dari akar tumbuhan monokotil adalah memiliki akar serabut. Tidak halnya dengan tumbuhan dikotil yang memiliki akar tunggang. Pembentukan akar serabut terjadi ketika akar primer membentuk cabang yang banyak.

Cabang akar yang terbentuk tidak lantas membesar, namun  tumbuh akar muda lagi. Sedangkan akar primer sebelumnya tetap dengan ukuran semula, tergantung spesies tumbuhan. Kenapa di sebut serabut karena akar monokotil membentuk rumpun seperti serabut, gampangnya seperti akar pada pohon kelapa.

  • Memiliki Tudung Akar

Ciri khusus pada akar tumbuhan berkeping satu adalah akarnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptara. Berbeda dengan tumbuhan dikotil yang tidak memiliki kaliptra pada akarnya. Kaliptra berfungsi sebagai pelindung ketika akar masuk kedalam tanah.

Secara sederhana mekanismenya  sel-sel baru baru dipermukaan memebentuk sel baru sehingga sel akar di bawahnya membentuk lendir pelindung akar pada bagian dalam dari meristem apikal.

  • Batang Monokotil

batang tumbuhan dikotil

Batang yang terbentuk dari tumbuhan keping satu memilliki ciri-ciri beruas-ruas dan tumbuh tidak terlalu besar. Tidak halnya tumbuhan dikotil yang membentuk lurus dan berdiameter besar pada batangnya. Seperti halnya pada batang jagung dan tebu terbentuk atas ruas ruas batang.

Batang monokotil tidak memiliki jaringan pengankut xilem dan floem, sehingga menyebabkan tidak adanya kambium pada batang tumbuhan. Tidak adanya jaringan pengangkut itu, yang menyebabkan adanya ruas pada batang monokotil. Coba perhatikan pohon jagung jika anda menemuinya.

Pada phon jagung terdapat ruas ruas batang, namun jika kita potong tidak ada kayu pembentuk atau tempat jaringan pengangkut tumbuh.

  • Daun Monokotil

daun Monokotil

Untuk memahami ciri daun tumbuhan biji berkeping satu, coba lihat daun pohon pisang. Struktur daun pisang terdiri dai tulang daun yang lururs dan melengkung dari pangkal daun sampai ujung dengan daun yang menempel sejajar di kedua belah tulang.

Secara umum jika kita menemukan struktur seperti itu makan tumbuhan itu termasuk contoh monokotil.

  • Bunga Monokotil

bunga Monokotil

 

Ciri selanjutnya dari tumbuhan monokotil adalah dari struktur bunganya. Kelopak bunga tumbuhan keping satu memiliki jumlah kelipatan 3, seperti 6,9, dan seterusnya. Tidak halnya dengan tumbuhan dikotil yang memiliki kelipatan 2, 4 dan 5.

Bunga pada tumbuhan monokotiledon memiliki ciri bunga yang kecil namun jumlahnya sangat banyak dalam satu pohon. Contoh saja bunga pada tanaman jagung, ketika sudah berbunga jumlah bunga di dalamnya tidak bisa di hitung.

  • Biji Monokotil

biji monokotil

Kata monokotil di ambil karena tumbuhan ini berkeping satu atau tidak berkeping alisa tunggal. Tumbuhan monokotil tidak mengalami pembelahan biji dalam proses perkecambahannya.

Untuk melakukan perkecambahan inti lembaga pada biji mengalami perkembangan secara langsung. Namun ada juga tanaman monokotil yang tidak mempuyain biji alias perkembangannya melalui tunas dari pohon indukan.

Agar kita memahami tumbuhan monokotil berikut bebeapa jenis tumbuhan yang ada di sekeliling kita yang termasuk tumbuhan keping satu.

Contoh Tumbuhan Monokotil

Berikut beberapa contoh tumbuhan yang ada di sekeliling kita dengan klasifdikasi monokotil

  • Sawit (Elais Guinensis)

sawit contoh monokotil

Sawit atau kelapa sawit merupakan salah satu contoh pohon monokotil yang dapat kita temui terutama yang tinggal dekat dengan perkebunan sawit. Kita bisa identifikasi struktur daun sawit secara langsung dengan ciri daun majemuk kemudian bertulang daun dengan daun sejajar.

Selain itu ciri akar serabut dari sawit jelas membuktikan bahwa sawit jenis phon monokotil. morfologi buahnya pun dika kita belah tidak ada keping lembaga yang terpisah, sehingga jelas sawit termasuk contoh pohon monokotil.

  • Singkong atau ubi kayu Ubi (Manihot Utilissima)

contoh pohon monokotil

Pohon singkong atau ketela pohon merupakan jenis tanaman yang banyak tumbuh disekitar kita. Manihot Utilissima mempunyai struktur batang beruas-ruas kemudian daun sejajar kelipatan 6 dan akar serabut.

NBamun akar pada ubi kayu menyimpan sumber makanan sehingga akar serabutnnya membesar membentuk umbi yang bisa dimanfaatkan. Kandungan  karbohidrat pada ubi kayu apabila di manfaatkan bisa berfungsi sebagai alternatif makanan

  • Tumbuhan Pisang (Musa paradisiaca)

buah Monokotil

Buah yang enak untuk di olah jadi makanan ini ternyata jenis monokotil, kenapa pisang termasuk tumbuhan keping satu? Karena jika dilihat dari strukturnya baik itu akar, daun dan batang, sudah termasuk kedalam ciri-ciri tumbuhan monokotil.

struktur daun pisang sejajar di tulang daun,  batang yang beruas ruas dan sistem perakaran serabut jelas membuktikan bahwa  pisang termasuk tumbungan monokotil

  • Pohon Kelapa (Cocos nucifera)

contoh tumbuhan monokotil

Sama halnya dengan sawit, kelapa merupakan jenis palem-paleman. Dilihat dari sruktur pohon ini, pohon kelapa di klasifikasikan sebagai tumbuhan keping satu. Akar pohoh kelapa merupakan akar serabut, kemudian batang yang beruas ruas, daun yang sejajar dengan tulang daun yang panjang melengkung.

Buah kelapa jelas jelas tidak mempunyai keping atau keping tunggal, jika kita belahpun tidak ada keping di dalamnya. Dalam proses perkecambahannya, inti sel di dalam buah kelapa berkembang menjadi tunas bakal pohon kelapa.

  • Tanaman Tebu (Saccharum sp)

Tebu contoh tumbuhan monokotil

Tumbungan penghasil gula ini, jika kita perhatikan ruas-ruasnya seperti pohon jagung begitupun daunnya memanjang dari ujung pohon ini. Batang tebu yang beruas-ruas menandakan bahwa tumbuhan ini termasuk tumbuhan monokotil, karena dalam batang tanaman yang beruas tidak ada jaringan angkut layaknya tumbuhan dikotil

Tebu tumbuh subur di daerah tropis trutama daerah yang tingkat kelembapannya rendah. Proses mengembangbiakan tebu cukup mudah. Pertama-tama cukup mengambil bagian batang yang sudah tua kemudain tanam, dari situ akan muncul tunas tunas baru di ruas bawah pohon tebu.

  • Bunga Anggrek (Orchidacae)

anggrek kebutan tumbuhan monokotil

Siapa yang tidak tau anggrek? Anggrek adalah salah satu tanaman hias jenis bunga yang mempunyai keindahan dan kecantikan sehingga banyak orang tertarik untuk mengkoleksinya. Banyak sekali jenis anggrek, dan Indonesia menjadi tempat banyak jenis anggrek ditemukan.

Tumbuhan jenis efipit ini memiliki ciri-ciri akar serabut, tumbuh menempel pada inangnya, memiliki bunga dengan kelipatan 3,6 dan 9. Namun ada beberapa yang mempunyai kelipatan 5. Dari ciri-ciri tersebut dapat disimpulkan bahwa anggrek termasuk kedalam tumbuhan keping satu.

  • Tumbuhan Bawang Merah (Allium ascolonicum)

bawang merah akar monokotil

Tumbuhan umbi-umbian ini sering di jadikan bahan bumbu masakan di semua jenis masakan, bahkan dijadikan cemilan. Jika kita perhatikan stuktur umbi dari bawang merah jelas-jelas tidak memiliki keping ganda alias tumbuhan ini termasuk kedalam jenis monokotil.

Jika kurang jelas di bawah umbi terdapat akar dan jika kita perhatikan struktur akar pada bawang merah adalah akar serabut kecil-kecil.

  • Buah Kurma (Phoenix dactylifera)

kurma monokotil

Kurma adalah buah yang dihasilkan dari pohon yang bisa bertahan pada kondisi sedikit air, bahkan di gurun pasir sekalipun. Pohon kurma termasuk kedalam jenis pohon palem-paleman, sejenis dengan sawit dan kelapa. Sehingga dalm mengidentifikasinya sangat mudah.

Baik struktur akar, batang dan daun, kurma persis seperti jenis-jenis pohon palem-paleman dan termasuk kedalam jenis tumbuhan keping satu. Buah yang kaya akan manfaatnya ini diperkirakan sudah ada sejak awal 4000 SM di daerah pesisir Teluk Persia.

  • Buah Nanas (Ananas comocus)

nanas batang monokotil

Nanas merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah amerika selatan seperti bolivia, paraguay dan brasil. Di Indonesia nanas banyak di budidayakan di kabupaten Subang, Jawa Barat. jika dilihat dari stuktur akar daun batang dan buah, nanas tidak seperti tumbuhan monokotil.

Pengelompokan nanas sebagai monokotil berdasarkan sistem kelas monocots dalam sistem APG dan sistem APG II.  Untuk lebih jelasnya morfologi nanas sebagai berikut.

  1. Akar berbentuk akar samping dan tengah
  2. Daun lurus namun tidak mempunyai tulang daun
  3. Posisi batang berada di bawah daun, sehingga tidak terlihat
  • Buah Naga (Hylocereus undatus)

bunga monokotil

Buah naga atau fruit dragon merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Pada akhir tahun 2000an banyak para agronomis mengembangkan buah ini. Tumbuhan yang berasal dari amerika selatan ini, termasuk kedalam tumbuhan monokotil.

Struktur tumbuhan ini seperti tidak memiliki daun, dengan batang yang bersifat merambat. Kemudian akar serabut dan bunga dengan kelipatan 6, menjadikan pohon buah naga termasuk kedalam jenis tumbuhan keping tunggal.

  • Tumbuhan Monokotil Ketimun (Timonius sericcus)

mentimun contoh monokotil

Ketimun atau timun merupakan tumbuhan jenis merambat yang termasuk kedalam jenis monokotil. Tumbuhan merambat ini banyak ditanam oleh para petani kita karena mudahnya dalam perawatan.

Struktur akar pohon timun berupa akar serabut sedangkan jika kita belash bijinya, biji timun tidak terbagi kedalam dua keping. Fertilisasi timun terjadi pada satu kelopak bunga yang lengkap terdiri dari putik dan benang sari. Hal tersebut merupakan ciri dari tumbuhan keping satu.

Masih banyak contoh tumbuhan atau tanaman yang tergolong kedalam jenis ini. Berikut tumbuhan yang bisa dijadikan refensi atau pengetahuan anda:

  • Kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis)
  • Vanili (Vannili planifolia)
  • Bawang merah (Allium ascolonicum)
  • Srikaya (Annona squamosa)
  • Malaka (Phylantus emblica)
  • Bunga Matahari (Helianthus annus)
  • Salak (Salacca edulis)
  • Enau (Arenga pinnata)
  • Mengkudu (Morinda citrifolia
  • Sawo (Manilkara kauki)
  • Hangkang (Palaquium leiocarpum)
  • Kemenyan (Styra sp)
  • Strwaberry (Fragaria daltoniana)
  • Melon (Cucumis melo)
  • Ceremai (Phyllanthus acidus)
  • Kiwi (Actinidia deliciosa)
  • Persik (Prunus persica)
  • Siwalan (Borassus sp)
  • Kedondong (Spondias dulcis)
  • Anggur (Vitis vinivera)
  • Bacang (Magnifera foetida)
  • Blueberry (Vaccinium corymbosum)

Penutup

Banyak kan juga ternyata yah, di sekeliling kita yang termasuk tanaman Monokotil, bisa juga di jadikan referensi ketika kamu mengerjakan tugas sekolah.

Giama setelah membaca artikel pertma tentang tumbuhan di kotil kemudian membaca artikel ini sudah bisa membedakan? Cukup kiranya ulasan tentang pengertian, ciri-ciri dan jenis tumbuhan monokotil. Harapannya setelah membaca anda bisa membedakan dengan tumbuhan dikotil, semoga bermanfaat terima kasih.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply