1
1520

Tips dan Trik Lulus Focus Group Discussion (FGD), Saat Sleksi Kerja

Focus Group Discussion (FGD) – sering kali kita mendengar istilah ini pada saat kita melihat atau melaksanakan tahapan sleksi suatu pekerjaan. Meskipun dikalangan mahasiswa, tidak sedikit yang belum mengetahui istilah FGD. Karena sejatinya istilah ini lebih umum di dunia para pencari kerja.

FGD atau grup diskusi terarah, sering di jadikan suatu step pada sleksi pencarian kerja. Maka tidak sedikit dari kita mencari informasi tentang, apasih FGD itu, bagaimana tahapannya? gimana caranya lulus test ini. Karena tidak sedikit para pelamar kerja gugur dalam tahapan ini.

Dalam tulisan kali ini, penulis akan mencoba mengulas lengkap seputar FGD.

Focus Group Discussion

focus-group-discussion

Dalam bahasan kali ini kita akan membahas tentang FGD, baik secara umum tentang pengertiannya ataupun aplikasi dari FGD itu sendiri. Sudah menjadi pandangan streotif bahwa kalo kita mendengar kata tersebut adalah sebuah cara atau tahapan dalam sleksi kerja, padahal tidak demikian.

FGD hanya digunakan sebagai alat untuk meguji seseorang, terkait bagaimana seseorang bisa bekerja dalam team, atau respon seseorang terhadap lingkungan. Pada dasarnya proses FGD bebas menggunakan bahasa apapun. Namun di kebanyakan perusahaan FGD dilakukan menggunakan bahasa inggris, yang menjadi tolak ukur bagi seseorang atas kemampuannya dalam berbahasa asing.

Kemudian FGD itu apa sebenarya? yuk mari kita bahas dimulai dari pengertian.

Pengertian FGD Adalah

focus group discussion

Banyak sekali orang menyebuttkan istilah  Focus Group Discussion (FGD. FGD lebih di kenal dalam bahasa inggris sedangkan jika kita artikan dalam bas\hasa indonesia memiliki arti sebagai kelompok diskusi terarah.

Sistem diskusi ini sangat terkenal bahkan sering digunakan sebagai alat atau cara dalam pengumpulan data dalam bidang ilmu sosial. Ilmu sosial yang bersifat kualitatif sangat cocok jika pengambilan datanya melalui FGD. Mengapa demikian karena cakupan data yang diambil dikenal luas karena kelebihannya menjaring data seperti keterbukaan, kepercayaan, dan memahami persepsi, sikap, serta pengalaman yang diambil real dari responden asli.

Diskusi kelompok terarah yang lebih terkenal dengan singkatan FGD adalah salah satu metode riset kualitatif dari banyaknya metode yang diguanakan yang sering digunakan selain teknik wawancara.

Grup diskusi yang di bangun dalam forum ini sangat efektif karena tujuan akhirnya sangat jelas. Pelaksanaan FGD biasanya terdiri dari 8-12 anggota, yang dipimpin jalannya diskusi oleh seorang moderator.

Secara sederhana FGD adalah sebagai suatu diskusi atau pembahasan yang dilakukan secara kelompok dan sistematis mengenai suatu permasalahan tertentu yang sangat spesifik melalui diskusi kelompok dengan tujuan memecahkan masalah atau melihat respon seseorang jika di lihat dari sudut pekerjaan.

Untuk memudahkan memahami apa itu FGD, ada tiga kata kunci utama yang bisa kita perhatiakan yaitu;

  • Diskusi – bukan wawancara atau obrolan
  • Kelompok – bukan individual
  • Terfokus – bukan bebas

Studi kasus yang muncul dalam FGD sangat jelas terlihat dikarenakan mempunyai yang sudah jelas pula. Oleh sebab itu, Susunan pertanyaan yang disampaikan kepada para peserta diskusi terlihat jelas dan spesifik. jika kita lihat FGD merupakan forum yang berbeda dengan forum-forum diskusi lainnya, katakanlah seminar, bedah ilmu dan lain lain.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa FGD berarti suatu proses penelitian dalam usaha pengumpulan data dan informasi yang bersifat kualitatif untuk memecahkan masalah yang spesifik sehingga mendapatkan hasil dengan cara diskusi kelompok.

FGD dilaksanakan dengan cara diskusi dengan para Ahli dan nara sumber di suatu forum atau tempat diskusi yang dipimpin oleh seorang moderator. Kemudian untuk melaksanakan FGD ada beberapa persiapan yang harus di lewati. Berikkut langskah-langkahnya

Tahapan Focus Group Discussion

FGD adalah

Dalam menjalankan metode ini perlu dilakukan tahapan yang benar denga tujuan mendapatkan informasi yang jelas dan akurat dari jawaban-jawaban yang diberikan oleh para peserta FGD. Selain itu diperlukan desain da kerangka FGD dengan tujuan dicapainya kesimpulan dari hasil diskusi yang dilaksanakan.

Adapun persiapanya sebagai berikut:

1. Membentuk Tim FGD

Dalam proses diskusi tentu sangat perlu sebuah kelompok atau tim, berikut Anggota teang dari sebuah Forum group discussion

  • Moderator, bertugas memimpi jalannya diskusi atau sebagai fasilitator diskusi yang mempunyai ketrampilan substantif dan proses
  • Asisten Moderator bertugas membatu moderator dalam mengatur jalannya diskusi
  • Notulen, yaitu orang bertugas mencatat inti permasalahan l.
  • Penghubung Peserta, yaitu orang yang bertugas menghubungkan lebih berfungsi sebagai pembatu di lapangan dalam FGD
  • Penyedia Logistik, yaitu team yang membantu dalam menyediakan transportasi, konsumsi, akomodasi dll
  • Dokumentasi, yaitu orang yang mendokumentasikan kegiatan

2. Memilih dan Mengatur Tempat

Pada dasarnya setiap kegiatan yang bersifat kelompok memerlukan tempat khsusu tidak terkecuali FGD. Memang kegiatan diskusi bisa dilakukan dimana saja, namun alangkah baiknya untuk forus-forum resmi seperti FGD dilaksanakan di suatu tempat tertentu yang lebih formal.

Sebisa mungkin tempat yang dipilih untuk FGD memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • FGD dilaksanakan diruangn khusus
  • Terdapat fasilitas duduk yang memadai, kelistrikan oun cukup
  • Usahakan tempat moderator dapat dilihat oleh semua peserta FGD
  • Tidak ada gangguan dari luar forum
  • Usahakan bentuk melingkar atau leter U

3. Menyiapkan Logistik

Salah satu faktor yang sangat penting dalam berjalannya sautu acara adalah ketersediaan logistik. Logistik adalah berbagai keperluan teknis yang dipelukan sebelum, selama, dan sesudah FGD terselenggara. Namun jika kita perhatikan setiap forum diskusi kebutuhan logistiknya pun berbeda-beda, contohnya saja seminar.

Dalam semianr biasanya logistik yang diperlukan lebih seragam, seperti adanya paket seminar kit, dan merchandes lainnya, dan tidak adanya intensif, sedangkan di FGD ada.

barang barang logistik pada sebuah forum diskusi pada umumnya meliputi:

  1. peralatan tulis (ATK)
  2. Dokumentasi (audio/video)
  3. transportasi
  4. properti rehat
  5. alat ibadah
  6. konsumsi
  7. Insentif
  8. Akomodasi (jika diperlukan); dan lain sebagainya.

Satu hal penting dalam kegiatan ini yang perlu digaris bawah adalah insentif. Dalam melaksanakn berbagai kegiatan termasuk didalamnya kegiatan FGD adalah suatu hal yang wajar diberikan insentif bagi peserta. Insentif digunakan sbagai sebagai strategi untuk menarik minat peserta.

Selain itu insentif berfungsi sebagai raca ucapan terimakasih peneliti atau narasumber karena bersedia meluangkan waktu dan pikiran untuk mencurahkan pendapatnya dalam FGD.

4. Jumlah Peserta

Dalam melaksanakan Focus Group Discussion, jumlah perserta diskusi merupakan hal yang sangat penting. Menurut beberapa literatur tentang jumlah peserta menyebutkan jumlah yang idelan berkisar 7-11 orang (Sawson, Morgan D.L, 1998).

Namun ada juga yng berpendapat bahwa idealnya FGD harus memeliki peserta sebanyak 4-7 (Koentjoro, 2005: 7) . Namun dalam pelaksanaanya bisa menyesuaikan tergantung kebutuhan apa yang akan dicapai ketika melaksanakan FGD.

5. Rekruitment Peserta: Homogen atau Heterogen

focus-group-discussion

Keberagaman peserta dalam FGD

  • Pemilihan derajat homogenitas atau heterogenitas
  • Mempertimbangkan beberapa variabel dalam menentujkan homogenitas, seperti variabel sosio-ekonomi atau gender
  • Hindari Diskusi yang tingkat homogenitasnya 100%, karena bisa dipastikan tidak akan terjadi diskusi
  • Hindari Heterogenitas yang berlebihan, karna akan meningbulkan konplik bukan solusi
  • Aspek Homogenitas-heterogenitas  seperti  jenis kelamin, status sosial ekonomi, budaya, kesamaan hobi, kesamaan tujuan dll.
  • Pertimbangan utama dalam menentukan homogenitas-heterogenitas adalah ciri-ciri mana yang harus/boleh/tidak boleh heterogen dan ciri-ciri mana yang harus/boleh/tidak boleh homogen.

Menyusun Pertanyaan FGD

Karena FGD bersifat formal meskipun dalam segi keilmuan sosial alangkah baiknya kita menyusun pertanyaan. Selain itu supaya pelaksanaan FGD berjalan lancar maka informasi dibangun harus sesuai sehingga tujuan FGD bisa tercapai.

Susunan pertanyaan atau guidline dari FGD mempunyai tujuan agar diskusi berjalan dengan baik dan terstruktur. Berikut susunan pertanyaaan nyang bisa kita buat dalam melaksanakan FGD.

  • Tujuan penelitian kualitatif Focus Group Discussion
  • Tujuan dilaksanakannya FGD
  • Mengetahui dan paham informasi
  • Sususnan pertanyaan dari general ke spesifik
  • Pertanyaan dibuat dalam bahasa dan EYD yang benar
  • Melakukan role play sebelum melaksanakan FGD

Tugas Moderator dalam Pelaksanaan FGD

Adapun tugas-tugas moderator adalah :

  • Menjelaskan maksud dan tujuan FGD
  • Menjelaskan topik/isu pokok diskusi
  • Menjelaskan tata cara pelaksanaan dalam FGD
  • Menciptakan suasana kondusif
  • Mengelola dinamika kelompok
  • Mengamati peserta dan tanggap terhadap reaksi mereka
  • Perhatikan nada suara
  • Menghindari pemberian pendapat pribadi
  • Menghindari komentar yang menyatakan setuju/tidak setuju
  • Perhatikan gestur tubuh
  • Mampu mengendalikan waktu yang telah ditentukan

Tips dan Trik Lulus Test FGD

tips dan trik lulu FGD

Disini siapa saja yan sudah pernah mengikuti FGD dalam tahap perekrutan suatu pekerjaan. Forum Group discussion sering sekali dipakai oleh HRD, sebagai satu tahapan untuk menentukan calon karyawan memenuhi kualifikasi yang di tentukan.

FGD Biasa terdapat pada sleksi karyawan untuk calon manager, rata rata calon pesertanya minimal S! baik itu freshgraduate atau yang tidak. yang jadi masalah tidak sedikit dari teman teman kita gugur dalam tahapan yang ini. Kemudian bagaimana sih agar kita bisa lulus dalam tahapan ini?

Berikut penulis akan membagikan pengalamam penulis sendiri, ataupun beberapa temen temen yang sudah melalui tahapan ini dan pastinya lolos.

  • Sebelum Melakukan FGD, hal-hal yang perlu diperhatikan!

  1. Pergi ke Toilet, Pastikan anda tidak ingin buang air kecil dan besar selama FGD.
  2. Biasanya posisi duduk dalam FGD bentuk melingkar atau Leter U, pastikan duduk dengan santai dan nyaman
  3. Ikuti instruksi moderator dalam memperkenalkan diri, jika tidak ada berusaha inisiatif, hal ini menjadi nilai plus bagi moderator dalam melihat kepribadian anda
  4. Tahapan selanjutnya, moderator akan membagiakan 2 jenis lembar kertas, satu lembar kertas kososng dan satu lembar kertas berisikan studi kasusu. Catat hal yang penting, buatlah point-point pentingnya saja kalau di tugaskan merangkum. Selain itu anda bisa menyusunnya dalam flow chart atau diagram, agar memudahkan jika sewaktu-waktu akan menjelaskan.
  5. Fahami betul tugas yang di berikan oleh moderator, dan studi kasus pada lembar yang sudah di kasih
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan Pada Saat FGD !

tips dan trik lulu FGD

Sesaat sebelum mulai Focus Group Discussion di mulai biasanya moderator mengistruksikan beberapa hal sebelum memulai, yang sudah di bahas pada pont di atas. Berikut hal-hal yang penting kamu perhatikan jika FGD telah dimulai

  1. Bangun inisiatif dari diri anda, baik itu dalam menjawab atau mengungkapkan pendapat terhadap studi kasus yang diberikan
  2. Dalam jalannya FGD, kami sarankan anda jangan terlalu aktif atau pasif karena tidak bagus dalam penilaian. Dimana hal tersebut menunjukan tingkat ego dari setiap peserta FGD, dan menunjukan tingkat kerjasama seseorang
  3. Dalam mengungkapkan pendapat, informasi yang disampaikan harus jelas, jangan terlalu bertele-tele, gunakan bahasa yang mudah di fahami oleh peserta lain dalam FGD
  4. Jika ada peserta lain yang memiliki pendapat bagus, unit atau solutif dalam studi kasus, sebaiknya anda mendukung dengan bahasa yang baik. Sebaliknya jika ada peserta yang mempunya pendapat tidak sejalan dengan kamu, disarankan menyanggah dengan cara yang baik dan alasan atau solusi yang lebih baik.
  5. Perlu diperhatikan, selama jalannya FGD anda wajib mengetahui pembahasan dan waktu yang diberikan, kira kira sudah mendekati waktu berakhir, giring peserta lain untuk menyimpulkan studi kasus yang diberikan.
  6. Tahap trakhir dalam FGD yaitu, berikan kesimpulan dari apa yang telah didiskusiskan selama forum berlangsung
  • Hal yang penting dilakukan, setelah FGD Berakhir

Banyak yang tidak memperhatiakan point ini, yang sebenarnya sangat penting, berikut beberapa point yang perlu diperhatikan sesaat setelah kamu melakukan FGD

  1. Berjabat tangan dengan semua anggota kelompok.
  2. Tanyakan ke moderator, kapan pengumuman dari hasil FGD dilakukan.
  3. Terakhir, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Nah mungkin sudah cukup lengkap ya, penulis membahas tentang Focus group discussion, mulai dari pengertian sampai ke tips dan trik agar kamu lolos FGD. Semoga bermanfaat dan terima kasih

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply