1
684

Hobi Makan dan Masak, cita cita Chef Terkenal

Mision failed, hobi sih makan sama masak, tapi cita-cita belom tercapai sampai saat ini, jadi chef terkenal hehehe. Sedangkan kebayakan anak pada umumnya kalau ditanya sama orang tua

Orang tua :”nak cita-citanya jadi apa?

Anak : ” Jadi guru, jadi polisi, jadi tentara, jadi pilot”

Tapi tidak dengan gw, ketika ditanya cita cita mau jadi apa gw bilang” hayang jadi tukang masak” (pengen jadi koki). Dulu dalam pikiran gw kenpa terlintas kesana, ya karena gw hobi makan, jadi kalo bisa masak enak tinggal am.

Itulah enaknya jadi anak-anak, ngga ada yang dipikirkan, ngga ada yang dikhawatirkan. Hidup cukup dengan bermain, makan dan tidur saja.

Aku Gendut

bocah gendut, masak

Sumber: Public domain vector

Bukan tanpa sebab kalo masa kecil gw gendut, di umur kelas satu SD, berat badan gw udah hampir sama dengan berat badan kelas lima. Penyebab utamanya adalah gw suka makan, nafsu makan gw di atas rata-rata anak usia 5 tahun.

Meski gw gendut, ga merasa sedih, karena selalu bahagia dengan makanan, karena  suka makan setiap emak gw masak suka nginkutin sampe ke Hawu (dapur dalam bahasa sunda). Apalagi disetiap acara hajatan pun gw selalu ngikut ke dapur, eits bukan buat masak tapi buat nyicipin terus hahaha.

Kebiasaan gw ga berhenti sampe disitu aja, terakhir inget sampe kelas 3 SMP gw masih seperti itu. Setiap ada acara tetep suka ngikutin emak gw masak ke dapur umum biar tau caranya masak seperti apa.

Perubahan cita-cita

mimpi jago masak

Sumber : Pixabay

Sudah mulai terarah, namun belum realistis. Sudah mempunyai nilai pandang ideologis, tapi belum keritis. Masa itu gw rasakan ketika menginjak SMA kelas 3 smester terakhir menuju ke UN.  Masa SMA gw di hadapkan pada aturan yang sangat ketat.

Masa SMA adalah masa dimana pencarian jati diri, tujuan hidup jangka pendek, ohh iya gw sekolah di SMA yang di Asramakan dengan sistem pendidikan semi militer. setidaknya arah tujuan dan cita cita mengalami perubahan. setiap hari di sibukan dengan latihan-latihan.

dari awalnya cita-cita menjadi koki handal, karena proses pembelajaran berubah menjadi pengen seorang TNI, widih agagh ga tuh, wkwkwkwk.

Memasak pilihan yang kedua

masak second chois

sumber: Creating a family

Cita-cita gw dari kecil menjadi koki terkenal harus di hold dulu, harus mengalah dengan pilihan lain. Mulai ada pikiran, masa gw jadi tukang masak? kan harusnya yang masak cewek. Tapi asal kalian tau, hasil masakan gw lumayan enak. ga percaya boleh di coba

kenapa gw bialng menjadi pilihan yang kedua?. Sebelum UN, udah ada pengumuman penerimaan mahasiswa baru di seluruh indonesia, lewat jalur undangan. Nah ketikaa memilih jurusan kuliah, maka gw memilih jurusan tata boga di salah satu universitas di bandung.

Meskipun jadi pilihan kedua, setidaknya gw masih cukup konsisten dengan cita cita dari kecil.

Koki atau Juru Masak

perlatan masak

Sumber : Reengan

Apa itu koki sepengetahuan gw, koki itu orang yang jago masak, jagonya ngga abal abal yah. Mereka bekerja di restoran mahal, hotel bintang lima dan kapal pesiar. Nah kenapa gw awalnya pengen jadi koki, selain bisa nyicipin terus, profesi ini juga sangat menjanjikan.

Nihh bagi para cewe kekinian yang ga pernah ke dapur kalian harus belajar masak, latihan dari sekarang ntar bakal jadi emak-emak, ya minimal bisa masak buat suami dan anak. ni gw sebutin peralatan dasar memasakyang wajib ada.

  • Wajan
  • kompor
  • pisau
  • spatula,
  • cobek/blender
  • panci

Satu pertanyaan letika gw nonton tv acara memasak, kenapa banyak koki terkenal cowok? apa cewek ngga jago masak?

“karena cowok memasak pake logika, bukan perasaan.”

“jadi buat kalian para cewek, kalian ditakdirkan bisa merasakan logikanya cowo”

Percobaan Masak

belajar masak

Sumber: Rockingmama

Upss mau bukti tentang keseriusan gw soal masak, kalau waktu senggang ntar gw masakin ya. dulu di Asrama semasa sekolah, atau ketika libur, memasak adalah kegiatan yang selalu gw lakukan. Ngga jarang juga mencari resep-resep di mbah google dan mengaplikasikannya.

Bukan hanya sekedar nanya ke emak, atau ke mbah google, setelah itu gw praktekin. Kadang gagal , tapi sering juga berhasil, dan enak kata emak gw sih, wkwkwk

Kalian pasti pernah reuni atau sekedar kumpul bareng temen-temen kan, salah satu andelan masakan gw yaitu masak nasi liwet, ntar gw ceritain di tulisan selanjutnya, hehehe

Mungkin hampir dimana atau kalangan tertentu, laki-laki tabu untuk memasak. Tapi asal kalian tau koki terkenal kebayakan cowok dibanding cewek, contohnya Chef Juna pasti pada taukan? yaps doi adalah salah satu juri acara lomba masak gitu.

Resep Masakan Sunda (Nasi liwet Khas Parahyangan)

Masak khas Sunda

Sumber: pixabay

Kenapa harus masakan sunda? kumargi abdi urang sunda asli. gw tinggal di bandung, kalo masalah kuliner juaranya. bagi masyarakat tatar parahyangan ngaliwet udah jadi kebiasaan. begitu juga gw, hampir setiap minggu ngaliwet bareng temen temen.

Ngaliwet “salah satu cara memasak nasi, kemudian makannya bareng-bareng”

ini nih tersangka yang bikin gw gagal diet, si nasi liwet ini. gimana ga gendut gw, kalo makan nasi liwet bisa dua kali lebih banyak. gw share ya nasi liwet yang biasa gua masak

Resep  masak Nasi Liwet

  1. Beras Pandan wangi (biar enak)
  2. Daun Salam/sereh
  3. Daun Salam
  4. Teri medan
  5. Minyak

cara memasak

  • pertama tama kalian cuci beras sampe bersih 30 menit sebelum nasi di masak.
  • Iris daun bawang dan siapkan salam sereh.
  • masukan beras ke panci katrol, tinggi air disesuaikan kira-kira 2 ruas jari jari tangan.
  • masukan semua bahan, daun salam, daun bawang, salam sereh dan minyak.
  • biar lebih enak, masak di tungku kayu bakar
  • kalau air udah mulai abis tutup pake daun pisang muda, biar lebih mantap.
  • sajikan nasi liwet di daun pisang

Untuk lauk nasi liwet, biasanya gw pake jengkol, sambel dadakan, ikan asin peda, dan tahu di goreng ancur.

Makna di balik rasa masakan

makna masak an

Di balik kenikmatannya, nasi liwet menyimpan cerita dan sejuta makna. kalo kata kakek buyut gw sih , ngeliwet kan bareng-bareng jadi makna kebersamaannya tinggi. ketika makan nasi liwet biasanya disajikan bersama sama. bisa bareng keluraga, bareng temen atau bareng kolega,

Tetapi kalo dilihat dari kebiasaan nasi liwet muncul dari masyakat yang kehidupannya bertani. Cukup dengan lauk sambal dan ikan asin kemudian sayurnya metik sendiri, yang berarti penghematan.

Back to topic

Cita-cita boleh apa aja, apalgi masih anak-anak. gw sendiri masih ingin menjadi koki handal, tapi sadar diri dengan umur gw sekarang ga mungkin untuk belajar lebih lanjut. satu hal yang penting jadi cowok bisa masak keren juga mas bro.

cowok keren ngga hanya yang berotot, cowok keren ya jago masak. emang kalo laper kenyang sama otot (membenarkan karena perut gw one pack) haha. nah bagi kalian yang mempunyai cita-cita kejar semaksimal mungkin. manfaatkan umur muda mu sebelum tua mu menghampiri.

 

Sekian Terima kasih.

Yakin ngga mau nanya tentang nasi liwet?

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply