4608

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara & Didapatkan

Masih dalam pembahasan seputar dunia ikan, jika sebelumnya penulis membahas beberapa jenis ikan  budidaya, seperti budidaya ikan nila, gurame, dan lele. Pada artikel ini penulis ingin membahas beberapa jenis Ikan Hias air tawar, dari yang murah sampai yang mahal

Mungkin, bagi sebagian masyarakat perkotaan memelihara ikan hias menjadi salah satu hobi yang cukup digemari. Selain memang enak di lihat, ada efek ketenangan jika kita melihat ikan yang berwarna warni dengan hiasan lampu dan aksesoris lainnya.

Nah bagi kalian yang ingin memelihara ikan, terutama jenis ikan hias air tawar. Di bawah akan di jelaskan beberapa jenis ikan hias yang bisa anda pelihara, mudah dalam perawatan, serta tidak merogoh kocek yang terlalu dalam. Baik ada beberapa pembagian jenis ikan air tawar berdasarkan tempat dipelihara, fungsi dan harganya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Akuarium

Jenis ikan yang pertama adalah ikan yang cocok dan pas untuk anda pelihara di dalam aquarium. Seiring berkembangnya aquarium tidak monoton seperti pada masa kemunculannya. Ada beberapa jenis aquarium seperti aquascape, akuarium standar, sampai akuarium dinding.

Sejatinya jika kita ingin memelihara ikan hias di dalam rumah pilihan tepat jika kamu memilih akuarium sebagai media hidup ikan tersebut. Ada beberapa kelebihan memelihara di aquarium dengan di kolam hias, kolam yang cukup besar, salah satunya adalah pilihan jenis ikannya yang sangat banyak.

Berikut beberapa jenis ikan hias air yang cocok dipelihara di aquarium

Ikan Mas Koki

Ikan hias air tawar mas koki

sumber:kuyahejo

Ikan pertama yang patut anda coba adalah ikan mas koki. Sekilas tentang ikan ini adalah ikan yang paling bisa ditemukan dimana saja. Baik di penjual atau di rumah rumah yang di dalamnya ada akuarium. Secara umum ikan mas koki memiliki ciri badan yang pendek, perut yang buncit dengan tonjolan dikepalanya.

Dulu di indonesia ikan mas koki belum terlalu terkenal seperti sekarang ini, namun semakin berkembang, ikan mas koki semakin banyak yang menggemari. Jika kita perhatikan gerakan ikan mas koki memang lucu dengan bentuk badannya yang seperti itu.

Secara umum ikan mas koki memeliki 2 warna yaitu merah dan putih, dengan pola bercampur tidak beraturan. Namun ada beberapa jenis yang memiliki warna hitam atau polkadot campuran warna kesemuanya serta ada sedikit warna kuning.

Setidaknya ada 20 jenis ikan mas koki yang ada di pasaran, dengan keunikannya masing-masing. Nah tunggu apalagi jika anda ingin memelihara ikan hias tidak salah kalau memilih ikan mas koki. Selain banyak pilihan, harganya murah dan perawatan ikan ini tidak susah.

Ikan Hias Akuarium Black Ghost

ikan hias air tawar jenis black ghost

sumber: tamanair.net

Jenis ikan yang kedua yang noleh ada jadikan pilihan adalah ikan black ghost. Serem juga yah namanya, secara morfologi ikan ini mirip ikan belida yang banyak ditemukan diperairan sumatra. Namun sangat mencolok jika kita melihat wujud ikan ini.

Ciri khsus ikan ini memiliki sirip di sekitar badan ikan sampai ekor di penuhi sirip, dengan warna 90% hitam dan garis putih dekar ekor. Ciri unik lain ikan ini adalah ketika dia bergerak, arah gerakannya mundur bukan maju. Ikan black ghos termasuk ikan yang penakut, jika kita dekatkan tangan maka dia akan berusha menghindar, dan bersembunyi di balik benda atau tanaman hias dalam akuarium.

Ikan black ghost ada beberapa jenis seperti brown dan white black gost, namun yang umum di pelihara adalah yang warna hitam. Jangan khawatir meski bentuknya unik harga ikan ini tidaklah terlalu mahal, dengan kisaran Rp 5000,- 20.000, kamu sudah bisa memiliki dan menambah, keberagaman jenis ikan yang ada di akuarium rumah kamu.

Ikan Hias Air Tawar Neon Tetra

jenis ikan hias air tawar neon tetra

sumber:aquariumfishindia.com

Tidak lengkap rasanya jika anda mempunyai akuarium namun didalamyna tidak terdapat jenis ikan yang dapat memancarkan cahaya lebih kebiruan. Dengan nama latin Paracheirodon innesi, neon tetra menjadi pilihan pelengkap ikan hias air tawar yang ada di akuarium.

ikan ini tergolong dalam kelompok ikan cardinal fish atau ikan yang membentuk sculling atau gerombolan. Sisik dalam neon terta mempunyai zat bioluminesen, yang artinya bisa mengeluarkan cahaya. Ciri umum ikan ini adalah:

  • Mempunyai warna biru mengkilap hampir diseluruh bagian punggungnya
  • Warna perak dibagian berut, serta garis warna merah kearak ekor, yang menambah keindahan ikan ini.

Untuk kalangan pecinta ikan hias mendapatkan neon tetra tidaknlah usah, karna hampir dipastika di setiap penjual ikan hias ada atau menyediakan jenis tetra. Harganya pun relatif murah hanya Rp 1.000/ekor anda sudah bisa memiliki jenis ikan indah ini.

Ikan Lemon

ikan hias ai tawar ikan lemon

Nah ikan selanjutnya yang patut jadi bahan pertimbangan ketika kalian hendak memelihara ikan hias adalah memelihara ikan lemon. Namanyanya diambil dari salah satu jenis buah karena hampir 99% warna ikan hias ini berwarna kuning lemon.

Ikan hias air tawalr ini berasal dari aprika dengan ciri khas warna kuning lemon dan garis hitam pada bagian sirip punggungnya. Ikan ini termasuk jenis ikan yang mempunyai sifat teritory artinya mempunyai daerah kekuasaan dan termasuk ikan yang hidup soliter atau sendirian.

Sejatinya bisa saja jika anda memelihara ikan lemot di campur dengan jenis ikan akuarium lainnya, namun beberapa kesempatan anda akan melihat jenis ikan lain dikejar kejar oleh lemon. Namun saran penulis akan lebih baik ikan lemon tidak di campur dengan jenis ikan lainnya.

Untuk mendapatkan jenis ikan ini mudah saja, para penjual ikan hias banyak menyediakan jenis ikan hias ini, dengan harga berkisar Rp 3.000,- tergantung ukuran ikan

Ikan Hias Air Tawar Komet

jenis ikan hias air tawar ikan komet

sumber:semuaikan.com

Ikan komet merupakan jenis ikan yang hampir sama atau masih sekeluarga dengan ikan mas, tawes dan jenis ikan hias lainnya. Bahkan jika kita tidak tahu betul tentang ciri-ciri ikan ini, bisa tertukan dengan jenis ikan koi. Ikan komen sangat cocok untuk di pelihara di akuarium.

Selain mudah di dapatkan jenis ikan komet sangat terjangkau bagi semua kalangan dan mudah dalam perawatan. Tinggal pemberian pakan yang teratur air tetap bersih dan aerator berfungsi ikan komet dapat bertahan lama dalam ligkungan akuarium.

Kurang lebih ada 20 jenis ikan komet yang beredar dipasaran, namun yang umumnya dipelihara adalah jenis komet slayer, dengan ciri warna corak merah dan putih. Satu hal yang menjadi pertanyaan, kenapa ikan ini dinamakan ikan komet. Jawabannya adalah dibanding ikan hias air tawar yang masih satu kelas ikan komet memiliki bentuk tubuh yang ramping dan memanjang, sehingga di analogikan komet.

Jenis ikan hias Convict Cichlid

jenis ikan hias air tawar

sumber:ratemyfishtank.com

Pilihan lain dari jenis ikan yang menawarkan keindahannya adalah ikan convict ciclid, namanya terdengar aneh bagi kita. Ikan yang berasal dari amerika ini memang salah satu ikan terindah yang bisa di pelihara di akuarium rumah anda.

Pada dasarnya jenis ikan hias ini mendiami habitat perairan air tawar seperti di sungai-sungai perairan guatemala. Jika di lihat dari morfologinya ikan ini seperti ikan mujair namun berukuran lebih kecil. Ikan hias ini menjadi buruan bagi para pecinta akuarium karena warnanya yang indah.

Untuk memelihara ikan ini kalian harus agak berusaha karena tidak ada di semua penjual toko ikan ada. Selain itu jika hendak memelihara ikan hias ini hendaknya memiliki ukuran akuarium yang cukup besar, karena convict ciclid termasuk jenis ikan yang aktif dan lincah.

Jenis Ikan Hias Blue Ram

jenis ikan hias air tawar ikan Blue-Ram

sumber:aquariumfishparadise.com

Ikan blue ram sebenarnya masih tergolong keluarga dari chicid. campuran warna pada tubu ikan ini penyebab kepa banyak orang mengincar untuk dijadikan hewan peliharaan di rumahnya. Ian ini berasal dari daratan Amerika latin tepatnya ditemukan di perairan columbia.

Dalam penyebarannya ikan ini sudah merambah hampir semua benua termasuk Indonesia. Untuk memelihara ikan blue ram tidaklah sudah, karena jenis ikan ini termasuk kedalam karnivor, maka pemberian pakannya pun tidak susah. Bisa dengan pelet atau dedaunan dari yanaman yang ada di akuarium.

Blue ram sangat cocok jika anda jadikan pelengkap koleksi ikan hias yang ada di akurium, warnanya yang menarik dan ukurannya yang kecil, tidak menjadikan akuarium anda semakin indah karena warna dan gerakan ikan yang lincah.

Lobster Hias Air Tawar

lobster hias air tawar

sumber:disiniaja.net

Salah satu hewan yang anda bisa pelihara jika mempunai akuarium dan memiliki nilai estetika keindahan adalah lobster hias air tawar. Memang tidak seperti jenis ikan, jenis hewan air ramai orang membiacarakan pada akhir 2014. Dimana banyak para pecinta ikan hias membahas jenis lobster ini.

Ada 10 jenis lebih lobster hias air tawar yang anda bisa pelihara. Namun jika anda hendak memelihara lobster, disarankan tidak dicampur dengan jenis lain. Lobster mempunyai sifat teritorial artinya memiliki daerah kekuasaan, dimana jika ada spesien lain yang mendekat bisa saja menjadi santapan dia.

untuk mendapatkan lobster tidak lah sulit, karena sudah banyak pembudidaya lobter hias ini dan jika anda mencari ke toko-toko ikan hias, dengan sangat mudah anda mendapatkannya. Selain itu harga loster ini tidak terlalu mahal jadi anda bisa mengkoleksi sepuasnya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah

Indonesia merupakan negara tropis dengan penghasil keberagaman tertinggi didunia baik dari tumbuhan dan hewan. Tidak terkecuali jenis ikan hiasnya. Salah satu alasan orang memelihara ikan hias adalah karena nilai estetika yang ada di ikan hias tersebut.

Keindahan yang muncul dari warna, tingkah laku atau sifat-sifat lainnya membuat se pemelihara memiliki rasa ketenangan atau kepuasan tersendiri setelah melihat ikan. Beriku ini beberapa ikan hias air tawar terindah yang bisa anda pelihara

Jenis jenis Ikan Cupang

ikan hias air tawar ikan cupang

Sebagai ikan hias air tawar, cupang sudah tidak jadi heran jika ditemukan dimana-mana. Selain berfungsi sebagai ikan hias, cupang menjadi ikan aduan, baik ikan laga atau ikan kontes kecantikan warna dan dan kibasan sirpnya. Cupang terbagi kedalam beberapa jenis

  1. Ikan Cupang Halfmoon
  2. Ikan Cupang Giant
  3. Ikan Cupang Doubel tail
  4. Ikan Cupang Crown tail
  5. Ikan Cupang Plakat
  6. Ikan Cupang Kampung

Untuk mendapatkan ikan cupang sangat mudah, namun untuk mendapatkan cupang yang mempunyai kualitas super butuh perjuangan. Pasalnya kita bersaing denga para pengkoleksi jenis ikan aduaan ini. Di lain pihak jenis ikan cupang sudah menjadi komoditas tersendiri dalam usaha budidaya ikan. Mengapa demikian, selain mudah untuk dikembang biakan, ikan cupang memepunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi

Ikan Arwana

ikan hias air tawar arwana

sumber:floradanfauna.com

Siapa yang tidak dengan ikan yang mempunyai keindahan sangat menakjubkan ini. Tidak hanya itu keunikan ikan arwana terlihat dari bentuk tubuhnya yang indah. Memelihara ikan arwana memang tidak bisa sembarangan, butuh keahlian dan pengetahuan sebelum memelihara ikan ini.

Memiliki ikan arwana menjadi salah satu prestise atau gensi tersendiri bagi sang pemilik. Ada beberapa jenis ikan arwana yang bisa kamu pelihara sesuai kemampuan dan kemaun kamu. Beikut beberapa jenis ikan arwana yang bisa jadi refensi buan kamu

Jenis-jenis ikan Arwana

  1. Crossback Golden Arwana (X Back Golden)
  2. Golden Pino (Green Arwana)
  3. Silver Arwana (Arwana Brazil)
  4. Arwana Super Red (Arwana Merah)
  5. Jardini Arwana (Arwana Irian)

Di habitatnya ikan arwana merupakan ikan yang mendiami perairan air tawar seperti sungai dan rawa-rawa. Arwana mempunyai sifat soliter, artinya hanya hidup sendiri. Jenis ikan hias ini termasuk kedalam hewan karnifor

Jenis Ikan Hias Air Tawar: Ikan Louhan

jenis ikan hias air tawar ikan louhan

Pada awal kemunculannya ikan loouhan langsung menggebrak pasar ikan hias, kenapa tidak jenis ikan hias in bnayak dicari parar pecinta ikan hias. Sejatinya ikan louhan adalah ikan air tawar dengan A. trimaculatus. Tahun 2002 merupakan tahun dimana ikan ini banyak dicari, bayangkan saja satu ekor ikan ini dengan kualitas standar bisa dihargai dengan satu juta rupiah.

Ikan louhan merupakan ikan yang bersifat agresif, jika anda memelihara ikan ini harus ditempatkan sendiri dalam akuarium. Keindahan ikan louhan terdapat pada tonjolan di kepala, dan motif yang terbentuk dibadan ikan ini. Tidak lebih ada 11 jenis ikan lohan sebagai pilihan jika anda berminat memelihara jenis ikan ini.

Untuk mendapatkan ikan ini penulis sarankan agar mencari info seputan ikan ini, agar anda tidak kena tipu para oknum penjual ikan hias.

Ikan Rainbow

ikan hias rainbow

Ikan rainbow adalah ikan yang sangat indah, bagaimana tidak warna penysusun tubuhnya menyerupai pelangi dengan degradasi warna yang terdapat pada bagian kepala menuju bagian ekor. Sebenarnya jenis ikan rainbow ada beberapa namun diantara yang lain jenis rainbow balon dan bosemani, adalah jenis ikan rainbow yang banyak dicari.

Nah untuk mendapatkan jenis ikan ini anda harus sedikit bersabar karena tidak semua penjual ikan hias ada, jadi agak sedikit harus bertanya-tanya kalau mau memelihara jenis ikan hias air tawar pelangi ini.

Ikan Koi

ikan hias air tawar ikan koi

Ikan koi merupakan salah satu dari sekian banyak jenis ikan hias yang dijadikan peliharaan baik sebgai hiasan, atau untuk tujuan budidaya. Dikalangan pecinta ikan hias di kenal beberapa jenis ikan koi yang mesti dan wajib untuk dipelihara. jika kamu berniat untuk memelihara jenis ikan ini ada beberapa hal yang harus kamu tentukan misalnya mengetahui kenis-jenis ikan ini seperti dibawah ini.

Jenis-jenis Ikan koi

  1. Ikan Koi Kohaku
  2. Ikan Koi Taiko sanke
  3. Ikan Showa Sanshoku
  4. Ikan Koi Shio utsuri
  5. Ikan koi hi utsuri
  6. Ikan Koi ki Utsuri
  7. Ikan Koi kin shiro utsuri
  8. Ikan koi asagi
  9. Ikan koi Shusui
  10. Ikan Koi Platinum Ogan
  11. Ikan Koi Ai goromo
  12. Ikan Koi Budo Goromo

Dan Masih banyak lagi jenis ikan koi yang bisa kamu pelihara, sesuai minat dan anggaran.

Ikan Paradis fish

ikan hias air tawar paradish fish

Ikan Endlers livebearer

Ikan Endlers livebearer

Ikan Hias Silver Dolar

ikan silver dolar

Ikan Botia

ikan hias air tawar ikan botia

Jenis Ikan Hias Air Tawar Termahal

Bagi para pecinta ikan hias, ada hal hal yang tidak bisa diukur dengan harga. Kalau sudah hobi yang berbicara harga bukan urusan. Memang jika di bandingkan dengan  rupiah ada beberapa jenis ikan yang tidak masuk akal jika dilihat dari harganya. Namun jika seseorang memiliki jenis ikan hias ini, ada rasa kepuasan yang tidak bisa dijelaskan

Berikut beberapa jenis ikan termasal yang pernah ada:

Ikan Arwana

ikan hias termahal-Ikan-Arwana

Memang sudah tidak aneh lagi kalau kita mendengan harga ikan arwana dengan harga yang tidak masuk akal. Ikan arwana merupakan ikan air twar yang susah di budidayakan, sampai sekrang masih sedikit dan kalaupun ada yang berhasil, hasilnya benih arwana tidak sebagus yang dihasilkan di alam.

Karena kesulitan itulah arwana menjadi ikan yang mahal namun yang paling diburu juga, mengapa demikian karena seseorang yang memelihara ikan ini memiliki prestis tersendiri dikalangan pecinta ikan hias. Saking ekslusifnya ikan ini dari setiap ikan dipasang chip sebgai tanda pengenal.

Red Finned Shark

ikan hias air tawar Red Finned Shark

Jenis Ikan Hias Air Tawar Flying Fox

Ikan Hias air tawar flying fox

Zebra Danio

Ikan hias air tawar zebra-danio

Tinfoil Barb

Ikan Hias air tawar tinfoil barb

Spanner Barb

jenis ikanhias spener barb

Jenis Ikan Hias Rosy Barb

ikan hias air tawar rosy barb

Denison’s Barb

ikan Denison’s Barb

Jenis Ikan Hias Gold Barb

Jenis Ikan Hias Gold Barb

Red Eye Tetra

ikan hias air tawar red eye tetra

Arulius Barb

Ikan hias Arulius Barb

Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Selanjutnya jika anda ingin memelihara ikan hias namun tidak mau repot dalam memelihara, berikut ada beberapa jenis ikan yang tergolong mudah dalam perawatannya. Ikan hias sejatinya mudah dalam perawatan asalkan akuarium atau kolam tempat dia tinggal selalu bersih dan tersedia makanan.

Jika di lihat dari habitatnya ikan- ikan yang dijadikan hiasan, berada pada habitat air yang tenang seperti rawa, sungai dengan air tenang, dan danau. Sehingga ketika kita ganti dengan menggunakan akuarium apalgi dengan model akuascape, jenis ikan ini sudah mersa ada di habitat aslinya.

Berikut beberapa jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara:

Ikan Guppy

ikan hias air tawar yang mudah dipelihara ikan guppy

Ikan Guppy merupakan ikan yang tidak terlewatkan bagi para pecinta ikan hias. Selain murah ikan ini sangat mudah dipelihara termasuk dikembangbiakan. Contohnya saja jika kita mempunyai akuascape kemudian habitatnya menyerupai sebagaimana di habitat asli guppy, secara langsung ikanini bisa berkembang biak sendiri.

Ikan guppy sangat banyak ditemukan di para penjual ikan hias, dengan campuran warna-warna terang dibadannya, ikan guppymenambah keindahan ketika kita tambahkan kedalam akurium. Ikan ini termasuk ikan yang cocok jika dicampur dengan jenis ikan lainnya.

Ikan Moly

ikan hias air tawar ikan moly

Ikan moly merupakan jenis ikan yang mudah dibudidayakan jika anda berminat. Keunikan ikan hias ini terletak dari bentuk tubuhnya yang gendut dan pemalu. Jadi jika melihat musuh atau benda asing dengan cepat ikan ini akan menghindar dan bersembunyi.

Meskipun badannya gendut, gerakan ikan ini sangat gesit, untuk memperoleh ikan moly anda cukup mengeluarkan kocek Rp 2000 untuk jenis yang standar. Ikan moly termasuk ikan yang bergeombol dalam jumlah kecil. Namun anda harus cukup teliti masalah penyediaan pakan ikan moly. Kondisi pakan dalam akuarium harus selalu ada.

Ikan Hias Neon Tetra

ikan hias air tawar neon tetra

Ikan neon tetra adalah jenis ikan hias air tawar yang sangat mudah didapatkan dan di pelihara. Untuk mendapatkan nya saja kamu tinggal pergi ke para penjual ikan hias, dan saya pastikan dari setiap penjual ikan hias menyediakan jenis ikan hias neon tetra.

Ikan ini merupakan ikan bergerombol atau schooling yang ciri-ciri empunyai tubuh cerah berwarna indah dominana biru dengan garis merah di belakang bagian tubuhnya. Pada kondisi gelap neon tetra bisa menghasilkan warna sehingga menambah keindahan akuarium atau akuascape yang kita buat.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Oscar

ikan hias air tawar oscar

Ikan oscar adalah jenis ikan lainnya yang mudah untuk dipelihara, habitat awal dari kan ini adalah perairan air tawar di sugai amazon, tepatnya di negara berazil. Ikan ini mempunyai nama latin Astronotus ocellatus, dalam perkembangannya ikan hias oscar sudah bisa di budidayakan

Ikan ini termasuk ikan agresif sehingga untuk memelihara ikan ini jangan di campurkan dengan jenis ikan hias air tawar yang lain. layaknya ikan louhan perawatan ikan oscar sangat mudah cukup memberi makan yang tepat dan membersihkan akuarium dari kotoran ikan.

Ikan Hias Manfish

ikan hias air tawar ikan manfis

Ikan manfish adalah jenis ikan yang sering kita temui sebagai jenis ikan yang dijadikan pilihan untuk menghiasi akuarium. Janis ikan ini sangat mudah dipelihara karena bisa dicampur dengan jenis ikan lain dalam satu akuarium. manfis merupakan ikan dengan ciri-ciri mempunyai badan yang pipih dan sirip yang meanjang

Untuk mendapatkan ikan ini, banyak sekali pihan warna yang bisa kamu pilih sesuai slera. untuk harga pun tergolong murah, jadi mudah saja jika kamu ingin mendapatkan jenis ikan hias ini.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Red Patrom Tetra

jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara

Red pathom tetra adalah sejenis ikan yang masih satu keluarga dengan neon tetra, namun ciri yang sangat mencolok terdapat pada warna tubuhnya. Red phatom tetra memiliki warna dominan oren dengan warna gelap kebagian belakang, Jika dibandingkan dengan neon tetra, jenis ikan ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar.

Untuk memeliharanya sangat mudah, anda hanya perlu merawat kualitas air agar teap bersih dan suplai oksigen yang mencukupi untuk ikan bertahan hidup.

Terakhir

Nah gimna setelah melihat beberapa referensi jenis-jenis ikan hias air tawar? ada kemungkinan anda untuk menambah koleksi yang ada di akuarium? pasti dong. Semoga informasi yang penulis sampaikan bisa memberikan wawasan terkait informasi seputar ikan hias air tawar.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply