4925

Jenis Jenis Penelitian Yang Sering Digunakan oleh Mahasiswa dan Peneliti

Jenis Jenis Penelitian- Cukup main mainnya, cukup organisasinya, cukup pacarannya, inget udah semester akhir. Satu hari kamu menunda mengerjakan tugas akhir berarti satu hari kamu menunda rencana pernikahan mu.

Apa sih susahnya tinggal ikutin kata dosen, beres tuh skripsi. Tapi saya merasakan ko, diposisi kamu sekarang susahnya nyusun skripsi. Nah maka dari itu sebelum memulai penelitian alangkah baiknya kamu mengetahui jenis jenis penelitian yang baisa di pakai.

Kegiatan penelitian merupakan upaya untuk merumuskan masalah, mengajukan pertanyaan-pertanyaan, dan mencoba menjawab pertanyaan- pertanyaan tersebut. Untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan cara menemukan fakta- fakta dan memberikan penafsiran yang benar.

Penelitian bertujuan untuk memperbaharui pengetahuan baru dalam suatu bidang. Tanpa adanya penelitian atau riset suatu ilmu pengetahuan akan berhenti dan menjadi tidak valid. Bahkan akan surut kebelakang jika tidak dilakukan secara terus menerus.

Jenis Jenis Penelitian

jenis jenis penelitian

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Penelitian merupakan suatu kegiatan yang terdiri dari pra penelitian (pengumpulan data), dan pasca penelitian (pengolahan, analisis, dan penyajian data). Data yang disajikan terbentuk secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis.

Baca juga : pengertian manajemen dan cohtoh-contohnya

Penelitian biasanya di lakukan oleh individu atau kelompok, guna tujuan tertentu. penelitian bisa sebagai research pemerintah, pemenuhan tugas akhir atau skripsi, lomba suatu bidang ilmu, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, penelitian dibagi menjadi dua jenis yaitu;

Penelitian Dasar (Basic Research)

Basic research merupakan keingintahuan sesuatu yang di buktikan oleh bentuk riset tanpa memperhatikan kegunaan dimasyarakat. Penelitian ini dikerjakan tanpa harus memikirkan ujung praktis.

Basik research disebut juga sebagai penelitian murni. Penelitian murni tidak di tujukan untuk digunakan untuk khalayak umum.

Fokus utama dari research ini adalah kontinuitas dan integritas dari ilmu dan filosofi. Penelitian murni tidak memikirkan ada tidaknya hubungan dengan kejadian-kejadian yang diperlukan masyarakat.

Jalan pikiran seorang peneliti murni bisa saja tanpa memikirkan sudut pandang dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian murni adalah pengetahuan umum dan pengertian-pengertian tentang alam serta kaidah-kaidah didalamnya.

Permasalahan umum dapat dijadikan alat untuk memecahkan maslah-masalah simpel meskipun tidak memberikan jawaban secara keseluruhan bagi setiap masalah. Penelitian murni secara umum  memecahkan masalah tanpa mempertimbangkan efek sosial atau ekonomi ataupun masyarakat.

Penelitian Terapan (Applied Research)

penelitian terapan

Penelitian terapan termasuk jenis jenis penelitian hasil pengembangan dari basic research. Penelitian terapan memiliki unsur kehati-hatian, sistematik dan terus-menerus terhadap suatu bidang ilmu yang di kaji.

Di dalam penelitian terapan hasil dari research bukan ilmu baru, namun lebih kepada aplikasi baru yang merupakan penerapan ilmu murni.

Peneliti terapan mempunyai ciri-ciri sebagai pengaplikasian penemuan penelitian dasar untuk keperluan praktis dalam bidang – bidang tertentu.Setiap peneliti terapan memiliki keinginan agar hasil penelitiannya berguna dan dapat digunakan oleh khalayak umum

Hasil penelitian terapan mempuyai msalah dengan pembaharuan aplikasi, karena hasil penelitian harus terus di sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat

Berikut lima langkah penelitian menurut nasir.

  • Suatu yang sedang diperlukan, dipelajari, diukur, dan diperiksa kelemahannya.
  • Satu dari kelemahan-kelemahan yang diperoleh dipilih untuk penelitian.
  • Kelemahan yang dipilih dipecahkan dalam laboratorium.
  • Setelah kelemahan dipecahkan kemudian dilakukan modifikasi sehingga penyelesaian dapat dilakukan untuk diterapkan.
  • Pemecahannya dipertahankan dan ditempatkan dalam satu kesatuan sehingga ia menjadi bagian permanen dari satu sistem.

Perbedaan dasar antara basic research dan applied research adalah jangka penggunaan hasil penelitian. Penelian dasar hasil penelitiannya bisa digunakan lama sedangkan hasil penelitian terapan mempunyai batas kadaluawarsa.

Macam Macam Penelitian

Ketika kita hendak akan melakukan penelitian, sudah menjadi hal yang pasti apa jenis penelitian yang akan kita gunakan untuk tugas akhir atau skripsi kita. Macam penelitian yang di pilih menentukan juga jenis metode yang digunakan.

Penentuan metodologi penelitian harus berdasarkan kepada tujuan, bidang ilmu, pendekatan yang dipakai, sifat, tempat obejk penelitian, dan sifat masalah yang kerjakan sebagai bahan alternatif yang mungkin digunakan. Berikut jenis jenis penelitian

Penelitian Berdasarkan Tujuan

macam macam penelitian

Penelitian Eksplorasi

Penelitian eksplorasi adalah jenis penelitian yang dilaksanakan untuk menemukan ilmu pengetahuan baru ataupun terapan dan masalah masalah yang baru dalam bidang pendidikan.

Ilmu pendidikan dan masalah masalah yang diperlukan melalui penelitian pendidikan benar benar baru dan belum pernah diketahui sebelumnya.

Misalnya, suatu penelitian telah menghasilkan profil atau kriteria kepemimpinan efektif dalam manejemen berbasis sekolah. Aatau penelitian tentang suatu metode atau prosedur baru dalam pembelajaran bahasa inggris yang menyenangkan peserta didik.

Penelitian Pengembangan

Penelitian pengembangan adalah jenis penelitian yang dilaksanakan untuk mengembangkan ilmu (pendidikan) yang telah ada. Penelitian dilakukan untuk mengembangkan, memperdalam atau memperluas ilmu (pendidikan) yang telah ada.

Contohnya, penelitian tentang implementasi metode inquiry dalam pembelajaran IPS yang sebelumnya telah digunakan dalam pembelajaran IPS. Atau penelitian tentang sistem penjaminan mutu (Quality asurance) dalam organisasi/satuan pendidikan yang sebelumnya telah berhasil diterapkan dalam organisasi bisnis atau perusahaan.

Penelitian Verifikasi

Penelitian ini adalah jenis penelitian dengan cara  menguji kebenaran ilmu-ilmu (pendidikan) yang sudah ada, baik berupa konsep, prinsip, prosedur, dalil maupun praktek pendidika. Informasi data penelitian yang didapatkan dan digunakan untuk membuktikan informasi atau masalah-masalah ilmu pendidikan yang diragukan.

Bisa kita ambil contoh, suatu percobaan penelitian dilakukan untuk membuktikan adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat kesuksesan seseorang. Bisa juga menguji efektifitas model-model pembelajaran yang telah dilakukan dalam mata pelajaran kimia.

Jenis Jenis Penelitian Berdasarkan Pendekatan

pendekatan penelitian

Penelitian Kuantitatif (quantitative research)

Penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian dimana teknis yang digunakan adalah teknik pengukuran terhadap sesuatu untuk menjawab permasalahan secara cermat terhadap varaiabel-variabel tertentu.

Sehingga pada akhir penelitian menghasilkan kesimpulan yang bisa dibuat secara umum. Lepas dari konteks waktu dan situasi serta jenis data yang dikumpulkan terutama data kuantitatif. Penelitian kuantitatif banyak di aplikasikan dalam pegembangan teori dan  disiplin ilmu tertentu.

Penggunaan pengukuran dengan analisis yang bersifat statis di dalam penelitian ini, mengindikasikan bahwa penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.

Penelitian Kuliatatif (Qualitative Research)

penelitian kualitatif

Banyak sekali jenis jenis penelitian kualitatif yang di gunakan. Penelitian kualitatif merupakan jenis penelitian yang dilakukan untuk menyelesaikan  problem solving. Dimana di perlukan pemahaman secara mendasar dan mendalam dalam konteks tertentu.

Penelitian kualitatif direncakanan secara alami mungkin agar sejalan dengan kondisi objek dilapangan tanpa adanya manipulasi data, terutama data kualitatif.

Proses penelitian kualitatif antara lain melakukan pengamatan terhadap perilaku hewan tangkaran dalam proses penyesuaiannya di kebun binatang dalam kehidupannya sehari-hari. Berinteraksi dengan lingkungan, dan berupaya dalam memahami bahasa mereka tentang dunia sekitarnya. Untuk itu, peneliti harus terjun dalam lapangan dengan waktu yang cukup lama.

Penelitian Perkembangan (Developmental Reseach)

Penelitian perkembangan ini adalah suatu kajian tentang pola dan urutan pertumbuhan dan / atau perubahan sebagai fungsi waktu. Objek penelitian perkembangan menitik beratkan kepada bentuk perubahan atau kemajuan yang dicapai oleh individu.

Bisa peserta didik, guru, kepala sekolah, dan unit-unit pendidikan lainnya. Tujuan dari pelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan individu dalam kurun waktu tertentu. Penelitian perkembangan terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  1. Studi alur panjang (longitudinal)
  2. Studi silang-sekat (cross-selectional)
  3. Studi kecenderungan (ternd)

Macam-Macam Penelitian Berdasarkan Tempat

macam macam penelitian

  1. Penelitian Kepustakaan (libarary research), yaitu penelitian yang dilaksanakan di perpustakaan, dari awal penelitian sampai tuntas. Penelitian ini biasanya tentang teori teori yang dikaji ulang
  2. Penelitian laboratrium (laboratory research), yaitu penelitian yang bersifat ilmiah kemudian dilaksanakan di laboratorium. Penelitian ini sering digunakan dalam penelitian eksperimen.
  3. Penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilaksanakan di suatu tempat atau vegetasi tertentu. Tempat itu berada diluar perpustakaan dan laboratorium.

Jenis Jenis Penelitian Berdasarkan Fungsi

Penelitian ini di lakukan berdasarkan fungsi dan kebermanfaatan yang menjadi tujuan sebuah penelitian. Penelitian berdasarkan fungsi biasanya merupakan pengembangan dari penelitian terapan.

jika kalian seorang mahasiswa yang sedang bingung mencari tema penelitian, bisa mempertimbangkan untuk memilih, jenis penelitian berdasarkan fungsi. Mungkin ada yang cocok dengan jurusan perkuliahan yang kamu ambil. Berikut jenis jenis penelitian berdasarkan fungsinya, semoga bermanfaat

Penelitian Dasar (basic/fundamental research)

Penelitian dasar merupakan macam penelitian yang dilaksanakan gguna mencari atau menemukan dan mengembangkan prinsip dan konsep-konsep baru.

Basic research mempunyai untuk memperluas dan menambah pengetahuan dengan prinsip dan hukum-hukum ilmiah. Hasil dari penelitian dasar bisa dikembangkan kepada penelitian-penelitian lanjutan

Penelitian Terapan (applied research)

macam macam penelitian

Jenis jenis penelitian terapan dilakukan guna mengaplikasikan ilmu murni. Untuk mencari solusi baru terhadap permasalahan yang ada dengan pemecahan study kasus.

Penelitian terapan biasanya memecahkan masalah dan kenyataan-kenyataan praktis, penerapan, dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Dalam prakteknya para peneliti menerapkan hasil dari yang dilakukan pada tahap penelitian dasar dalam kehidupan nyata. Fungsi penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah-masalah praktis sehingga bisa menyelesaikan masalah yang ada di amsyarakat.

Penelitian Penilaian (assessment research)

Assessment research adalah suatu bentuk penelitian yang dilakukan untuk menilai atau menguji suatu perubahan pada suatu objek. Objek yang dikaji bisa berupa sistem, individu, dan kelompok tertentu.

Asesment research menghasilkan prduk baru yang lebih sesuai dengan kondisi dan tempat yang sesuai. Sebagai contoh dilakukan penelitian terhadap para pegawai negri sipil yang sudah mencapai usia 45 tahun keatas. Penelitian dilakukan guna melihat tingkat produktifitas para pegawai.

Penelitian Tindakan (action research)

Penelitian tindakan adalah suatu penelitian berupa mempraktekan ilmu dalam tindakan nyata untuk mengetahui respon  situasi di lapangan.

Penelitian ini dilaksanakan guna  memperbaiki proses dan pemahaman bagaimana praktek pendidikan yang baik, profesional dan meningkatkan hasil kegiatan.

Contoh penelitian ini adalah praktek lapangan dalam mengajar seorang mahasiswa di fakultas keguruan yang mengajar di sebuah sekolah

Penelitian Evaluasi (evaluation research)

penelitian Evaluation

Penelitian evaluasi adalah penelitian yang dilakukan setelah penelitian lain dilaksanakan dalam bentuk penelitian baru. Penelitian ini merupakan turunan dari penelitian terapan.

Evaluation research memiliki tujuan sebagai bentuk evaluasi kepada penilaian keberhasilan, manfaat, kegunaan, sumbangan, dan kelayakan suatu program, produk, atau kegiatan tertentu.

Manfaat yang bisa dieroleh dari penelitian ini adalah perubahan yang lebih dan mendorong agar terciptanya penelitian baru dengan kualitas lebih baik.

Penelitian Komparatif

Studi komparatif adalah penelitian yang berfungsi membandingkan antara dua perlakuan atau lebih dari suatu variable, atau beberapa variabel sekaligus.

Tujuan utama study komparasi ini adalah melihat perbedaan dua atau lebih situasi, peristiwa, kegiatan, program. Perbandingan yang dilihat adalah bagaimana semua unsur dalam komponen penelitian terkait satu sama lain.

Perhitungan yang diterapkan adalah bentuk persamaan dan perbedaan dalam perencanaan, pelaksanaan, faktor-faktor pendukung hasil. Hasil dari study komparasi ini menekankan bagaimana unsur-unsur pembentuk hasil penelitian bisa melatar belakangi hasil dari penelitian tersebut.

Penelitian Korelasional

Penelitian korelasi

Penelitian korelasi adalah penelitian ini mempelajari hubungan dua variable atau lebih dalam satu penelitian. Pengakajian dalam penelitian ini adalah hubungan variasi dalam satu variabel dengan variasi dalam variabel lain.

Penelitian ini dilakukan agar dapat ditentukan variabel-variabel mana yang berkolerasi satu sama lainnya. Berikut karakter penelitian korelasi

  • Adanya hubungan dua variabel atau lebih
  • Adanya koefisien korelasi, yang menunjukkan tinggi rendahnya hubungan
  • Tidak ada perlakuan (treatmean) khusus
  • Dan data yang diperoleh bersifat kuantitatif.

Dalam penelitian korelasi terdapat angka yang menjadi patokan range nilai korelasi. Nilai korelasi di tentukan antara -1 sampai +1. Untuk menentukan perhitungan statistik terdapat koefisien korelasi yang diperoleh dari pengukuran setiap variabel.

Nilai koefisien korelasi yang positif berarti hubungan antar variabel yang berbanding lurus atau setara. Sedangkan koefisien korelasi negatif memberikan informasi hubungan yang tidak sebanding atau terbalik.

Dari hasil tersebut maka kita bisa menarik kesimpulan, bahwa jika nilai koefisien korelasi (positif ataupun negative) semakin tinggi, maka semakin besar pula kekuatan hubungan antar-variabel. Dalam variabel penelitian korelasi terdapat 3 makna sebagai berikut

  1. Kekuatan hubungan antar variable
  2. Signifikansi statistic hubungan kedua variabel tersebut
  3. Arah korelasi

Jenis jenis Penelitian Studi Kasus

penelitian studi kasus

Penelitian studi kasus adalah penelitian berdasarkan kejadian yang sudah terjadi. Penelitian ini mempelajadi interaksi antara variabel satu denga variabel lainnya.

Pada dasarnya studi kasus mempunyai tujuan mempelajari secara khusus bagaimana suatu suatu kejadian bisa terjadi secara sistematis dalam kurun waktu cukup lama.

Faktor utama dalam penelitian ini adalah mengapa individu melakukan sesuatu hal? Bagaimana perilaku kesehariannya? Bagaimana interaksi terhadap lingkungan dan faktor faktor penyebabnya?

Penelitian studi kasus mempunyai ciri:

  1. Studi kasus dilakukan untuk meneliti suatu kasus atau masalah secara sistematik dan mendalam
  2. Kesimpulan yang dihasilkan berupa gambaran lengkap dan teroganisir
  3. Ruang lingkup masalah terdiri dari aspek kehidupan atau faktor tertentu saja, tergantung kajian yang diteliti
  4. Objek yang diteliti hanya hanya unit-unit kecil namun memiliki variabel yang luas
  5. Target yang di tuju adalah memecahkan permasalah
  6. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan longitudinal

Penelitian dan Pengembangan (Research and Development)

penelitian komparatif

Research and Development merupakan suatu penelitian yang di lakukan atas rangkaian proses penelitian yang digunakan untuk mengembangkan dan menyempurankan produk baru.

Untuk melakukan penelitian ini ada beberapa metode yang gunakan yaitu:

  1. Metode deskriptif digunakan pada tahapan awal penelitian, berfungsi mengumpulkan informasi atau data suatu produk. Data yang dikumpulkan berupa kondisi produk, keadaan pihak pengguna, dan kondisi faktor faktor pendukung
  2. Metode eksperimental digunakan untuk menguji ulang beberapa produk yang dihasilkan. Setelah itu dilakukan pembandingan dintara produk-produk yang dihasilkan, untuk mencari kualitas terbaik dari produk yang di hasilkan
  3. Metode evaluative dilaksanakan dengan tujuan mengevaluasi produk yang dihasilkan pada saat proses pengembangan produk

Jenis Jenis Penelitian berdasarkan metode

Penelitian jenis ini dilakukan berdasarkan cara atau metode yang digunakan, berikut contoh penelitian berdasarkan metode

Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif merupakan jenis penelitian yang mendeskripsikan suatu permaslahan kemudian membahas sehingga menghasilkan kesimpulan pada suatu peristiwa tertentu. Biasanya metode deskriptif sama dengan pola pola penelitian survey, studi kasus dan masih banyak lagi. Penelitian dengan metode ini memiliki tujuan sebagai berikut

  • Menjelaskan suatu kejadian atau fenomena tertentu
  • Imformasi yang di dapat bersifat aktual dan faktual
  • Melakukan identifikasi masalah yang sedang berlangsung
  • Selalu membuat komparasi
  • Mendeterminasi pekerjaan orang lain

Selain penelitian deskriptif, jenis jenis Penelitian berdasarkan metode ada penelitian eksperimen, penelitian survey dan penelitian exfo fakto. Yang pola nya hampir sama dengan metode penelitian deskriptif.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita taris kesimpulan bahwa dalam penelitian ada beberapa macam-macam penelitian berdasarkan tujuan, tempat, fungsi, dan metode. Yang mana menurut KKBI penelitian adalah suatu kegiatan pengumpula, pengolahan, pembahasan kemudian penarikan kesimpulan.

Semoga setelah anda mengetahui jenis jenis penelitian, ada gambaran dan semakin menambah kemauan untuk menambah ilmu baru. semoga bermanfaat wassalam

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply