2

Keutamaan Malam Lailatul Qodar serta Panduan I’Tikaf [Lengkap]

Assalamualaikum Wr. Wb, Sahabat Muslim yang dirahmati Allah Swt. Puji syukur mari kita panjatkan ke hadirat Allah Swt, Sholawat serta salam tetap tercurah limpahkan Kepada baginda Nabi Muhammad Saw. Pada kesempatan kali ini insyaAllah penulis akan mengulas tentang keutamaan malam Lailatul Qodar.

Jika pada tulisan sebelumnya di sudah di jelaskan bahwa Lailatul Qodar merupakan salah satu keutamaan bulan Ramadhan. Tidak terasa Ramadhan sebentar lagi, maka dari itu alangkah baiknya kita murojaah kembali apa itu malam Lailatul Qodar dan segala keutamaanya.

Keutamaan Malam Lailatul Qodar

keutamaan malam lailatul qodar

Setiap kali kita memasuki bulan Ramadhan, sebagai ummat muslim pastinya tahu akan keutamaan bulan ramadhan. Salah satu keutamaan yang ada di sepuluh hari terakhir adalah malam Lailatul Qodar.

Pada dasarnya semua orang tahu akan ungkapan Lailatul Qodar sebagai malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan, namun belum tahu makna secara lengkap tentang keutamaan malam Lailatul Qodar.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini InsayaAllah akan membahas tentang malam Lailatul Qodar.

Lailatul Qodar Malam Keberkahan

Firman Allah Swt dalam Q.S Ad Dukhan

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ (3) فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Qur’an) pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad Dukhan [44]: 3-4)

Sebagaimana firman Allah di atas menunjukan bahwa, al Quranul karim turun pada bulan ramadhan yang turun pada malam malam keberkahan. Malam malam keberkahan itu terletak pada sepuluh hari terakhir yang kita kenal dengan malam Lailatul Qodar.

Malam malam yang di berkahi tersebut di jelaskan dalam Q.S Al Qadr (1), yang artinya “Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaaan”

Sehingga pada malam itu banyak orang yang berbondong-bondong menuju masjid untuk mendapatkan keberkahan malam Lailatul Qodar.

Seperti yang di riwatkan oleh Abu khuroirah r.a, bahwa malaikan pada malam tersebut akan turun kebumi dengan jumlah yang tak terhingga. Malaikat turuh dengan membawa kemuliaan dan keberkahan. Keberkahan yang di bawa pun tidak terhingga karena malaikat yang turun sangat banyak.

Sebagai umat muslim penulis mengajak persiapkan diri kita di bulan ramadhan yang salah satunya untuk mendapatkan kemuliyaan di malam penuh keberkahan yaitu malam Lailatul Qodar.

Malam Lailatul Qodar Lebih Baik dari 1000 Bulan

malam lailatul qodar malam yang lebih baik dari 1000 bulan

Sumber: yufid.tv

Keutamaan malam Lailatul Qodar merupakan malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Ungkapan itu sudah sering kita dengarkan, setiap memasuki bulan ramadhan, yang jadi pertanyaan apakah kita sudah mengamalkan amalan amalan agar mendapatkan kebaikan 1000 bulan tersebut?

Jika belom masih ada kesempatan dengan kita di beri umur oleh Allah Swt, saapai memasuki bulan ramadhan tahu ini.

Para Ulama dan Mujahid serta Qotadah menafsirkan malam Lailatul Qodar lebih baik dari 1000 bulan. Lebih utama  shalat dan amalan pada malam itu lebih daik dari shalat dan amalan amalan di malam selain Lailatul Qodar.

Firman Allah dalam QS al Qodar (3)

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadar: 3)

Ketika Orang Menghidupkan Lailatul Qodar

Kemudian apa faedah yang akan di dapatkan bagi seseorang yang menghidupkan atau mendapatkan malam Lailatul Qodar?

Seabagaima alquran di turunkan pada malam malam penuh keberkahan, kemuliaan dan penuh ampunan yaitu malam malam Lailatul Qodar. Maka keberkahan ini akan di dapat juga oleh seseorang yang niat karena Allah ingin mendapatkan ampuanan dan ridhoNya.

Dari hadist Abu Hurairah, Sabda Nabi Muhammad Saw, beliua berkata;

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa dan bagi siapapun yang menjalankan, yang melkasanakan ibadah shalat dan amalan lain di malam Lailatul Qodar, kemudian dengan imannya dia mengharapkan pahala dan ridho dari Allah, Maka dosa-dosanya yang telah lalu akan di ampuni”

Jadi jika kamu ingin memanfaatkan moment ramadahan sebagai moment kamu untuk bertaubat dan hijrah, sangat tepat. Mari manfaatkan fasilitas yang Allah berikan

Kapan Lailatul Qodar Terjadi ?

kapan lailatul qodar terjadi

Tidak ada yang tau tepatnya kapan malam Lailatul Qodar turun dan tidak ada yang tau kalau seseorang telah mendapatkan atau tidak keberkahan malam ini. Tugas kita hanya berusaha untuk bermunajat kepada Allah Swt.

Sabda Rasulullah Saw, dalam hadist Bukhori  no 2020 dan hadist Muslim no 1169 menerangkan bahwa

“Malam Lailatul Qodar itu akan turun dan datang pada malam sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan”

Meskipun sudah di sebutkan akan turunkan pada malam sepuluh hari terakhir, namun kita belum tau juga kapan tepatnya di turunkan malam itu. Sehingga nabi kita memberikan bocoran kembali, b\dengan sabda beliau;

Hadist Bukhori no 2017, Rasullulloh bersabda Bahwa “carilah malam-malam keberkahan malam Lailatul Qodar itu pada malam malam ganjil”

Hikmah apa yang bisa kita ambil, kenpaa Allah tidak menyebutkan secara pasti kapan Lailatul Qodar itu di turunkan. dengan di rahasiakannya malam tersebut bertujuan agar kita bersemangat dan berlomba lomba dalam kebaikan di Malam itu.

Meskipun tidak di sebutkan, Namun Nabi Kita Muhammad Saw telah memberikan informasi dengan tanda tanda yang ada. Jadi jangan sampai lewatkan kesempatan di malam ganjil sepuluh hari terakhir pada bulan ramdhan.

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qodar

Tanda tanda malam lailatul qodar keutamaaan malam lailatul qodar

Dalam kitab Fathul Bari 4:260, Ibnu Hajar Asqolani mengatakan bahwa:

وَقَدْ وَرَدَ لِلَيْلَةِ الْقَدْرِ عَلَامَاتٌ أَكْثَرُهَا لَا تَظْهَرُ إِلَّا بَعْدَ أَنْ تَمْضِي

“Ada tanda tanda atau ciri-ciri yang menerangkan bahwa malam Lailatul Qodar muncul namub terlihat setelah malam itu berlalu”

Jadi beliau menafsikan salah satu cara untuk melihat tanda bahwa turunnya Lailatul Qodar pada malam pada 10 hari terakhir di malam ganjil ramadhan, bbisa di lihat setelah hari berlalu. Arti “berlalu” tersebut bisa di artikan keseokan harinya atau setelah malam malam itu berlalu semua.

Namun yang jadi catatan jangan kita mengejar hanya pada malam Lailatul Qodar saja. Karena sejatinya pada mbulan ramadahan, hari dan malamnya merupakan bentuk keberkahan kemuliaan dan ampunan yang diberikan Allah Swt

Bagaimana Cara Menghidupkan Malam Lailatul Qodar

Menghidupkan Malam lailatul qodar

Sudah sepantasnya kita sebagai umat muslim ketika datang bulan ramadhan menghidupkan malam malam yang ada di bulan ramadhan. Terutama kita lebih menambah intensitas ibadah kita pada malam malah ganjil di sepuluh ahri ramadahan.

Sebagaimana dicontohkan nabiyullah Muhammad Saw, seperti hadist yang di riwayatkan oleh Muslim no 1175 bahwa A’isayah menceritakan”Rasulullah sangat bersungguh sungguh jika telah memasuki 10 hari terakhir di bulan ramadhan dengan menghidupkan malam di banding malam-malam lainnya”.

Selain itu Ai’sayah berkata ” Rasululloh mengencangkan sarungnya untuk menghindari jima dari istri-istrinya”

Adapun bagaimana kita menghidupkan malam Lailatul Qodar adalah, meningkatkan intensitas ibadah pada malam-malam tersebut. dengan tujuan mendekatkan ibadah dengan iklas dan niat mendapatkan ridho Allah.

Kemudain apa saja yang dilakukan untuk menghidupkan malam Lailatul Qodar, kita bisa mengisi malam itu dengan:

  • Qiyamul Lail
  • Tadarus Alquran
  • Memperbanyak Dzikir
  • Meminta Ampunan dan memperbanyak doa kebaikan

Dengan cara-cara demikianlah kita berusaha agar mendapatkan malam Lailatul Qodar

Panduan I’Tikaf dalam Keutamaan Malam Lailatul Qodar

panduan i'tikaf bulan ramadhan

 

Jika diatas sudah di bahsa tentang bagaimana tentang menghidupkan malam lailatul Qodar, maka pada point ini akan di bahsa salah satu cara dalam menghidupkan malam tersebut yaitu dengan I’tikaf.

Apa Itu I’tikaf ? adapun menurut syar’i itikaf berarti berdiam diri untuk mendekatkan atau untuk bermunajat kepada Allah Swt.

Baca juga artikel: Tata cara Shalat Tarawih Ramadhan

Melakukan I’tikaf sebenarnya bisa dimana saja, namun lebih disarankan di mesjid sebagaimananya mesjid tempat yang telah di khususkan untuk beribadah

Apa Tujuan I’tikaf

Dalam perkataanya ibnu qoyimm rahimullah mendeskripsikan tentang apa itu I’tikaf. Menurut beliau I’tikaf adalah “berkonsentrasi dalam beribadah yang penuh di tujukan kepada Allah Swt”.

Jika gabungkan dengan pengertian itikaf secara syari maka beritikaf bisa disimpulkan sebagai kegiatan berdiam diri dari segala kegiatan duniawiah dan mensibukan diri dengan tujuan iklas mendapat ridho Allah Swt.

Nah yang jadi pertanyaan apa tujuan i,tikaf?

Seseorang yang mengerjakan itikaf secara otomatis dia mengkhususkan segala fikiran dan hatinya hanya difokuskan kepada Allah, yang di harapkan ketergantungan akan selain Allah itu berganti menjadi full bergantung kepada Allah.

Jika maksud demikian maka tujuan I’tikaf adalah untuk bermunajat dan mengkhususkan ibadah kepada Allah di malam-malam terakhir pada bulan Ramadhan

Dalil di Perintahkannya I’tikaf

panduan i'tikaf ramadhan

Salah satu keutamaan malam Lailatul Qodar adalah semua oranng berbondong-bondong beritikaf. Untuk memperkuat pemahaman kita tentang ibadah I’tikaf maka harus kita ketahui dalil atas amalan yang kita perbuat, beriku dalil tentang ibadah itikaf.

وَعَهِدْنَا إِلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ أَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْعَاكِفِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i’tikaf, yang ruku’ dan yang sujud.” (Al Baqarah: 125).

Sedangkan Hadist yang diriwayatkan Ummul mukminin yaitu ‘Aisayah radiallohu ‘anhu bahwa beliau mengucapkan

Hadits dari Ummu al-Mukminin, ‘Aisyah radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ، ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian para istri beliau beri’tikaf sepeninggal beliau.”

Dari Firmah dan hadist tersebut sudah jelas bahwa I,tikaf merupakan salah satu ibadah yang di saryaitkan oelhh agama dan dicontohkan oleh Rosululloh Saw. Dalam sekali menjalankan ibadah ini kita mendapatkan dua ganjaran sekaligus, ganjaran dari Allah dan ganjaran mengikuti sunnah nabi muhammad.

Adab Adab Ketika I’tikaf

adab adab dalam ber i'tikaf

Agar mencapai kesempurnaan dalam ibadah tentunya ada tata cara atau adab adab yang perlu diperhatikan, termasuk ibadah dalam Itikaf. Berikut adab adab dalam I’tikaf

  1. Pertama I’tikaf alangkah baiknya dilaksnakan di mesjid
  2. berniat karena Allah
  3. Ketika beritikaf dalam keadaan suci, sebagaimana kita mau menghadap Allah Swt
  4. Menyibukan diri dengan, berdzikir, bersholawat, dan berdoa sepanjang malam
  5. Hindari Hal yang makruh ketika itikaf (Masih memikirkan hal dunia
  6. Hindari hal yang dapat membatalkan i’tikaf (Keluar mesjid di lau batas syar’i dan berjima)

Hal hal diatas sangat penting untuk diperhatikan agar kita mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qodar dengan sempurna

Penutup

Sebagai penutup akli ini, mari kita tingkatkan ibadah dengan memanfaatkan keutamaan malam Lailatul Qodar, di sepuluh hari terakhir pada bulan ramadhan. Mari Kita berdo’a agar semua nya mendapat keberkahan dalam malam yang penuh kemuliaan. Kalau ada salah-salah kata mohon di koreksi allahu ‘alam, Terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply