16989

1001 Manfaat dan Khasiat Daun Bidara dengan Segala Keberkahannya

Ada yang tahu pohon yang memiliki 1000 manfaat ini ngga? Namanya pohon bidara. Kalau yang belum tahu,  mari kita bahas khasiat daun bidara dengan segala kebermanfaatannya untuk pengobatan, baik itu rohani ataupun jasmani.

Pohon bidara merupakan salah satu jenis tanaman toga, Secara umum ciri-ciri pohon bidara yaitu:

  • Pertumbuhannya mencapai 5-16 meter dengan lingkar batang mencapai 40 cm
  • Ciri daun berbentuk bulat agak lonjong berukuran 5-7 mm, dengan permukaan yang halus
  • Tumbuh pada cabang-cabang yang menyebar
  • Terdapat Buah dengan ukuran kecil

Mungkin sudah tidak asing dengan keberadaan daun yang satu ini, namun tidak sedikit juga dari kita yang belum mengetahui ciri-ciri dan manfaat daun bidara. Pohon Bidara tertera di dalam Al Quran QS Al-Waqi’ah (56): 27-28 yang artinya

(27) dan golongan kanan, alangkah mulianya golongan kanan itu. (28)mereka diantara pohon bidara yang tidak berduri

Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Ruhani

Pohon bidara merupakan jenis pohon perdu yang bisa tumbuh di area yang sedikit air bahkan daerah-daerah gurun. Bidara atau widara merupakan pohon jenis penghasil buah bidara yang bisa dimakan langsung atau di olah dengan cara dikeringkan untuk dijadikan manisan.

Namun jauh dari itu banyak sekali manfaat dari jenis tanaman daun ini. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapat

Manfaat Daun Bidara Dalam Pengobatan Ruqyah

Khasiat daun bidara untuk ruqyah

Sahabat muslim, kita hidup di dunia ini tidak sendiri dan akan selalu berdampingan. Sebagai muslim yang taat kita menyakini bahwa adanya makhluk ghaib.  Allah sebagai pemilik alam semesta membuat satu perkara secara berpasang-pasangan.

Ada siang- malam, ada si kaya dan si Miskin dan ada sehat dan sembuh. dalam menjalankan aktifitas pun kadang-kadang kita merasakan kesehatan menurun, namun apabila kita cermati, sakit yang kita alami bisa di bagi kedalam beberapa kelompok berdasarkan penyebabnya.

Salah satu penyebab sakit yang kita temui di masyarakat yaitu adanya gangguan dari makhluk ghaib. Jenis gangguanya bisa berupa sihir, kesurupan, kerasukan ataupun jenis pelet dan penyakit kiriman.

Tidak semua maksluk ghaib yang melakukan pekerjaan keji, hanya jin-jin kafir atau sering kita ketahui sebagai syaitan yang mengikat perjanjian dengan tuan atau pun dukun-dukun. Berikut dijelaskan manfaat dari daun bidara.

Tata Cara Ruqyah Sederhana Menggunakan Daun Bidara

Hai sobat cara ini dilakukan ketika kondisi-kondisi tertentu. Jika kalian kebetulan melihat tetangga atau sanak saudara yang mengalami gangguan dari jin, sedangkan dalam kondisi tersebut tidak ada orang yang bisa di minta pertolongan, maka kamu bisa melakukan tatacara ini.

  • Pertama-tama kamu bisa ambil 3-7 lembar daun bidara, disunahkan.
  • Kemudian taruh di wadah/tempat yang berisi air.
  • Selanjutnya bisa di bacakan Ayat-ayat Alquran (QS-Albaqoroh) di samping orang yang terkena gangguan.
  • Kemudian setelah dibacakan bisa di cipratkan, dengan berharap kesembuhan dari Allah Swt
  • InsyaAllah dengan bantuan Allah SWT, bisa meredam dangguan jin.

Manfaat Daun Bidara Dalam Memandikan Jenazah

khasiat daun bidara dalam mandikan jenazah

Hampir di belahan dunia manapun ketika ada yang meninggal seorang muslim dan tinggal dilingkungan muslim, ketika dimandikan jenazah selalu menggunakan daun bidara. Apa sebenarnya khasiat daun bidara ketika digunakan dalam proses memandikan jenazah? Seperti dikatakan hadist berikut

Diriwayatkan dari Ummu ‘Athiyyah Rodhiyallohu ‘Anha berkata, “Nabi Shollallohu Alaihi Wa sallam pernah menemui kami, sedangkan kami kala itu tengah memandikan puterinya (Zainab), lalu Beliau bersabda “Mandikanlah dia tiga, lima, atau tujuh kali, atau lebih dari itu. Jika kalian memandang perlu, maka pergunakan air dan daun bidara.

(Ummu ‘Athiyyah berkata, ‘Dengan ganjil?’ Beliau bersabda, ‘Ya.’) dan buatlah di akhir mandinya itu tumbuhan kafur atau sedikit darinya.”

Sungguh suri tauladan yang baik apa yang dilakukan nabi ketika memandikan jeznazah, menggunakan daun bidara.

Daun Bidara Untuk Meruqyah Rumah

Manfaat lain dari daun bidara bisa di gunakan untuk meruqyah rumah. Tidak jarang kita mendengar atau mungkin disekitar kita terjadi penampakan di suatu rumah, rumah angker dll. Sebagaimana kita hidup berdampingan dengan makhluk lain, di rumah yang kita tempatin pun tidak menutup kemungkinan ada jin dan makhluk ghaib sejenisnya.

Kebanyakan hal ini terjadi kepada rumah yang sudah di tinggal pergi dan sempat kosong. Bisa juga memang di pasang oleh pemilik rumah. Tentunya kita tidak ingin terganggu dengan keberadaan mereka, apalagi sampai menganggu kehidupan kita, baik kesehatan, atau ketentraman keluarga.

Penggunaan daun bidara untuk meruqyah rumah mudah saja. berikut tahapanya

  • Ambil beberapa lembar daun bidara, 3 sampai lima lembar
  • simpan di wadah yang sudah berisi air
  • Niatkan, pertolongan dari Allah Swt
  • Bacakan Alfatihah, Surat Al baqoroh, Al Ikhas, Al Alaq dan Annas
  • Setelah itu semprotkan air ruqyah yang ada daun bidaranya ke sudut2 rumah, pintu masuk dan tempat-tempat yang dianggap angker

Manfaat Daun Bidara Sebagai Penghilangkan Depresi

khasiat daun bidara menghilangkan depresi

Sumber: Pixabay

Pada zamansekarang ini tidak heran jika kita sering menemukan orang frustasi, sering marah marah, bahkan sampe depresi. Terutama masyarakat di perkotaan, tuntutan hidup yang tinggi mendorong manusia untuk  bekerja di separuh waktu hidupnya.

Depresi bukan penyakit biasa, dimana jika tidak di atasi sesegera mungkin akan menyebabkan penyakit-penyakit turunan lainnya. Karna dampak yang di akibatkan yaitu terganggunya prilaku sikis korban. salah satu solusinya menggunakan daun bidara.

Jika kita sadar akan manfaat obat alami, ternyata salah satu khasiat daun bidara bisa menghilangkan depresi. Senyawa yang dihasilkan dari ekstraksi daun bidara mempunyai zat yang bisa merelaksasi atau memberi rasa nyaman kepada penderita.

Terapi untuk penderita depresi tentunya dilakukan berulang tergantung kepada tingkat depresi, di barengi dengan memohon kesembuhan dan bertawakal kepada Allah Swt.

Khasiat Daun Bidara Untuk Kesehatan Jasmani

Khasiat daun bidara

Khasiat daun bidara

Manfaat daun bidara sudah tidak diragukan lagi, keberadan pohon ini tidak hanya sebatas pohon namun  memberikan manfaat kepada manusia begitu besar.

Selain berfungsi sebagai penangkal jin atau sihir, khasiat daun bidara banyak digunakan untuk kesehatan tubuh, kecantikan, bahkan dijadikan makanan dan minuman. Berikut beberapa Khasiat daun bidara:

Bisa Mencegah Kanker Dan Tumor

khasiat daun bidara mengobati kangker

Manfaat lain daun bidara adalah bisa mencengan penyakit kangker dan dan tumor. Dua penyakit ini menjadi salah satu penyebab tertinggi orang meninggal karena penyakit. Sejatinya kangker adalah penyakit yang disebabkan tidak terkendalinya pertumbuhan sel dalam suatu organ.

Dengan cara mengkonsumsi daun bidara, baik itu dijadikan minuman dan bahan campuran makanan maka dipercaya akan menghambat pertumbuhan sel kangker. Kandungan alami dari daun bisara bisa memperlambat proses regenerasi sel kangker

Dipercaya Dapat Memperkuat Rambut

manfaat daun bidara memperkuat rambut

Rambut adalah mahkota, terutama bagi seorang perempuan. Namun permasalahan yang muncul tidak jauh dari seputar rontok bercabang atau rambut kering. Mungkin banyak obat rambut atau sampo yang menawarkan solusi untuk memperkuat rambut.

Sadar atau tidak, mungkin ada yang belum tahu, Bahwa dalam suatu hadist Rasululloh pernah mencontohkan ketika membasuh rambut menggunakan air yang dicampur daun bidara. Tidak semata mata menggunakan kalau daun bidara tidak mempunyai khasiat khusus di dalamnya, silahkan mencoba

Daun Bidara Sebagai Obat Diabetes

khasiat daun bidara diabetes

Diabetes merupakan penyakit dimana penderitanya mengalami kelebihan gula (glukosa). Diabets atau kencing manis adalah kondisi seseorang dimana kadar gula meningkat secara drastis, dikarenakan pankreas tidak mampu memproduksi insulin. selain menggunakan daun bidara bisa juga menggunakan tanaman obat keluarga (Toga)

Kenapa daun bidara bisa menyembuhkan diabetes? Karena didalam daun bidara terdapat zat glikemik rendah, yang mampu dan bisa menurunkan gula darah pada si penderita.

Untuk penggunaan daun bidara, kita bisa mengumpulkan sebanyak mungkin kemudian daun di jemur sampe kering. Apabila kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk menjemur bisa di lakukan dengan cara di open.

Setelah daun kering dengan warna kecoklatan sehingga menyerupai menyerupai teh, bisa diangkat dan di simpan di toples atau tempat yang udah disediakan. untuk penggunaanya daun yang sudah kering di rebus, dan air rebusan di minum sebagai obat minum diabets.

Manfaat Daun Bidara Sebagai Obat Jerawat

Khasiat daun bidara

Khususnya bagi kalian yang punya jerawat, ganggu ga sih? Pasti ganggukan, hal tersebut merupakan indikator sehat tidaknya kulit kalian. salah satu dampak dari jerawat yaitu menyebabkan tureunnya tingkat kepercayaan diri, terutama kalo kalian mau berpergian atau ketemu orang baru.

Banyak obat penghilang jerawat mungkin kalian sudah pernah coba, namun jika kalian tau ternyata daun bidara juga bisa menghilangkan jerawat juga loh.

Loh ko bisa? bisa dong, bidara ngga melulu tentang mengusir jin. jika kalian perhatikan daun bidara secara visul warna atas daun ini hijau mengkilap di bagian atas dan putih kecoklatan di bagian bawah. Ternyata daun bidara mempunyai senyawa antibakterial yang bisa membunuh penyakit.

Khasiat untuk kesehatan dari daun ini adalah penghilang jerawat, bisa dilalukan dengan mengkompres atau dengan cara di buat masker.

  • Ambil beberapa helai atau disesuaikan dengan kebutuhan
  • Rendam daun di air selama beberapa jam
  • Gerus daun atau belender hingga menjadi ancur/lembut
  • Oleskan ke bagian muka atau tubuh yang ada jerawatnya
  • Diamkan beberapa menit, bersihkan dan ulangi

Dapat Mengatasi Ejakulasi Dini

manfaat daun bidara obat ejukali dini

Ejakulasi dini merupakan suatu kondisi dimana seorang pria mengalami disfungsi ereksi. Hal ini terjadi karena banyak faktor tentunya. Ejakulasi dini merupakan momok yang meankutkan bagi kaum adam, karena hal ini manjadi salah satu faktor harmonisnya dalam berkeluarga.

Tidak jarang banyak sekali produk obat yang menawarkan sosuli untuk hal ini. Disis lain tidak sedikit juga pengobatan alternatif yang di guanakan untuk pengobatan ini.

Namun tidak ada salahnya jika kita menggunakan tanaman herbal salah satunya daun bidara. Manfaat daun bidara diyakini bisa mengobati ejakulasi dini pada seorang laki laki. Silahkan mencoba

Kegunaan Daun Bidara untuk Mencegah Keputihan

Khasiat daun bidara sebagai obat keputihan

Bagi kaum hawa kesehatan organ intim sangatlah sensitif untuk diperhatikan. Banyak permasalahan kesehatan yang terjadi terutama di area intim kaum wanita salah satunya keputihan. keputihan merupakan dampak dari virus atau bakteri yang menyerang organ intim wanita.

Sebenarnya, keputihan adalah hal yang sangat wajar, namun pada taraf tertentu keputihan sudah menjadi sinyal bagi para perempuan jika ada sesuatu yang tak beres pada daerah kewanitaanya.

Penggunaannya dilakukan dengan cara merendam terlebih dahulu di air beberapa jam, stelah itu bisa di gunakan untuk membersihkan. selain membersihkan khasiat yang terkandung sebagai anti bakterial bisa membunuh bakteri penyerang keputihan.

Campuran Mandi Setelah Haid

manfaat daun bidara

Haid adalah kondisi dimana seorang perempuan yang sudah balig mengalami peluruhan dinding rahim sehingga mengalami pendarahan. Dalam hal ini seseorang yang sedang haid dalam keadaan suci untuk beribadah. Setelah haid di wajibkan untuk mandi besar.

Dalam mandi besar harus diperhatikan tatacara pelaksanaan dan doa mandi wajib tersendiri. Selain itu di anjurkan untuk mencampurkan daun bidara ketika mandi wajib. Kandungan dalam daun bidara bisa menetralisir bau dari darah haid.

Selain itu juga di anjurkan oleh Rasululloh, untuk mencampurkan daun bidara ketika haid.

Mempercepat Penyembuhkan Luka

manfaat daun bidara penyembuh luka

Khasiat daun bidara yang lainnya adalah sebagai obat penyembuh luka. Hal demikian berfungsi sebagai oabat berbagai luka, baik luka bakar gores dan luka karena benda tajam. Salah atu contoh jika kita mengalami pendarahan karena benda tajam gunakan lah daun bidara.

DAlam daun bidara terdapat zat yang bisa menghentikan laju pendarahan, sehingga sangat efektif dalam proses penyembuhan luka. Cara menggunakannya mudah saja, daun bidara segar bisa di halusnkan dengan cara di tumbuk. Setelah itu tempelkan di area yang luka, Silahkan mencobanya

Manfaat Daun Bidara Sebagai Penurun Demam

menurunkan-demam-anak

Bagi para ibu, kadang suka bingung ketika anaknya mengalami demam. Pada umumnya pengobatan demam ada yang menggunakan obat atau di kompres. Namun yang perlu diketahui, ternyata daun bisara bisa digunakan sebagai obat penurun demam

Cara penggunaan daun bidara, bida dicampurkan dengan air kompresan. Selain itu bisa juga daun bidara dihancurkan kemudian dijadikan kompresan demam

Khasiat Minuman Daun Bidara 

Sejuta manfaat dari pohon yang sudah disebutkan dalam Al-Quran ini, selain sebagai fungsi untuk ruqyah dan kesehatan tubuh, ternyata bisa di manfaatkan sebagai olahan makanan. baik itu buahnya ataupun daunya, yuk  kita bahas.

Pada dasarnya manusia selalu berinovasi dalam segala hal, dengan kelebihan akal yang Allah berikan manusia selalu memaksimalkan apa yang ada di lingkungan sekitar untuk dimanfaatkan. Hal serupa di lakukan pada pohon bidara. Pada umumnya yang dimanfaatkan dari pohon ini yaitu buah dan daunnya.

Khasiat Daun Bidara dan Buahnya

Teh khasiat daun bidara

Sumber : Pixabay

Banyak hasil olahan dari daun bidara bisa berupa sayur ataupun jadi minuman dan pada umumnya daun bidara di olah menjadi minuman berupa teh. Nah jika anda berniat untuk mencoba boleh dilakukan.

Meningkatkan Nafsu Makan

Pakan Hewan Ternak

Cara Membuat Teh daun Bidara

  • Ambil daun bidara pucuk nya, yang masih muda agar masih ada rasa seger asem asemnya.
  • Keringkan daun dengan cara di open hingga kecoklatan.
  • Setelah daun kering bisa di remas-remas menyerupai bubuk teh, untuk di ambil ekstaknya.
  • Kemudian panaskan air dan rebus bersama remasan daun bidara kering
  • Saring dan sajikan dalam gelas, penambahan gula di sesuaikan tergantung selera.

Khasiat daun bidara setelah dijadikan teh memberikan efek luar biasa terhadap tubuh. Buahnyapun banyak di perjual belikan, baik yang masih muda atau pun yang sudah tua. Kandungan antioksidan dan kandungan vitamin C yang tinggi menjadikan buah ini kaya akan manfaat. buah bidara muda bisa dimakan langsung   sedangkan buah yang agak tua di jadikan manisan.

Selain itu kita bisa menambahkan jahe merah pada rebusan teh daun bidara, agar terasa hangat ketika diminum, yang pastinya memberikan efek pengobatan yang lain.

Cara Menanam Daun Bidara

khasiat menanam pohon Bidara

Sumber: brilio

Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa, ada beberapa cara untuk memperbanyak pohon bidara  salah satunya dengan cara menanam dari biji. Berikut proses bagaimana menanam, kurang lebih seperti di bawah ini.

  1. Pertama kita harus menyiapkan biji bidara ini, caranya bisa dengan membeli atau dari buah yang sudah matang kemudian diambil bijinya.
  2. Biji yang bagus di peroleh dari buah yang sudah matang dengan ciri kecoklatan.
  3. Ambil biji bidara kemudian rendam di air kuranglebih selama 3 hari.
  4. Setelah anda mempunyai biji bidara, tahapan selanjutnya melakukan persemaian.
  5. Media persemaian bisa langsung di tanah, di pot atau di polibag.
  6. Tunggu beberapa hari sampe tumbuh muncul tunas, kira kira tinggi tanaman sudah mencapai 10 cm baru di pindahkan ke tanah.
  7. lakukan perawatan hingga pohon bidara besar.

Setelah tanaman cukup besar, meskipun belum menghasilkan buah, pohon bidara sudah bisa dimanfaatkan. apa yang bisa dimanfaatkan, tentu saja daunnya.

Salah satu metode pengobatan yang mamanfaatkan khasiat daun bidara yang digunakan sebagai penangkal dari ganguan makhluk ghaib, dari sihir, pelet dan banyak lagi gangguan-gangguan lainnya, sering kita kenal dengan metode pengobatan ruqyah.

Tata Cara Merawat Pohon Bidara

Pohon yang banyak terdapat di timur tengah ini, sangat mudah jika kita tanam di daerah-daerah tropis, contohnya indonesia. Nah sebagai pohon yang sudah biasa hidup dalam kondisi kering, merawat bidara tidaklah sulit. Agar pohon bidara dapat tumbuh subur berikut beberapa cara dalam merawat pohon bidara:

  • Cukup menyiram 2-3 hari sekali di musim kemarau
  • kasih pupuk secukupnya dalam beberapa bulan sekali
  • Bersihkan gulma/hama yang ada di sekitar pohon bidara

Pohon bidara ini termasuk pohon yang tahan cuaca, jadi kalau kita lupa menyiram pada beberapa waktu tertentu, kita nggak perlu khawatir. Kemudian apasih manfaat yang terkandung dalam pohon bidara ini? berikut pembahsannya

Penutup

Masih banyak manfaat dari pohon bidara yang belum disebutkan satu satu. Satu hal yang harus kita yakini daun bidara hanyalah alat yang ditempuh atau usaha manusia untuk memperoleh kesehatan baik rohani maupun jasmani.

Tentulah semuanya berujung bagaimana kita selalu menjaga kesehatan, bertawakal kepada Allah ketika sakit, mengharapkan bahwa kesembuhan itu hanya datang dari Allha Swt.

WARNING!!!! Bagi ibu hamil yang akan mengkonsumsi daun bidara hendaknya konsultasi dengan dokter terkait

Berikut beberapa khasiat daun bidara yanng belum disampaikan seperti, Meningkatkan Gairah Seksual, Mengatasi Wasir, Penurun tekanan darah tinggi, Mengobati malaria dan masih banyak lagi. Mungkin cukup sekian yang bisa saya tuliskan, Salam sehat dari saya semoga bermanfaat.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply