Macam-Macam Bunga Anggrek, Lengkap dengan Contoh Gambar

Indonesia sebagai negara tropis menyumbang sebagian besar keberagaman berbagai macam bunga anggrek. Anggrek merupakan salah satu jenis bunga yang indah dan sering kita temui di masyarakat.

Siapa yang suka bunga? Bunga merupakan salah satu manifestasi keindahan yang ada di alam ini. Menurut ilmu biologi bunga merupakan lanjutan pertumbuhan dari batang dan daun.

Struktur warna, susunan dan bentuknya menyesuaikan fungsi bunga itu sendiri. Banyak spesies bunga di dunia ini yang dijadikan tanman hias, salah satunya yaitu bunga anggrek.

Selain bunga banyak tanaman yang di simpan di depan pekaranagan, bisa rumput hias, hidroponik maupun tanaman toga

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang bunga anggrek, baik itu dari jenis, perawatan, dan lengkap dengan contoh gambar.

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Anggrek

klasifikasi anggrek

Bunga anggrek adalah salah satu tanaman hias jenis bunga-bungaan dari famili orchidaceae dengan ordo orchidales. Anggrek menjadi tanaman hias yang sangat di minati. Kecantikan warna dan ke khasan bunga ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para peminatnya.

Klasifikasi Bunga Anggrek

  • Kingdom   : Plantae
  • Divisi        : Spermatophyta
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas       : Monocotyledoneae
  • Ordo       : Orchidales
  • Famili    : Orchidaceae
  • Sub famili : Epidendroideae
  • Suku         : Epidendreae
  • Sub suku  : Dendrobiinae
  • Genus      : Dendrobium

Spesies bunga anggrek sangat banyak, namun ada beberapa spesies anggrek yang menjadi incaran dan dijadikan tanaman hias, nanti saya akan bahas di macam-macam bunga anggrek. namun sebelum itu alangkah baiknya kita mengenal anggrek itu seendiri dengan mengetahui morfologi tumbuhan ini.

Morfologi Bunga Anggrek

Bunga yang cantik ini memiliki struktur yang komplek, mulai dari akar, batang, daun, biji dan susunan bunga nya. Berikut penjelasan amsing-masing bagiannya.

Akar bunga anggrek

ciri akar anggrek

Struktur akar anggrek terdiri dari daging akar lunak yang mudah patah serta berbentuk silindris. Pola regenerasi akar anggrek sangat cepat, dengan ujung akar yang runcing dan lengket ketika basah, memungkinkan anggrek menempel di tumbuhan atau media tumbuh lainnya.

Sedangkan ketika kekurangan air akar anggrek akan sedikit berubah warna menjadi abu-abu pada pagian luar akar. Namun warna pada ujung akar tetap segar dengan warna hijau keunguan.

Batang bunga anggrek

batang anggrek

Batang adalah bagian semu yang disebut dengan pseudobulp. Batang anggrek terdiri dari struktur batang tebal, bagian permukaan batang menggembung yang didalamnya terdapat cadangan  makanan dan simpanan air. Berikut dua tipe batang anggrek

  • Monopodial adalah sifat batang tunggal dengan satu titik tumbuh. Pertumbuhan batang tidak bisa ditentukan selama tanaman hidup,batang akan terus memanjang. Bentuk batang berumbi, dan sebagian orang mengembangbiakan anggrek melalui stek batang.
  • Simpodial adalah jenis batang semu dengan ruas-ruas, pertumbumbuhan batang ini terbatas, dan cara perkembangbiakan anggrek jenis batang simpodial dengan stek atau biji.

Daun bunga anggrek

daun angggrek

Daun anggrek merupakan daun yang memiliki tulang  dan daun sejajar. Pada saat tertentu daun anggrek bersifat keserantakan atau mengugurkan daun. Warna dari daun anggrek rata-rata hijau dengan bentuk runcing keatas. Terdapat dua kelompok jenis daun anggrek, diantaranya :

  • Kelompok evergreen, kelompok daun yang terus menerus segar tidak ada waktu keserentakan dalam ggur.
  • Kelompok decides, mempunyai sifat keserentakan dalam gugur, untuk memunculkan bakal bunga dan biji.

Kelopak Bunga Anggrek

mahkota bunga anggrek

Macam Bunga anggrek sangat banyak, tingkat keragaman warna dan bentuk paling tinggi diantara jenis bunga lainnya. Pada umumnya anggrek mempunyai susunan bunga yang sama antara jenis satu sama lainnya.

Susunan bunganya majemuk, tersusun atas kelopak (sepal), mahkota,petal, dan lidah (labelum). Pada bakal buah anggrek  terdapat  putik dan benang sari. Keunikan lain adalah helaian bunga anggrek mirip dengan kelopaknya sendiri.

Macam Macam Bunga Anggrek

Bagi para pecinta bunga, anggrek menjadi pilihan favorit, merawat bunga anggrek tidak hanya di nikmati keindahannya saja namun leih dari itu ada nilai-nilai prestisiun ketika seseorang memiliki bunga anggrek.

Terutama bagi mereka yang hobi dengan bunga anggrek langka, memilikinya menjadi impian banyak orang, dan jika seseorang itu mempunyainya, secara tidak langsung ada kebanggan tersendiri bagi si pemilik. Berikut beberapa jenis anggrek yang sering dan mudah untuk didapatkan

  • Jenis Anggrek Bulan (Phalaenopsis Amabilis)

anggrek bulan

Anggrek bulan adalah salah satu spesies dari banyaknya  anggrek. Dengan nama ilmiah Phalaenopsis Amabilis, jenis anggrek ini merupakan jenis anggrek yang kurang menyukai sinar matahari.

Pada umumnya anggrek bulan disimpan di dalam ruangan atau di luar ruangan yang sedikit terkena sinar matahari. Aroma harum dari anggrek bulan sangat khas ketika mekar. Sehingga tanaman hias bunga ini jadi pilihan bagi para pecintanya.

Anggrek bulan merupakan spesies anggrek asli Indonesia yang telah ditetapkan sebagai Puspa Pesona

Ciri-ciri anggrek bulan, yang merupakan tanaman hias

  • Bunga berbentuk serangga dan memiliki warna yang cerah
  • Akar yang serbaguna sebagai tempat menempel dan
  • Anggrek Monyet (Dracula Simia)

anggerk monyet

 

Agak aneh ya ketika kita mendengar jenis anggrek yang satu ini. Dengan nama ilmiah Dracula Simia, bunga anggrek monyet sangat unik karena pada helai bunga membentuk muka monyet.

Ciri utama tanaman hias ini yaitu jelas pada bunga yang meyerupai wajah monyet, anggrek ini tumbuh pada ketinggian 2000 mdpl. Dengan suhu rata-rata 27°.

  • Anggrek Selop (Paphiopedilum glaucophyllum)

anggrek selop

Bunga anggrek selop adalah salah satu macam bunga anggrek endemik Indonesia. Dengan nama latin (Paphiopedilum glaucophyllum) di kenal sebagai The shiney green leaf Paphiolpedilum merupakan tanaman endemik dari Gunung Semeru.

Sesuai dengan namanya, anggrek selop sangat unik karena membentuk sepatu atau dalam bahasa lokal di sebut selop. Ciri-ciri dari tanaman hias daun ini adalah mempunyai struktur labellum pada bunganya yang tampak seperti selop, atau kasut (sepatu).

Bunga ini tumbuh subur pada dataran terestial pada ketinggian 450-470 mdpl. Ciri khas lain dari bunga hias ini adalah mempunyai warna ungu dengan totol-totol pada kantongnya.

  • Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum)

anggrek tebu

Anggrek tebu merupakan jenis bunga terbesar dan terberat yang pernah di temukan. Berat bunga ini bisa mencapai 1 ton dan panjang 3 meter pada kondisi satu rumpun dewasa. Maka dari itu bunga ini terkenal sebagai bunga terberat yang pernah ada.

Ciri khusus anggrek tebu adalah jelas terlihat dari batang dari bunga ini mirip dengan tanaman tebu. Dalam setiap malai bisa memiliki puluhan bahkan jumlah kuntum yang ada bisa mencapai ratusan.

Anggrek tebu memiliki warna bintik-bintik berwarna coklat atau merah kehitam-hitaman. Di Indonesia sendiri jenis anggrek tebu merupakan jenis yang di lindungi oleh pemerintah.

Nama latin dari anggrek tebu adalah  (Grammatophyllum speciosum), sering disebut juga sebagai anggrek macan.

  • Anggrek Sendok (Spathoglottis zurea)

anggrek sendok

Ciri khas dari tanaman hias bunga ini adalah bentuknya berbentuk sendok. Jumlah helai bunga sendok ada 5 dalam satu buah kelopak bunga. Dengan nama latin Spathoglottis zurea, anggrek sendok banyak di minati oleh para pecinta tanaman hias.

Kalau kita dengar namanya, apakah bunga ini persis seperti sendok? tepatnya helai bunga anggrek ini seperti daun sendok. Ciri khas lain lain bunga ini berwarna kuning cerah dengan polesan merah dan putih di tengah bunga, sehingga menambah keindahan bunga ini.

  • Spesies Anggrek Kebutan (Ascocentrum Miniatum)

anggrek kebutan

Anggrek Kebutan atau (Ascocentrum Miniatum), merupakan anggrek yang sering di gunakan dalam hiasan pernikahan. Anggrek kebutan berwarna orange cerah sehingga jika di jadikan tanaman hias sangatlah cocok dan menarik.

Ciri-ciri anggrek kebutan yaitu terdiri dari satu tangkai bunga dalam helai bunga kecil. (Ascocentrum Miniatum) tumbuh subur di dataran Asia termasuk Pulau Jawa.

Anggrek kebutan tumbuh di ketinggian 1200 mdpl, sehingga banyak ditemukan di indonesia Malaysia dan semenanjung Thailand.

  • Bunga Anggrek Serat (Diplocaulobium utile)

anggrek serat

Anggrek serat (Diplocaulobium utile) merupakan jenis anggrek yang banyak tumbuh di Indoneisa terutama di Sulawesi Tenggara. Nama serat di ambil karena struktur akar pada bunga ini banyak seratnya, saking banyaknya bisa di manfaatkan untuk serat anyaman.

Tumbuhan epifit ini mempuyai bentuk umbi yang kecil dan terdiri dari kelopak bunga yang sedikit meruncing di bagian ujung seperti helaian serat. pada umumnya anggrek serat di pelihara karena akan dimanfaatkan seratnya bukan karena keindahan bunganya.

penggunaan serat anggrek ini sudah pada tahap eksploitasi, sehingga muncul kebijakan dalam penggunaanya

  • Macam Bunga Anggrek Jingga (Renanthera matutina)

anggrek jingga

Anggre Jingga (Renanthera matutina) merupakan jenis anggrek yang menyebar luas di dataran Borneo, Sumatera, Jawa dan juga di negara-negara lain di Asia Tenggara. Struktur daun anggrek ini berbentuk panjang dan sangat kaku.
Keunikan dari anggrek jingga adalah pohonnya cukup tinggi, dibanding Renanthera jenis lainnya. ciri anggrek jingga memiliki warna orange pada bagian helai bunga namun berwarna merah pada bagian sepal.
Selain itu jumlah kuntum dalam 1 tangkai cukup banyak, macam bunga anggrek ini mudah di tanam, bisa di pot dan di tempatkan di tempat yang intensitas cahayanya sedang.
  • Anggrek Sikat Gigi (Dendrobium secundum)

anggrek sikat gigi

Kenapa anggrek ini dinamakan anggrek sikat gigi karena bentuk bunga jenis ini tersusun sehingga membentuk seperti sikat gigi. Dengan naman latin (Dendrobium secundum) merupakan jenis tanaman hias yang tumbuh di dataran rendah.
ciri umum warna anggrek sikat gigi adalah warna merah namun ada juga yang berwarna putih. Tanaman hias bunga ini banyak di minati oleh para ibu rumah tangga karena perawatannya yang sangat mudah.
Anggrek jenis ini termasuk anggrek yang menyukai cahaya matahi sehingga sangat cocok di simpan diluar ruangan
  • Anggrek Bibir Berbulu (Coelogyne speciosa)

anggrek bibir berbulu

Coelogyne speciosa merupakan jenis tanaman hias bunga asli bumi Indonesia, mengapa dinamakan anggrek bibir berbulu, karena bentuk bunganya menyerupai bibir namun dipenuhi bulu-bulu kecil.

Selain ciri khasnya berbulu, anggrek ini memiliki bentuk batang zig zag dan kelopak bunga dan daun-daun pelindung. pada umumnya warna dasar putih sampai hijau muda, sehingga banyak peminat tanaman memelihara jenis anggrek ini.

Dengan warna coklat di bagian tengah, dan putih di ujungnya menambah ke eksotikan anggrek berbulu.

  • Jenis Bunga Anggrek Hitam (Coelogyne Pandurata)

anggrek hitam

Coelogyne Pandurata adalah jenis anggrek yang paling terkenal yang berasal dari Indonesia. Anggrek hitam menjadi maskot provinsi kalimantan timur, karena di provinsi itulah banyak dan tumbuh subur jenis tanaman bunga ini.

Anggrek hitam merupakan spesien tanaman langka dengan ciri-ciri mahkota dan klopak membulat lancit di ujung dengan  panjang garis tengah sekitar 10. Panjang kuntum sampai 14 cm, namun kelopak yang lebih pendek hanya sekitar 5 cm.

Para kolektor anggrek khususnya, sangat memburu jenis tanaman ini, meskipun mitos yang berkembang dimasyarakat sangat kuat tentang anggrek hitam ini.

  • Anggrek Jenis Cattleya

Anggrek cattleya

Anggrek Cattleya adalah macam bunga anggrek yang berhasil di budidayakan oleh seorang ahli botanis kebangsaan inggris bernama Sir William Cattley. Sehingga penamaan anggrek ini di berikan kepada penemunya. Sampai saat ini anggrek cattelya mencapai 53 jenis spesies.

Ciri khusus catetleya adalah bentuk mahkota bunga yang besar sehingga di juluki The Queen of Orchid atau ratunya bunga anggrek. Dengan majunya ilmu pengetahuan tentang di temukan pula angrek-anggrek hibrid turunan dari jenis tanaman hias ini. anggrek ini sangat umum di pasaran karena perawatannya sangat mudah.

  • Anggrek Jenis Orcidium

anggrek oncidium

Orcidium merupakan jenis anggrek yang berhasil di budidayakan, sama halnya dengan jenis cattleya. Untuk mengenali anggrek oncidium sangat dapat mudah. Bentuk dan ukuran lips dan sepal pada anggrek  sama besar, namun untuk bagian petal lebbih besar.

The Dancing Lady atau orcidium bukanlah anggrek asli indonesia namun penyebarannya sudah ke seluruh dunia termasuk inonesia. Bunga jenis ini banyak di temukan di pulau Sumatra dan Jawa.

  • Bunga Anggrek Hartinah (Cymbidium hartinahianum)

anggrek hartinah

Cymbidium hartinahianum pertama kali di temukan pada 1976 di di Desa Baniara Tele Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Anggrek hartinah merupakan jenis anggrek endemik indonesia, termasuk kedalam anggrek tanah dalam serumpun.

Tien suharto cocok tumbuh pada ketinggina 0-1700 mdpl. Dalam proses peawatannya pun tidak sulit. Pada umumnya tumbuhan efipit menempel di inangnya namun tidak enimbulkan kenyamanan, begitu juga anggrek.

Ciri dari macam bunga nggrek hartinah daun pita berujung meruncing , bunganya berbentuk bintang bertekstur tebal. Daun kelopak dan daun mahkotanya hampir sama besar, permukaan atasnya berwarna kuning kehijauan dan permukaan bawahnya kecoklatan dengan warna kuning pada bagian tepinya.

  • Macam Bunga Anggrek Bulan Bintang

anggrek bulan bintang

Kalo di atas kita mengenal jenis anggrek bulan, namun ada juga juga jenis anggrek bulan bintang. mengapa dinamanakan bulan bintang karena jumlah helai mahkota pada bunga ini berjumlah 5 sehingga memebentuk bintang, sedangkan di tengan bunga memebentuk bulan.

Paraphalaenopsis denevei merupakan tanaman hias asli dari Kalimantan, anggrek ini bisa di temukan di dekat aliran sungai atau terdapat pada pohon. j

Jenis tanaman hias ini tumbuh pada dataran terestrial dengan ketinggian 300 mdpl. bagi para pecinta tanaman jenis anggrek ini banyak di cari untuk dijadikan koleksinya.

  • Jenis Anggrek Ki Aksara

anggrek ki aksara

Ki Aksara banyak ditemukan pada ketinggian 100 sampai 800 mdpl, dan tersebar luas di Asia Tenggara salah satunya Indonesia. Jika kebanyakan anggrek di nikamati keindahan bunganya, tidak dengan anggrek Ki Aksara yang dinikmati adalah keindahan daunnya

Ciri-ciri khusus jenis tanaman hias daun ini terletak pada warna daunnya. Warna hijau sedikit ungu gelap, memiliki urat-urat longitudinal berwarna emas yang berkilau (inflorescence) dan permukaan yang menyerupai beludru.

Perawatan anggrek ini cukup mudah yaitu dengan menjaga kelembapan tanah, dan mengatur cahaya masuk yang mengenain tanaman.

  • Tanaman Hias Anggrek Kelip (Phalaenopsis violacea )

anggrek kelip

Jika anda masih bingung menentukan jenis anggrek yang anda pilih, cobalah untuk merawat jenis anggrek kelip. Dengan nama latin Phalaenopsis violacea merupakan tanaman hias yang mempunyai daya pikat tinggi.

Anggrek kelip terkenal dengan keharumannya yang semerbak. Ciri khusus dari tanaman ini sebagaimana tanaman epfit jenis anggrek, hidup menempel di inangnya.

Sebagian orang menyebut tanman ini sebagai anggrek violet, karena memang warna khas bunga ini berwarna violet. anggrek kelip merupakan anggrek asli indonesia, banyak di temukan di sumatra, jawa dan kalimantan.

Berikut Jenis anggrek Lainnya

Berikut macam-macam bunga anggrek pilihan lain yang bisa jadi referensi ketika anda berniat untuk memelihata bunga nan eksotis ini

  • Anggrek Alatiliparis
  • Anggrek Dendrobium Hasseltii
  • Anggrek Ascidieria
  • Anggrek Dendrobium Uniflorum
  • Anggrek Dendrobium Triflorum
  • Anggrek Dendrobium Capra
  • Anggrek Neuwiedia Zollingeri
  • Anggrek Calanthe Triplicate
  • Anggrek Kepala Tentara
  • Anggrek Cryptopylos
  • Anggrek Papua Paphiopedilum
  • Anggrek Dendrobium Mutabile

Penutup

Gimana tertarik merawat bunga cantik ini? biar tampilan rumah kamu makin kece. Mungkin cukup sekian refensi yang bisa saya tulis tentang macam- macam bunga anggrek, semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan komentar