1
194

Makanan Khas Bali “Muslim Boleh Masuk” Rugi Banget Kalo Tidak Nyobain!

Makanan Khas Bali– Bali, mendengar kata itu aja semua orang sudah pasti tau, bahkan di dunia internasional kata “Bali” lebih terkenal di banding Indonesia. Jika wisata di tempat lain masih bersekala nasional, Wisata bali sudah menjadi destinasi wisata internasional.

Sebut saja negara negara seperti China, Australia, Negara Timur Tengah dan sebagian negara negara eropa, menjadi pengekspor wisatawan setiap tahunnya. Bahkan saking potensi nya besar di bidang pariwisata, Pemerintah pusat turun demi menata Bali yang lebih baik.

Tidak salah jika bali menjadi destinasi wisata utama di indonesia. Beberapa faktor yang menjadikan bali pilihan wisata anatara lain Wisata alam nya yang sangat mempesona terutama wisata pantai dan laut.

Selain itu bali memiliki budaya yang sangat kuat dan unik untuk di kembangkan. Nah yang tidak kalah penting dari tanah pulau dewata ada kulinernya. Pulau bali memiliki ciri khas tersendiri dalam meramu dan menciptakan jenis makananya.

Tapi bagi kalian yang beragama muslim yang sedang berlibur, jangan takut tentang kehalaln makanan bali, karena sudah banyak warung-warung atau restoran yang menyediakan makanan halal.

Tapi Jangan juga sembarang makan, Tips bagi kalian yang muslim alangkah baiknya sebelum memakan makanan khas bali lebih baik menyakan dulu kepada penjualnya. Tenang ngga kenapa-napa ko malah hal tersebut sangat perlu di lakukan.

Baik agar tidak bertele tele, ane akan berspoiler ria tentang kuliner khas bali.

Makanan Khas Bali

Makanan Khas Bali

Jika beberapa tulisan terakhir yang ane posting masih tentang makanan. Tidak jauh beda dari tulisan sebelumnya ane akan menceritakan betapa beragamnya makanan khas daerah di Indonesia termasuk bali.

Pulau dewata menyimpan banyak keistimewaan termasuk keunikan dan kenikmatanan kulinernya. Perkembangangan wisata bali sudah terkenal sejak dulu, meskipun beberapa kali ada kejadian yang tidak di inginkan. Bali dengan cepat bangkit dan menata kembali pariwisatanya.

Butuh perjuangan untuk mengembalikan citarasa bali di dunia pariwisata nasional maunpun internasional. Banyak strategi yang di lakukan pemerintah daerah dan pusat seperti, promosi besar-besaran, peningkatan pelayanan wisata dan masih banyak lagi.

Salah satu bentuk usaha bali dalam mengembalikan dan meningkatkan citra pariwisanya yaitu dengan mempromosikan berbagai makanan khas bali. Kenapa demikian, menurut beberapa kajian bahwa salah satu magnet sautu daerah wisata yaitu tentang makanannya, termasukk bali.

Di bawah ini ane akan mencoba mengulas apa aja sih makanan khas bali yang wajib hukumnya kamu nyoba. Selain itu akan ada beberapa tempat yang ane rekomendasikan untuk kalian kunjungi karena menurut ane itu paling antap rasanya

Makanan Khas Bali “Ayam Betutu”

Makanan Khas Bali ayam betutu

Makanan khas bali yang pertama ane bahas adalah ayam betutu. Memang ngga ada habisnya olahan daging ayam, di setiap daerah bahkansetiap negara mempunyai olahan makanan yang berbahan dasar ayam.

Jika membahas ayam betutu, ane saranin siapin tisu, takutnya ngiler, hehe. Kuliner khas bali ini memang salah satu makanan legendaris, bagaimana tidak karena di bali pun tidak semua orang bisa memasak ayam ini.

Ayam betutu merupakan makanan berbahan dasar ayam kampung yang di masak secara tradisioanal, kemudain di bungkus daun aren dan di bakar di dalam sekam padi selama seharian. Tentu saja yang membedakan dengan ayam lainnnya adalah rasanya.

Bumbu khas bali terasa bannget dalam citarasa ayam betutu. Bagi para pecinta makanan pedas sangat cocok jika kamu memilih makanan ini ketika berkunjung ke bali.

Sebenernya sudah banyak restoran yang menyajikan ayam betutu, namun menurut ane ayam betutu yang paling enak adalah ayam betutu gilimanuk yang beralamat di Jalan Raya Tuban No.2X, Tuban, Kuta, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361.

Gimana udah tau kan, tinggal berangkat dan rasakan sensasinya

Kuliner Khas Bali”Sate Lilit”

Makanan Khas Bali sate lilit

Makanan kedua yang ane saranin masih olahan daging yaitu sate lilit. Bagi para pemburu kuliner sate lilit sudah tidak aneh ya.

Namun jika kamu belum tau pastikan kamu membaca sampai akhir. Jika kita mengenal sate pada umumnya adalah potongan daging kecil yang di tusuk kemudian di bakar dan di kasih bumbu, tidak dengan sate khas bali ini.

Sate lilit merupakan olahan daridaging yang di hancurkan kemudian di campurkan dengan bumbu khas bali dan di lilitkan di batang serei. Keunikan sate lilit yaitu terletak pada daging dan pegangan satenya.

Jika sate pada umumnya menggunkan tusukan yang terbuat dari bambu yang sudah di kecilkan. Kalau sate lilit tusukannya terdiri dari batang serei. Bukan tanpa alasan menggunakan batang serei. Batang serei yang digunakan memberikan cita rasa tersendiri pada sate makanan khas bali ini.

Nah jika kamu ke bali harus nyobain sate lilitnya Be paseh yang berada di jalan Jl. Pemuda III No.24 Renon. Buka setiap hari sampe malam, jadi tenang ngga bakalan kehabisan

Makanan Tradisional Khas Bali “Lawar Kuwir”

Makanan Khas Bali Lawar-Kuwir

Kuliner khas bali yang akan ane ulas adalah lawar. Namanya agak asing karena hanya ada di bali. Lawar adalah Makanan khas bali yang berbahan dasr sayuran mentah dan campuran daging yang di cincang.

Ciri khas lwar yang paling menonjol adalah penambahan parutan kelapa nya yang cukup banyak. Bagi masarakat bali lawar merupakan makanan tradisional. Sebenarnya lawar merupakan makanan dengan berbahan dasar daging babi.

Namun bagi kalian yang muslim jangan khawatir karena ada lawar kuwir. Lawar kuwir adalah lawar dengan campuran daging bebek, sehingga amat bagi kita yang ingin mengkonsumsi kuliner khas bali ini.

Nah bagi kamu yang ingin menikmati lawar kuwir ane rekomendaiin ke lawar kuwirnya Men Koko. Warung ini buka setiap hari pukul 07 pagi sampe 20.00 malam. Lokasi lawar kuwir men koko ada di Jl. Raya Canggu No.10B, Tibubeneng, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361

Jajanan khas Bali “Rujak Kuah Pindang”

Makanan Khas Bali Rujak Kuah Pindang

Udah mulai kenyang kan perutnya meskipun baru mendengar cerita di atas. Okeh ane lanjutin ya spoilernya. Makanan khas bali selanjutnya yang harus kamu coba adalah rujak pindang.

Cuaca bali di siang hari bukan main ya, cukup panas, sehingga bawaanya pengen makan yang seger-seger. Temen ane di bali menyarankan untuk mencoba makan rujak kuah pindang. Awalnya sempet meragukan rasanya, aneh aja rujak ko pakein kuah pindang, ngga aneh apa rasanya?

Tapi kayaknyaenak juga makan rujak dengan kuah. Rujak kuah pindang merupakan jajanan yang mudah dam murah meriah, jadi kalau kamu ke bali sangat mudah menemukan makanan ini. Banyak Penjual di pinggir jalan menjajahkan makanan yang pedes ini.

Rujak kuah pindang merupakan makanan berbahan dasar irisan mangga muda, kemdian di kasih kuah pindang yang sebelumnya di kasih cabai. Sebenarnya banyak sekali jenis rujak di bali Cuma yang menurut ane best recomended adalah rujak kuah pindang ini.

Nasi Khas Bali “Nasi Jinggo”

Makanan Khas Bali Nasi Jinggo

Belum makan kalo bemum nemu nasi, itulah Indonesia. Ngga mau tetinggal dengan kota-kota lain. Bali memiliki makanan khas yang berbahan nasi, namanya Nasi Jinggo. Konon katanya nama jinggo di ambil dari kata jeng dan go yang artinya seribu limaratus.

Jika dilihat dari bentuk nya nasi jinggo mirip dengan nasi kucing. Satu porsi nasi jinggo hanya sekepal tangan dengan tambahan sambal yang pedes abis. Nasi Jinggo sangat cocok di makan ketika sarapan. Perut kamu bakal kenyang namun engga terlalu begah di peut

Karena Nasi Jinggo ini berupa nasi yang  dibungkus oleh daun pisang. Jadi kamu memilih lauknya sendiri disajikan berbagai lauk, seperti daging ayam, mie goreng, gorengan, sate dan jenis lauk pada umumnya.

Untuk menikmati seporsi nasi jinggo, kamu tidak perlu merogoh kocek yang dalam, hanya dengan 5000 rupiah, perut kamu sudah tenang kembali.

Makanan Khas Bali “Nasi Tepeng”

Makanan Khas Bali Nasi tepeng

Jika tadi ane udah membahas nasi yang murah meriah dan cukup buat sarapan, berikutnya ada jenis nasi yang merupakan makanan khas bali yang perlu kamu coba. Namanya adalah nasi tempeng, aneh aneh ya kuliner khas bali ini.

Jika kita ingin mencoba lezatnya nasi tepeng, anda perlu ke gianyar karena nasi tersebut merupakan makanan yang berasan dari gianyar. Seperti biasanya menu makanan nasi di Indosneia sebenarnya hampir sama, yang membedakan adalah kuah dan lauk pendampingnya.

Dengan bumbu dan rempah khas bali nasi tepeng memiliki daya pikat bagi para wisatawan. Nasi tepeng khas gianyar biasanya di sajikan dengan potongan sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda.

Sedangkan untuk toping daging bisanya di tambahkan suwir ayam telur merah dan lauk yang lain. Yang menjadi keunikan nasi tepeng adalah penambahan daun kelor sehingga menambah citarasa tersendiri pada nasi ini.

Kuliner Tradisional Bali “Serombotan”

Makanan Khas Bali serombotan

Bagi kalian yang vegetarian, sebebrnya bali menyediakan banyak jenis makanan yang berbahan dasar sayuran, meskipun di campur dengan daging. Nah jika kebingunan boleh kamu mencicipi kuliner bali ini, namannya serombotan.

Jika di lihat sekilas serombotan ini mirip dengan masakan khas surabaya yaitu uran sayuran. Namun ada yang membedakan antara urab dengan serombotan.

Serombotan biasaya terdiri dari sayuran kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terong bulat, tauge, dan pare yang d kalsih bumbu kalas. Kalas adal sejenis bubu bali yang terbuat dari santan dengan campuran bumbu kacang dan bumbu cabai.

Bagi pecinta makanan pedas, serombotan sangat cocok. Nah jika kamu sedang berada di bali sempatkanlah datang kedaerah klungkung, karena disana kamu akan banyak menemukan penjual yang menjajahkan serombotan.

Olahan Makanan Khas Bali “Tipat Blayag”

Makanan Khas Bali tipat blayag

Tipat blayag adalah sejenis kuliner khas bayi dari olahan nasi. Jika di lihat dari katannya tipat sama denagn ketupat. Jika kita mengenat di makanan khas sunda ada kupat tahu, Makanan sejenis itupun ada di bali namun memiliki naman yang berbeda.

Tibat blayag berbahan dasar dari tipat dan blayag, blayag di kasih kuah yang dihasilkan dari tepung beras dengan bumbu khas bali. Jka diliat seperti kuah santan namun pas di coba ternyata berbeda. Tekstur kuah blayag lebih kental dibanding kuah makanan jenis yang sama

Satu porsi tipat bayag terdiri dari potongan tipat blayag, sayuran, suwir ayam, kadang di tambahkan ceker, kacang merah serta di taro urab di atasnya. Kemudaian untuk menyempurnakan rasa di kasih kuah yang sangat nikmat.

Garang Asem Ayam Khas Bali

Makanan Khas Bali garang asem

Menu trakhir yang akan saya spoiler adalah garang asem khas bali. Memang tidak aneh ketika kita mendengar nama makanan ini, karena di berbagai daerah pun banyak menu garang asem terutama di pulau jawa.

Namun pastinya ada yang membedakan garang asem di setiap daerah, tidak terkecuali di bali. Garang asem merupakan jenis kuliner makanan yang di sajikan dengan kuah sedikit dan memiliki rasa kecut namun seger.

Di bali juga ada menu garang asem ayam. Jika dibandingkan dengan garang asem di daerah lain garang asem ini memiliki ciri khas dengan bumbu bali dan mempunyai citarasa yang pedas, dan samanya.

Nah jika anda berminat untuk mencicipinya, banyak restoran yang menyediakan menu makanan ini

Akhir Spoiler Makanan Khas Bali

Jadi di liburan waktu yang akan datang mau ke bali ngga untuk menikmati kuliner wisata alam serta menikmati kuliner khas pulau dewata.

Gimana, tertarik ngga menikmati suasana bali dengan citarasa kulinernya. Bagi yang sudah pasti kalian ingin mencoba kembali. Dan bagi yang belom pasti anda penasaran degan menu makanan khas bali. Mungkin segitu dulu kegiatan berspoiler rianya, jangan ngiler yah, hehehe Terima kasih

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply