195

13 Makanan Khas Jogja yang Legendaris, Murah Meriah Rugi Kalo ngga Coba

Pie kabare Jogja, kembali lagi dengan ane yang akan berspoiler ria. Untuk anda yang cita-citanya six pack tapi hobinya ngunyah. Setelah menjelajah di dua kota Jawa Timur, kali ini ane akan mencoba merekomendasikan beberapa makanan khas Jogja yang wajib mampir di lidah anda.

Data statistik menunjukan pertumbuhan pariwisata yang sangat signifikan. Contoh kasus antara tahun 2016 dan tahun 2017 terjadi penambahan kunjungan pariwisata beberapa persen. Kemudian di akhir tahun 2015 ada penomena yang di sebabkan oleh efek dari medsos sehingga pertumbuhan pariwisata di indonesia semakin meningkat.

Terlepas Jogja sebagai tujuan wisata alam dan budayanya, jogja merupakan kota yang memanjakan lidah para wisatawannya. Daerah yang dipimpin oleh seorang sultan ini, menjadi salah satu kota di indonesia yang menjadi destinasi wisata nasional maupun internasional.

Jogja merupakan tempat yang menyediakan makanan khas daerah yang unik, sehingga sangat cocok bagi kalian yang memang berniat wisata makanan. okeh biar ngga bertele-tele langsung saja berikut beberapa makanan yang ane rekomendasiin untuk di coba, cekidot

Makanan Khas Jogja

Ada yang belum pernah ke jogja? Kalo belum, berarti setelah kamu baca artikel ini, kamu harus segera memutuskan melancong ke kota pelajar ini. Bagi yang sudah bisa berbagi pengalaman ke yang belum. Mengenai kenapa di haruskan wisata, selain obat stress, dengan wisata kita turut menyumbang kemajuan suatu daerah.

Nah ketika kalian mendengan kata kata joga apa yang langsung ada dibenak anda? Jl Malioboro kah? Atau Bakpia pathok kan? atau kenangan sama mantan, ups slow slow.

Bagi kalian yang mau ke jogja kemudian belum memiliki pasangan disarankan ajak temen-temen kamu, tapi jangan pacar karena ngga baik buat kesehatan.

Nah bagi yang udah punya pasangan halal, jogya sangat romantis di nikmati dengan makananan makann khas nya. Selain dua item di atas yang terkenal, ada juga makanan khas jogya yang terkenal yaitu gudeg. Hal itu pula yang menyebabkan kenapa jogja, mempunyai nama panggilan kota gudeg.

Berikut beberapa makanan yang muantep untuk di coba

1 Makanan Khas Jogja “Gudeg Mbah Lindu”

Makanan khas jogja Gudeg Mbah Lindu

Sudah pasti jika ke Jogja jangan lewatkan makanan khas kota pelajar ini, Yaps benar sekali namanya gudeg. Apa itu gudeg? Bagi yang belum tau gudeg itu sebuah makanan berbahan dasar nangka muda. Kemudian dimasak dengan bumbu rahasia, sehingga muncul sebuah citarasa khas indonesia.

Sedangkan yang di jajahkan itu bukan spesifik gudeg nya namun satu paket di sebut nasi gudeg. Jika dilihat dari jenisnya ada 3 macam yaitu, Gudeg basah, manggar dan kering. Untuk mendapatkan gudeg sangatlah mudah dan murah meriah. Bagi sebagian wisatawan gudeg jogja ada yang dijadikan oleh oleh.

Jadi jika kamu berniat makan gudeg, ane merekomendasikan gudegnya Mbah Lindu. Gudeg legendaris ini sudah ada sejak 100 tahun silam lohh. Nah bagi yang mau mencoba sensasi gudeg mbah Lindu ada di jalan Sosrowijayan, Sosromenduran. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta Jam Operasional: 05.00 – 11.00.

2 Makanan Khas Jogja Gudeg Pawon

makanan khas jogja gudeg pawon

Ohh iya membahas gudeg, selain gudeg mbah lindu ada juga warung gudeg yang rame setiap hari, sampe sampe kalau hari libur pajang ngantri. Namanya gudeg pawon, makanan Jogja ini selain rasanya yang enak, keunikan gudeg pawon terletak pada tata letak restorannya. DImana memperlihatkan proses memasaknya secara langsung.

Secara keseluruhan mungkin citarasa makanan jogja agak manis yah, namun tidak dengan gudeg pawon. Rasanya gurih dan pedas, sangat nikmat jika di santap dengan nasi hangat sebari menikmati suasana  malam hari.

Tidak usah berlama lama, jangan sampe nyesel ketika anda ke Jogja datang aja ke Alamat: Jalan Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Operasional: 22.00 – 01.00

3 Sambal Khas Jogja “Sambal Krecek”

makanan khas jogja sambal krecek

Meskipun secara umum makanan khas jogja bercitarasa manis, namun tidak dengan sambal krecek. Udah tau kan sambal krecek? Kalo belum tau akan saya coba jelaskan. Mungkin sekilas jika dilihat tidak seperti sambal pada umumnya. Malah secara visual lebih mirip seperti lauk temen nasi.

Sambal krecek terbuat dari campuran sambal dan kerupuk kulit, sehingga tekstur kulit menjadi empuk. Namanya sambal pasti pedas yah, namun jangan khawatir bagi yang tidak suka pedes, sambal krecek mempunyai citarasa gurih manis dan pedas, sehingga cocok bagi siapa saja.

Sambal krecek biasanya disajikan sebagai teman nya nasi gudeg, selain tambahan bacem telur dan tambahan rempeyek. Malah kalo ane pas lagi makan gudeg suka minta nambah khussu sambel kreceknya, karena enak banget, teksture kerupuknya itu bikin nagih di mulut.

4 Minuman Khas Jogja “Es Buah PK”

makanan khas jogja Es buah PK

Entah kenapa akhir akhir ini jogja disiang hari rasanya panas banget. bawaanya pengen yang seger seger, kebetulan di kasih tau sama temen ada tempat jajanan es yang legendaris di kota jogja namanya es buah PK. Cocok bangetkan udah makan gudeg yang agak pedes dengan sambal kreceknya, abis itu minum es buah.

Jika dilihat dari sajiannya tidak ada yang istimewa dari es buah ini, ya seperti kita beli di es buah es buah lainnya. Tetapi pasti ada yang membedakan sehingga orang rela antri untuk mendapatkan se porsi mangkuk es buah ini.

Memang ketika ane nyobain, ada yang beda dengan esbuah pada umumnya. Komposisi buahnya sangat banyak dan es yang di pakai adalah es yang sudah diserut terlebih dahulu. Nah jika kamu memakan es buah ini, seketika haus dan beban hidup hilang.

Untuk mendapatkan es buah PK anda minimal datang di jam 09.00 – 18.00. biar ngga bingung aps nyari dimana es buah ini jualan anda bisa ke Jalan Pakuningratan Nomor 76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

5 Oseng Mercon Bu Narti

makanan khas jogja oseng mercon

Tidak biasanya makanan khas Jogja menyajikan makanan pedes nuampol abis. Pas denger namanya aja udah pasti bahwa kuliner khas jogja ini mempunyai rasa yang pedas, namun ngga se pedas kata kata kamu ko, hehe.

Oseng mercon adalah maskan berbahan dasar daging sapi, gajih dan kulitnya. Nama mercon sendiri diambil dari rasa masakan ini yang sangat pedas. Oseng mercon bu narti kususnya sudah berdiri sejak 20 tahun yang lalu, jadi ngga usah diragukan lagi soal rasanya.

Nah bagi kalian yang akan melancong ke jogja, jangan sampe melewatkan makanan yang membuah anda berkeringat ini. dan bagi yang tidak tahan pedas disarankan tidak mencobanya, kalo dipaksain siap siap aja perut mules. Karena oseng mercon dari bu narti cabe yang ditambahkan banyak banget.

Untuk bisa mencicipi kuliner bu Narti kamu bisa datang ke jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. kalo mau kesana jangan siang hari karena baru buka jam 18.00 sampe 23.00

6 Mangut Lele Mbah Martho

makanan khas jogja mangut lele

Ada yang tau mangut? Mangut adalah sajian olahan makanan dengan cara diasap kemudian di maska kuah pedas. Nah apa yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke jogja? yaps kamu harus nyobain resepnya mangut lele mbah Martho.

Mangut lele adalah bentuk olahan makanan dari lele yang diasap, kemudian dimasak kuah dengan citarasa pedas.

Untuk mendapatkan satu porsi mangut lele sangat mudah namun bukan mangut yang spesial. Untuk mendapatkan yang luas bisa kamu butuh usaha karena salah satu makanank has legendaris jogja ini, lokasinya ada di kampung, namanya mangut lele mbah Martho.

Beralamat di Jalan Parangtritis KM 6.5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak menjadikan halangan bagi para pecinta kuliner mendatangi warung pak Martho.

Pak Martho sendiri menekuni usaha mangun lele sekita tahun 1960. Lama juga yah, jadi ngga bisa di ragukan lagi kalo rasa dari mangut pak Martho, karena sudah teruji dari dulu.

7 Minuman Hangat Khas Jogja “Wedang Ronde”

makanan khas jogja wedang ronde

Jika anda mencari suasana berbeda ketika menikmati jogja, cobalah keluar dimalam hari. Jogja dimalam hari sangat berkesan apalagi melihat sudut-sudut kotanya. Seperti melihat Indonesia di masa lampau. Kota yang pernah menjadi ibukota negara ini, sangat nyaman apalagi di temani minuman hangat.

Jika pada umumnya kita mengenal angkringan sebagai tempat ngobrol sekaligus nongkrong di waktu malam. Ketika kamu berkunjung ke jogja coba keluar malam dan ke jalan Kauman, Kota Yogyakarta. Disini kamu akan menemukan sebuah roda kecil penjual wedang ronde.

Wedang ronde adalah sejenis minumah hangat khas jogja. Mbah Payem nama penjualnya hampir sudah 50 tahun beliau menjajahkan wedang ronde, jika kamu berkunjung ke warungnya mbah payem coba datang pada Jam Operasional: Senin – Sabtu, 19.00 – 00.00.

Yang menjadi catatan wedangnya mbah Payem merupakan tempat nongkorongnya mantan presiden kita pas Harto zaman dulu. Sehingga nilai historical wedang mbah payem sangat tinggi.

8 Bakmi Jawa Jogja Mbah Mo

makanan khas jogja bakmi mbah mo

Kalo udah bahas bakmi, serasa pengen makan lagi. Siapa sih yang ngga suka bakmie, dari yang muda sampe yang tua semua suka mie. Namun ada yang paling penting jika anda jalan-jalan  ke jogja jangan lupa makan bakmie jawa mbah Mo.

Kesan tradisional pada bakmie jawa mbah Mo menjadikan nilai lebih dari makanan ini. Sebagai makanan khas jogja bakmi jawa memiliki rasa yang khas yang tidak bisa ditemuin ditempat lain. Tidak sulit untuk mendapatkan satu porsi bakmi jawa, namun agak sulit menemukan bakmi jawa yang paling enak.

Ketika ane nanya temen yang orang jogja ternya ada satu lokasi tepatnya Jogja deket kebantul yaitu di jalan Parangtritis KM. 11, Code, Trirenggo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Yang menjadi khas dari resep mbah Mo adalah campuarn mie, sayur, telor bebek dan suwiran ayam di masak dalam tungku tradisional, sehingga rasa nya lebih meresap.

10 Angkringan Kopi Jos Lekman

Angkringan jogja kopi jos lek man

Ngga ke Jogja ibaratnya kalo kalian ngga mampir di angkringan kopi jos lek man. Kalau di barat atau di eropa kita menemukan street food, jogja ngga mau kalah, karena di kota ini banyak angkringan layaknya streetfood di eropa sana.

Dari beberapa angkringan yang bertebaran jika malam datang, ada salah satu angkringan yang bisa dikatakan pionirnya angkringan. Namanya kopi jos lek man. Kurang lengkap rasanya kalo tidak mengabadikan di angkringan kopi jos lekman.

untuk varian menunyapun lebih lengkap dibanding angkringan yang lain. Namun ada datu minuman yang unik, meskipun dikalangan pecinta kopi tidak aneh lagi, Namanya kopi jos. Kata Jos di ambil dari bunyi yang terdengar ketika arang panas di masukan dalam kopi.

Dengan keunikan tersebut angkringan kopi jos pak lek man, semakin terkenal dikalangan para wisatawan, baik lokal maupun internasional.

Oleh-Oleh Makanan Khas Jogja

Udah pusa kita berwisata kuliner di kota gudeg ini ngga ada salahnya jika kalian inget sama orang yang di rumah. Baik orang tua, teman atau pacar mungkin, hehe. selain banyak pilihan harga harga yang di tawarkan pun tidak terlalu mahal, malah menurut ane murah meriah.

Selain wisata kulinernya jogja termasuk kota yang kreatif akan industri makanan, khususnya makanan yang bisa di jadikan oleh oleh. Berikut beberapa makanan khas jogja yang bisa di bawa sebagai buah tangan

11 Oleh Oleh Khas Jogja “Bakpia Pathuk”

Makanan Khas Jogja Bakpia

Bakpia sudah terkenal dari dulu sebagai oleh oleh khas jogja. Bakpia adalah olahan makanan yang berasal dari tepung yang didalamya di isi kacang hijau kemudian dipanggang. RAsanya sebagai bukti kalo kita main kejogja ciri oleh olehnya bawa bakpia.

untuk medapatkan bakpia sangat mudah, banyak toko oleh oleh yang menyediakan dengan berbagai ukuran. Pada awalnya bakpia hanya di isi dengan kacang saja, namun seiring perkembangan jaman, bakpia berinovasi dengan isian yang semakin beragam diantaranya isi coklat, susu, duren, keju dan masi banyak lagi.

Harganya yang murah menjadikan bakpia sebagai oleh oleh pavorit para wisatawan.

12 Makanan Khas Jogja Yangko

Makanan Khas Jogja Yanko

Memang namanya ngga se terkenal bakpia pathok. Yangko merupakan salah satu oleh oleh makanan khas jogja yang disa di bawa pulang. Untuk mendapatkan yangko sangat mudah sekali, karena di toko oleh-oleh khas jogja banyak meyediakan cemilan khas ini.

Dari pertama kali muncul sampai sekarang bentuk dan rasa yangko masih sama seperti awal di buat. Ciri khas yangko adalah teksturnya yang kenyal dan lembut sedikit gurih. Oleh oleh murah meriah ini jika  yang belum tahu, mirip-mirip seperti yupi. Namun yangko lebih tradisional saja.

Nah gimana cocok kan jika jogja di jadikan destinasi wisata kuliner kamu. Pasti cocok karena makanan khas jogja itu enak enak dan bersahabat di dompet. Yawes cukup sekian semoga bermanfaaat amin

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply