1
176

9+Makanan Khas Malang, Rugi Banget kalo Kamu Tidak Mencobanya.

Pie kabare arek Ngalam, maaf nih ane mau nyeritain tentang indahnya kota ngalam dilihat dari sudut pandang kulinernya. Kalo masalah Wisata malang udah ngga usah di bahas ya, karena emang tempatnya. Kali ini saya ingin mengulas tentang Makanan khas malang.

Dilihat dari topografinya kota ini merupakan daerah pegunungan dengan ketinggian 440—667 mdpl. Posisi kota dan kabupaten malang merupakan pusat wisata di jawa timur. Bagi kalian yang belum pernah berkunjung dari sekarang niatin suatu saat harus nngunjungi kota ini.

Okeh diatas sekilas geografi malang, back to topik, bercerita tentang makanan  ngga bakal ada habisnya. Makanan khas daerah malah banyak banget kalo mau di ceritai satu satu, tapi ngga mungkin. Eits malang bukan hanya tentang bakso aja ya tapi banyak makanan unik yang patut di coba.

Makanan Khas Malang

Kota Ngalam terkenal bukan karena baksonya aja ya gengs, ibaratnya kalo orang datang untuk tujuan wisata doang salah besar. Menurut ane sebelas duabelas lah dengan kota kembang. Bagi para pemburu kuliner, malang merupakan destinasi yang wajib di kunjungi.

Pasalnya dengan udara yang sejuk perut kita bawaanya pengen makan terus, iyaaa ngga? nah makanya ngga salah kalo yang mau nambah BB, kunjungan wisata kulinernya ke malang aja.

Intinya ane disini mau spoiler buat kalian yang udah rencanain atau yang sedang menuju malang. Yuk apa aja sih makanan khas malang yang harus mampir di lidah kamu. Berikut beberapa makanan khas kota aremania yang ajib.

1 Bakso Malang President

makanan khas malang bakso malang president

Makanan pertama yang mau ane ceritain adalah  bakso, ngga aneh sih ya kalo kita ngomongin bakso, pasalnya disetiap sudut kota manapun ada bakso. Oh iya bakso malang itu sebutan jika yang berdangan diluar malang, kalo yang di malangnya sendiri bakso aja. Rasanya kurang lengkap jika belum pernah makan bakso tapi di malang.

Mungkin kalo ngebahas tentang bakso, ngga terlalu gimana gitu, karena hampir semua orang tahu. Ane hanya mau merekomendasikan tempat-tempak ngebakso yang enak di malang.

Salah Satu Bakso yang harus di coba adalah Bakso malang president, alamatnya ada di Jl. Sunandar Priyo Sudarmo No 55, Malang, Jawa Timur. Bakso president malang sudah berdiri sejak sejak tahun 1977.

Apasih bedanya dengan bakso malang president dengan bakso yang lainnya. Nah di bakso president pilihannya lengkap mulai dari bakso kecil, bakso besar, bakso goreng, bakso tulang muda, siomay goreng/basah, bakso goreng udang, goreng panjang, jeroan paru, dan ati ampela.

Jika kalian hendak ke sini jangan khawatir dengan harga. Ngga bakal merogoh kocek yang dalam ko Harganya Mulai dari 8000 ,- /porsi, Bukanya mulai dari : 10.00 -22.00 WIB

2 Sate Landak dan Biawak “Bu Ria”

makanan khas malang sate landak

Kebayang ngga sih kalo makan daging landak, menurut ane sih makanan ini tergolong kedalam kuliner ekstrim. Awalnya sih seremnya dengernya aja udah gimana gitu, masa landang dan biawak di jaikan sate. Namun karena waktu itu ane di yakinkan sama temen untuk nyobain jenis sate ini, yaudah di coba dulu aja.

Mungkin kalo kita bayangin landak merupakan hewan berdurui sedangkan biayawak mirip dengan buaya. Ko bisa bisanya di jadikan sate. yang perlu diketahui ternyata daging kedua hewan ini mempunyai protein yang tinggi. Tapi jangan bayangin landaknya yah

Kemampuan buk ria dalam mengolah sate ini menjadikan daging landang mempunyai citarasa yang tinggi. Bumbu rahasia bu Ria membuat orang rela balik lagi untuk mencoba kembali makanan khas Malang ini.

oke jangan banyak mikir langsung aja ke Jalan Raya Bugis No. 47 Saptorenggo, Pakis Malang. Rumah makan ini buka sejak pukul 9 pagi hingga 9 malam.

3 Makanan Tradisional Malang “Pecel Kawi”

makanan khas malang pecel kawi

Rasanya aneh jika kita berwisata ke kota-kota di daerah jawa tengah jawa timur tidak menemukan pecel. Kuliner pecel sebenarnya hampir sama disemua daerah, yang membedakan hanya sayur yang dibubukan di atas nasinya.

Tidak terkecuali malang, di kota bakso ini juga ternyata ada pecel dengan sebutan pecel kawi. Kemudian apa yang membedakan pecel kawi dengan pecel-pecel lainnya. Pecel kawi merupakak makanan khas malangyang mempunyai tekstur bumbu yang lebih kental dan rasanya gurih manis.

Sedangkan untuk hidangannya terdiri dari nasi hangat, tauge, kemudian sayur nangka dan peyek. Pecel kawi cocok dinikmati ketika sarapan yah, disajikan dengan segelas teh hangat dan udara malang yang sejuk. Jika kamu ingin mencoba dan harus mencoba bisa ke Jalan Kawi Atas No. 43B Malang

4 Makanan Khas Malang “Mendol”

makanan khas malang mendol

Udah tau mendol belumm, jangan salah sebut loh, ntar kamu malah bilang cendol hehehe. Kota Malang memang salah satu kota dimana penduduknya sangat kreatif teruatama dibidang kuliner. Mendol merupaakn jajanan khas malang berupa cemilan.

Kalo di lihat dari bentuknya kayak combro, namun jika sudah memakannya sangat berbeda jauh. Mendol merupakan cemilan yang berbahan dasar dari tempe. Proses pembuatannya di hancurkan kemudian di olah dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah dan bumbu jenis lainnya.

Bagi masyakat malang mendol sudah tidak aneh, sama halnya ketika kita makan gorengan tahu isi atau mendoan. Nah jika sedang dan akan ke malang jangan sampe lupa untuk nyari jajanan khas malang ini, di jamin wort it lah.

5 Soto Geprak Pak Djo, Khas Malang

makanan khas malang soto geprak

Ngga aneh gengs kalo kalian udah pernah nyoba soto lamongan atau soto madura. Ternyata jika di telusuri kuliner Malang ngga ada habis habis nya. Namanya soto geprak, makanan khas malang berkuah ini tidak aneh lagi di kuping orang Indonesia.

Nama soto geprak di ambil dari atraksi yang dilakukan oleh pemilik warung soto ini, yaitu pak Djo. Ketika memotong dagingnya pak djo dengan sering menggeprak-geprak daging. Shingga sampai sekarang terkenal dengan nama soto geprak.

Kelezatan soto geprak ngga bisa diragukan lagi, pasalnya dari tahun 1959 warung soto ini sudah mulai berjualan. Bayangkan sudah hampir setengah abad masih bertahan. Bahkan saking enaknya soto ini para pecinta soto berani membandingkan dengan soto-soto kelas restaurant ternama.

Biar kalian ngga penasaran coba langsung aja deh, lokasi warung nya ada di  Jalan Letjen S. Parman Malang. Selain soto di warung pak djo tersedia juga menu lain seperti bebek dan ayam.

6 Ice Cream “Toko Oen”

makanan khas malang ice cream toko oen

Setelah keliling kota malang dan skitarnya, kemudian berhasil menemukan makanan berat satnya ngademin tenggorokan. Di malang ada sebuah toko ice cream legendaris namanya ice cream toko Oen. Kata orang orang yang berkunjung kesana sih toko ini udah ada sejak zaman Indonesia belum merdeka.

Berdiri sejak 1930 toko Oen masih bertahan sampai sekarang. Sebenarnya toko oen bukan khusus toko ice cream ada menu makann beratnya juga, namun para pelancong yang ke kota malang, jika ke toko Oen ya berburu Ice cream. Apa sih yang menyebabkan ice cream ini bisa bertahan?

Dari testimony para pengunjung dan para pecinta eskrim, rasa dari toko oen dari dulu tidak pernah berubah. Dari yang muda sampe yang tua suka sama ice cream Oen. Penikmat ice cream Oen tidak hanya dari kalangan wisata lokal saja, tetapi dari mancanegarapun sering berkunjung ke toko Ice cream ini.

Biar kalian ngga kebingungan kalo mau kesini langsung aja ke jalan Jalan Basuki Rachmad Malang (sekitar Alun alun Malang)

7 Tahu Campur Khas Malang

makanan khas malang tahu campur

Setelah menikmati kota Malang dengan lezatnya ice cream, bisa di lanjutkan berwisata makanan lainya. Salah satu makanan khas malang yang coba saya rekomendasikan adalah tahu campur. Makan nasi takut gendut ngga makan nasi laper, tahu campur cocok menjadi pilihan.

Memang tidak seterkenal makanan khas surabaya seperti tahu tek, namun jenis makanan ini cocok bagi kalian yang ingin ngemil malem-malem.  Makan Tahu campur tidak terlalu berat namun cukup mengenyangkan diperut. Sekilas perbedaan tahun campur malang dengan tahu tek surabaya terdapat pada kuah dan toping di dalam satu porsinya.

Tahu campur malang biasanya makanan ini disajikan dengan beberapa bahan tambahan. Seperti, sop daging sapi yang lezat, perkedel singkong, taoge segar, selada air, mie kuning. Nah jika penasaran langsung coba aja jika kalian lagi dan atau mau berkunjung ke kota malang dan sekitarnya.

8 Minuman Khas Malang “Angsle Malang”

makanan khas malang angsle malang

Sifat manusia yah, kalo dingin pengen yang panas, trus abis makan ini pengen ngemil itu. Cita cita kurus tapi hobi makan, itulah sifat manusia. Setelah makan yang gurih pedes panas ingin yang seger dan dingin. Ungkapan ini ane analogikan setelah makan tahu campur enaknya minum angsle.

Jikaanda berkunjung kesebuah kedai di kota malang, trus yang disajikan sekoteng jangan kaget ya, itu bukan sekoteng, namun angsle.

Jika dilihat dari komposisinya memang hampir sama dengan sekoteng, namun angsle di sajikan dingin. Yang paling membedakan dengan sekoteng adalah tambahan putu mayangnya. Namun di beberapa penjual disajikan juga dengan tambahan tape singkong, ketan putih kukus dan bubur mutiara.

9 Makanan Khas Malang “Orem-Orem”

 makanan khas malang orem orem

Namanya agak aneh ya ketika kita mendengar kata orem-orem, jenis mkanan apa ini?. Namun bagi arek ngalam orem orem ngga aneh lagi. Makanya jika anda berwisata kuliner ke kota ini jangan sampe terlewatkan menu satu ini.

Orem-orem merupakan jajanan khas malang berbahan dasar ketupat. Dengan kuah tempe dan toping potongan telor asin, tidak lupa rempeyek menambah citarasa, orem-orem. Jika di lihat sekilas kuah dari orem-orem seperti opor ayam, berwarna kuning gurih. Nah jika ke kota malang jangan lewatkan menu orem-orem.

Orem orem enaknya di makan malam-malam sembari menikmati suasana kota malang yang sejuk. Jika kalian bingung milih tempat orem orem yang recomended, ane saranin datengin aja orem-orem khas Arema di Jalan Jakarta Kota Malang. Dekat pertigaan Jalan Pahlawan, di jamin endes.

Penutup “Desert”

Gimana tertarik ngga wisata kuliner ke malang? Kalo ane sih pengen lagi berkunjung menikmati indahnya malang dengan makanan makanan nya. Selain banyak pilihan harganya pun tidak terlalu merusak dompet ko, alias jajanan hemat. Cukup lengkap kayaknya ane sebutin makanan khas Malang

Sebenarnya masih banyak namun percuma jika kamu ngga ngunjungi tempat tempat makanan khas malang di atas. Oh iya sedikit berbagi tips, jika anda ke malang diusahakan jangan sendirian, ntar di teriakin jomblo. Okeh terimakasih sudah membaca semoga bermanfaat.

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply