691

28 Makanan Khas Sunda, Ini Teh Ngangenin Pisan, Ngga Percaya Boleh Coba!

Sampurasun, apa kabar? Kumaha damang? Pasti kamu sudah paham kan apa artinya. Pada kesempatan kali ini akan membahan tentang Makanan Khas Sunda. Semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat. Sehingga masih di berikan kenikmatan untuk merasakan lezatnya citarasa makanan khas daerah di berbagai Wilayah Indonesia.

Masih tentang makanan, kali ini ane akan membahas tentang citarasa maknan khas sunda. Secara demografi suku sunda berada di wilayah pegunungan dengan beberapa daerah pantai. Suku sunda menempati provinsi terpadat di Indonesia, yaitu Jawa Barat.

Provinsi Jawa Barat secara strategis merupakan provinsi di mana kota-kota di dalamnya merupakan tempat bagi para pelancong untuk berwisata. Wisata-Wisata unggulan seperti wisata alam pegunungan, pantai, wisata kota dan wisata kuliner menjadi program unggulan pemerintah dalam meningkatkan prekonomian masyarakat.

Pada kesempatan kali ini ane tidak akan membahas semuanya, namun secara detail akan membahas tentang keanekaragaman kuliner yang ada di tatar sunda.

Makanan Khas Sunda

Makanan khas sunda Nasi Liwet

Setiap daerah di Indonesia memiliki citarasa yang berbeda-beda pada setiap masakannya. Baik itu masakan padang masakan khas jogja, dan jenis maskan-masakn lainnya. Tidak terkecuali masakan khas sunda.

Saran ane sih ente jangan sekali kali mecoba makanan orang sunda, karena kalo udah nyoba, pasti kangen. Pengen makan lagi, pengen nyobain lagi hehe.

Secara keseluruhan citasara tatar parahyangan memiliki rasa gurih dan pedas, namun adaa beberapa olahan makanan yang mempunyai rasa manis.

Sebagai tujuan wisata nasional bahkan internasional, pemerintah jawa barat khsusunya sangat memperhatikan perkembangan kuliner di tanah sunda.

Kenapa demikian karena kuliner suatu daerah menjadi salah satu faktor bagaiana wisatawan menentukan mau kemana ia berlibur.

Sebut saja seperti wisata kota bandung, bogor, kemudian wisata pantai pangandaran, pantai peabuhan ratu sukabumi, dan masih banyak wisata lainnya.

Tempat wisata tersebut mempunyai makanan khas yang menjadi pendorong seseorang untuk berlibur ke tempat tersebut. okeh biar ngga bertele-tele berikut makanan khas sunda yang wajib anda coba

Nasi Liwet

makanan khas sunda nasi liwet

Kuliner pertama yang akan ane bahas adalah nasi liwet. Apa itu nasi liwet? nasi liwet adalah nasi yang dimasak menggunakan kastrol dengan resep dan rempah-rempah asli Indonesia. Secara tradisional nasi liwet bisanya dimakan bersama-sama baik dengan teman, keluarga.

Makna yang terkandung dalam nasi liwet adalah kesederhanaan dan kebersamaan. Kalau anda berkesempatan ke jawa barat atau ke bandung ane mau rekomendasiin tempat makan yang enak buat menikmati nasi liwet.

Namanya Nasi Liwet Asep Strawberi, alamatnya di Komplek Duta Family, Jalan Raya Bandung – Garut KM.27.5, Cimanggu, Sindangpakuon, Cimanggung, Bandung, Jawa Barat 40395. Buka setiap hari tutup pukul 10 malam.

Nasi Timbel

Makanan khas sunda Nasi timbel

Selanjutnya, kuliner khas sunda yang patut kamu coba adalah nasi timbel. Nasi timbel adalah jenis nasi yang di bungkus menggunakan daun pisang. Lauknya terdiri darii sambal, ikan asin, lalapan dan lauk lain sesuai selera.

Pada awalnya nasi timbel berfungsi sebagai nasi untuk bekal para petani ke ladang atau sawah. Namun seiring berkembangnya zaman nasi timbel berubah menjadi kuliner yang banyak dicari dan di sukai oleh para wisatawan.

Untuk menikmati nasi timbel yang enak kamu bisa ke Jl. Bawean Pav 3 ini buka setiap hari mulai jam 7.00-17.00 WIB. Yang membedakan nasi timbel bawean denagn nasi timbel lain adalah varian nya yang sangat lengkap. Sudah buka sejak 1985, tidak perlu diragukan lagi soal rasa nya.

Nasi Tutug Oncom

Makanan khas sunda Nasi tutug oncom

Nasi TO adalah salah satu jenis nasi yang di buru para wisatawan. Mungkin jika kalian belum tau, apasih nasi tutug oncom? Makanan khas sunda ini merupak olah atau campuran dari nasi dan oncom. Tau kan oncom, oncom adalah sejenis makanan dari hasil sisa pembuatan tahu.

Citarasa nasi tutug oncom gurih dan pedas dengan bau kemangi yang khas. Nasi TO biasanya disajikan dengan irisan telur dadar dan ikan asin. Nah Nasi tutug oncom berasal dari kota tasik malaya. Jika anda penasaran bisa mencobanya langsung aja ke jalan dadaha di kota tasikmalaya, namanya nasi TO Benhil.

Nasi Bakar

Makanan khas sunda Nasi bakar

Olahan nasi selanjutnya dari sunda adalah nasi bakar, Nasi bakar adalah bentuk inovasi dari sani timbel. Jika nasi timbel hanya nasi putih yang dibungkus oleh daun pisang, tidak dengan nassi bakar. Nasi bakar khas sunda adalah nasi yang sebelumnya telah dibumbui terlebih dahulu dengan isian bisa ayam, teri, atau ati.

stelah nasi di bungkus dengan daun pisang, untuk memunculkan rasa yang di timblkan darri pembakaran makan nasi di bakar di atas bara api, hingga layu. Setelah itu nasi dapat di sajikan. Citarasa bumbu khas sunda lebih terasa ketika nasi setelah di bakar.

Sebenarnya nasi bakar sudah ada di setiap kota, namun jika kamu ingin menikmati cita rasa khas parahyangan coba datang ke Jl. Cimandiri No.24, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115. Disitu ada warung nasi bakar yang patut kamu coba

Nasi Sumsum

Makanan khas sunda Nasi sum sum

Terakhir olahan nasi kha sunda yang akan saya bahas adalah nasi sumsum. Nasi sumsum berasal dari kota jawara alian banten. Dari namanya aja kita sudah tau bahwa nasi ini bakal sangat nkmat ketika di santap. Gurihnya sumsum dan citarasa bumbu khas banten sangat terasa, dimaskaan ini.

Proses pembuatannya yaitu nasi matang di campur susm-sum sapi kemudian menggunakan bumbu rahasia, di bungkus di daun pisang dan di bakar. Jika anda ingin mersakan nikmatnya nasi sum-sum ini bisa datang ke JL Jl. Kapten Swardo No.15B, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42112, namanya Nasi sumsum mang Puri

Makanan Tradisional Khas Sunda

Cara membuat Lotek

Makanan khas sunda lotek

Bagi yang hobi makan namun takut gemuk, jika kalian sedang berwisata ke daerah jawa barat, coba cari makanan namanya Lotek. Di jamin ngga gemuk, Aga aneh ya namanya, namun ketika kita mendengar gado-gado pasti udah tau.

Pada dasarnya gado-gado dan lotek sama percis, namun ada beberapa perbedaan seperti tidak adanya bumbu kencur di gado-gado sedangkan di lotek ada.

Lotek adalah makanan tradisional berbahan dasar dari sayuran dengan kuah kacang yang di kasih ubi sebagai bahan pengental bumbunya.

Jika kalian ingin merasakan nikmatnya lotek, coba keluar di pagi hari biasanya disetiap daerah banyak yang menjajahkan terutama di pasar-pasar tradisional

Perbedaaan Karedok dan Lotek

Makanan khas sunda karedok

Karedok sama lotek sebenarnya hampir sama, jenis makanan khas sunda yang berbahan dasar dari sayuran dengan bumbu kacang. Jika dilihat secara sekilas, lotek dan karedok sama persis, bedanya terletak di matang dan mentahna saja. Bahan dasar lotek adalah sayur matang, sedangkan karedok sayurannya mentah.

Jika kamu ingin menikmati makanan tradisional ini, datengin saja penjual lotek, biasanya sepaket. Kalau dia menjual llotek berarti menjual karedok juga

Kupat Tahu Singaparna

Makanan khas sunda kupat tahu

Kupat Tahu di ambil dari kata ketupat dan tahu, Kupat tahu di beri kuah kacang khas sunda. Jika kita mengenal tahu tek atau makanan khas malang tahu campur, beda lagi dengan kupat tahu.

Bahan dasar varian makanan di atas hampir sama terdiri dari ketupat, tahu goreng dan kecambah . Perbedaan makanan tersebut terletak di kuahnya yang agak cair. tidak lupa kecap manis dan kerupuk sebagai pelengkap makanan.

Jika Kamu ingin menikmati makanan tradisional ini bisa ke Jl. Garut – Tasikmalaya, Mangunreja, Tasikmalaya, Jawa Barat 46462, tepatnya warung kupat tahu mangun reja.

Toge Goreng

Makanan khas sunda toge goreng

Makanan Khas Bogor ini merupakan makanan khas sunda yang banyak penggemarnya. Meskipun namanya toge goreng, tetapi proses masaknya ngga di goreng melainkan direbus saja. Komposisi dari makanan tradisional ini terdiri dari toge rebus, mie kuning tahu dan kuah dari taucho.

Yang menjadi khas dari kuliner ini adalah bumbu yang terbuat dari tauco. Uniknya lagi jika anda membeli toge goreng kemudain untuk di bawa pulang, kemasan pembukungkusnya terbuat dari daun kunyit. Sehingga memeberikan rasa tersendiri.

Geco (Tauge campur tauco)

Makanan khas sunda geco

Masih dari bahan tauge, makanan khas sunda ini berupa olahan makanan berbahan dasar tauge dengan bumbu sambal tauco. Jika di atas di sebutkan Toge goreng memakai bumbu tauco, nah geco juga sama, namun bedanya ada pada kekentalan bumbu.

Kalau toge goreng bumbunya lebih menyerupai kuah berbahan dasar tauco, sedangkan geco berupa bumbu sambal yang berbahan dasar tauco. Secara tampilan hampir mirip dengan toge goreng, namun geco biasanya di tambahkan telor asin.

Oleh Oleh Bandung : Peuyem Bandung

Makanan khas sunda peuyem bandung

“Peyeum bandung kamashur pangaosna teu luhur” kalimat tersebut merupakan sempalan lagu yang artinya peyeum bandung terkenal harganya pun tidak mahal. Jika anda ke bandung tidak lengkap dong jika tidak membawa oleh oleh tradisional ini.

Meskipun sekarang sudah banyak oleh-oleh moderen, keberadaan peyeum bandung tidak tergantikan. Makanan khas sunda ini sangat mudah ditemukan jika anda berkunjung ke kota kembang. Bahan dasar dari peyeum adalah singkong yang dipermentasi.

Jika anda membeli peyeum, selain enak di makan langsung, cocok juga dijadikan bahan pembuatan kue, atau campuran es. Nah Untuk harganya pun ngga mahal ya, jadi cocok buat dijadikan oleh-oleh

Apa itu Colenak?

Makanan khas sunda colenak

Jika anda ingin menikmati sensasi peyeum dari rasa yang berbeda, coba kamu makan colenak. Colenak merupakan makanan tradisional berbahan dasar tape atau peuyem.

Proses pembuatan colenak yaitu peyeum di bakar kemudian di sajikan bersama “kinca” kuas yang terbuat dari gula merah dan kelapa.

Kata colenak sendiri berasal dari kata di cocol enak, artinya ketika peyeum bakar kemudian di cocolkan ke kuah kinca, akan menimbulkan sensasi rasa yang sangat enak. Untuk Menikmati seporsi colenak anda hanya merogoh kocek 5000 dan perut kenyang.

Makanan tradisional Awug

Makanan khas sunda awug

Awug adalah jenis jajanan tradisional berbahan tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah di tengahnya. Sebagai makanan tradisional, awug masih tetap bertahan sampai sekarang.

Bahkan beberapa tahun terakhir ada inovasi, dengan di sajikannya awug di kafe-kafe, sehingga isinya pun berubah menjadi coklat keju dll.

Untuk menikmati awug tradisional kita dapat menemukan di pasar-pasar tradisional. Saya sarankan kalau mau menikmati awug harus ditemani seseorang yang spesial, biar lebih manis rasanya, hehe. Tenang ngga bakal merogoh kocek yang dalam cukup 3000 kamu sudah kenyang di pagi hari,

Makanan Khas Sunda “Daging”

Setelah membahas makanan tradisional sunda yang memang hanya ada di jawa barat, bahasan selanjutnya ane akan membahas makanan yang berbahan dasar dari daging.

Seneng nih kalo para karnivor ketika mendengar makanan yang berbahan dasar daging. Memang dasar nya sudah enak sih ya daging itu apalagi berbumbu khas sunda. Okeh dari pada ngiler yuk bahas langsung aja.

Sate Maranggi

makanan khas sunda sate maranggi

siapa yang tidak kenal dengan sate maranggi, makanan khas purwakarta ini merupakan jenis sate yang terkenal di kalangan pecinta kuliner. Apa sih bedanya sate maranggi dengan sate pada umumnya? atau sate lilit yang merupakan makanan khas bali

Sate maranggi pada dasarnya berbahan dasar daging kambing,  yang membendakannya adalah proses pembuatan dan bumbunya. Citarasa sate maranggi lebih manis dengan bau ketumbarnya.

Kalo ngga percaya jika kamu ke purwakarta datang aja ke Jalan Raya, Cibungur, Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 4118, namanya sate bu yetti cibungur.

Perbedaan Gepuk dan Rendang

makanan khas sunda Gepuk

Gepuk adalah olahan makanan dari daging, sekilas gepuk ini seperti rendang padang. Gepuk terbuat daging sapi dengan bumbu khas sunda.

Perbedaan gepuk dengan rendang, terlihat dari bumbu dan cara memasak. Gepuk lebih kering daripda rendang dan bumbu kelapanya lebih kering. Selain itu rasanya tidak terlalu pedas seperti rendang.

Nah jika kamu ingin menikmati gepuk, tinggal masuk aja ke warung makan sunda. Gepuk enaknya dimakan dengan nasi hangat.

Resep Bakakak Hayam

MAkanan khas sunda bakakank hayam

Bakakak hayam merupakan jenis olahan ayam yang dimasak dengan cara di bakar. Kata bakak mempunyai arti ayamng utung yang di buka lebar kemudian di bakar utuh, yang sebelumnya dikasih bumbu kuning.

Pada awalnya bakak hayang hanya ada bisa di temuin pada acara-acara tertentu saja, dengan bahan dasar ayam kampung. Namun jika kamu ingin menikmati ayam bakak zaman now gampang aja.

Ayam bakakak sudah bukan menjadi barang yang sulit untuk ditemukan. Sudah banyak tersedia di restoran-restoran khas sunda.

Empal Gentong

Makanan khas sunda empal gentong

Jika di atas sudah membahas tentang makanan khas sunda dari daging namun kering, bagi kamu yang suka makanan berkuah boleh coba empat gentong.

Empat gentong merupakan makanan khas cirebon yang dimasak secara tradisional. Uniknya empal gentong dilihat dari cara memasaknya. Jika di zaman moderen memasak menggunakan kwali, nah bedanya empal ini dimasaknya dengan gentong.

Gentong adalah alat tradisional yang terbuat dari tanah, sehingga ketika memasak menggunakan gentong menimbulkan cita rasa yang berbeda.

Soto Bandung

makanan khas sunda soto bandung

Jika kita kenal soto lamongan ssoto banjar, apa kamu pernah nyobain soto bandung? Mungkin tidak seterkenal soto-soto yang lainnya, namun jika kamu mencobanya pasti ngga nyesel.

Ciri khas soto bandung terletak pada kuahnya nya yang bening, terdiri dari potongan daging dan potongan sayur lobak, ditambah taburan kacang yang menambah sensai nikmatya kuliner sunda ini.

Soto Mie Bogor

Makanan khas sunda soto mie bogor

Selain soto bandung makanan khas sunda berkuah yang patut kamu coba dalah soto mie. Soto mie merupakan makanan khas bogor. Dari namanya aja sudah jelas yah, soto ini berbahan dasar mie.

Soto mie berkuah bening dengan tambahan daging atau babat jeroan, selain itu ada tambahan risol yang dipotong-potong sehingga menjadi khas makanan khas tanah sunda ini.

Jajanan Khas Sunda

Batagor Bandung

Batagor Bandung

Siomay Bandung

Siomay Bandung

Cireng Bandung

Cireng Bandung

Seblak Bandung

Seblak Bandung

Kue Balok Garut

Kue Balok Garut

Tahu Sumedang

Tahu Sumedang

Tahu Gejrot Cirebon

Tahu Gejrot Cirebon

Nah nggak ngiler gimana jika kita membayangkan ada semua makanan, jajanan makanan khas sunda, yang semua orang sudah mengakui akan kelezatannya. Jadi bagi kalian yang lagi dan akan jalan jlan ke daerah jawa barat,jangan lupa mencicipi wisata kuliner yang ada. Semoga bermanfaat terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply