1
356

√Makanan Khas Surabaya, “Dijamin Nagih” Rugi Kalau Kamu tidak Mencobanya

Makanan Khas Surabaya- Ngga aneh lah ya, makanan khas arek-arek suroboyo ini terkenal, mempunyai ciri khas tersendiri. Rasa khas Jawa Timurnya kena banget deh.

Udah pernah ke Surabaya belum nih kalian? Nah kalo kalian ke Surabaya jangan lupa buat wisata kuliner. Kota yang terkenal dengan patung suro dan boyo ini, merupakan pusat dari provinsi Jawa Timur. Sama seperti kota besar lainnya, Surabaya menjadi salah satu destinasi wisata yang patut kamu kunjungi.

Apalagi semenjak 5 tahun trakhir, semua wisata baik itu Wisata alam dan kuliner berkembang pesat di kota pahlawan ini. Okeh cukup sekian prolog nya, biar langsung saja, saya akan mengurutkan makanan berdasarkan tingkat kenikmatan di lidah saya

Makanan Khas Surabaya

Di artikel ini saya akan menceritakan betapa kaya nya citarasa masakan khas daerah di Indonesia. Setiap kota mempunyai ciri khasnya tersendiri. Bisa dengan citarasa gurih, agak manis, atau pedas sekalipun.

Nah Kota surabaya merupakan salah satu kota penyumbang citarasa kuliner indonesia, berikut makanan khas kota Surabaya.

1 Rujak Cingur

Makanan khas surabaya rujak cingur

Rujak cingur, apa yang membedakan rujak ini dengan rujak jenis lainnya? Makanan khas surabaya ini merupakan makanan yang pertama saya incar, karena sudah tau namanya dari dulu namun belum pernah nyobain rasanya.

Rujak cingur adalah rujak dengan bahan dasar cingur atau cungur. Cingur adalah sebutan bagi hidung atau mulut sapi. Jika pada umumnya kita mengenal rujak terdiri dari buah buahan dengan sambal cabai.

Untuk rujak cingur bumbu yang digunakan adalah sambal kacang, dengan tambahan lontong, tauge dan lontong. Nah jika kalian ke Surabaya jangan lewatkan makanan yang menurut saya unik.

2 Makanan khas Surabaya “Tahu Tek”

makanan khas surabaya tahu tek

Makanan selanjutnya tidak aneh juga namun unik, pasti kalian pernah denger, saya mau spoiler tentang tahu tek. Meskipun di kota kota besar seperti jakarta bandung sudah banyak yang menjajahkan makanan asli surabaya ini, belum pas rasanya kalau kita ngga makan di tempat kota asalnya.

Makanan yang termasuk murah meriah ini berbahan dasar dari tahu goreng, lontong dan kentang. Yang unik dari tahu tek adalah dari cara menyajikannya. Dalam proses penyajian bahan bahan di potong menggunakan gunting, seperti mencukur yah heheh

Citarasa khas dari tahu tek terletak di kuahnya. Kuah tahu tek terbuat dari petis. Petis merupakan air rebusan dari ikah, udang atau makanan laut lainnya. Porsinya cukup mengenyangkan tidak lebih dari 10 ribu, tahu tek bisa membuat perut  anda bisa tenang selama beberapa jam

3 Lontong Balap Khas Surabaya

makanan khas surabaya Lontong balap

Nah makanan yang harus kalian coba jika berkunjung ke kotanya arek arek adalah lontong balap. Dari namanya aja udah unik, pasti rasanya enak. Jangan mikir kalo lontong ini balapan di sirkuit atau jalan raya.

Menurut temen saya yang orang surabaya, jangan ngaku pernah ke surabaya kalau belum pernah makan lontong balap. Nah saya mau merekomendasikan lontong balappaling mantap di surabaya menurut saya yaitu lontong balap garuda pak gendut.

Bahan dasar lontong balap tentunya lontong plus tahu goreng, ditambah kecambah bawang goreng dan kuah khasnya. Tidak telat kerupuk dan kecap sebagai pemanis makanan

4 Lontong Kupang

Makanan khas surabaya lontong kupang

Meskipun namanya lontong kupang, namun lotong ini bukan makanan yang berasal dari daerah kupang ya. Kupang merupakan merupakan hewan laut yang mirip kerang namun ukurannya lebih kecil dan warnanya cenderung putih.

Lontong kupang cocok dimakan kapan aja, namun jika dimakan ketika hujan sangat enak banget. Beda dengan jenis lontongah lain lontong kupang memiliki kuah hasil rebusan kupang tadi. Dalam penyajiannya lontong kupang di sajikan denga jeruk nipis dan petis.

Karena surabaya kota yang cukup panas, minumah yang cocok ketika anda makan lontong ini adalah degan yah. Jika makanan dan minuman itu berbarenga maka kenikmatan hakiki bakal kamu dapet. Biar kamu bisa merakanan makanan khas surabaya ini, kamu bisa ke jl Darmo Indah Nomor 7 Surabaya tepatnya di warung lontong milik Bu Siti.

5 Rawon Khas Kota Surabaya

Makanan khas surabaya rawon surabaya

Siapa yang ngga tau rawon? Kebangetan kalo kamu ngga tau makanan berkuah hitam ini. Memang banyak sih jenis rawon, namun rawon surabaya selama ini rawon paling enak yang pernah saya coba.

Kepikiran ngga sama kalian kenapa rawon bisa beerwarna hitam pada kuahnya? Kalo sepintas sih warnanya ngga menarik perhatian, tapi ketika di coba, di jamin bikin nagih.Rawon sendiri merupakan masakan berkuah daging, warna hitam pada kuah rawon di hasilkan dari bumbu masakan yaitu kluwek.

Rawon enak di sajika panas dengan nasi. Di surabaya ada rawon yang unik yaitu rawon kalkulator, enatah bagaimana asal usul nama kalkulator, yang penting rasanya mantap rek.

6 Rawon Setan Kota Surabaya

makanan khas surabaya rawon setan

Masih membahas rawon yah, ntah kenapa saya lebih suka makanan berkuah dari pada yang kering. Bagi para pecinta makanan pedas, jika anda berkesempatan ke kota ini, jangan sampe terleawtkan. Garansi yang sayaberikan ketika anda coba makan rawon setan di jamin pengen lagi.

Jangan salah persepsi ya, nama setan di ambil mungkin di sebabkan karena rasa rawon ini yang super pedas. Jadi jangan coba coba jika kalian ngga kuat pedes. Kuahnya yang hitam mengkilat makin menambah kesan seremnya.

Bahan dasar dari rawon setan sama dengan rawon umumnya, yaitu daging sapi. Namun ada beberapa tambahan jeroannya juga.

Untuk menikmati rawon setan, saya rekomendasikan yang di usat kota surabaya, lupa lagi namanya. Tapi kalo kamu lagi di kota surabaya ngga susah ko nyari nya, hampir semua orang tau.

7 Sego Sambel Khas Surabaya

makanan khas surabaya sego sambel

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah sego sambel. Belum makan kalo belum makan nasi itulah, kita orang indonesia. Nasi menjadi makanan pokok sehingga banyak olahan makanan berbahan besar ini.

Mungkin udah umumnya kalo dengen nasi goreng, nasi uduk atau nasi pecel. Nah di surabaya ada jenis nasi yang sangta patut untuk di coba. Kalo kalian penasaran langsung aja ke Jalan Jagir Wonokromo Wetan nomor 12, tepatnya cari aja sego sambel surabaya.

Namun untuk mendapatkan sego sambel kalian harus nunggu sampe jam 10 malem. Karena baru buka di jam segitu. Kenapa dinamkan sego sambel, karena sajian nasi ini, porsi sambelnya sangat banyak. Kalo untuk lauk pendamping di sesuaikan dengan selera, kamu bisa memilih bebas, mulai dari tahu tempe, telor, ayam, gorengan dll

8 Pecel Semanggi Khas Surabaya

makanan khas surabaya pecel semanggi

Bagi kamu para vegetarian, jika bingung mau wisata kuliner ketika mengunjungi koota surabaya, menu ini cocok untuk di coba. Ya benar sekali, pecel semanggi. Mungkin namannya tidak se terkeneal pecel madiun atau pecel-pecel lainnya.

Sama halnya pecel pecel yang lain, pecel semanggi adalah jenis makanan dengan lauk berupa daun semanggi dengan kuah bumbu kacang “pecel”. Namun untuk mendapatkan pecel semanggi agak susah, keberadaananya tergerus zaman.

Padahal untuk mendapatkan pecel semanggi ini hanya merogoh kocek 3000 – 5000 saja Murahkan. Namun jangan khawatir jika kamu ke kota surabaya terutama di pasar-pasar tradisional masih ada para penjual yang menjajahkan kuliner tradisional surabaya ini.

9 Sate Kelopo Surabaya

MAkanan khas suarabaya sate kelopo

Nah Makanan khah kota surabaya lainnya yang saya rekomendasikan adalah sate kelopo surabaya. Kalo mendengar kata satenya sih ngga aneh ya, mungkin kalo zaman now masih kalah tenar sama sate taichan atau sate-sate kekinian.

Namun menurut saya sate unik namanya aja sate kelopo, munngkin untuk yang ngga tau kelopo itu bahasa jawa nya kelapa. Eits jangan salah sangka, sate kelpo bukan berarti kelapa yang disate yah. Lebih tepatnya jenis sate sapi yang dkasih bumbu kelapa.

Rasa nya yang unik dan guring menjadikan kuliner yang cukup di gemari para pelancong. Jika kalian sedang atau akan ke surabaya jangan lupa untuk nyobain sate ini. Nah klo bingung bisa ke jalan sekitaran jalan walikota Mustajab Nomor 36, tepatnya di sebelah barat Balai Kota Surabaya.

10 Kuliner khas surabaya “Nasi Cumi”

 makanan khas surabaya nasi cumi

Surabaya merupakan daerah yang deket pantai ya guys, jadi ngga aneh kalo banyak di temukan makanan seafood. Selain seafood yang banyak di pinggir jalan. Ada makanan yang membuat saya pengen lagi berwisata ke surabaya.

Namanaya nasi cumi, campuran cumi dan kuah nya menambah nafsu makan jika kamu makan nasi cumi. Sebenernya kalo di lihat dari bentuknya kayak nasi campur pada umumnya sih. Cuma karena porsi pada cumi nya banyak jadi di sebutlah nasi cumi.

Oke jika kamu berwisata kuliner ke surabaya, jangan lupa mampir ke warung Bumbu Madura Ampel yang terletak di Depan Hotel Kemadjoean. Yang jadi ciri khas lain dari nasi cumi ini adalah, tambahan dan tinta hitam dari masakan cuminya. Kalo ngga percaya boleh dicoba

11 Nasi Empal Pengampon

makanan khas surabaya nasi empal pengampon

Masih seputar nasi khas suarbaya, jika kamu jlan jlan ke Jalan Pengampon II Nomor 3, Surabaya. Pasti kamu akan menemukan jajanan lebih tepatnya casi campur. Kenapa saya merekomendasikan nasi campur ini, yang pertma pastinya enak, kedua ke khasannya

Nasi campur empal merupakan nasi dengan menu empal suwir plus kering tempe, tumis kacang, sambal lalapan dan jangan ketinggalan kerupuk. Nama pengampon di ambil dari jalan tempat warung ini jualan ya.

Nah jadi ngga salahnya, kalo kalian mencoba makanan ini, karena saya jamin rasanya yang enak banget. Garansi dari saya kalian pasti nabah nasinya, karena ayam daging suwirnya enak, jadilah nafsu makan naik, nambah nasi deh. Bagi yang diet dilarang kesini, karena diet kamu bakal gagal hehe

12 Makanan Khas Surabaya “Sate Lisidu”

makanan khas surabaya sate lisidu

Jika di atas saya bilang sate kelopo enak, nah sate berikutnya juga tidak kalah enak ya. Kenapa saya tidak menyimpan di bahasan sate berikutnya, karena urutan kelezatan sate ini masih di bawah nasi empal pengampon “versi saya”

Sebagai kota metropolitannya jawa timur, tentunya panyak pra inovator kuliner, yang terus berpikir menciptakan menu baru. Salah satunya adalah sate lisidu, Nah sate lisidu yang menurut saya enak ada di jalan Kutai nomor 53, Wonokromo Surabaya

Kenapa sih kalian harus mencobanya, toh uma sate ini.?

Keunikan sate lisidu terletak pada bentuk dan cara mematangkannya. Jika pada umumnya sate berbentuk daging kecil-kecil yang disusun di tusukan bambu, tidak dengan sate ini, bentuknya panjang dan cara membakarnya dengan pengipasan dari bawah, sehingga sate bersih dari arang-arang pembakaran.

Biar ngga penasaran jangan lupa mampir dan coba aja.

Cukup 12 macam dulu aja yang saya rekomendasikan tentang makanan khas Surabaya. Kalau di sebutin semuanya terlalu banyak, cuma menurut saya itu paling top markotop. Semoga tulisan ini membantu anda berspoiler ria tentang kuliner surabaya, terima kasih

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply