110

3 Amalan Malam Nisfu Sya’ban, Jangan Terlewatkan! Banyak Dosa Segera Taubat

Alhamdulillah kurang dari dua puluh hari lagi kita memasuki bulan ramadhan. Sebagaimana kita umat muslim akan menjalan kan ibadah yang hanya ada 1 tahun sekali. Namun Udah pada siap belum menhadapi bulan suci ini. yuk kita mulai mendekatkan di omen malam Nisfu Sya’ban

Bertepatan dengan itu kita sudah ada di bulan Sya’ban, dimana ada moment pertengangan bulan yang menjadi di tutupnya Amalan setahun ke belakang dan di buka lembaran buku catatan kebaikan kita setahun kemudian. Yaitu malam nisfu Sya’ban.

Baca juga : Keutamaan Bulan Ramadhan tahun 2018

Malam nisfu sya,ban Jatuh pada tanggal 30 april 2018, sejak magrib tiba. Maka dari itu ayo kita maksimalkan momen malam itu dengan meminta ampun dan rahmat kepada Allah Swt.

Ada beberapa amalan yang di anjurkan dalam malam nisfu Sya’ban. Setidaknya ada 3 amalan yang dilakukan yang di kutif dalam kitab madza fi Sya’ban Karya Muhammad Alawi Al-Maliki

3 Amalan Dalam Malam Nisfu Sya’ban

malam nisfu Sya'ban

1. Memperbanyak Doa Kebaikan

Rujukan dalam memperbanyak doa di bulan sya’ban di ambil dari hadits yang di riwayatkan oleh Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya, “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

2. Membaca dua Kalimat Syahadat Sebanyak Mungkin

Kalimat syahadat adalah kalimat mulia yang berisi ucapan tauhid dan mengikuti nabi muhammad Saw.

Dalam kitabnya Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan, bahwa

وينبغي للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة، وخصوصا شهر شعبان وليلة النصف منه، بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة “لا إله إلا الله محمد رسول الله”.

Artinya, “Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca duai kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malampertengahannya.

3. Memperbayak Istigfar

Sebenarnya Istigfar merupakan amalan yang harus di lakukan umat muslim kapanpun karena kita tidak luput dari salah dan dosa. Namun Khusus di malam Nisfu Sya’ban, dianjurkan untuk memperbanyak istigfar meminta ampunan kepada Allah Swt.

Baca juga: 10 Larangan Saat Berpuasa

Selain itu kamu bisa melaksanakan sholat sunnah dan melaksanakan puasa sunnah dalam melewatkan malam penuh pengampunan ini. Mungkin Cukup sekian, semoga bermanfaat.

Jangan Kamu aja yang tau ayok bagikan ke sodara muslim agar dapet barokahnya.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply