1
781

Pembahasan Manajemen Keuangan Secara Lengkap

Jika pada materi sebelumnya sudah di bahas secara general tentang pengertian manajemen, segala tujuan dan fungsinya. Banyak jenis manajemen dalam kehidupan sehari-hari, Namun pada tulisan kali ini saya akan mencoba membahas secara detail tentang Manajemen keuangan.

Hayooo semangat kan kalo udah denger kata “uang”. Management keuangan tidak sebatas mengatur uang masuk dan keluar saja. tapi lebih dari itu fungsi manajemn yang diaplikasikan dalam sistem keuangan perusahaan.

Namun saya tidak akan membahas tentang itu. Sebelum membahas secara detail alangkah baiknya kalian memahami pengertian manajemen secara etimologi ataupun menurut para ahli. Langsung saja apa sih manajerial keuangan? buat apa mempelajari nya? berikut penjelasannya.

Pengertian Manajemen Keuangan

manajemen keuangan

 

Financial management merupakan cabang ilmu dari ilmu manajemen secara umum. Pengertian manajemen keuangan dapat diartikan sebagai semua aktivitas suatu lembaga atau organisasi yang di dalamnya mengelola keuangan. Bentuk pengelolaanya berupa mendapatkan, mengalokasikan, menggunakan dana secara efektif dan efisien.

Semula pengertian manajemen tidak sekompleks seperti sekarang ini. Karena perkembangan zaman beriringan pula dengan permasalahan-permasalah yang ada, semakin komplek pula cakupan dari manajemen dalam sistem keuangan.

Sehingga cakupan pengatuan keuangan mencakup kegiatan bagaimana mengelola keuangan, seperti bagaimana cara mendapatkan, cara menggunakan budget, sampai  pengelolaan terhadap aset (aktiva) perusahaan.

Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Sebagai landasan teori ada beberapa pendapat menurut para ahli, sebagai berikut:

Bambang Riyanto

Menurut Bambang riayanto manajemen keuangan adalah “aturan-aturan yang ditujukan untuk semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Kegiatan tersebut berhubungan dengan cara bagaimana mendapatkan dana yang dibutuhkan perusahaan. dengan prinsip biaya yang sedikit namun untuk memeperoleh keuntungan secara efektif dan efisien

Suad Husnan

Suad Husen berpendapat bahwa”Manajemen keuangan adalah ilmu manajemen terhadap semua fungsi keuangan baik peribadi atau kelompok”

James Van Horne

James Van Hourne mendeskripsikan manajmen keuangan sebagai semua kegiatan yang berhubungan dangan pengelolaan aset (aktiva) dengan tujuan yang menyeluruh serta berhubungan langsung dengan prolehan dana

Tujuan Manajemen Keuangan

tujuan manajemen keuangan

Tujuan manajemen keuangan adalah untuk memaksimalkan fungsi uang yang ada di suatu organisasi. Sedangkan sistem keuangan perusahaan adalah bentuk usaha yang dilakukan agar memaksimalkan nilai perusahaan. Sehingga dengan naiknya nilai perusahaan diharapkan ketika suatu saat perusahaan akan dijual, harga yang di peroleh bisa setinggi mungkin.

Dalam keuangan perushaan ada seorang manajer yang dituntut mampu mengendalikan uang yang masuk atau keluar perusahaan.

Jika dilihat dari sudut pandang pebisnis tujuan utama didirikannya perusahaan adalah bentuk usaha yang di tempuh dengan tujuan memperkaya pemiliki perusahaan. Dicirikan dengan kepemilikan saham perusahaan.

Sedangkan harga perusahaan tersebut adalah hasil dari usaha manajemen dalam memperoleh pendanaan, hasil dari keputusan investasi dan semua kegiatannya dalam mengelola aset perusahaan.

Sehingga dapat di simpulkan bahwa manajemen uang bertujuan mengoptimalkan fungsi keuangan yang bertujuan memaksimalkan nilai perusahaan. Artinya manajemen diharapkan bisa mengatur alur perputaran uang, harus bisa mencegah kegiatan yang bisa menyebabkan ruginya perusahaan.

Fungsi- Fungsi Manajemen Keuangan

Fungsi manajemen keuangan

 

  1. Keputusan Investasi (Investment Decision)

Investasi adalah suatu bentuk pengelolaan keuangan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva, yang di tujukan dengan harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Investasi adalah bentuk penanaman modal, bisa dalam bentuk aset riil atau aset finansial (surat berharga).

Dalam fungsi manajemen keuangan keputusan investasi, meruapakan bagaimana cara memutuskan atau mengatur dana yang akan diinvestasikan. salah satu bentuk keputusan yang umumnya terjadi adalah

Pertama memutuskan berinvestasi dengan Membeli aset rill, kemudian mengelolanya. Pengambilan Keputusan ini sangat penting mempuyai posisi strategis dan berpengaruh terhadap rentabilitas investasi serta aliran keuangan perusahaan dimasa yang akan datang.

  1. Fungsi Pendanaan (Financing Decision)

Pendanaan adalah bagaimana cara penyedian dana untuk perusahaan. Fungsi pendanaan dalam keuangan bagaimana cara mempelajari berbagai sumber dana yang bisa masuk ke kas perusahaan. Baik berupa pinjaman hutang, investasi luar dan penambahan modal.

Fungsi pendanaan menitik beratkan bagaimana pengatuaran keuangan berfungsi memperhatikan sumber dana dengan biaya seminimal mungkin. Selain itu sayarat-syarat yang ditetapkan baik dari internal ataupun eksternal perusahaan harus menguntungkan perusahaan itu sendiri.

  1. Keputusan Deviden (Deviden Decision)

Keputusan dividen adalah keputusan dalam fungsi manajemen keuangan dalam menentukan besarnya persentasi laba untuk pememgang saham dan untuk perusahaan. Fungsi ini berupa keputusan yang menyangkul point poin sebagai berikut:

Pertama adalah Besaran prosentase laba yang akan dibagikan kepada pemilik dalam bentuk kas. Kedua Tingkat stabilitas deviden yang akan dibagikan oleh manajeme. Ketiga Stock devidend (dividen saham). Keempat Stock split (pemecahan saham). Kelima Penarikan saham yang telah beredar

Fungsi manajemen lainnya jika dikaitkan dengan beberapa hal diatas:

  • Pengawasan terhadap biaya
  • Penetapan kebijakan harga
  • Peramalan laba dimasa mendatang
  • Pengukuran biaya untuk modal kerja

Lalu Apa Fungsi Manajer Keuangan?

Manajer keuangan

Tentunya dalam sistem keuangan ada subjek dari objek yang dikaji, dalam bahasan manajemen tentu peran seorang manajer tidak boleh di lupakan. Kemudian apa Fungsi dari seorang manajer keuangan?

Seorang manajer keuangan memiliki tugas tuga dan tanggung jawab sebagai berikut:

  • Planning atau perencanaan keuangan. Perencanaan sistem arus kas (uang masuk dan keluar) serta laba rugi perusahaan
  • Budgeting atau penganggaran adalah pengalokasian anggaran biayabelanja perusahaan dan biaya biaya lainnya secara efisien untuk memaksimalkan dana perusahaan.
  • Controlling atau pengendalian keuangan. Controling adalah kegiatan mengatur serta mengawasi sistem keuangan perusahaan
  • Auditing atau pemeriksaan keuangan, tugas seorang manajer untuk melakukan audit internal berdasarkan data keuangan perusahaan.
  • Reporting atau pelaporan keuangan yaitu menyediakan laporan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan serta analisa rasio laporan keuangan.

Seorang manajer keuangan mempunyai jobdesk yang cukup luas, sehingga tanggung jawab cukup besar. Seorang Manajer keuangan harus mampu mengambil keputusan yang di bagi kedalam 3 keputusan yang sudah di jelaskan diatas.

Giaman masih berminat jadi seorang manajer keuangan?

Poin Penting Manajemen Keuangan :

  • Manajer keuangan mempunyai kewenangan atas Perencanaan keuangan, yang terdiri dari menyusun rencana pemasukan dan pengeluaraan dana. Dan menyusun aktivitas yang lain pada periode tertentu.
  • Manajer keuangan menyusun penganggaran sistem keuangan perusahaan. Kegiatan ini adalah tindak lanjut atas perencanaan keuangan dengan menyusun lebih detail lagi semua pengeluaran dan pemasukan perusahaan
  • Manajer keuangan bertugas mengelola keuangan perusahaan. Dapat diartikan bahwa manajer keuangan mempergunakan dana yang ada dalam perusahaan untukdimaksimaklan sepenuhnya.
  • Manajer keuangan sebagai pencarian sumber dana, yang berusaha mencari sumber dana perusahaan yang yang dibutuhkan untuk kegiatan operasional perusahaan
  • Penyimpanan keuangan, adalah fungsi menyimpan untuk mengamankan dana perusahaan yang telah dikumpulkan, akag keuangan perusahaan aman, untuk digunakan sewaktu waktu.
  • Pengendalian atas keuangan, manajer keuangan mengevaluasi dan memperbaiki sistem keuangan yang ada dalam perusahaan yang dirasa belum maksimal
  • Melakukan pemeriksaan keuangan, internal audit atas laporan keuangan perusahaan dilakukan oleh manajer keuangan untuk memastikan tidak adanya penyimpangan yang merugikan terjadi
  • Pelaporan keuangan perusahaan, manajemen keuangan menyediakan informasi keuangan tentang kondisi kekinian keuangan perusahaan yang bisa dijadikan bahan evaluasi nantinya.

Konsep Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah ilmu manajemen yang memiliki fokus mengkaji mengenai fungsi keuangan. Fungsi manajemen lebih banyak digunakan dalam sebuah perusahaan, sehingga fungsi-fungsi yang ada saling berkaitan satu sama lain.

Konsep Manajemen memiliki tiga kegiatan utama :

  1. Perolehan Dana, merupakan aktivitas yang bertujuan untuk memperoleh sumber dana, ntah itu berasal dari internal perusahaan ataupun bersumber dari eksternal perusahaan
  2. Penggunaan Dana, suatu kegiatan dalam menggunakan atau menginvestasikan dana yang ada pada berbagai bentuk aset
  3. Pengelolaan Aset (Aktiva), aktivitas ini adalah kegiatan yang dilakukan setelah dana telah didapat dan telah diinvestasikan atau dialokasikan kedalam bentuk aset (aktiva), dana harus dikelola secara efektif dan efisien.

Prinsip Manajemen Keuangan

Perlu di di pahami lebih lanjut dalam prakteknya, manajemen muncul untuk mengatur dengan baik sistem uang yang ada diperusahaan, maka dari itu perlu adanya prinsip-prinsip mendasarinya.

Berikut prinsip prinsip keuangan dalam manajemen

  1. Prinsip Konsistensi (Consistency)

prinsip konsistensi

Kebijakan dan sistem keuangan perusahaan penerapannya harus konsisten, tidak berubah-ubah dari periode ke periode.

Namun perlu diingat bahwa sistem dan kebijakan keuangan yang telah diambil bukan berarti tidak boleh dilakukan. Penyesuaian keuangan apabila terjadi perubahan yang signifikan pada kondisi perusahaan.

Perubahan tersebut hendaknya diumukan disertai dengan alasan yang jelas dan bisa diterima.

Kebijakan keuangan yang tidak konsisten bisa mengindikasikan bahwa terdapat manipulasi didalam pengelolaan keuangan perusahaan.

  1. Prinsip Akuntabilitas (Accountability)

akutabilitas keuangan

Akuntabilitas dapat diartikan dapat dipertanggung jawabkan. Prinsip ini merupakan sebuah kewajiban hukum maupun moral yang melekat pada individu dan kelompok. Untuk mempertanggung jawabkan penggunaan dana dalam perusahaan.

Setiap individu atau kelompok harus bisa menjelaskan mengenai penggunaan dana yang dia kerjakan. Dan menjelaskan apa yang telas dia capai dengan menggunakan dana perusahaan.

Prinsip ini dibutuhkan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak yang berkepentingan supaya semua mengetahui bagaimana kewenangan dan dana yang didapat tersebut dipergunakan.

  1. Prinsip Transparansi (Transparancy)

    taransparansi keuangan

 

Transparansi adalah prinsip dimana ada jaminan keleluasaan akses atau kebebasan bagi setiap orang untuk memperoleh informasi dalam lingkup keuangan perusahaan. Prinsip transparansi Manajemen menjamin harus terbukanya perusahaan kepada pekerjaanya.

Prinsip ini menjamin adanya informasi tentang semua kegiatan yang dilakukan kepada yang berkepentingan. Termasuk memberi laporan keuangan yang lengkap dan akurat kemudain bisa diakses dengan mudah oleh pihak yang berkepentingan

Penyimpangan terhadap prinsip transparansi ini bisa mengindikasikan bahwa manajemen telah menyembunyikan sesuatu, dan hal seperti ini sangat bisa merusak perusahaan.

  1. Prinsip Kelangsungan Hidup (Viability)Fianancial-Viability

Prinsip kelangsungan hidup adalah suatu ukuran tingkat keamanan dan keberlanjutan keuangan perusahaan. Manajer keuangan harus membangun sebuah rencana keuangan agar perusahaan bisa bertahan dan melaksanakan roda perusahaan.

Pemilik perusahaan tentu ingin kelangsungan usahanya tidak berhenti, beroperasi terus menerus secara berkelanjutan. Dalam hal ini semua biaya operasional, dari tinggkat bawah sampai manajemen perusahaan harus disesuaikan dengan alokasi dana perusahaan. Hal ini harus dilakukan agar perusahan bisa terus berjalan dan sistem keuangan perusahaan sehat.

Manajer keuangan wajib menyusun rencana bagaimana keuangan perusahan bisa membantu menjalankan rencana-rencana strategis perusahaan.

  1. Prinsip Integritas (Integrity)

integritas keuangan

Prinsip integritas adalah pola atau cara bertingkah laku, bersikap, bertutur kata kita harus baik dan benar dan juga menjaga kepercayaan. Prinsip Integritas dalam keuangan berarti  sikap jujur dalam keprofesionalan seseorang. Setiap  manajer keuangan harus memiliki prinsip ini, tidak hanya itu setiap individu harus memiliki integritas.

Prinsip ini akan berdampak kepada bagaimana seseorang yang bertugas menangani sistem keuangan perusahaan bisa bertanggung jawab atas pekerjaanya. Baik dalam bentuk laporan keuangan, laporan audit dan pencatatatan-pencatatan keuangan lainnya

  1. Prinsip Pengelolaan (Stewardship)

kelangsungan hidup keuangan

Prinsip pengelolaan dalam keuangan berfungsi bagaimana cara mengelola keungan dengan efektif dan efisien. Artinya dana yang didapat dapat dialokasikan dengan baik dan digunakan digunakan semaksimal mungkin.

Manajer keuangan harus  dengan hati hati saat menyusun rencana strategis, mengidentifikasi resiko keuangan dan menyusun serta membuat sistem pengendalian keuangan yang paling sesuai dengan karakter perusahaan. Hal ini di tujukan agar perusahaan memperoleh keuntungan dengan memaksimalkan dana yang ada.

  1. Prinsip Akuntansi (Accounting)

Prinsip akuntansi

Akuntansi ada pengukuran, penjabaran informasi dalam menyajikan data informasi yang digunakan untuk menentukan keputusan. Sistem akuntansi yang digunakan dalam keuangan harus seiring dengan prinsip dan standar aturan akuntansi yang ada.

Prinsip akuntasi bertujuan, agar penyusunan laporan keuangan dalam suatu sistem manajemen perusahaan, mudah dipahami, di mengerti serta bisa digunakan oleh semua pihak yang berkepentingan. Karena pada prinsip akuntansi diatur bentuk laporan yang menyajikan informasi keuangan secara mendetail.

Penutup

Nah gimana asik kan belajar manajemen gimana ada yang mau masuk kuliah jurusan manajemen keuangan. Ntar jadi manajer di sebuah perusahaan yang kerjaan nya megang uang loh, hehehe. Mungkin cukup sekian pembahsanya, jika masih ada yang kurang ngerti boleh di komen, semoga bermanfaat

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply