1
178

Tidak Cuma Enak, Inilah Manfaat Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung lebih dari 25 nutrisi dan gizi. Vitamin A, B, C, E, K, zat besi, fosfor, kalium, lutein, glutation dan magnesium. Mungkin masih banyak lagi namun kami akan membahas mengenai manfaat alpukat secara ringkas padat namun berisi mudah dipahami.

Selain itu, kalori dalam alpukat juga sangat baik untuk kesehatan tubuh karena kalori yang mendominasi tiggi adalah lemak tak jenuh bukan lemak jahat. Maka tak heran bila orang yang ingin diet juga rutin mengnsumsi alpukat baik dibuat minuman ataupun makanan.

12 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-alpukat

Yups sahabat King, langsung saja berikut beberapa manfaat alpukat yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Yang dulu gak suka buah tak berasa ini semoga setelah tau khasiatnya berubah menjadi selera ketika melihat nama maupun buahnya.

Peningkat Nutrisi

Kandungan nutrisi yang tinggi juga mempengaruhi tingkat daya serap gizi terhadap tubuh. Alpukat teruji teknis dalam hal penyerapan gizi makanan dengan kecepatan 5 kali lipat dianding orang yang tidak makan alpukat.

Menjaga Kesehatan Mata

Terkenal sebagai sumber karotenoid lutein yang dapat melindungi mata rabun dan katarak. Antioksidan juga berkolaborasi dengan lutein menetralkan penyebab radikal bebas kanker. Sehingga mata bisa terhindar dari katarak, glaukoma dan astigmatisme.

Antioksidan Yang Baik

Sudah menjadi hal umu dan wajar, antioksidan sangat kompleks sekali dengan masalah penuaan kulit. Dengan masuknya asupan antioksidan kulit bisa melambat dalam penuaan dini. Agar lebih maksimal kita bisa menambahkan madu, Yang sudah kita ketahui bahwa manfaat madu sangat baik bagi tubuh

Ditambah dengan glutation pada alpukat dapat menambah daya imun tubuh, terutama proses penuaan kulit. Sehingga kulit terlihat cerah, sehat dan terlihat muda.

Kulit cerah bersinar juga bisa ditopang oleh banyaknya antioksidan yang masuk ke nutrisi gizi yang diserap tubuh kemudian disalurkan ke kulit.

Jadi tak heran bila banyak para wanita lebih konsumtif terhadap buah alpukat daripada laki-laki karena mereka ingin tampil lebih cantik dan putih merona.

Sebagai Masker Rambut

Mengapa harus pakai masker daging alpukat? Ingin mempunyai model rambut keren namun tak merawatnay. Rugi tau, Yuks cari tahu kenapa dan bagaimana anda harus merawat rambut.

Alpukat sangat efektif mengatasi rambut rntok karena kandungan minyak yang ada padanya dapat mencegah dan mengurangi kerontokan rambut.

Terbukti dengan banyaknya produsen yang mengkolaborasikan obat spa masker rambut mereka dengan buah berwarna hijau kalem ini.

Maka dari itu, untuk menghemat biaya anda ke salon. Sebaiknya buat dan pakai masker alami sederhana dari alpukat saja.

Caranya cukup mudah dan sederhana. Haluskan daging alpukat lalu balurkan ke sela-sela rambut kepala dan diurut perlahan.

Bila ingin menambahkan campuran agar sedikit menghemat penggunaan alpukat, anda bisa aduk alpukat dengan pisang atau minyak zaitun agar lebih encer.

Alpukat Mengobati Bau Mulut

Malas gosok gigi membuat percaya diri turun drastis. Solusi bagi anda yang jarang gosok gigi dan memiliki masalah bau mulut. Alpukat menawarkan keunggulan yang dapat mengatasi masalah anda, hehe.

Sebagai pencuci mulut setelah makan sesuatu yang sedikit mengganggu mulut naga. Pengondisian tekstur daging buah yang empuh lagi elastis membuat alpukat lebih fleksibel dalam menjangkau kotoran yang tertinggal di mulut yang juga penyebab bau mulut.

Selain itu alpukat juga membersihkan dinding usus dan mengurangi bau tak sedap yang disebabkannnya, serta membunuh kuman yang hinggap di sekelilingnya.

Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat-alpukat

Vitamin B6 dan kandungan asam folat pada daging alpukat membantu jantung dalam mengatur homocystene, karena bila kadar tersebut meninggi dapat beresiko terkena serangan jantung. Selain itu vitamin E dan glutonine-nya dapat menjaga kesehatan jantung dari pergerakannya yang relatif tidak stabil.

Menurunkan Kolesterol

Sama seperti madu (https//:kingsunda/manfaat-madu/), betasitosterol pada alpukat juga bekerja efektif dalam menghancurkan kolesterol jahat pada darah. Sebuah penelitian ilmiah menyatakan bahwa diet dalam waktu 7 hari dengan cara mengkonsumsi alpukat dapat menurunkan berat badan 17%. Dan minggu kedua dapat turun hingga 20%

Hal tersebut terbukti bukan hanya pada penelitian saja. Namun dengan perkembangan zaman banyak juga minuman instan dari alpukat juga diracik guna konsumtif diet sehari-hari.

Manfaat Alpukat Tekanan Darah

Buah alpukat sangat tinggi kandungan kalium sehingga dapat mengontrol tekanan darah. Potasium dan folat di dalamnya juga dapat mengeluarkan natrium berlebih melalui pembuangan urine.

Bila tekanan darah normal maka terjaga pula kesehatan jantung, paru dan ginjal. Untuk itu selalu jaga kesehatan dengan cara mengkonsumsi buah-buahan terutama alpukat.

Dapat Mencegah Kanker

Banyak penelitian telah menyatakan bahwa alpukat bisa mencegah kanker prostat. Dibalik itu, alpukat juga bisa mencegah kanker payudara dengan adanya asam oleat yang baik pada buah alpukat.

Cara kerjanya yaitu potasium yang ada pada alpukat bekerja dengan sistem pengurangan ekskresi kalium urine yang bisa menurunkan batu ginjal. Potasium pada jus alpukat juga berperan sebagai mineral yang dibutuhkan ginjal untuk bekerja sempurna.

Nah dengan begitu jus alpukat lebih aman dikonsumsi daripada minuman lain. Tak sedikit kemoterapi juga menggunakan jus alpukat sebagai obat penopang penderita kanker akibat radikal bebas bakteri.

Ditambah pula dengan perkembangan modern ini telah banyak produsen mengeluarkan ekstrak alpukat guna sebagai obat dan penghambat sel kanker prostat dan menurunkan efek kemoterapi.

Menambah Berat Badan

manfaat alpukat

Bila sub-bab diatas tadi kita membahas mengenai buah alpukat untuk mereka yang sedang diet. Sangat bertolak kali ini kita akan bahas tentang alpukat untuk penggemuk badan. Sedikit tak logis menurut pikiran manusia namun ini faktanya ilmu lebih pasti daripada logika.

Setiap 100 gram dari alpukat memiliki 200 kalori. Jadi lebih bnyak kalori hingga 2 kali lipat lebih dari buah-buah lain yang hanya didapati 50-80 kalori.

Kalori adalah faktor penggemuk badan. Yang membuat alpukat lebih sehat daripada makanan penggemuk badan lain yaitu jenis kalorinya yang tak jenuh sehingga dapat mengatur gula dan lemak yang berkembang.

Meredakan stres

Oh ya. Stres akibat masalah, pikiran dan tekanan batin memang sulit ditangani. Banyaknya hemosistein pada produksi hormon memicu gangguan kesehatan hingga membuat seseorang depresi.

Mungkin solusi pertama bagi semua orang yang memiliki masalah sering memiliki banyak pikiran adalah meminum jus alpukat atau mengkonsumsi alpukat setiap pagi atau sore harinya.

Pikiran akan lebih tenang dengan suplemen alami yang diberi dari manfaat alpukat. Bagi wanita hamil mungkin sangat baik mengkonsumsinya. Guna menghilangkan morning sickness dan membuat bayi dalam kandungan lebih tenang.

Mencegah Bayi Cacat

Manfaat alpukat yang terakhir dalam ulasan ini adalah menyehatkan janin dan bayi. Meski masih banyak lagi khasiat buah alpukat namun kami hanya tuliskan beberapap yang sangat komplek di sekitar kita.

Vitamin B dan folat dikenal dengan nama folid acid. Dalam satu gelas jus alpukat mengandung 23-25% folat yang baik untuk harian. Tingginya kandungan folat bisa mencegah bayi lahir cacat, seperti rusaknya saraf dan spina.

Tak hanya itu folat juga bisa melindungi tubuh dari gangguan stroke. Penilitian yang dilakukan oleh para ahli diet menyatakan bahwa orang yang diet dengan buah alpukat lebih aman terkena stroke daripada yang lain.

Mungkin cukup sekian pembahasan tentang manfaat alpukan, semoga bermanfaat

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply