1
14

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Tubuh [WAJIB TAHU]

Apakah anda sudah mengenal manfaat daun binahong? Daun ini memang masih kurang familiar di masyarakat. Karena, tanamanya sendiri masih jarang ditemukan lingkungan masyarakat. Pada umumnya, daun ini memang hanya tersebar di beberapa tempat yang justru terkenal akan semak belukarnya.

Sangat jarang sekali di temukan pada pemukiman warga masyarakat yang menanamnya secara langsung. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Simak ulasan dengan lebih jelasnya mengenai khasiat daun binahong.

Tanaman ini termasuk dalam jenis tanaman toga yang ada di sekitar rumah. Selain itu, tangkainya sendiri cukup pendek dan mudah untuk dikenali. Pada beberapa bagianya cukup runcing dan harus dipahami dengan lebih detail. Manfaat yang dihasilkan dari daun ini sangat banyak dan menyesuaikan pada kebutuhannya.

Nah, bagi anda yang belum mengetahui apa saja manfaat daun binahong merah tidak perlu khawatir. Karena kami akan membahas lengkap tentang manfaat daun binahong.

Ciri-Ciri Tanaman Binahong Yang Perlu Diketahui

manfaat daun binahong

Kurang lengkap rasanya jika anda ingin tahu manfaatnya namun belum mengenal tumbuhannya. Karena itu, akan kami berikan ciri-ciri dasar dari tanaman ini agar semakin dikenal oleh semua orang. Berikut lebih jelasnya dibawah ini :

  1. Batang binahong berbentuk bulat, bercang, lunak dan tidak berkayu.
  2. Memiliki bunga yang majemu
  3. Memiliki daun tunggal
  4. Terdapat batang yang merayap dan dapat mengeluarkan akar
  5. Mahkota bunganya berwarna putih dan terdapat warna ungu pada ujungnya

Beberapa Kandungan Daun Binahong

Setelah anda memahami ciri-cirinya, maka perlu juga untuk memahami kandungan yang terdapat pada tanaman ini. Daun binahong sendiri memiliki banyak sekali kandungan aktif yang baik untuk keperluan dalam tubuh.

  1. Asam Oleanolic yang berguna untuk memberhentikan peradangan dalam tubuh.
  2. Kandungan saponin pada tanaman ini sangat baik untuk pelindung tubuh dari berbagai macam bakteri yang mungkin datang.
  3. Minyak astri berguna untuk obat antiseptik secara alami dan jauh dari efek samping yang ada.
  4. Asam askorbat yaitu kandungan yang berguna dalam mengatasi luka luar maupun dalam tubuh.
  5. Antioksidan zat ini berperan penting dalam menangkal terjadinya masalah yang kerap terjadi pada tubuh.

Berbagai Macam Manfaat Daun Binahong

Banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari penggunaan daun binahong bagi tubuh ini. Dengan begitu, manfaat yang ada sendiri dapat berguna untuk tubuh anda. Berikut ulasan dengan lebih jelasnya.

  1. Melancarkan Proses Menstruasi

manfaat daun binahong untuk menstruasi

Menstruasi yang terjadi setiap bulannya pada wanita memang cukup menganggu. hal ini membuat banyak wanita merasa resah dan risau, karena memang haid yang tidak lancar akan menyebabkan rsa nyeri dan sakit. Bagi wanita yang mengalami masalah ini,anda dapat menggunakan daun binahong sebagai solusinya.

Daun ini sudah terbukti ampuh dalam mengatasi masalah berupa mesntruasi. Untuk penggunaanya sendiri disesuaikan pada kebutuhan masing-masing. Seperti halnya dapat dijadikan air rebusan agar mudah diminum.

  1. Mengobati Penyakit Kanker

melawan kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya sekali untuk kesehatan, karena memang penyakit ini bisa saja menyebabkan kematian. Untuk biaya perobatan penyakit ini juga terbilang sangat mahal, tapi di lain sisi anda masih bisa menggunakan bahan herbal sebagai obat kanker.

Salah satunya yaitu daun binahong, dimana daun ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak. Sehingga dengan kandungan tersebut terbukti ampuh untuk melawan penyakit kanker. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

  1. Mengatasi Penyakit Maag

manfaat daun binahong

Penyakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap kali di alami oleh semua orang. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya penyakit ini. Walaupun saat ini sudah banyak sekali jenis obat-obatan yang di jual. Tapi akan lebih baik jika anda menggunakan bahan herbal terlebih dahulu sebagai obat.

Karena bahan-bahan herbal sudah bisa dipastikan aman dan menyehatkan untuk tubuh. Kini, anda bisa  menggunakan daun binahong sebagai obat maag, dimana anda  tinggal mengambil 7 lembar daun binahong dan rebus dengan 3 gelas. Setelah itu, air rebusan tersebut dapat anda konsumsi sebagai obat mengatasi maag.

  1. Mengobati Luka

menyebuhkan luka

Daun binahong sendiri selain mengandung antioksidan serta asam arkobat dan minyak astiri. Dimana kandungan tersebut merupakan salah satu manfaat daun binahong untuk luka. karena kandungan tesebut memiliki peran sebagai antiseptik alami yang tidak memiliki efek samping sedikitpun. cara memanfaatkannya juga sangat mudah, yaitu anda tinggal menumbuk daun binahong sampai halus dan lembut. Lalu oleskan tumbukan daun binahong tersebut pada area tubuh anda yang terkena luka. Dijamin, luka akan cepat kering seketika.

  1. Manfaat Daun Binahong Dapat Mengatasi Jerawat

manfaat daun binahong mengobati jerawat

Memiliki segudang aktivitas biasanya akan menyebabkan banyak masalah pada wajah, dan salah satu masalah yang paling di hindari yaitu jerawat. Karena dengan munculnya jerawat akan sangat mengganggu penampilan anda. Untuk saat ini memang sudah banyak sekali jenis obat atau alat kecantikan.

Disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami dalam pegnobatannya. Dimana dalam hal ini anda bisa menggunakan daun binahong. Karena memang salah satu manfaat daun binahong untuk jerawat sudah sangat terkenal.

  1. Mengobati Penyakit Paru-Paru

mengobati paru paru

Manfaat daun binahong selanjutnya yang mungkin belum anda ketahui yaitu bisa mengobati penyakit paru-paru. Untuk cara menkonsumsi daun binahong sendiri yaitu dengan cara merebus 10 lembar daun binahong lalu di rebus.

Dan air rebusan daun binahong tersebut anda gunakan sebagai ramuan herbal untuk obat penyakit paru-paru. Untuk itu bagi anda yang mungkin mengalami penyakit paru-paru, maka anda harus melakukan cara ini secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Obat Sakit Perutmengobati paru paru

Sakit perut kerap kali terjadi pada beberapa orang. Masalah ini tentu tidak dapat dianggap sepele. Dimana, sudah seharusnya anda melakukan pengobatan dengan lebih cepat. Daun binahong dapat membantu untuk mengobati sakit perut dengan lebih cepat.

Cukup menggunakan air rebusan daun binahong, maka sakit perut akan tuntas lebih cepat dan tepat. Cara tersebut sudah banyak digunakan oleh masyarakat dan terbukti ampuh !

  1. Mengatasi Wasir

Wasir merupakan salah satu penyakit berbahaya dalam tubuh. Wasir sendiri menyerang di bagian anus dan dapat membahayakan penderitanya. Selain itu, adanya penyakit ini sangat menganggu dalam aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya , dapat menggunakan daun binahong.

Terpenting dalam mengunakan daun ini yaitu menggunakan sesuai pada prosedurnya. Banyak sekali cara yang dapat digunakan termasuk dengan membuat rebusan dari daun binahong ini. Dijamin, dalam kurun waktu singkat akan segera teratasi.

Nah, begitulah ulasan lengkap mengenai manfaat daun binahong untuk kesehatan. Sudah jelas, bahwa banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari tanaman yang satu ini. Karena itu, bagi anda yang ingin mencobanya tidak perlu bingung. Pastikan untuk menggunakannya sesuai prosedur. Semoga artikel diatas bermanfaat !

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply