49

Manfaat Daun Sirih Hijau & Sirih Merah Untuk Tubuh

Ada yang belum tau tentang daun sirih? Pada kesempatan kali ini penulis ingin sedikit banyak mengulas manfaat dari daun sirih. Daun ini cukup sering kita jumpai di skitar.

Daun sirih dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Karena, daun sirih sudah di yakini dan di buktikan secara medis dapat digunakan untuk pengobatan.

Seperti jenis jenis daun lainnya, seperti daun binahong. Manfaat daun binahong sangat banyak, sama halnya dengan daun sirsak.

Banyak sekali kandungan dalam daun sirih yang tentu baik untuk tubuh kita. Nah, bagi anda yang tertarik untuk mengetahui lebih banyak khasiat daun sirsak, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas lebih jelas mengenai manfaat daun sirih secara lengkap.

Beberapa Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-daun-sirih

Daun yang berwarna hijau ini menyimpan berbagai macam manfaatnya untuk tubuh. Salah satunya yaitu kandungan anti-septik yang berguna untuk mengobati luka.

Untuk penggunaan daun sirih sendiri sangatlah mudah dan tidak merepotkan. Namun, sesuai pada kebutuhan setiap pribadi. Tanaman ini biasa tumbuh secara menyulur serta memilki daun yang lebar.

Anda juga bisa membelinya di beberapa warung yang menjual daun sirih. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Simak ulasan lebih jelasnya mengenai manfaat daun sirih.

Terdapat berbagai macam manfaat yang dihasilkan dari daun sirih terlebih untuk kesehatan tubuh. Berikut akan kami ulas lebih jelasnya mengenai manfaat daun sirih dan penggunaannya  dibawah ini.

  1. Dapat Mengobati Asam Urat

Manfaat daun sirih asam-urat

Umumnya, penderita penyakit ini merupakan orang dewasa. Dimana, nyeri otot kerap kali terjadi karena adanya asam urat pada tubuh. Jika tidak diatasi dengan baik, maka akan berakibat buruk pada tubuh.

Untuk itu, pengobatanya sendiri dapat menggunakan daun sirih. Cukup dengan merebus 5 sampai 8 lembar daun sirih setiap harinya untuk kemudian di konsumsi air rebusannya. Cara ini terbukti lebih efektif dan terhindar dari efek samping.

  1. Mencegah Terserang Tumor

mencegah tumor

Salah satu penyakit ganas yang harus di hindari oleh semua orang yaitu tumor. Dimana, penyakit ini dapat menyerang dengan sangat cepat. Penderita akan merasakan daya tahan tubuh yang jauh lebih rendah dan susah untuk melakukan berbagai macam aktivitasnnya.

Sel sel darah akan ikut terserang dan menyebabkan terjadinya penumpukan masalah. Untuk mencegah tumor yang menyerang,anda dapat menggunakan daun sirih. Baik untuk dimakan secara langsung maupun dengan menyediakan air rebusannya untuk dikonsumsi.

  1. Dapat Mengobati Diabetes

cara mengobati diabetes

Diabetes disebabkan karena adanya kadar gula darah yang tinggi pada tubuh. Untuk mengobati diabets, anda dapat menggunakan daun sirih.

Kandungan daun sirih sebagai obat diabetes sudah banyak terbukti. Bahkan, banyak dokter yang merekomendasikan menggunakan bahan alami terlebih dahulu dalam penggobatannya.

Hal ini karena kanudngan pyrene serta klavikulanya membantu penderita untuk lebih tenang dalam mengontrol kadar dula pada tubuh.

  1. Mengatasi Mimisan

manfaat-daun-sirih mengobati mimisan

Sudah pasti, banyak yang mengetahui manfaat dari daun sirih yaitu untuk mengatasi mimisan. Daun sirih memiliki kandungan berupa fenil poopies yang dapat menhentikan pendarahan pada hidung.

Mimisan yang tidak segera di atasi akan berakibat fatal. Untuk itu, penggunakan bahan alami yang jauh dari efek sampingnya dapat diterapkan. Cukup dengan memasukan daun sirih pada bagian hidung yang mimisan.

  1. Mengobati Luka Bakar

mengobati luka bakar

Luka bakar pada kulit akan menyebabkan belang jika tidak segera di obati. Kandungan dalam daun sirih berupa Alkaloid, vitamin C serta antioksidannya sangat baik untuk mengatasi luka bakar.

Cara penggunaanya yaitu dengan menggunakan 3 sampai 5 lembar daun sirih yang di tumbuk secara halus. Kemudian, letakan pada kulit yang terbakar secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Mengatasi Bau Mulut

bau-mulut

Memilik masalah berupa bau pada mulut? Kini dapat diatasi dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih ini memiliki senyawa berupa capitol serta eugenol yang akan membantu mengatasi masalah ini.

Cara penggunaanya sendiri sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang. Yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih secara rutin. Dengan begitu, mulut anda akan segar setiap saat.

  1. Mengobati Nyeri

Nyeri pada tubuh kerap kali terjadi karena berbagai macam faktor. Salah satunya yaitu adanya masalah pada tubuh.

Alternatif penyembuhan terbaik saat ini yaitu dengan menggunakan daun sirih yang diolah menjadi air rebusan. Air rebusan daun sirih ini terbkti mampu mengobati nyeri pada tubuh dengan lebih cepat.

Selain itu, tidak ada efek samping yang dihasilkan dari penggunaan obat nyeri ini.

  1. Sebagai Langkah Diet

Siapa yang ingin memiliki tubuh normal? Hampir semua wanita menginginkannya. Untuk menurunkan berat badan sendiri dapat menggunakan daun sirih.

Mengapa demikian? Daun sirih membantu dalam proses metabolisme dalam tubuh sehingga berbagai amcam lemak akan lebih di netralisir. Proses pencernaan akan lebih lancar sehingga tidak mengakibatkan berbagai macam masalah timbul.

  1. Mencegah Virus Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang penyembuhannya sangatlah mahal. Alangkah baiknya mulai sejak dini untuk mencegah penyakit yang satu ini.

Cara termudah yang dapat digunakan yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan dari daun sirih. Lakukan hal ini secara rutin setidaknya 3 hari sekali untuk hasil yang lebih baik. Tubuh yang sehat dan terhindar dari virus kanker tentu sangatlah menyenangkan !

  1. Mencegah Bau Badan

manfaat-daun-sirih merah

Daun sirih memiliki kandungan berupa minyak esensial yang baik untuk membantu mengatasi bau tidak sedap dalam tubuh. Umunya, tersedia daun sirih yang sudah dijadikan sebagai minyak.

Gunakan pada bagian tubuh yang membutuhkan. Lakukan secara rutin agar tidak memiliki bau badan. Tentunya, penampilan merupakan modal utama dalam menjalani aktivitas.

  1. Manfaat Daun Sirih Mengatasi Alergi Kulit

Alergi pada kulit disebabkan karena berbagai macam faktor. Untuk mengatasi gatal yang terdapat pada kulit dapat menggunakan daun sirih.

Karena, pengobatan ini sudah terbukti ampuh dan banyak digunakan oleh masyarakat. Untuk lebih memudahkan dalam penggunaan, sudah tersedia berbagai macam sabun mandi daun sirih yang dijual bebas dipasaran.

  1. Mengobati Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan menyebabkan berbagai macam aktivitas anda terganggu. Karena, dalam menjalani kehidupan ini sudah pasti berkaitan langsung pada komunikasi.

Bagi anda yang sedang mengalami sakit tenggorokan maka disarankan untuk menggunakan daun sirih. Daun sirih mmemiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang menjadi pilihan terbaik dalam mengatasi sakit tenggorokan. Cukup dengan mengkonsumsi secara rutin, Insya Allah sembuh !

  1. Mengatasi Ganguaan Pencernaan

Gangguan-Pencernaan

Pencernaan yang kurang baik dapat menyebabkan berbagai macam masalah dapat timbul. Karena itu, diperlukan langkah yang tepat dalam melakukan pelancaran pencernaan pada tubuh.

Manfat daun sirih merah membantu mengatasi hal ini. Dengan menggunakan air rebusan daun sirih, maka sangat membantu untuk mengatasi hal tersebut. Terlebih, jika penggunaanya sesuai prosedur maka dijamin akan lebih cepat sembuh.

Usai sudah pembahasan lengkap mengenai manfaat daun sirih yang dapat anda coba. Semua manfaat diatas tentu sudah terbukti ampuh.

Namun, pastikan selalu untuk menggunakan sesuai pada prosedur dan kebutuhannya. Karena, penggunaan yang berlebihan sendiri akan kurang baik hasilnya. Tidak ada efek samping daun sirih jika digunakan dengan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat !

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply