1
7872

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Wanita dan Vitalitas Pria.

Hallo Sahabat King’S- Tulisan kali saya akan mengulas salah satu tanaman yang sering ada di dapur. Tanaman yang sering kamu gunakan sebagai bumbu masakan, ternyata mempunyai fungsi sebagai obat-obatan. Sering juga dijadikan minuman hangat, sudah tau? Yaps namanya Jahe merah. apasih manfaat jahe merah?

Mungkin sudah tidak heran kalo kita sering melihat penjual minuman susu jahe merah. Gimana sih bentuknya? Apasih manfaatnya? Ko bisa di jadikan minuman? Emang enak ya? Yuk kita bahas.

Klasifikasi Tanaman Jahe

klasifikasi jahe

Bernama latin Zingiber officinale, jahe merupakan tanaman jenis rumpun berbatang lunak semu. Jahe merupakan tanaman yang sudah di kenal sebagai bumbu masakan, ataupun sebagai obat herbal.

Daerah sebaran tanaman ini mulai dari daratan cina asia sampe timur tengah, tanaman ini tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Jahe termasuk kedalam tanaman temu-temuan yaitu tanaman dengan umbi rimpang. Jahe masih satu keluarga dengan temulawak, lengkuas, kunyit, dankencur.

Di beberapa daerah jahe dikenal dengan nama berbeda, yaitu beeuing (Gayo), jahe (Sunda),, halia (Aceh), jahi (Lampung), jhai (Madura), lain jae (Jawa dan Bali), melito (Gorontalo), bahing (Batak Karo), sipodeh Minangkabau)

Klasifikasi Jahe

Divisi : Spermatophyta.
Sub-divisi : Angiospermae.
Kelas : Monocotyledoneae.
Ordo : Zingiberales.
Famili : Zingiberaceae.
Genus : Zingiber.
Species : Zingiber officinale

Penggunaan jahe pada umumnya bagian rimpang, atau umbi jahe, berikut beberapa kandungan yang terdapat dalam jahe, zingiberal, sitral, felandren, dan borneol. Selain itu, terdapat juga damar, pati, vitamin A, B, C, senyawa flavonoid, Zingeron, seskuiterpen, oleoresin, zingiberen, serta asam organik seperti asam malat dan asam oksalat.

Ada beberapa jenis jahe yang sering digunakankan dalam kehidupan sehari sehari diantaranya jahe sunti/emprit, jahe gajah, dan jahe merah, dan yang akan saya bahas adalah manfaat jahe merah.

Jahe Merah (Zingiber officinale var rubrum rhizoma)

manfaat jahe merah

Siapa sih yang tidak kenal tanaman jahe merah, akhir akhir ini jahe merah menjadi obrolan di para petani khusunya pembudidaya tanaman yang menghasilkan bumbu-bumbu dapur. Alih-alih harga yang bagus di pasaran penyebab banyaknya petani yang beralih menanam jahe merah.

Sebelum beralih ke menanam ke jahe merah, sebenarnya para petani sudah tau tanaman tersebut, namun di tanam dengan jumlah yang standar. Pengetahuan akan khasiat jahe merah telah di ketahui oleh banyak orang dan semua kalangan.

Fenomena tersebut mendorong naiknya permintaan akan tanaman jahe merah yang menyebabkan harganya pun bagus untuk kesejahteraan petani.

Jahe merah adalah salah satu jenis dari tanaman yang mirip dengan lengkuas atau kunyit. Manfaat jahe merah pun terkenal sampai seantero penjuru dunia. Ada beberapa perbedaan jenis jahe merah dengan jahe pada umumnya dilihat dari bentuk daun, batang semu dan warna rimpang.

  • Batang jahe merah mempunyai tinggi yang lebih rendah di banding jahe biasa, hanya berkisar 30 cm
  • Baun yang dihasilkan pun lebih runcing, dengan lebar daun lebih kecil dibanding jenis jjahe lainnya
  • Ciri yang paling mencolong terdapat pada rimpangnya, sesuai namanya rimpang jahe merah berwarna merah semu pink.

Beberapa Manfaat Jahe Merah

manfaat jahe merah

Banyak khasiat yang dapat kita peroleh dari tanaman herbal ini, berikut beberapa contoh manfaat jahe merah

  • Obat Mabuk perjalanan

Hayoo siapa yang masih suka mabok perjalanan, males ngga sih setiap kita perjalanan jarak jauh tubuh kita langsung merasakan efek mual. ada banyak obat untuk mereda agak kamu tidak mabuk, namun jika kamu tahu jahe merah. rasa segar dan efek hangat jahe bisa menghilang mual dan menghangatkan tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Zat kimia yang terdapat pada jahe mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Kandungan kolesterol dan minyak tersebut bisa mengakibatkan penyakit jantung.
dimana kita ketahui kolestrol merupakan salah satu penyebab penyakit yang banyak di derita masyarakat.

  • Mampu mengobati sakit kepala

Kegunaan jahe merah selanjutnya yaitu dapat mengobati sakit kepala. Dalam hal ini, jahe merah bisa di manfaatkan sebagai wedang jahe anget menjadikan tubuh lebih nyaman serta rasa lelah akan hilang seketika.

  • Dapat menurunkan Berat Badan

Manfaat jahe merah yang palig sering dicari para dieters adalah mampu menurunkan berat badan, efek panas yang dihasilkan jahe merah ini berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah. Hal tersebut berdampak dapat menurunkan berat badan seseorang.

Khasiat lain dari jahe merah:

Mampu mengobati sakit gigi, berikut cara pembuatan ramuannya ambil beberapa ruas jahe merah, kemudian tumbuh hingga ancur, lalu rebus beberapa menit, hasil rebusan bisa di buat obat kumur, zat yang terdapat dalam jahe dapat membunuh kuman/bakteri penyebab sakit gigi.

Selain itu Jahe biasanya di buat sebagai minuman segar yang menyehatkan, mampu membuat tubuh menjadi lebih hangat, menyembuhkan penyakit rematik, mampu meningkatkan nafsu makan pada anak-anak, ampu meredakan rasa nyeri pada tulang, dan masih banyak lagi manfaat jahe merah.

Manfaat Jahe Merah untuk Wajah

manfaat jahe merah untuk muka

China merupakan salah satu negara dengan pengobatan tradisional super lengkap, Zingiber Officinale atau Jahe adalah ramuan rempah – rempah yang memiliki rasa khas menyengat pada rimpangnya.

Kandungan Zingeron pada jahe dapat menghangatkan tubuh jika di konsumsi. Nah bagaimana kalao di jadikan obat kecantikan?

Menurut beberapa percobaan kandungan-kandungan yang terdapat dalam jahe bisa di jadikan perawatan kulit muka. Pengolahan jahe untuk kesehatan kulit bisa dengan cara dikeringkan, di konsumsi segar atau di campur dengan bahan lain.

Jahe dapat mengatasi jerawat pada muka, khasiat herbal zat antiseptiknya sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pada muka, dengan cara membersihkan bakteri pada pori-pori.

Namun penggunaan jahe harus memperhatkan kondisi kulit, jangan di pakaikan ke kulit yang sensitif.

 

Manfaat Jahe Merah untuk Pria

Manfaat jahe merah untuk pria

  • Meningkatkan Kualitas Sperma

Salah satu manfaat jahe merah yaitu untuk meningkatkan kualitas sperma. Kandungan zingeron menyebakan meningkatnya produksi sperma di pria, sehingga saat ternyadinya pembuahan ke dalam sel telur, sperma berhasil mencapai ovum. Baca juga 20 Jenis Tanaman Toga beserta khasiatnya

  • Menghilangkan Kanker Prostat

Salah satu penyakit yang jadi momok bagi kaum adam di seluruh dunia adalah kangker prostat. Dalam sebuah penelitian menyebutkan sel kanker prostat dapat hilang dengan zat aktif yang terdapat dalam rimpang jahe, dengan mengkonsumsi 100 mg ekstark jahe merah perharinya, jika dilakukan dengan rutin dapat menghambat perkembangan sel kanker

  • Disfungsi Ereksi

Banyak kaum pria yang mengalami disfungsi ereksi dikarenakan berbagai penyebab diantaranya gen, kelelahan dalam bekerja, atau permasalahan lainnya. Banyak cara yang di tempuh baik itu pengobatan secara medis atau pengobatan alternatif.

Namun jika di teliti ternyata Jahe merah juga sudah digunakan banyak budaya di seluruh dunia sebagai obat disfungsi ereksi. Manfaat jahe merah dalam merangsang alat kelamin menjadi obat herbal sehingga bisa mengatasai disfungsi ereksi.

Manfaat Jahe Merah untuk Perempuan

manfaat jahe merah untuk wanita

  • Meningkatkan Kesuburan

Bagi setiap keluarga bahagia, namun pada kenyataanya ada bebepa permsalahan setelah pasca pernikahan, salah satu yang sering kita temui adalah kurangnya kesuburan pada wanita. Kandungan L-arginine pada jahe dapat melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Lancarnya aliran dalam tubuh mengandung banyak oksigen yang dapat mencapai sel telur yang siap di buahi. Dengan demikian dapat mempertinggi kemungkinan berhasilnya pembuahan. Jika anda seorang wanita yang sednag mendambakan kehadiran buah hati, selain berserah diri ke pada tuhan, bisa juga dengan berupaya, salah satunya mengkonsumsi jahe merah.

  • Meredakan Nyeri Haid

Kamu perempuan? sering mengalami sakit pada saat datang bulan terutama di awal-awal hari. Proses datang bulan atau haid pada perempuan adalah proses peluruhan sel telur pada dinding rahim meningkatnya produksi prostaglandin pada endometrium (dinding rahim), maka hampir semua wanita mengalami sakit pada bagian perut.

Banyak kasus sampai menyebabkan keram perut dan sakit yang berlebih. Menurut penelitian (NCBI) ational Center for Biotechnology jahe merah jahe merah sama efektifnya dengan asam mefenamat atau ibuprofen dalam meredakan nyeri haid

  • Menghilangkan Selulit

Manfaat jahe merah dapat menghilangkan selulit begitu komplek permasalah wanita tentang kesehatan, kecantikan baik dalam dan luar tubuh. Selulit merupakan kondisi dimana bagian kulit pada wanita bergaris seperti tumpuhan lemak. dalam jahe merah terdapat kandngan zat herbal yang bermanfaat.

Kemampuan detokfisikasi jahe menghilangkan selulit dalam tubuh wanita. Berikut cara menghilangkan selulit, pertama parut jahe sebanyak 1 sendok makan kemudian campurkan dengan minyak zaitun, setelah itu aplikasikan pada kulit atau bagian tubuh kmu yang ada selulitnya, ulangi tahapan tersebut sampai selulit hilang

  • Menyuburkan Produksi Asi

Bagi beberpa wanita terutama ibu muda atau wanita yang baru pertama kali melahirkan. Asi merupakan komponen utama dalam pembentukan pertumbuhan balita. Untuk kasus tertentu jika produksi Asi kakmu sedikit apa yang harus di lakukan?

Di sarankan bagi kamu mengkonsumsi jahe, komponen keton dalam jahe merupakan salah satu asupan yang dapat meningkatkan laju produksi ASI secara efektif.

Jahe merah juga termasuk makanan yang dikategorikan sebagai GRAS (Generally Recognized as Safe) oleh US Food and Drug Administration, yang aman dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui.

Resep Wedang Jahe Merah

resep wedang jahe

Wedang jahe adalah olahan minuman dari sari jahe, biasanya disajikan hangat-hangat. Menurut istilah wedang berasal dari bahasa jawa yang artinya minuman panas atau minuman hangat.

Minuman ini sering diminum untuk pengobatan, seperti tidak enak badan, radang tenggorokan, flu batuk, dan banyak penyakit lainnyasedangkan jahe adalah tanaman rumpun dengan umbi rimpang.

Secara pengertian wedang jahe adalah minuman hangat/panas yang di peroleh dari hasil rebusan jahe.

Untuk menambah cita rasa, dalam proses pembuatannya di tambahkan gula jawa kemudian tambahkan susu. selain itu sekarang banyak dijajahkan minuman susu jahe merah yang merupakan olahan dari jahe merah.

Cara nya sebagai berikut

Siapkan bahan-bahan, cukup air, irisan atau geprekan jahe, gula merah, dan bisa ditambahkan daun pandan untuk menambah harum wedang. Selanjutnya rebus air masukan jahe, gula dan daun pandan, tunggu sampe mendidih. Setelah itu sajikan hangat hangat.

Penutup

Sakit itu murah, yang mahal adalah sehatnya. Beruntung bagi kita yang tinggal di Indonesia, dimana semua jenis tumbuhan bisa tumbuh subur. Banyak tanaman yang bernilai bahkan memberikan berkhasiat dalam kesehatan. begitupun tanaman jahe.

Jahe merah merupakan tanaman herbal yang sudah terbukti berkhasiat. Manfaat jahe merah sangatlah banyak. semoga tulisan di atas memberikan informasi dan manfaat bagi kamu,  Terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply