1
118

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Wajah

Berasal dari gabungan nektar dan sisa gula pada tanaman yang diubah menjadi sebuah cairan di dalam sarang lebah. Sejak zaman dahulu manfaat madu dipercaya sebagai obat herbal dalam maupun luar.

Tak hanya sampai disitu. Adapun manfaat madu yang lain yang mungkin belum Anda ketahui. Untuk itu simak ulasan berikut ini.

12 Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Manfaat-Madu

Sebagai obat yang tradisional, tidak sempurna bila tak ada pembelajaran khususnya untuknya. Yak, madu akan lebih dipercaya banyak orang setetlah terbukti dengan adanya penelitian dari para ahli gizi, makanan dan dokter terpercaya.

Berikut beberapa manfaat madu murni, baik diminum, dimasak maupun dioles. Konsumsi dengan rutin dan bertahap ya agar dapat merasakan khasiat madu tersebut.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Sebuah penilitian yang telah dinyatakan oleh para ahli kesehatan bahwa madu dapat menyembuhkan dan menghilangkan bakteri bisul. Disarankan pula dari agama islam yang disampaikan oleh Nabi Muhammad  bahwa madu masuk dalam kriteria obat herbal yang mujarab.

Maka sangat cocok dikonsumsi harian pagi dan sore guna melancarkan peredaran makanan. Pencernaan yang sehat akan membuat tubuh seimbang dan terjaga pula kebugarannya. Anti mikroba pada madu organik mentah juga dapat membantu membunuh dan mengurai perkembangan patogen berbahaya pada usus.

Meningkatkan Stamina

Sudah pernah dengar berita bahwa para atlet olimpiade kuno selalu meminum madu sebagai peningkat konsentrasi dan stamina mereka sebelumberlomba?

Mungkin dari keanehan tersebut para ilmuwan berinisiatif untuk melakukan eksperimen terhadap madu murni, dan hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa kadar glikogen dapat bertahan hingga memulihkan stamina tubuh akibat adanya larutan sejenis gula (manis) sebagai penyuplai energi tubuh.

Mengontrol Gula Darah

Memang sih madu memiliki kadar yang lebih kecil daripada gula tebu atau pemanis lainnya. Namun jangan salah sangka, kombinasi fruktosa dan  glukosa di dalamnya lebih efektif bekerja ketika tubuh butuh pengatur kadar gula darah.

Terbukti dengan lebuh banyaknya madu dengan hipoglikemik yang rendah membuat madu tidak berbahaya mengganggu kadar gula seseorang yang mengonsumsinya.

Anti Bakteri dan Anti Jamur

Semua madu bersifat anti bakteri berupa enzim hidrogen  peroksida. Darinya enzim tersebut pula sebuah minuman yang tercampur madu akan dapat digunakan sebagai obat anti jamur.

Mengapa bisa demikian karena madu juga mengandung protein  bee  defensin   dari imun hasil dari lebah yang didesain untuk melindungi mereka dari bakteri. Maka dari itu ada turunan juga darinya ke madu yang dihasilakan hingga menghasilkan khasiat anti bakteri dan jamur.

Mengobati Batuk Secara Alami

Madu Soba merupakan jenis madu yang dapat mengurangi dan mengobati batuk secara alami. Menurut sebuah penelitian terhadap 100 anak dengan dosis dekstrometorfan tunggalnya dapat meredakan batuk dalam sehari semalam dan dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Selain itu madu juga dapat mengurangi iritasi tenggorokan akibat bakteri yang ada di dalamnya. Oleh karena itu,madu sangat populer sebagai obat tradisional hingga saat ini.

Terbukti dengan adanya  ratusan produk madu yang terdiri dari berbagai jenis dan merek berbeda.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Madu asli dan mentah mengandung tinggi akan antioksidan dibanding madu lain. Sangat efektif mencegah dan melawan tumbuhnya kanker akibat radikal bebas penyakit.

Sehingga berpotensi juga untuk menambah imun kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Termasuk menjaga kesehatan paru dan jantung.

 Memicu Hormon Tidur

Sebagaimana telah tertulis pada sub-bab diatas tadi (bagian mengobati batuk). Tryptophanmerespon  otak untuk merangngsang tubuh menjadi lebih terelaksasi hingga serotonin membuat suasana hati lebih tenang dan tidur jadi lebih nyenyak.

Untuk itu rutinitas meminum madu satu jam sebelum tidur sangat dianjurkan. Terlebih bagi anda yang memiliki gangguan susah tidur. Utamakan setelah makan atau satu jam sebelum tidur agar tenggorokan merasakan sensasi ketika madu bekerja.

Menjaga Kesehatan Hati

Malam hari tubuh akan melakukan metabolisme, yakni pembakaran tubuh. Maka dari itu fruktosa dan glukosa dalam madu menjadi solusi sempurna guna memicu banyak hormon pembakar lemak.

Membantu Proses Diet

Selain untuk mengisi bahan bakar pada hati, madu juga berperan aktif dalam membakar lemak tubuh. Sama halnya dengan metabolisme, pembakaran lemak dilakukan pada malam hari sehingga dengan adanya asupan gizi yang baik dari madu, perut merasakan kenyang meski tidak makan sebelum tidur.

Memang benar bila anda memakan madu akan dapat menaikkan kadar gula darah karena kandungan gula darah pada madu lumayan besar. Namun oleh sebab itu madu memiliki sifat mengenyangkan.

Manfaat Madu Untuk Obesitas

Bila anda atau orang sekitar anda memiliki obesitas, madu dapat menjadi penanganan alami pertamanya.

Eits sebelum beranjak apa sih obesitas itu? Kronis penupukan lemak pada tubuh akibat sembarangan dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Jadi buncit begitu perut atau bagian tubuh lainnya.

Manfaat Madu Untuk Wajah

Kandungan antioksi yang tinggi, madu dapat bereaksi untuk mencegah tumbuhnya sel kanker. Fungsi lain dari antioksidan pada madu juga dapat mengurangi risiko gangguan penyakit dalam seperti jantung, hati dan stroke.

Adapun reaksi yang dilakukan antioksidan madu yakni melancarkan aliran darah sehingga tidak terjadi penggumpalan dan tersumbatnya darah pada dindingnya. Dengan demikian kesehatan wajah anda pun terjaga

Selain madu anda bisa mengkombinasikan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun akan lebih maksimal ketika di gabungkan dengan madu, silahkan mencoba

Sebagai Obat Luka

Mungkin dalam aktifitas dan kontak seharian manusia akan ada saatnya terjadi goresan luka akibat terbentur, jatuh ataupun terbakar. Maka tak heran bila para ahli kesehatan mencari obat alami lagi instan untuk mencegah pendarahan ringan tersebut.

Bahkan reaksi positif dari madu dapat merespon benang fibrin yang dibuat darah agar terjadi pembekuan darah sehingga darah terhenti (tidak mengalir keluar).

Maka tak heran pula bila para dokter menyarankan bagi para pasien yang sakit sariawan atau gusi terluka menyarankan untuk mengolesnya dengan madu.

Masker Madu Untuk Wajah

Selain membantu penyembuhan luka, madu juga bisa dimanfaatkan sebagai masker. Antioksidannya sangat baik untuk merawat kulit agar terlihat lebih muda dan mengurangi keriput.

Dengan cara pemakaian dicampurkan dengan lemon akan ada kombinasi juga regenerasi dan pelembaban kulit yang membuat kulit lebih halus.

Cara pemakainnya cukup sederhana. Campurkan madu bersama lemon lalu aduk dan balurkan ke wajah merata lalu diamkan selama 15-20 menit.

Setelah benar-benar mengering dan sedikit kaku basuhlah lulur madu dengan air hangat. Dijamin wajah akan lebih halus, sedikit perubahan dan akan ada banyak perubahan jika dilakukan secara rutin minimal sepekan sekali.

Mungkin cukup sekian pembahasan tentang manfaat madu, semoga bisa bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply