Metode Penelitian | Tujuan, Jenis Jenis Penelitian, dan Contoh-Contoh Penelitian

Sering kali kita merasa kesulitan dalam melaksanakan penelitian terutama buat kamu yang mahasiswa tingkat akhir. Rata-rata dalam proses penelitian tahap awal dalam merumuskan dan memilih metode penelitian merupkan hal yang crusial.

Namun penelitian tidak semata mata buat kalian para mahasiswa aja yah. Di luar itu masih banyak bidang atau pekerjaan yang masih melakukan penelitian.

Tetapi meskipun sudah sering melakukan penelitian masih saja ada permasalahan dalam menentukan mengerjakan penelitian.

Agar kita semua memahami kembali, penulis mencoba mengulas kembali metode, fungsi, tujuan penelitian dan jenis jenis penelitian

Pengertian Metode Penelitian

Metode penellitian

Metode penelitian adalah sebuah kegiatan menyelesaikan sebuah masalah berdasarkan data yang diselesaikan menggunakan cara ilmiah. Serta berhubngan dengan prosedur dalam pra penelitian dan pelaporan pasca penelitian.

Jika kita telaah ada dua kata inti dari pengertian diatas antara metode dan prosedur, apakan kedua hal tersebut sama atau berbeda?

Metode adalah penelitian lebih fokus membahas bagaimana teknis pelaksanaan dalam melaksanakan penelitian

Sedangkan prosedur penelitian lebih menitik beratkan bagaimana susunan pelaksanaan dalam penelitian dengan mempertimbahkan alat dan bahan dalam melaksanakan penelitian.

Maka dari itu jika kita membahas metoda penelitian cakupannya lebih luas sehingga membawahi keduanya.

Agar kita tahu dan lebih faham tentang penelitian berikut akan di bahas beberapa pengertian metode penelian mnurut KBBI dan Para ahli.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Secara bahasa metode penelitian terdiri dari dua kata yaitu metode dan penelitian. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Metode atau metoda adalah cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki. Sedangkan

Penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.

Sehingga dapat kita simpulkan metode penelitian adalah cara teratur yang digunakan dalam pengumpulan, pengolahan, analisis dan pelaporan data sesuai prosedur yang di tentukan untuk tercapainya tujuan yang dikehendaki

Menurut Para ahli

  • Macquarie

Menurut Macquarie metoda penelitian adalah cara-cara dalam mengerjakan sesuatu untuk menjawab rencana yang telah ditentukan sebelumnya

  • Pasaribu Simanjutak

Metode penelitian yang dijelaskan oleh pasaribu menekankan pada suatu cara yang sistematik yang di tujukan untuk menjawab tujuan dari penelitian

  • Muhidin sirait

Muhidin sirait menjelaskan maksud dari metoda penelitian merupakan suatu cara dalam menentukan dan memilih judul dan tujuan penelitian

Sehingga kesimpulan dari pengertian metoda penelitian adalah cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan data atau tidak yang dilakukan secara ilmiah

Pengertian Metodologi Penelitian

Metodologi Penelitian

Kemudian apa bedanya metode dengan metodologi? Masih banyak yang mengartikan sama antara keduanya, padahal jelas berbeda.

Metodologi penelitian lebih kepada general sebagai kumpulan dari cara teknik atau metode dalam pemecahan masalah.

Sedangkan metode bersifak spesifik dimana cara yang di tempuh sudah dalam bentuk prosedural tertentu.

Kemudian penelitian adalah cara-cara ilmiah yang tersusun secara sistematis demi memecahkan suatu persoalan.

Dari penjelasan tersebut bisa di tarik kesimpulan bahwa metodologi penelitian adalah kumpulan dari cara-cara penyelesaian masalah yang tersusun secara sistematis untuk menyesaikan suatu persoalan.

Dngan demikian baik metode ataupum metodologi mampunyai tujuan yang sama dengan cara-cara yang sama dalam mencapai tujuan penelitian

Tujuan Penelitian

Secara umum tujuan penelitian adalah guna mendapatkan hasil atau jawaban dari hipotesa yang dalam rumusan masalah penelitian.

Suatu penelitian dikatakan berhasil jika tujuan penelitian bisa tercapai atau terpecahkan. Namun bukan berarti selalu bernilai posistif. Keberhasilan penelitian di buktikan dengan hasil kajian yang diterangkan secara teoritis.

Berikut beberapa tujuan penelitian secara umum

  1. Guna tugas akhir di perkuliahan
  2. Guna pengembngan suatu sistem atau produk
  3. Studi literatur atas peneletian sebelumnya

Secara spesifik tujuan penelitian terbagi kedalam dua jenis penelitian, yang mana keduanya merupakan bagian penting dalam metode penelitian

  • Tujuan Penelitian Ilmiah

Tujuan penelitian ilmiah berdifat pemecahan yang diselesaikan dengan data-data aktual maupun faktual berdasarkan cara-cara yang bisa di deskripsikan.

Dalam pelaksanaanya Tujuan penelitian ini biasa di pakai dalam basic research dan pure research.

Kemudian hasil dari penelitian ilmiah tidak bisa langsung digunakan, masih ada beberapa proses  hingga hasil penelitian bisa digunakan

  • Tujuan Penelitian Praktis

Dari namanya aja praktis, berarti penelitian ini bertujuan agar hasil yang didapat bisa dimanfaatkan langsung oleh khalayak umum

Penelitian praktis dalam pelaksanaanya disebut juga penelitian terapan, dimana tujuan penelitian ini dampak dari penelitian yang berlandaskan penerapan ilmu murni pada suatu bidang.

Tujuan penelitain praktis secara spesifik dibedakan menjadi tida jenis yaitu

  1. Tujuan eksploratif : penelitian yang bersifat menemukan ilmu atau hal baru
  2. Tujuan Verifikatif: Penelian dengan mengkaji ulang penelitian sebelumnya
  3. Tujuan pengembangan: Penelitian yang bersifat meningkatkan nilai suatu produk atau jasa

Manfaat Penelitian

Manfaat dan Tujuan Penelitian

Apasih manfaat penelitian? Kalau negrjain penelian ntar kamu bakal cepet lulus kuliah.

Apa itu yang dimaksud manfaat menelitian, tentunya tidak se simpel itu yah

Segala sesuatu yang kita pelajari tentu ada manfaatnya termasuk melakukan penelitaian. Manfaat yang kita peroleh tentunya ilmu dan pemahaman.

Secara spesifik manfaat penelitian adalah.

  1. Dengan mengerjakan penelitian diharapkan kita mampu membuat suatu karya tulisan yang baik
  2. Memahai makna yang terkandung dalam tujuan penelitian
  3. Mampu menarik ksimpulan dan menilai atas penelitian yang sudah ada, untuk dikembangkan kembali
  4. Proses pembelajaran dalam pengembangkan ilmu pengetahuan

Pendekatan Penelitian

Ilmuan Scott W. Vanderstoep and Deirdre D. Johnsto. Berpendapat bahwa penelitian dibagi dalam dua jenis kelompok, sebagaimana di bawah ini:

  • Pendekatan Kualitatif

Penelitian dengan pendekatan kualitatip adalah  penelitian dimana pengambilan keputusan dengan cara penjelasan yang bersifat deskriptif terhadap materi penelitian.

  • Pendekatan kuantitatif

Penelitian dengan pendekatan kuantitatif adalah penelitian berdasarkan kuantitas atau angka-angka sebagai dasar atau bahan yang di kaji

Jenis Jenis penelitian

jenis jenis penelitian

Setelah memahami pendekatan penelitian, berikut penjelsan jenis penelitian. Jenis penelitian dibagi kedalam dua jenis yaitu berdasarkan fungsi dan tujuan penelitian.

  • Penelitian berdasarkan Fungsi

Penelitian Murni

Penelitian murni atau basic research adalah penelitian yang dilakukan atas sebuah ide, konsep atau teori untuk di kembangkan lebih lanjut.

Penelitian Terapan

Penelitian terpan atau applied research adalah penelitian lanjutan dari penelitian murni, dimana hasil penelitian murni di terapkanke bidang lain

Penelitian Aksi

Penelitian aksi adalah penelitian yang dilakukan dengan tindakan secara langsung agar hasil yang diperoleh langsung bisa di jadikan jawaban atas maslah yang ada

Penelitian Kebijakan

Penelitian kebijakan, adlaah penelitian yang mengkaji suatu masalah yang berfungsi sebagai data dalam menentukan kebijakan

Contoh dari hasil penelitian kebijakanadalah: Peraturan gubernur, UU, Keputusan dan himbawan.

Penelitian Evaluasi

Penelitian evaluasi mempunyai fungsi sebagai bentuk penelitian yang mengkaji ulang sem\buah masalah, kegiatan. Bahkan bisa penelitian sebelumnya.

  • Penelitian Berdasarkan Tujuan

Penelitian Eksploratoris

Penelitian ekploratoris adalah jenis penelitian dengan tujuan meneliti hal baru yang belum atau yang sudah ada, dengan maksud meng eksplor lebih dalam untuk di kembangkan lagi.

Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah penelitian dengan tujuan menjelaskan suatu problem yang terjadi. Penelitian ini biasanya mengkaji maslah maslah sosial di masyarakat.

Penelitian Eksplanatoris

Penelitian eksplanatoris hampir sama dengan jenis penelitian deskriptif namun ada hal yang membedakan. Perbedaanya terletak pada variabel dalam penelitian

Penelitian eksplanatoris merupakan penelitian yang menjelaskan hasil penelitian berdasarkan hubungan variabel yang saling berkaitan.

Jenis Jenis Metode Penelitian

Jenis Jenis Penelitian

Metode Deskriptif

Metode Deskriptif merupakan cara yang digunakan dalam penelitian deskriptif. Sebagaimana pengertian deskripsi yaitu mendeskripsikan atau menjelaskan suatu permasalahan, gejala yang terjadi.

Metode penelitian deskriptif menekankan pada suatu gejala yang faktual, yang terjadi ketika penelitian itu dilaksanakan.

Melalui penelitian tersebut diharapkan masalah yang ada dapat di pecahkan dan kemudian di jelaskan

Metode Korelasional

Metode Korelasi adalah meebuah cara dalam melaksanakan penelitian dengan melihat keterkaitan antara dua variabel. Variabel-variabel yang ada di uji berapa kuat atau lemahnya keterkaitan variabel tersebut.

Metoda penelitian korelasi memeiliki tujuan membyktikan atau menguji atas hipotesisi yang di ajukan ketika rumusan penelitian.  Semisal penelitian tentang perbedaan tumbuhan dikotil dengan tumbuhan monokotil

Metode Eksperimen

Penelitian eksperimental adalah sebuah penelitian yang berusaha mendefinisikan sebuah fenomena yang terjadi, baik secara ilmiah maupun sosial.

Dalam melaksanakan metode ekspelimen seorang peneliti memepunyai tiga syarat yang harus di penuhi.

Berikut 3 syarat yang harus di penuhi: Kegiatan observasi, memanipulasi dan kontroling.

Metode Penelitian Kualitatif

Diatas sudah di sebutkan bahwa secara umum penelitian itu di kelompokan kedalam dua kelompok yaitu metode kualitatatif dan kuantitatif. Kedua jenis penelitian ini merupakan dasar dalam arah penentuan penelitian yang akan di kerjakan

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan suatu rumusan yang merupakan hasil dari penjelasan secara kualitas, yang dijelsakan oleh makna tertentu, tidak bersifat angka.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah, diharapkan peneliti dapat menjelaskan secara terperinci sutau permasalahan dengan pendekatan ilmiah sosial.

Ciri-Ciri Penelitian kualitatif

  1. Objek kajian bersifat sosial yang ada dimasyarakat
  2. Teori penelitian berdasarkan deskrisif analitik
  3. Menitik beratkan bagaimana proses penelitian berlangsung
  4. Mempunyai Sifat Induktif
  5. Menitik beratkan kepada makna

Kesimpulan yang dapat ditarik tentang metode penelitian deskriptip adalah

  1. Penelitian ini diambil berdasarkan data ril di lapangan
  2. Data bersifat alami, atau sesuatu yang alami terjadi di masyarakat
  3. Data yang di dapat di analisis menggunakan metode deskriptif analitik
  4. Harus di tekankan bahwa penelitian deskriptif menekankan pada proses yang dikerjakan dibandi hasil.
  5. Pendekatan yang di gunakan besdifat subjektif tanpa angka angka

Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif adalah metode yang menekankan pada data-data, angka-angka yang spesifik dengan struktur yang jelas. Prosedural penelitia kuantitatif lebih jelas dibanding penelitian kualitatif

Penelitian ini menitik beratkan kepada hasil penelitian itu sendiri. Hasil yang di peroleh harus disa di jelaskan berdasarkan data dalam penelitian.

Hasil dari penelitian kuantitatif biasanya ditambhakan gambar gambar pendukung, bisa berupa grafik diagram atau data primer penelitian

Dalam pelaksanaanya metode kuantitaif bisanya dilaksanakan di jenis jenis penelitian survei, eksplorasi dan korelasional.

Tahapan pelaksanaan penelitian kuantitatif

  1. Melihat fenomena yang terjadi
  2. Perumusan masalah (menentukan masalah mengajukan hipotesa)
  3. Menyusun prosedur penelitian dan parameter yang akan di ujikan
  4. Melaksanakan pengumpulan data baik (lapangan atau laboratorium)
  5. Menganalisis data yang berupa angka-angka hasil dari proses pengumpulan data
  6. Menyusun laporan dan menyampaikan hasil penelitian

Contoh Metode Penelitian

Contoh contoh metode penelitian

Contoh metode penelitian biasanya diterapkan pada penelitian skripsi, tesis dan disertasi. Selain itu ada juga penelitian pada karya tulis ilmiah, pengenmbangan produk dan masih banyak lagi

Di bawah ini akan saya sajikan contoh dari penerapan metode dan metodologi penelitian

1 Contoh Penelitian Metode Survei


Sumber: repository.ipb.ac.id

2 Contoh Penelitian Kualitatif


Sumber: lib.unnes.ac.id

3 Contoh Penelitian Metode Kuantitatif


Sumber: repository.ipb.ac.id

Kesimpulan

Bagaimana kamu sudah memahami tentang penelitian dengan lengkap. diatas juga sudah penulis kasih contoh penerapan metode penelitian dalam beberapa skripsi. Mungkin cukup sekian semoga bermanfaat. Terima kasih

Tinggalkan komentar