23

Pengertian Bioteknologi | Jenis, Contoh, Serta Peranannya Dalam Kehidupan

Pengertian Bioteknologi– Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita selalu di hadapkan dengan permasalahan atau sebuah kondisi dimana mau tidak mau kita harus melewati kondisi tersebut.

Perkembangan zaman di akhir tahu 2000 an menunjukkan peningkatan secara signifikan dari segi teknologi. Meningkatnya tekhnologi merupakan salah satu jawaban atas permasalahan kehidupan manusia.

Maka dari itu banyak para peneliti, ilmuan mengenbangkan teknologi. Pengertian teknologi tidak melulu yang berhubungan dengan perangkat komputer.

Begitupun pada bahasan kali ini, akan membahas teknologi yang berkembang dan berkaitan dengan sistem kehidupan atau sering kita dengar dengan istilah bioteknologi

Pengertian Bioteknologi

pengetian bioteknologi

Sering kali kita mendengar istilah bioteknologi, namun ketika di tanya apa itu bioteknologi, apakah kalian mengetahuinya? Penulis berharap sudah tau yah. Atau jangan jangan-jangan kamu sering mendengar namun ngga mengerti sama sekali tentang bioteknologi.

Dilihat dari katanya bioteknologi berasal dari dua kata bio= Hidup dan teknologi = suatu sarana dalam peningkatan kemudahan kerja manusia. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) di definisikan sebagai ekayasa genetik dan biologi molekul yang mendasarinya tidak cuma bergerak seputar manusia.

Jika dilihat dari ilmu pengetahuan bioteknolohi dipandang sebagai cabang ilmu dari biologi yang membahas tentang menggunaan makhluk hidup lain aagar lebih bermanfaat bagi manusia.

Namun pada perkembangannya, bioteknologi tidak di pandang sebagai ilmu biologi saja, melainkan suatu ilmu yang di terapkan pada bidang ilmu lain seperti biokimia, mikrobilogi, genetika tumbuhan dikotil dll.

Sebenarnya prinsip dari bioteknologi sudah diterapkan pada masa ribuan tahun yang lalu, namun orang belum mengenal dengan idtilah ini. Salah satu contohnya seperti pembuatan keju, atau makanan-makanan yang mengalami permentasi dalam proses pembuatannya.

Dewasa ini pemanfaatan bioteknologi semakin berkembang pesat di tandai dengan di temukannya beberapa penemuan yang sangat membantu baik di dunia medis, pertanian, industri makanan dan masih banyak lagi.

Perkembangan bioteknolgi sangat terlihat drastis pengembangannya jika dilihat di negara negara maju, banyak penemuan seperti rekayasa genetik, DNA Rekombinan dan kultur jaringan.

Pengamplikasiaan Bioteknologi

pengertian bioteknologi konvensional dan modern

Dengan demikian bioteknologi secara umum dapat di aplikasikan guna meningkatkan kualitas suatu tingkatan dari yang terkecil seperti organisme yang dapat diaplikasikan sebagai teknologi.

Sehingga dengan peningkatan kualita tersebut bisa membantu dalam produktifitas dalam prosuk bioteknologi. Berikut bebrapa hasil atau prosuk bioteknologi

  • Jagung resisten hama serangga
  • Kapas resisten hama serangga
  • Pepaya resisten virus
  • Enzim pemacu produksi susu pada sapi
  • Padi mengandung vitamin A
  • Pisang mengandung vaksin hepatitis

Baca juga artikel : keanekaragaman hayati

Sebelum jauh lagi membahas tentang bioteknologi, agar pemahaman kita semakin mendalam berikut sejarah tentang perkembangan bioteknologi

Sejarah Bioteknologi

  1. Untuk pertama kalinya pengumpulan benih untuk ditanam kembali. Hal demikian termasuk kedalam bioteknologi sleksi artifisial. Praktik itu terjadi pada masa Babilonia, Mesir, dan Romawi. (8000 SM)
  2. Proses Fermentasi pada anggur sehingga menjadi wine, pembuatan roti, kemudian proses membuat tempe dengan bantuan ragi. (6000 SM)
  3. yogurt dan keju dibuat denga dengan bakteri asam laktat oleh bangsa Tionghoa. (4000 SM)
  4. Pendataan seluruh tumbuhan di dunia. (1500 M)
  5. Ilmuan asal inggris Robert Hooke dalam percobaanya menemukan dan mengistilahkan cell pada satuan terkkesil oragnisme. (1665 M)
  6. Ilmuan Nikolai I. Vavilov penemmuan tentang pengembang biakan hewan(1800 M)
  7. Untuk pertama kalinya Mikroorganisme ditemukan (1880 M)
  8. Gregor Mendel melakukan penelitian terhadap perkembangan genetika tumbuhan rekombinan. (1856 M)
  9. Untuk pertama kalinya istilah bioteknologi di perkenalkan oleh ilmuan Karl Ereky. (1919 M)
  10. Setelah dikenalkan nya istilah bioteknologi dari tahun 1919 sampai pada masa 20001, perkembangan ilmu bioteknologisemakin berkempang pesat

Jenis Jenis Bioteknologi

Pengertian bioteknologi serta perbedaan antara konvensiaonal dan modern

Sebelum jauh lagi membahas tentang bioteknologi, agar pemahaman kita semakin mendalam bioteknologi terbagi dalam dua jenis yaitu: Bioteknologi konvensional dan Bioteknologi modern

Biteknologi terbagi kedalam dua jenis yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Berikut penjelasannya

Pengertian Bioteknologi Konvensional

Pengertian Bioteknologi konvensional ialah bioteknologi yang masih menerapkan konsep secara alami menggunakan mikroorganisme. Proses terjadinya bioteknologi ini menggunkan organisme berupa jamur bakteri atau enzim-enzim khusus. Dalam proses perupahan produk tidak ada campur tangan manusia secara langsung.

Bioteknologi konvensional merupakan cara yang di gunakan untuk meningkatkan manfaaat makhluk hidup secara sederhana. Dengan manfaat sebagai berikut:

  1. Meningkatkan nilai mutu dan nilai gizi dari produk- makanan dan minuman.
  2. Menciptakan jenis makanan baru, misalnya Nata de coco yang awalnya air kelapa.
  3. Membuat tahan lama makanan, misalnya asinan.

Secara tidak langsung penggunaan bioteknologi konvensional dapat meningkatkan perekonomian rakyat karena secara sederhana tidak perlu biaya besar namun bisa meningkatkan harga prosuk. Contoh penggunaanya pada proses pembuata tempe dan tape (peuyeum)

Pengertian Bioteknologi Modern

pengertian Bioteknologi modern merupakan bioteknologi dengan menggunakan teknik rekayasa pada suatu susunan mikrooranisme. Dalam bioteknologi ini campur tangan manusia sangat tinggi.

Proses rekasaya seperti genetika, kultur jaringan, kloning, dan fusi sel dilakukan oleh seseorang propessional. Bioteknologi modern merupakan ilmu terapan dari dasar ilmu bilogi dan teknologi.

Contohnya dalam beberapa proses kultur jaringan, coba kamu perhatikan proses kultur jaringan hampir 80% merupakan bentuk campur tangan manusia yang diterapkan pada tumbuhan.

Contoh Produk Bioteknologi Modern

1 Interferon Melawan infeksi, meningkatkan sistem kekebalan
2 Insulin Mengontrol kadar gula darah (diabetes mellitus).
3 Vaksin Meningkatkan kekebalan tubuh
4 Penicillin Antibiotika, melawan infeksi oleh bakteri atau jamur
5 Hormon pertumbuhan Melawan kekedilan, untuk penyembuhan
6 Beta endorfin Mengurangi rasa sakit
7 Activator plasminogen Melarutkan darah beku, mencegah stroke
8 Inferleukun Mengaktifkan sistem kekebalan
9 Antibodi monoklonal Anti sel tumor atau kanker
10 Enzim Sebagai biokatalisator

Perbedaan Bioteknologi Konvensional dengan Modern

Setelah membaca pengetian dan contoh masing-masing dari jenis bioteknologi, Apa yang bisa kita simpulkan? Apa berbedaan diantara keduanya

  1. Bioteknologi konvensional menggunakan agen biologis atau mikro organisme tanpa adanya campur tangan manusia sedangkan bioteknologi modern lebih kepada memodifikasi atau diberikan perlakuan terhadap agen biologis yang digunakan.
  2. Shasil produk dari kedua jenis teknologi ini pastinya berbeda. Hasil produk bioteknologi konvensional lebih sedikit dibandingkan bioteknologi modern.
  3. Biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan bioteknologi konvensioanal lebih sedikit dibandingkan bioteknologi modern.
  4. Bioteknologi modern melewati tahapan yang lebih panjang dibanding konvensional.
  5. Tahapan yang dilewati biotek modern sering berhubungan dengan tahap analisis pada tingkat genetika DNA sedangkan bioteknologi konvensional tidak.
  6. Bioteknologi modern menitik beratkan kepada proses penciptaan atau pengembangan hal baru konvensional hanya membuat bahan yang sesungguhnya sudah ada di alam walaupun dalam jumlah sedikit.

Prinsip Dasar-dasar Bioteknologi

Prinsip dasar bioteknologi

Bioteknologi merupakan ilmu terapan yang di kembangkan dari keilmuan biologi, dalam proses pengembangannya bioteknologi mempunyai prinsip dasar sebagai patokan ilmu tersebut.

Prinsip dasar bioteknologii adalah suatu rankaian proses dalam tingkatan bioteknologi sebagai berikut:

  1. Fermentasi (fermentation)
  2. Seleksi dan persilangan (selection and cross breed)
  3. Analisis genetik (genetic analysis)
  4. Kultur jaringan (tissue culture)
  5. Rekombinasi DNA (DNA recombination)
  6. Analisis DNA (DNA analysis).

Secara rinci rangkaian prinsip dasar bioteknologi akan di jelaskan di bawah ini

Prinsip dasar Bioteknologi: Fermentasi

Fermentasi merupakan perubahan suatu wujud dari bahan kompleks menjadi lebih sederhana dengan menambah nilai bahan tersebut dengan bantuan mikroorganisme.

Proses fermentasi bisa terjadi dalam kondisi anaerobik (tanpa oksigen) atau parsial anaerobik (sedikit oksigen).

Contoh: Pada proses pembutan yogurt fermentasi susu mikroorganisme menjadi akseptor yaitu Oksigen dihilangkan pada proses fermentasi sehingga menghasilkan yogurt. Selain itu masih banyak lagi produk bioteknologi konvensional lainnya.

Prinsip Dasar Bioteknologi: Seleksi dan Persilangan

Prinsip dasar yang kedua adalah memanipulasi genetik yang sederhana dengan bantuan hukum alam.

Pada prinsipnya, jika suatu organisme masih satu spesies, maka dapat dilakukan penyeleksian dan persilangan dengan tujuanmendapatkan jenis, ras ataupun varietas yang paling baru dengan sifat efektif, efisien dan sesuai kebutuhan.

Istilah yang sering di gunakan pada prudak hasil persilangan yang berhasil adalah “Bibit Unggul” atau varietas unggul.

Contoh bibit unggul yang sering kita jumpai pada pertanian adalah varietas padi, jagung varietas Metro dan kedelai muria. Begitupun pada produk peternakan seperti ayam petelur, sapi perah dan sapi pedaging.

Produk-produk tersebut merupakan hasil dari pengembangan bioteknologi dengan prisip persilangan dan seleksi.

Prinsip Dasar Bioteknologi: Analisis Genetik

prinsip dasar bioteknologi ananlisis gen

Prinsip dasar selanjutnya adalah Analisis genetika, penerapan analilis genetika lebih kepada jenis  bioteknologi modern. Hal ini didasrkan karena untuk melakukan hal itu tidak bisa semua orang dan membutuhkan alat alat khsusu.

Sejak di ketahuinya genetika manusia terdorong untuk bereeksperimen dan melakukan pengembangan. Genetika merupakan sifat dasar yang akan di turunkan oleh indukan kedalam keturunnaya, dengan adanya pemahaman tersebut manusia terus berusaha mencari formulasi dengan menganalisis gen untuk keperluan manusai itu sendiri. Contoh: di temukannya sistem kloning

 

Prinsip Dasar Bioteknologi: Rekombinasi DNA

Manusia merupakan makhluk yang sempurna akrena diberikan akal dan fikiran oleh Tuhan YME. Salah satunya sifatnya terus berusaha mengembangkan potensinya.

Contonyanya di terapkan dalam rekomendasi DNA, meskipun mempunyai ketidak mampuannya untuk melaksanakan metode seleksi dan persilangan, maka langkah yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan lain yaitu rekombinasi DNA atau penggabungan DNA.

Contoh jika kamu menginginkan tanaman cabe yang tahan terhadap cuaca maka peneliti akan mengambil sample gen tumbuhan lain tahan terhadap cuaca. Sehingga cabe tersebut menjadi cabe yang dapat hidup di berbagai cuaca

Keberhasilan bioteknologi dengan prinsip dasar rekombinasi DNA berkat ditemukannya: enzim restriksi, marker atau penanda DNA dan gen, PCR, Sentrifugasi ultra, enzim reverse transcriptase dan enzim transcriptase dan mikroskop eletron dan sejenisnya.

Prinsip Dasar Bioteknologi: Kultur Jaringan

bioteknologi-pertanian-kultur-jaringan-wortel

Prinsip dasar kultur jaringan adalah prinsip dasar bioteknologi modern. Dimana pengertian bioteknologi ini adalah menggunakan sebagian kecil dari tumbuhan untuk di kembangkan dengan hasil yang sama

Tentu saja prinsip kultur jaringan pada tumbuhan yang telah dilakukan hasil seleksi, persilangan, serta analis genetik sehingga tidak mengalami kerugian.

Prinsip Dasar Bioteknologi: Analisis DNA

Di akhir tahun 90an penelitian semakin berkembang dengan banyaknya pencapaian seperti sekarang ini. Salah satu prisnsip dasar ananlisis DNA  dilakukan dalam bioteknologi modern sebagai pemetaan dan analisis DNA

Hal tersebut dibutuhkan agar teknologi biologis dapat berkembang ketahap selanjutnya. Bahkan kita dapat menghasilkan manusia super yang tidak memerlukan gen organisme lain melainkan merangkai sendiri (secara sintentik) gen tersebut.

Kesimpulan

Itulah sekelumit tentang bagaimana bioteknolgi berperan dalam kehidupan manusia. Mungkin baru setelah baca kamu baru sadar bahwa di sekitar kita banyak prinsisp bioteknologi namun belum mengenal istilahnya

Gimana sudah paham tentang bioteknologi? Kalo masih belum paham coba ulangi lagi baca lagi dari pengertian bioteknologi , jenis-jenis dan perinsip dasar dalam proses bioteknologi sama contoh contohnya. Cukup sekian semoga bermanfaat

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply