1
3863

Pengertian Komunikasi | Fungsi, Tujuan dan Jenis-jenis Komunikasi | Lengkap

Pengertian Komunikasi- Manusia tidak lepas dari bagaimana mereka menjalin komunikasi satu dengan yang lainnya. Dalam kehidupan sehari hari contohnya, kita tidak bisa terhindar dari interaksi dengan orang tua, teman, guru dan masih banyak lagi.

Tidak jarang juga kita melihat orang yang bertengkar, obrolan becanda di warung kopi, bahkan pembicaraan serius tentang bisnis.

Sering kali kita menggunakan handphone untuk menghubungi teman, saudara bahkan seseorang yang spesial. bahkan dalam kegiatan jenis jenis penelitian pun kita melakukan komunikasi

Bagaimana ketika kita beribadah kepada tuhan, bagaimana orang yang mempunyai kekurangan dalam berbicara tapi bisa menyampaikan apa yang dia maksud.

Contoh-contoh ungkapan diatas sering kita lihat. Contoh tersebut merupakan salah satu dari banyaknya kegiatan komunikasi.

Pada kesempatan ini penulis akan menjelaskan secara lengkap apa itu komunikasi secara lengkap. Simak baik-baik, semoga bermanfaat

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Pengertian komunikasi secara umum

Apa itu komunikasi ? Komunikasi adalah suatu kegiatan penyampaian informasi bisa berupa gagasan, opini, pemikiran dan pesan tertentu dari pengirim dan penerima informasi.

Sedangkan menurut KBBI komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan berita atau pesan dan informasi, yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, dengan tujuan dapat memahami isi pesan tersebut.

Selain itu komunikasi adalah sebuah hubungan kontak atau perhubungan yang terjadi dari indivitu A dengan individu lainnya

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

pengertian komunikasi menurut ahli

Berikut beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli:

  1. James A.F. Stoner

Komunikasi adalah suatu proses yang dilakukan seseorang untuk melakukan penyampaian atau pemindahan pesan

  1. Drs. H.A.W

Komunikasi merupakan perhubungan kontak antar sesama manusia, bisa perseorangan ataupun kelompok.

  1. Everett M. Rogers

Komunikasi merupakan pemindahan suatu gagasan atau ide, dari satu sumber penyampai ke sumber penerima atau kelompok dengan tujuan mengubah kebiasaan mereka

  1. Rogers dan D. Lawrence kincaid

Rogers dan D. Lawrence kincaid mengartikan komunikasi sebgai pertukaran informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, guna memberikan pengertian yang mendalam

  1. Shanonn dan Weaper

Ilmuan ini mendeskripsikan komunikasi sebagai suatu bentuk hubungan atau interaksi yang dilakukan oleh manusia, untuk mempengaruhi satu sama lain baik di sengaja ataupun tidak.

  1. Raymond S. Ross

Komunikasi merupakan kegiatan memilih dan menyortir informasi baik berupa pesan dan simbol sehingga bisa memberikan makna, sehingga membangkitkan respon dari komunikator.

  1. Dr. Alo Liliweri

Kommikasi adalah kegiatan pemindahan atau pengalihan suatu ide dari satu sumber ke sumber lainnya, untuk di mengerti.

  1. Bernard Berelson dan Gary A. Steiner

Komunikasi diartikan sebgai pemindahan pesan, informasi, keterampilan dengan menggunakan simbol berbentuk kata-kata, gambar, data dan graffik tertentu.

  1. John R. Wenbrug dan william W Wilmoot

Komunikasi merupakan kegiatan dalam mencari arti dan makna sesuatu.

  1. Carl I Hovland

Komunikasi adalah proses seseorang komunikator dalam menyampaikan pesan agar si penerima terangsang untuk merubah perilakunya.

  1. Harorl D Lassweel

Lasweel menerangkan bahwa kominikasi adalah proses menjelaskan seseorang menyampaikan sesuatu dengan atal tertentu, yang di tujukan untuk orang lain.

  1. Judy C Pearson & Paul Emerson

Komunikasi adalah kegiatan memahami informasi kpada individu dengan individu lainnya.

  1. Stewart L Tubbs & Sylvia Moss

Communication adalah berpindahnya makna atau arti yang terjadi antara satu individu dengan individu lainnya, atau lebih.

  1. William I. Gordon

Komunikasi diartikan sebgaai efektifitas suatu tarnsaksi informasi yang didalamnya terdapat pemikiran dan perasaan.

  1. Djenaman SH

Komunikasi merupakan salah satu seni dalam memberikan informasi terhadap seseorang atau keleompok tertentu.

  1. William Albig

Komunikasi di maknai sebagai proses transfer makna pada suatu kata-kata baik dari seseorang maupun kelompok

  1. Anwar Arifin

Anwar arifin menyebutkan bahwa komunikasi bisa di maknai sebagai proses sosial, jika di pandang dari konteks ilmu sosial.  Yang memfokuskan bagaimana kaitannya manusia dengan pesan dan prilaku

  1. Aristoteles

Ilmuan terkenal Aristoteles memaknai komunikasi sebagai suatu proses, alat yang berfungsi untuk ikut terlibat dalam kegiatan demokrasi

  1. Hoben

Komunikasi adalah proses pertukaran yang dilakukan secara verbal dalam konteks pikiran atau gagasan

  1. Wiliam F Glueck

William F Glucek membagi makna komunikasi kedalam dua bentuk sebagai berikut.

  • Komunikasi interpersonal yaitu proses pertukaran informsi antara pribadi atau pemindahan pesan yang dilakukan oleh dua orang dalam kelompok kecil
  • Komunikasi Organisasi adalah komunikasi yang cakupannya lebih luas dan sistematis. Komunikasi ini diartikan pemindahan pesan dari seseorang ke dalam oragnisainya tersebut. Secara tidak langsung bentuk penyampain kepada banyak orang dalam kelompok tersebut

Fungsi Komunikasi

Fungsi Komunikasi

Diharapkan setelah kamu mengetahui apa pengertian komunikasi, baik secara umum dan menurut para ahli, alangkah baiknya kamu memahami juga untuk apa kita mempelajari komunikasi.

Secara tidak langsung kita sudah melakukan komunikasi setiap saat. Berikut di bawah ini akan di jelaskan beberapa fungsi komunikasi.

  • Fungsi Komunikasi Sebagai Informasi

Komunikasi di harapkan dapat memberikan imformasi yang dibutuhkan oleh seorang individu atau kelompok tertentu.

Informasi yang didapatkan guna menjadi dasar atau landasan dalam mengambil, meneruskan keputusan berdasarkan data yang di peroleh

  • Fungsi komunikasi Sebagai Pengendali

Fungsi sebagai kendali artinya informasi yang di peroleh dalam kegiatan komunikasi berguna dalam mengendalikan dan mengatur sifat dan tingkah laku seseorang baik ketika dia sendiri atau dalam kehidupan berkelompok.

Sehingga komunikasi menjadi alat agar adanya kepatuhan terhadap pesan atau gagasan

  • Fungsi Komunikasi Sebagai motivasi

Pernah tidak ketika kita mendengar atau menyaksikan keberhasilan seseorang, kemudian kita ingin mencapai keberhasilan tersebut.

Dalam hal itulah komunikasi bisa berfungsi sebagai motivasi. Namun dalam kenyataanya motivasi yang di timbulkan bisa kearah posistif atau negatif. Tergantung dari informasi yang dihasilkan dari proses komunikasi yang terjadi.

Tujuan Komunikasi

Tujuan Komunikasi

Nah setelah paham bagaimana pengertian komunikasi beserta fungsinya, tahap selanjutnya adalah masuk kepada materi, untuk apa komunikasi di pelajari.

Apa tujuan komunikasi dan bermanfaatkah setelah kita mempelajarinya?

Berikut beberapa tujuan komunikasi, mengapa komunikasi harus di pelajari karena untuk mencapai tujuan tujuan tertentu.

  1. Komunikasi bertujuan agar informasi atau pesan yang disampaikan oleh komunikator sebagai pengirim pesan bisa di pahami oleh receifer sebagai komunikan. Maka dari itu komunikator harus bisa menyampaikan dengan jelas dan detail tentang informasi yang disampaikan
  2. Komunikasi mempunyai tujuan agar pesan bisa memberikan pemahaman kepada orang lain. Dengan seseorang menyampaikan informasi sebagai isi komunikasi, di harapkan individu lain bisa paham dengan pesan yang disampaikan.
  3. Komunikasi bertujuan agar pendapat seseorang dapat di terima oleh individu lain atau khalayak umum. Di terimanya informasi yang disampaikan harus melalui pendekatan husus, salahsatunya pendekatan persuasif.
  4. Komunikasi bertujuan menggerakan individu atau masa dengan pesan yang terkandung dalam komunikasi tersebut.

Jenis jenis komunikasi

Jenis jenis komunikasi

Manusia adalah makhluk sosial, artinya tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan keberadaaan orang lain. Keterkaitan antara seseorang dihubungkan dengan sebuah komunikasi.

Namun dalam prakteknya ada beberapa pesan tidak bisa di sampaikan dari komunikator ke receiver.

Tidak sampainya pesan di karenakan beberapa faktor bisa jadi karena frekuensi antara si penyampai dan penerima tidak sama, atau terdapat kekurangan disalah satu komponen itu. Pada dasarnya menyampaikan pesan pesan tidak semua orang dengan mudah mendiliver ke semua orang.

Namun ada beberapa jenis komunikasi yang dibedakan berdasarkan cara penyampaiannya. Berikut beberapa jenis kuminkasi yang harus kamu tau.

Komunikasi Lisan (Verbal)

Jika kita lihat ada sangat banyak di lingkungan kita, bahwa seseorang sangat pintar dalam analisis suatu perkara namun sangat sulit ketika menyampaikan pendapat.

Hal tersebut berhubngan dengan kemampuan komunikasi lisan seseorang.

Apa yang dimaksud dengan komunikasi lisan atau komunikasi verbal? Pengertian Komunikasi lisan adalah komunikasi, di mana informasi yang disampaikan secara langsung, baik menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat.

Contoh: Berbicara di telpon, Mengobrol, berpidato, mengemukakan pendapat, diskusi dalam rapat dan asih banyak lagi contohnya

Komunikasi Tertulis (Non Verbal)

Adapun komunikasi tertulisi adalah jenis komunikasi yang menyampaikan pesan atau informasi melalui tuilsa.

Penyampaian informsai tertulis bisa dengan beragam cara seperti surat menyurat, pengumuman tertulis, brosur, famplet dan masih banyak jenis lagi.

Sedangkan komunikasi di zaman sekarang lebih mengarah kepada komunikasi tertulis berbasis digital seperti email, keterangan gambar, pesan whatsapp dan lain lain.

Namun ada beberapa yang harus di perhatikan ketika anda melakukan komunikasi tertulis. Dalam komunikasi ini da kaidah kaidah atau aturan tertentu yang harus di mengerti, agar tujuan komunikasi tercapai

Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

pengertian komunikasi

Jika diatas membahas jenis komunikasi bersadasarkan cara penyampaiannya. Di poin ini komunikasi dibedakan berdasarkan ruang lingkup komunikasi itu sendiri.

Berikut beberapa pengelompokan komunikasi berdasarkan ruang lingkup:

Komunikasi Internal

Pengertian komunikasi internal adalah jenis komunikasi yang terjadi dalam suatu sistem yang terikat satu sama lain.

Komunikasi inibiasanya terjadi antar individu dalam kelompok atau organisasi tertentu. Untuk memahami jenis komunikasi internal dalam pengaplikasiannya terdiri dari 3 jenis:

  • Komunikasi Vertikal

Contohnya: Perintah ketua organisasi ke angota-anggotanya, pengumuman manajemen terhadap karyawan-karywan nya

  • Komunikasi horizontal

Contohnya: Komunikasi saat divisi-divisi organisasi, koordinasi pada setiap tingkat jabatan yang sama.

  • Komunikasi diagonal

Contohnya: komunikasi yang dilakukan bawahan ke atasan, atau anggota organisasi ke ketua.

Komunikasi Eksternal

Komunikasi eksternal adalah jenis komunikasi yang dilakukan di luar sistem kelompok tertentu. Biasanya terjadi antara satu kelompok dengan kelompok lain. Atau suatu anggota organisasi dengan organisasi lainnya.

Contohnya: Siaran berita, Bakti sosial, pertunjukan seni, pameran lukisan, kegiatan komunitas dan masih banyak lagi.

Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi

pengertian komunikasi

Pengertia komunikasi menurut aliran informasi adalah bagaimana struktur penyampaian informasi atau pesan itu bisa di kirim. Sehingga membentuk aliran komunikasi yang terjadi.

Menurut aliran informasi maka komunikasi terbagi kedalam:

  • Komunikasi satu arah

Komunikasi satu arah merupakan bentuk komunikasi yang didominasi satu pihak tertentu. Pada dasarnya komunikasi satu arah terjadi akrena keadaan tertentu yang memang kominkasinya bersifat penyampaian

Contoh Komunkiasi satu arah : Pidato, Khutbah Jum’at, Guru yang sedang menerangkan mata pelajaran dll.

  • Komunikasi dua arah

Komunikasi dua arah adalah komunikasi yang mengandalkan interaksi dua pihakl baik penyampai dan penerima, peran tersebut bisa bergantian. Dalam pelaksanaanya komunikasi dua arah bersifat aktif dan interaktif

Contoh komuikasi dua arah: Forus tanya jawab, orang bertengkar, debat dan lain lain.

  • Komunikasi ke atas

Komunikasi ini terjadi ketika status sosial, kedudukan jabatan yang di bawah berkomunikasi dengat jabatan yang di atasnya. Contoh kasus : Karyawan mengajukan pendapat kepada bos

  • Komunikasi Ke bawah

Kebalikan dari komunikasi keatas, komunikasi ini terjadi karena adanya interaksi yang di mulai oleh atasan ke bawahan. Contoh: Bos yang meminta sekretaris menuliskan kesimpulan

  • Komunikasi kesamping

Komunikasi yang terjadi pada seseorang atau kelompok namun status sosial atau jabatannya sejajar. Contoh : obrolan karyawan,diskusisesama anggota osis dll.

Model Model Komunikasi

Syarat syarat komunikasi

Unsur Unsur Komunikasi

Kesimpulan

Jadi betapa pentingnya kita memahami komunikasi untung di aplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Dengan kita faham kemudian kita mengaplikasikannya, tentunya tujuan hidup, bagaimana kita dimasyarakat akan lebih baik.

Cukup sekian materi pengertian komunikasi beserta unsur-unsur pembentuknya, semoga bermanfaat, Wassalam

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply