1
7650

Pengertian Seminar, Ciri-ciri, Fungsi Serta Susunan Acaranya

Pengertian Seminar – Assalamualaikum, setelah beberapa lama penulis tidak membahas sesuatu karena mengikuti aturan pemerintah tentang libur lebaran. Pada kali ini penulis akan mencoba menyalurkan hobi dan informasi yang semoga bermanfaat.

Mungkin bagi kita sudah tidak aneh lagi mendengan kata seminar, baik kalangan biasa atau kalangan akademisi. Entah mereka sudah pernah megikuti kegiatan seminar ataupun belum pernah. Tanpa kita sadari sebenarnya apasih seminar itu, apasih fungsi seminar, buat aasih ikut seminar, berguna ngga sih?

Pada tulisan kali ini penulis mencoba akan membahas secara lengkap, apa-apa yang terkait dengan seminar. Lets read more

Pengertian Seminar Secara Umum

pengertian seminar

Sudah pernah ikut seminar? nah apasih seminar itu? mari kita bahas. Seminar adalah suatu kegiatan ilmiah yang membahas atau mendiskusikan permasalahan tertentu. Kata “seminar” berasal dari bahsa latin yaitu “Seminarium” yang artinya tempat menanam benih.

Jika dilihatt dari makna kata yang terkandung dalam kata “Seminarium” memang sangat berbeda, namun jika kita lihat filososi nya, kegiatan seminar adalah suatu kegiatan yang membahas perihal tertentu, yang bisa di artikan tempat awalnya suatu solusi bisa di temukan.

Butuh perlengkapan seminar? Paket Seminar Kit Termurah & terlengkap

Pengertian seminar secara lengkap adalah kegiatan ilmiah pertemuan atau persidangan, yang di pimpin oleh seorang moderator kemudian membahas suatu permasalahan dengan mendatangkan ahli/pembicara/narasumber sebagai pembahas, serta mendiskusikannya dengan anggota seminar yang lain

Apa itu Seminar ? Berikut Definisi Seminar Menurut Para Ahli

pengertian seminar menurut para ahli

Apa itu seminar? Penjelasan tentang seminar umumnya membutuhkan waktu yang lama karena bahasan didalamnya bersifat ilmiah. Pada dasarnya seminar itu dilaksanakan bukan untuk menentukan keputusan terhadap suatu masalah yang dibicarakan atau didiskusikan, Akan tetapi seminar dilaksanakan untuk membahas masalah secara menyeluruh dan untuk memecahkan masalah tersebut. Mengadakan seminar akan lebih baik jika:

  • Permasalah sudah di rumuskan sebelumnya.
  • Cukup waktu dalam pembahasan
  • Permasalahan didiskusikan secara sistematis dan juga menyeluruh.
  • Pemimpin seminar harus menguasai jalannya seminar
  • Peserta seminar hasrus mengetahui pokok permasalahan yang didiskusikan

Menurut para ahli pengertian seminar banyak didefinisikan kedalam berbagai pengertian, namun intinya sama. Berikut rangkuman yang penulis coba sampaikan tentang apa itu seminar menurut para ahli.

  1. Kegiatan seminar pada dasarnya memiliki fungsi memperrsatukan kelompok atau grup-grup kecil yang melakukan kegiatan rutin dalam membahas topik-topik ilmiah
  2. Seminar dimanfaatkan juga dalam dunia bisnis, kegiatan seminar ditujukan untuk mendeskripsikan acara yang bersifat komersil. Dimana pemateri/narasumber didatangkan untuk memberikan informasi atau ilmu yang sangat dibutuhkan bagi peserta seminar
  3. Seminar adalah kegiatan atau instruksi ilmiah/ akademis yang biasanya dilaksanakan oleh lembaga pendidikan/ Lsm, organisasi tertentu baik dengan tujuan professional ataupun komersil
  4. Seminar adalah sebuah ruang lingkup pembahasan yang mempunyai struktur dan teknis tersendiri dalam membahas suatu permasalahan. Pembahasan seminar bersifat menyeluruh berdasarkan topik tertentu, sampai menghasilkan kesimpulan atau solusi terbaik

Fungsi Seminar

tujuan seminar

Setelah kita mengetahui apa itu seminar terkait pengfertiannya berikut fungsi kenapa diadakan kegiatan seminar. fungsi seminar adalah untuk menyampaikan suatu pokok gagasan atau sesuatu hal baru kepada khalayak umum atau para peserta seminar.

Dilakukannya seminar diharapkan peserta dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan baru yang nantinya dapat dikembangkan lagi untuk menyelesaikan masalah. Selain itu ebagai salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat yang ditujukan untuk mendapatkan suatu pengakuan atau kualifikasi dalam pekerjaan.

Unsur-Unsur Seminar

Kegiatan seminar tentunya bukan kegaitan yang bisa dilakukan sendirian, kegiatan seminar merupakan kegiatan kelompok dimana ada unsur unsur yang terlibat di dalamnya. berikut yang terlibat dalam kegiatan seminar:

  • Penyaji.
  • Moderator.
  • Key speker: pembahasan utama.
  • Pimpinan.
  • Anggota atau peserta.
  • Tim perumus.
  • Pembawa acara.

Unsur seminar tersebut bersifat relatif, artinya tergantung seminar apa yang dilaksanakan, namun secara umum dalam setiap kegiatan seminar, point point di atas selalu ada. Untuk memahami bagaimana seminar bisa terlaksana dengan baik berikut susunan seminar yang dapat kamu pakai

Susunan Acara Seminar

susunan acara seminar

Suatu acara atau kegiatan tentunya akan terlaksana dengan sukses apabila menerapkan susunan acara yang terstruktur dengan baik, begitupun kegiatan seminar. Karena kegiatan seminar merupakan cara formal, sebaik mungkin harus dipersiapkan.

Berikut susunan acara dalam seminar

  1. Laporan ketua pelaksana
  2. Pembukaan seminar oleh ketua
  3. Pembahasan oleh Narasumber
  4. Diskusi atau tanya jawab/ ujian
  5. Kesimpulan atau pengumuman kelulusan
  6. Penutup

Karena seminar salah satu bentuk diskusi, maka laporan seminarpun merupakan laporan seperti hasil diskusi. Jadi laporan seminar harus berisi mengenai hal-hal yang memang dianggap penting. Tidak kalah penting dalam seminar ada peralatan atau atau alat yang harus di bawa.

Biasanya demi terlaksananya seminar, panitia penyelenggara menyediakan bahan dalam kegiatan seminar. Seminar kit biasanya terdiri dari, name tag, pulpen, note book, goodie bag, dan perlengkapan lainnya.

Tujuan Seminar

Temudian yang jadi pertanyaan adalah, apasih tujuan diadakannya semianr?

Seminar di adakan dengan tujuan yaitu untuk bertukar informasi dari seorang (narasumber) kepada orang lain guna  untuk di kembangkan menjadi sesuatu yang lebih luas dan lebih bermanfaat lagi.

Pelaksanaan seminar sangatlah penting terutama bagi seseorang atau kelompok di dunia akademisi atau komersil.  Mengapa demikian ? Karena, kegiatan seminar sangatlah berguna untuk bertukar informasi serta memperbanyak ilmu pengetahuan dalam kegiatan seminar.

Kegiatan seminar dapat dilakukan oleh semua kalangan, contohnya pelajar, mahasiswa, Lsm, profesional worker, NGO, lembaga pemerintah, lembaga swasta dan masih bayak lagi.

Tidak hanya di kalangan akademisi, di masyarakat juga kita sering melihat banyak kegiatan organisasi kepemudaan atau organisasi-organisasi lainnya mengadakan kegiatan seminar. Contohnya saja seminar tentang pendidikan, wirausaha, bisnis marketting, dan jenis seminar lainnya yang sudah Anda ketahui.

Ciri-ciri Seminar

ciri-ciri Seminar

Kemudian apasih yang membedakan seminar dengan kegiatan lainnya seperti workshop, diskusi, atau depat terbuka? Berikut beberapa ciri yang bisa kita fahami, terkait ciri-ciri seminar

  1. Dimulai dari makalah/ ilmu khusus
  2. Isi makalah harus diangkat dari isu ilmiah
  3. Ada narasumber sebagai pemakalah
  4. Penyanggah utama mendapat prioritas respon
  5. Seminar merupakan bentuk dari forum khusus
  6. Bisa diakhiri dengan ujian atau assesment

Nah jika kita menemukan forum seperti ciri ciri diatas, maka bisa kita klasifikasikan sebagai kegiatan seminar. Mengetahui ciri-ciri seminar bermanfaat juga ketika kita menjadi panitia penyelenggara kegiatan seminar, sehingga dalam melaksanakan tugas fungsi kepanitian sudah jelas apa-apa yang harus dikerjakan.

Manfaat Seminar

Tidaklah kita melakukan suatu kegiatan jika tidak ada manfaatnya, begitupun seminar mempunyai manfaat, berikut manfaat yang bisa kita ambil jika mengikuti kegiatan ini

  1. Tempat mencari ilmu
  2. Tempat menambah relasi, teman, network
  3. Menambah fortofolio
  4. Meningkatkan kepercayaan diri
  5. Salah satu cara bersosialisai dalam forum resmi

Gimana berminat untuk mengikuti seminar kalo itu bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita kenapa engga. Namun seringkali kita mersa rugi kalo ada kegiatan seminar yang berbayar, padahal ilmu yang didapat tidak seberapa dengan apa yang di peroleh.

Mungkin cukup sekian tentang pembahasan pengertian seminar, ciri, fungsi, tujuan dan manfaatnya. Semoga bermanfaat, terima kasih

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply