1
36

7 Pekerjaan Lulusan Psikologi | Prospek Kerja Psikologi

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang, beberapa peluang pekerjaan atau prospek kerja psikologi. Mengapa demikian, karena masih banyak dari kita yang ragu jika masuk perkuliahan jurusan psikologi.

Jika kamu mendengar kata kata sikolog, psikologi, atau psikiater, apa yang terlintas di benak kamu? Orang gila kah, tempat konsultasi, atau terpikirkan menjadi seorang psikiater. Jika kita lihat dari sektor pekerjaan, seorang psikologi, atau sikolog tidak seterkenal pekerjaan lain. Maka jangan heran masih banyak orang tua yang khawatir jika anaknya masuk kuliah jurusan psikologi.

Prospek Kerja Psikologi, Peluang Pekerjaan

Sebagai salah satu cabang ilmu sosial, psikologi memiliki cakupan yang luas, terutama dalam membahas ilmu kejiwaan manusia. Jadi jika kita menguasai ilmu ini, banyak sekali peluang pekerjaan yang bisa di masuki.

Namun pada kenyataanya masih banyak orang yang belum mengetahui, sektor mana saja yang bisa di masuki oleh lulusan psikologi. Berikut beberapa sektor pekerjaaan yang bisa di masuki oleh lulusan psikologi

  1. HRD (Human Resouces Development)

prospek kerja psikologi sebagai HRD

source : thebalancecareers.com

Bisa dikatakan 99% di perusahaan terdapat divisi HRD. Sebagai sebuah divisi, HRD mempunyai beban pekerjaan seperti mengelola karyawan, pengembangan karyawan. Contoh lain rekruitment karyawan, menerima surat lamaran kerja, dan hal lain yang berhubungan dengan sumber daya manusia.

Satu hal yang harus diketahui, bahwa sektor pekerjaan sebagai HRD, di isi oleh seseorang dengan latar belakang pendidikan ilmu psikologi. Mengapa demikian, karena seseorang yang menangani sumberdaya manusia, tentunya harus paham tentang manuia itu sendiri.

Dalam suatu kasus tertentu, sebut saja rekruitmen karyawan, banyak sekali tes yang di berikan berkenaan dengan kepribadiaan. Salah satu tes yang sering di jumpai adalah Tes MBTI, tentunya hanya anak psikologi yang paham akan hal itu.

  1. Guru BK (Bimbingan Konseling)

prospek-kerja-psikologi guru BK

source: kompasiana.com

Banyak pekerjaan yang bisa kamu masuki jika kamu lulusan psikologi salah satunya menjadi guru BK. Sektor pekerjaan di bidang pendidikan masih cukup luas, jadi bagi kamu yang menyukai dunia pendidikan, bisa mengaplikasikan ilmu psikologi di sekolah sekolah.

Memang ada tantangan tersendiri, ketika kamu menjadi guru BK, apalagi untuk tingkat SMP dan SMA. Dunia remaja yang sedang asik asiknya mencari jati diri, sedikit banyak perlu penanganan khusus dalam menyelesaikannya.

  1. Sikolog, Psikiater atau konselor

Jasa-Psikologi

source:carainvestasibisnis.com

Menjadi seorang sikolog atau psikiater memang sebuah pekerjaan susah susah gampang. Di banyak perusahaan, sering kali membutuhkan karyawan untuk menempati posisi konselor. Konselor dalam perusahaan berfungsi sebagai tempat konseling para karyawannya.

Selain itu, menjadi sikolog atau konselor bisa membuka usaha secara mandiri, seperti tempat tempat untuk konseling. Sehingga secara tidak langsung kamu membuka pekerjaan sendiri.

  1. Trainer atau Motivator

trainer dan motivator

source: idntimes.com

Seorang lulusan psikologi tentunya mempunyai ilmu kejiwaan, sehingga dia paham dengan permasalahan atau kondisi seseorang. Dengan kemampuan tersebut jika seorang lulusan psikologi menjadi motivator atau trainer sangat cocok. Karena akan lebih cepat memahami kondisi peserta yang mengikuti acaranya.

  1. Penulis atau Penerjemah

prospek-kerja-psikologi penulis buku

source: kompasiana.com

Jangan dikira profesi seorang penulis penghasillanya sedikit. Jika kamu berfikiran seperti itu mulai sekarang buang jauh-jauh. Menjadi penulis tentunya suatu pekerjaan yang mengasikan. Jika di jabarkan sangat banyak sekali permasalah yang bisa diselesaikan dengan psikologi, dan kamu bisa menuangkanya dalam buku.

Banyak sekali orang yang mencari referensi dari buku buku untuk memecahkan masalahnya. Hal ini menjadi pasar tersendiri buat kamu yang ingin memutuskan untuk mengambil jurusan psikologi. Menjadi penulis, selain menyalurkan hobi, bermanfaat juga memberikan ilmu lewat tulisan.

Tentu jika tulisan kita bagus, disukai pembaca, akan menimbulkan pasar tersendiri, jika dilihat dari sektor komersil.

Sebagai penutup, jika kalian ingin masuk kuliah dengan jurusan psikologi jangan ragu tentang prospek kerja psikologi. Kalau orangtua ragu, kalian bisa menyakinkan dengan jenis jenis pekerjaan yang ada di atas, dan sebenarnya masih banyak jenis pekerjaan yang bisa masuki. Semoga bermanfaat

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply