815

7 Resep Sederhana Seblak Bandung, Di jamin Ketagihan

Menurut kalian cemilan yang cocok di segala musim apa? ada yang tau? Seblak Bandung, yuhuuu betul sekali. Terutama buat kalian anak zaman now pasti sudah tidak asing lagi dengan seblak. Makanan yang berasal dari Kota Kembang ini menjadi incaran bagi mereka yang sedang main di Bandung.

Nahh, bagi kalian yang yang ingin merasakan gurih pedasnya seblak, namun belum sempat ke Bandung. Saya akan berbagi resep sederhana cara membuat seblak asli Bandung. indonesia terkenal akan resep makanan khas daerah nya

Resep ini asli turun temurun keluarga, kebetulan saya asli orang Bandung hehehe, ga penting lanjut aja.

FYI seblak terbagi jadi dua jenis yaitu seblak basah dan seblak kering.  Tergantung kalian suka yang mana dua-dua nya enak ko, ga percaya? boleh di coba.

1 Seblak Bandung “Seblak Basah”

Seblak bandung

Sumber: Testimade

Sedikit pengetahuan tentang seblak, makanan khas Bandung ini terbuat dari bahan dasar kerupuk yang dimasak sehingga bertekstur kenyal, namun sekarang sudah banyak variasinya. Ciri khas seblak yaitu penambahan bumbu kencur di resep masakannya.

cekidot berikut bahan dan cara memasak seblak Bandung.

Bahan Dasar seblak bandung :

  • 250 gr Kerupuk mentah (bebas mau menggunakan kerupuk apa aja)
  • 1 butir Telor (pelengkap aja, kalo ngga ada gpp)

Bumbu yang disiapkan :

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Cabai Rawit (jumlah di sesuikan)
  • 1 ruas jari kencur
  • Minyak untuk menumis
  • Garam, gula putih (No micin ya, hehehe)
  • 200 ml air

Cara Memasak :

  1. Kira-kira 5 menit sebelum memasak seblak Bandung, kerupuk rendam dulu pake air bersih. Rendaman berfungsi setengah melayukan kerupuk, agar proses memasak cepat dan memberi tekstur kenyal.
  2. Cuci bumbu yang sudah di siapkan kemudian haluskan semua menjadi satu.
  3. Panaskan Wajan, masukan minyak tunggu hingga panas kemudian masukan bumbu yang sudah dihaluskan.
  4. Tunggu beberapa saat hingga bumbu matang, masukan telor aduk kemudian kerupuk yang udah direndam.
  5. Aduk aduk hingga rata, masukan air, tambahkan garam dan gula putih sebagai penyedap, hingga rasanya pas.
  6. Angkat dan sajikan, lebih enak makan bersama.

Note : Disini saya ngga menambahkan penyedap rasa, micin dan sejenisnya. kalau kalian ingin menambahkan boleh tergantung selera. Untuk cabai karna saya suka pedes, dengan kerupuk 250 gr, saya menggunakan cabai rawit sebanyak 150 gr, hehehe.

2 Seblak Kering

Seblak bandung

Perbedaan mendasar dari seblak Bandung kering dalam peroses memasaknya tidak menggunakan air sama sekali, namun nggak kalah nikmatnya. Kelebihan dari seblak kering, bisa jadi oleh oleh, bisa di buat dalam jumlah banyak dan di makan sedikit-sedikit.

Berikut bahan dan bumbu yang harus disiapkan:

Bahan & Bumbu :

  • 1/4 kg kerupuk kering (boleh kerupuk kemplang, dan jenis kerupuk lainnya)
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Cabai Rawit kering (jumlah di sesuikan)
  • 1 ruas jari kencur
  • 3 lembar daun jeruk
  • Minyak untuk menumis
  • Garam
  • Penyedap rasa

Cara Memasak :

  1. Siapkan kerupuk mentah (kalo saya pakai kerupuk kemplang/bintang).
  2. Haluskan bumbu (bawang merah, putih, cabai rawit kering, kencur.
  3. Iris tipis daun jeruk, untuk di tambahkan nanti pada saat menumis
  4. Siapkan wajan dengan api sangat kecil.
  5. Jaga kondisi minyak agar tetap hangat, jangan sampe panas.
  6. Goreng kerupuk sebentar kira-kira setengah mateng, jangan sampe mengembang, tiriskan.
  7. Tumis bumbu yang sudah di haluskan beserta daun jeruk yang sudah di iris tadi, kemudian masukan kerupuk yang sudah di goreng tadi.
  8. Tiriskan dan sajikan, bisa juga di dinginkan dan di bawa saat piknik atau jadi buah tangan.

Noted: Penambahan irisan daun jeruk tergantung selera ya, kalo ngga suka ngga jadi masalah. Perhatikan jangan sampe kerupuk mengembang ketika menggoreng.

3 Seblak Bandung Ceker

seblak bandung ceker

sumber :alittleprefabricado

Seblak ceker merupakan jenis varian yang berbeda dengan seblak pada umumnya. Kerupuk masih jadi bahan dasar, namun ada penambahan ceker, tetapi ada juga yang tidak menggunakan kerupuk, alias ceker menjadi bahan utama. sensasi pedas gurihnya ceker jadi citarasa tersendiri.

Bahan Dasar :

  • 1/4 kg Kerupuk kanji (jenis kerupuk di sesuaikan menurut selera)
  • 250 gr ceker (sudah bersih)

Bumbu yang Harus Disiapkan :

  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas jari kencur
  • Kemiri secukupnya
  • 2 buah cabai merah
  • Cabai rawit di sesuaikan selera
  • Minyak untuk menumis
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Kecap (kalo ngga suka pake kecap ngga usah)

Persiapan Sebelum Memasak :

  1. Cuci ceker kemudian rebus, kira kira 10 menit dengan api besar
  2. Rendam kerupuk selama 5 menit, menggunakan air dingin
  3. Haluskan bumbu menjadi satu, tanpa terkecuali

Cara Memasak :

  1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampe tercium harum, menandakan bumbu mateng.
  2. Masukan 100 ml air ke wajan, tunggu hingga mendidih
  3. Masukan kerupuk, aduk sebentar sampe meresap
  4. Masukan ceker sebagai tambahan
  5. Masukan garam, penyedap rasa, dan kecap (kecap bisa diganti gula putih)
  6. Tunggu beberapa saat, sampe air menyusut.
  7. Sajikan hangat hangat, lebih nikmat di makan bareng orang tercinta.

Noted: Pastikan ceker sudah empuk di awal rebusan, rebusan awal berfungsi mengempukan daging di ceker sekaligus membuang sebagian lemak ceker. FYI kandungan kolagen di ceker sangat bagus untuk peremajaan kulit, kususnya kaum hawa.

4 Seblak Bandung Sayur

seblak bandung syur

Sumber: Cookpad

Bentuk inovasi lain dari seblak yaitu seblak sayur, kalo kita tau seblak ceker itu ditambahin ceker sebagai new taste di seblak. Sedikit informasi seblak sayur termasuk seblak basah dengan variasi tambahan sayur. Untuk kalian yang ingin ngemil tapi kebutuhan serat nya terpenuhi, baca juga Tips Diet Sehat , seblak sayur Bandung bisa jadi menu pilihan.

Kok pake sayur? bakal enak ga rasanya?

Ngga perlu di ragukan, rasanya endes surendes, sayuran yang  biasa di pakai yaitu sawi hijau, sawi putih dan sayuran hijau lainnya. Kalau mau menambahkan sayuran yang kalian suka boleh-boleh aja.

Bahan Utama :

  • 250 gr Kerupuk Kanji (yang bergelombang)
  • Telur (tambahkan sesuai selera)
  • Sayuran secukupnya (sawi puyih, hijau, wortel juga bisa)

Bumbu :

  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kencur
  • Lada bubuk
  • 2 buah cabai merah
  • Cabai rawit di sesuaikan selera
  • Minyak untuk menumis
  • Garam
  • penyedap rasa

Cara Memasak:

  1. Siapkan kerupuk sebagai bahan dasar seblak bandung, kemudian rendam di air selama 5 menit
  2. cuci sayuran yang telah disiapkan, potong dan tiriskan
  3. Haluskan bumbu (bawang, lada, cabe merah, cabai rawit, kencur). boleh di ulek/blender.
  4. panaskan wajan kemudian tumis bumbu hingga baunya tercium.
  5. masukan telur jika mau menambahkan telur, jika tidak langsung ke
  6. masukan kerupuk yang sudah di rendam, tambahkan air 100 ml
  7. kirakira udah masak, masukan sayuran, aduk sampe layu.
  8. sajikan, lebih enak dimakan bersama dalam kondisi masih anget

Seblak sayur menjadi pilihan seblak yang sehat, karena kandungan serat yang ada di sayur, namun bukan berarti seblak seblak lain tidak sehat. biar ngga penasaran silahkan di coba.

5 Seblak Bandung Makaroni Keju

seblak bandung keju

Sumber: Dapoer KOBE

Inovasi kekinian dari seblak Bandung, yes akhir akhir ini lagi booming keju, maka terciptalah inovasi baru dari varian menu seblak yaitu Seblak makaroni keju. berbahan dasar kerupuk dan makaroni dengan toping keju. menu ini cocok buat anak zaman now. Bagi kalian yang mau penasaran boleh di peraktekan langsung.

Bahan Utama Seblak Bandung:

  • 1/4 kg Kerupuk kanji (boleh jenis kerupuk apapun) yang penting mentah, hehe
  • 200 gr makaroni (boleh yang biasa boleh yang premium)
  • Keju Mozarela

Bumbu Pelengkap :

  • 5 siung bawang merah
  • 1 siung bawang bombay
  • cabai rawit di sesuaikan selera
  • Minyak untuk menumis
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Saus tomat

Cara Memasak :

Sedikit agak berbeda dari pakem bumbu dasar seblak Bandung, inovasi seblak makaroni keju, tidak menggunakan kencur sebagai bumbu. Namun di tambahkan saus tomat.

  1. Rendam serupuk beserta makaroni selama 5 menit di air dingin, kemudian tiriskan.
  2. Parut keju untuk di tambahkan sebagai toping.
  3. Iris bawah merah, bawang bombay, cabe rawit.
  4. Panaskan wajan dan minyak, kemudian masukan bumbu yang di iris.
  5. Tunggu beberapa saat sampai harum dan masukan kerupuk plus makroni.
  6. Aduk beberapa saat, tambahkan air matang kira-kira 100 ml.
  7. Masukan penyedap rasa, saos tomat aduk hingga rata.
  8. Setelaah bumbu meresap masukan taburan mozarela, jangan di aduk.
  9. Sajikan dalam kondisi hangat lebih nikmat, rasakan sensai lelehan kezu mozarela.

Note: Bagi kalian yang ngga suka keju jangan coba coba, dan untuk yang suka keju boleh di tambahkan susu cair saat memasak, rasakan sensasi nagihnya. hehehe

6 Seblak Bakso dan Sosis

Seblak Bandung Sosis bakso

Sumber: Rejekinomplok

Yang perlu di ketahui untuk jenis seblak Bandung ini menggunakan bahan 100% bakso dan sosis. Kerupuk tidak jadi bahan dasar kenpa demikian, seblak bakso dan sosis terjadi karena ketidak sengajaan. ceritanya karena di dapur persediaan kerupuk habis, kebetulan hanya ada bakso dan sosis, maka terciptalan menu seblak ini.

Kalo dari rasa jangan diragukan lagi ya, bahannya aja udah bakso dan sosis, apalagi di kasih bumbu seblak makin jos.

Kok seblak ngga pake bahan dasar kerupuk?

Boleh-boleh aja pake kerupuk, biar antimainstream aja jadi ngga pake, hehehe

Bahan Dasar :

  • 1 Bungkus sosis isi 6
  • 1 Bungkus bakso isi 8

Bumbu Pelengkap :

  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kencur
  • Lada bubuk & ketumbar
  • 2 buah cabai merah
  • Cabai rawit di sesuaikan selera
  • Minyak untuk menumis
  • Garam, gula
  • Penyedap rasa
  • Kecap

Cara Memasak :

  1. Potong sosis dan bakso sesuai selera, boleh memanjang, boleh memendek
  2. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan, terkecuali cabai merah hanya di iris kasar saja
  3. Panaskan wajan tumis bumbu sampai harum, masukan juga irisan cabe merah
  4. Masukan air kira kira set gelas kecil, jangan terlalu banyak
  5. Masukan sosis dan bakso yang udah di iris
  6. Tambahkan garam, penyedap rasa, kecap, gula hingga rasa sesuai pas lidah anda
  7. Setelah dirasa cukup matang, sajikan dan hidangkan di tengah tengah keluarga, hehe

Note: Seblak sosis ini cocok juga buat lauk makan, dan bekal buat anak sekolah. Pasti anak anak suda dengan menu varian ini

7 Seblak Batagor Kuah Pedes

seblak Bandung batagor

suber: detikfood

Nah bingung kan, gimana rasanya coba batagor di bikin seblak tapi berkuah juga. lets cooking guys.

Coba yang sering main ke Bandung mana? udah nyobain seblak bandung varian batagor belom?

Pasti kalian ngga heran dengan namanya batagor, jajanan ini udah menjadi trend marknya Bandung. Terbuat dari adonan tepung ikan dipadukan dengan tahu kemudian di goreng dan di kasih bumbu kacang, sekarang hadir dalam varian seblak Bandung. biar ga lama langsung siapin aja

Bahan Utama:

  • Batagor kering (banyaknya di sesuaikan)
  • Mie kuning/ kwetiau

Bumbu dasar:

  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kencur
  • Cabai rawit (banyakin ya kita buat versi pueedes)
  • Minyak untuk menumis
  • Garam, gula
  • 1 butir jeruk purut
  • Penyedap rasa
  • Kecap

Cara memasak:

  1. Potong batagor menjadi dua bagian
  2. Haluskan semua bumbu, terkecuali cabai rawit
  3. Blender cabai kasih air sedikit
  4. Panaskan wajan dan minyak kemudian tumis bumbu hingga tercium aroma harum
  5. Masukan air 600 ml, airnya dibayakin yah karena kita membuat versi kuah
  6. Tunggu sampai mendidih lalu masukan batagor tunggu beberapa saat sammbil tambahkan garam, gula penyedap rasa, kecap.
  7. Stelah hampir matang masukan cabai hasil blender, aduk dan sajikan
  8. Bisa di tambahkan potongan jeruk purut, agak aroma makin mantap.

Noted: Untuk membuat seblak bandung versi batagor, batagor bisa di dapet di pasar, beli di abang-abang yang jual batagor. enak di sajikan ketika cuaca dingin. hangatnya kuah dan sensasi pedesnya bikin nagih. Cukup sekian resep yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat, kalau bingung bisa di tanyakan di coment yan Nuhun

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply