44

Struktur Sel | Fungsi Organ Sel dengan Penjelasan Gambar | Lengkap

Gimana ada yang masih bingung tentang materi sel kemarin yang diajarkan olehh ibu bapak gurunya? Tepat sekali kalau kamu membaca artikel ini. Karena penulis akan merangkum materi tentang struktur sel, fungsi dan organ-organ sel.

Atau ada yang lagi dapat tugas peraktikum terus lupa mencatat, boleh kamu mencatat ulang dari materi yang penulis bawakan di bawah ini.

Intinya jangan sampai kamu lupa dengan materi bilogi tentang sel, karena kedepannya akan terus berhubungan dengan materi-materi selanjutnya.

Okeh langsung aja, biar ngga berlama lama, kita bahas tuntas satu persatu. Simak baik-baiknya, semoga kamu faham

Apa Itu Sel ? Bagaimana Struktur Sel ?

struktur sel

Struktur adalah komponen penyusun sautu sistem yang membangun satu kesatuan, demi tercapainya tujuan tertentu. Sedangkan apa sel atau cella? Berikut penjelasannya

Pengertian Sel dan Fungsinya

Sel diambil dari kata Cella dalam bahsa latin. Cella diartikan sebagai ruang kecil oleh. Pada perkembangannya Robet Hooke melakukan pengamatan terhadsap sayatan gabus, maka dia mendapati susunan ruangan kecil yang membentuk gabus tersebut.

Artikel terkait : Contoh tumbuhan dikotil Contoh tumbuhan monokotil

Berikut pengertian sel

  • Sel adalah ruangan kecil dala organ yang dibatasi oleh membran sel, yang didalamnya terdapat protoplasma (cairan sel)
  • Protoplasma tersusun atas sitoplasma dan nukleus
  • Nukleus tersusun atas plasma inti dan nukleoplasma
  • Sel dapat diartikan sebagai bentuk terkecil dari makhluk hidup yang tidak bisa di bagi-bagi lagi

Fungsi Sel

Sel yang terdapat di makhluk hidup berfungsi sebagai inti dari kehidupan. Dimana kemampuan sel dalam membentuk dan berkembang biak secara mitosisi menjadikan sel sebagai dasar dari kehidupan.

Selain itu, pada sel yang berkembang biak terdapat inti atau sifat sifat bawan makhluk hidup, sifat genetik yang akan diwarisakan pada generasi seterusnya.

Sejarah Perkembangan dan Teori Sel

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan, terdapat peran penting dari beberapa ilmuan dalam mengembangkan dan mempelajari bagaimana makhluk hidup berkembang.

Para ilmuan banyak melalukan percobaan untuk menjawab sema fenomeda yang terjadi di alam, sehingga mereka mencoba menerangkan denga pendekatan ilmiah.

Tidak jarang dalam proses ppengembangan menemukan kegagalan, namun ada juga yang menemukan karena ketika sengajaan. berikut di bwah ini tokoh-tokoh dalam perkembangan sel

Tokoh Perkembangan Sel

Sejarah perkembangan struktur sel

  • Robert Hooke (1635 – 1703)

Menurut perkembangan sejarah sel , Orang yang pertama menemukan istilah cella yaitu Robert Hooke (1635 – 1703). Pada percobaan yang ia lakukan maka terdapat ruangan kecil di sayatan gabus yang iya tutupi botol

  • Antonie Van Leeuwenhoek (1723)

Selanjutnya dari negeri belanda mucul Seroang ahli asah lensa dan membuat mikroskop yang sederhana. Dalam percobaanya antonie melakukan pengamatan pada cairan setetes air kolam.

Dan dia mendapati adanya organisme microscopic “animalcules” (hewan kecil)  yang merupakan sel bakteri. Antonie juga lah orang yang pertama kali melukiskan bentuk-bentuk bakteri

  • Robert Brown (1833)

Pada percobaan yang di alakukan terhadap tanaman anggrek robert menemukan inti sel pada sayatan sel anggrek, sehingga menamianya dengan nukleus.

  • Felix Durjadin (1835)

Ilmuan berkebangsaan Perancis ini, melakukan percobaan sehingga dapat menyimpulkan bahwa di dapati cairan sel yang hidup (sarkode) yang merupakan bagian penting dari sel.

  • Johanes Purkinje

Johanner purkinje adalah ilmuan dalam perkembangan biologi yang menyatakan bahwa isi sel adalah protoplasma.

Teori Sel

Jika diatas sudah di jelaskan tentang tokoh ilmuan penemu sel, berikut ada beberapa teori yang membahas tentang sel

  1. Sel adalah satu kesatuan struktural dari makhluk hidup, semua makhluk hiudp terususn atas sel. Tokoh pencetus teori ini adalah: M. Schleiden (1804-1881) : Sel tumbuhan dan Theodore Schwann (1810 -1882) : Sel hewan
  2. Sel merupakan sturtur fungsional terkecil makhluk hidup, dengan demikian sel berperan mengatur fungsi pada makhluk hidup. Tokoh yang mengemukakannya adalah oleh Max Schulze tahun (1861)
  3. Sel merupakan satu kesatuan pertumbuhan yang terkecil dari makhluk hidup, makhluk hiudp berasal dari pertumbuhan sel sebelumnya “omne cellulae a cellulae”. (Rudolf Virchow 1858)
  4. Sel merupakan satu kesatuan herediatas (sifat turunan) yang akan diwariskan ke genari smakhluk hidup selanjutnya. (Austria Gregor Mendel 1822-1884)

Dilihat dari ada tidaknya membran pada sel, maka sel dibagi kedalam dua jenis. Yaitu sel eukariotik dan sel prokariotik

Struktur Sel Eukariotik

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Sel eukariotik adalah sel dimana organ organ pembentuknya memiliki membran atau lapisan pembatas. Organ sel yang memiliki membran adalah seperti retikulum endoplasma, kompleks golgi, mikondria, dan lisosom

Berikut Bagian dari sel Eukariotik

1 Membran plasma:

Membran plasma merupakan struktur sel yang sangat penting. Zat zat penyusun membran plasma terdiri dari molekul-molekul lemak dan molekul protein.

Molekul lemak terdapat 2 lapis di bagian tengah membran. Molekul protein terdapat di luar perifer atau tepi membran. Terdapat molekul protein yang bisa menembus molekul lemak (protein integral)

Fungsi membran plasma adalah

  1. Melindungi isi sel
  2. Mengatur sistem keluar masuknya molekul-molekul yang bersifat  semipermeabel atau selektif permeabel
  3. Adanya glikoprotein yang berfungsi sebagai penerima rangsangan dari luar. Rangsangat yang diterima berupa rangsang kimia: hormon, racun, listrik, mekanik.

2 Sitoplasma

Sitoplasma adalah zat berbentuk cairan yang berada dalam sel selain nukleoplasma. Cairan dalam sitoplasma dinamakan sitosol.

Sitosol merupakan organel organel yang tersusun atas: air, protein, asam amino, vitamin, nukleotida, asam lemak, gula, dan ion ion.

Sedangkan penyusun sitoplasma terdiri dari organ-organ pembentuknya yaitu: ribosom, mitokondria, dan kompleks Golgi.

Fungsi Sitoplasma adalah sebagai tempat penyimpanan zat zat kimia yang diperlukan dalam kegiatan metabolisme seperti enzim enzim, ion, gula, lemak dan protein

Dalam metabolisme sitopplasma terjadi penyusunan danperombakan  zat berdasarkan reaksi-reaksi kimia.

Contoh: Pembentukan energi, sintesis asam lemak, asam amino, protein, dan nukleotida.

3 Nukleus

Nukleus atau inti sel merupakan struktur sel terbesar yang ada di dalam sel. Nukleus terdiri dari kromosom protein, DNA dan RNA.

Fungsi DNA: Untuk menyampaikan informasi genetik dan sintesis protein

Fungsi RNA : Untuk sintesis protein .

Struktur Nukleus terdiri dari : membran nukleus dan nukleoplasma

  • Membran Nukleus adalah membran luar sekaligus membran dalam. membran nukleus secara langsung berhubungan dengan RE, dan membran sel.
  • Nukleoplasma: adalah cairan yang terdapat dalam nukleus yang terdiri dari air, protein, ion, enzim dan asam intil.
  • Di dalam nukleuoplasma terdapat benang kromatin. Pada saat proses mitosis benang kromatin tampak memendek dan disebut kromosom (tersusun atas protein dan DNA). Lalu DNA akan mentranskripsi diri menjadi RNA yang dikeluarkan ke sitoplasma.

4 Nukleolus

struktur sel nukleolus

Nukleolus adalah anak inti dari nukleus. Anak inti terbentuk pada saat terjadi proses transkripsi (sintesis RNA) di dalam nukleus.

Fungsi Nukleolus:

  1. pengendali seluruh kegiatan sel;
  2. pengatur pembelahan sel
  3. pembawa informasi  DNA

5 Sentriol

Sentriol adalah bagian dari sel eukariotik yang dapat di amati  ketika sel mengadakan pembelahan. Setriol adalah satu fase dalam perkembangan sel yang dicirikan adanya  silia/flagela. Sentriol hanya ditemui pada sel hewan.

6 Retikulum Endoplasma (RE)

Retikulum endoplasma adalah struktur sel yang terletak pada bagian pusat sitoplasma.

Macam-macam Retikulum Endoplasma:

  1. RE kasar yaitu posisi RE yang berhadapan dengan sitoplasma secara langsung dan ditempeli ribosom.
  2. Sedangkan RE Halus adalah RE tidak mempunyai ribososm

Fungsi Retikulum Endoplasma:

  • RE berfungsi sebagai penampung protein dihasilkan oleh ribosom. Masuknya protesin untuk disalurkan pada badangolgi .
  • Mensintesis  lemak lemak dan kolestrol dalam sel
  • Mendetoksisikasi racun dalan inti sel.
  • Merupakan rongga transportasi molekul dari bagian satu ke bagian yang lainnya.

7 Ribosom

Ribosom adalah susunan atas RNA dan protein yang tidak mempunyai membran, dengan dua bentuk unit kecil dan besar. Adanya ribosom adalah hasil dari sintesis oleh nukleolus.

8 Kompleks Golgi

struktur sel kompleks golgi

Badan golgi atau Kompleks Golgi merupakan organ polimorfik, yang tersusun atas membran berbentuk kantong pipih, berupa pembuluh, gelembung kecil, atau bentukan seperti mangkok.

Fungsi dari badan golgi adalah:

  • menambah glioksilat pada protein;
  • sebagai organel sekretori;
  • Membentuk glikopida;
  • membentuk dinding sel tumbuhan;
  • membentuk lisosom.

9 Lisosom

Lisosom adalah organ sel yang terdiri dari lyso= pencernaan dan soma = tubuh. Lisosom adalah membran kantong kecil yang didalamnya terdapat enzim hidrolitik (hidrolase/ lisozim).

Lisozim sendiri berfungsi sebagai intra pencernaan di dalam sel.

  • Pembentukan Lisosom

Enzim Lisosom merupakan enzim yang dibuat  oleh ribosom  masuk ke RE . Enzim dimasukkan ke dalam membran kemudian dikeluarkan melalui  sitoplasma dan membentuk menjadi lisosom

  • Proses pencernaan oleh lisosom:

Contoh proses pencernaan yang dilakukan lisosom adalah menelan benda asing berupa bakteri secara fagositosis. Bakteri yang masuk akan menuju vakuola setelah itu enzim dari lisosom masuk ke vakuola  kemudian mencerna bakteri.

10 Badan Mikro

Badan mikro adalah organ dari pembentuk sel eukariotik yang terdiri dari terdiri dari peroksisom dan glioksisom

Peroksisom  adalah organ yang berfungsi melakukan respirasi pada sel

Contoh: Sel hati, ginjal, otot mengandung enzim katalase, menguraikan hidrogen peroksida  [bersifat racun] (H2O2) menjadi oksigen & air. Dan berperan dalam metabolisme lemak & fotorespirasi.

Glioksisom adalah enzim katalase yang berperan dalam proses metabolisme lemak. Dimana lemak di rubah menjadi gula. Glioksisom hanya terdapat di sel tumbuhan

11 Mitokondria

struktur sel mitokondria

Mitokondria adalah organel pada sel yang berfungsi sebagai Penghasil energi (ATP). Jika dilihat bentuknya mitokondria memiliki bentuk butiran atau benang  dan bersifat elastis. Organel sel ini berkembang biak dengan  membelah diri.

Dalam mitokondria ada beberapa reaksi yang terjadi seperti:

  1. reaksi dekarboksilasi oksidatif
  2. daur Krebs
  3. transfer elektron

12 Mikortubulus

Mikrotubulus adalah sekumpulan sel berbentuk benang spindel yg menghubungkan 2 kutub sel pada waktu pembelahan (gerakan kromosom dari daerah equator ke kutub masing).

Selain itu, mikrotubulus berperan dalam pembentukan sentriol, flagela, dan silia. Yang berfungsi sebagai alat gerak pada sel

13 Mikrofilamen

Mikrofilamen adalah benang halus yang tipis,dan memanjang. Di dalam mikrofilamen terdapat 2 protein yaitu aktin dan miosin. Protein aktin dan miosin banyak terdapat pada sel sel otot yang membentuk rangka sel.

Contoh: Pada saat otot lengan kita melakukan aksi dan relaksasi. Apabila  aktin dan miosin saling menjauh maka akan terjadi relaksasi dan bila aktin miosin mendekat maka terjadi aksi.

Struktur Sel Prokariotik

Perbandingan struktur sel prokariotik dan eukariotik

Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti. Lebih jelasnya struktur sel prokariotik memiliki:

  1. Membran plasma
  2. Nukleoid (DNA & RNA)
  3. Sitoplasma yang mengandung ribosom.

Namun pada sel prokariotik tidak memiliki

  1. Endomembran (membran dalam inti sel
  2. Mitokondria
  3. Kloroplas

Namun mempunyai sturktur yang berfungsi sama seperti mesosom dan kromatofor. Untuk memahami lebih lanjur perhatikan contoh stuktur sel dari bakteri (Escherichia coli):

Bagian-bagian dari sel (Escherichia coli):

Dinding sel bakteri ini terdiri dari struktur: protein polisakarida, molekul lemak dan protein lainnya.

Fungsi dinding sel pada bakteri ini adalah sebagai pelindung, pemberi bentuk tetap pada sel dan terdapat pori-pori sebagai jalan keluar masuknya molekul-molekul.

1 Membran plasma

Membran plasma pada sel prokariotik merupakan susunan atas molekul-molekul lemak dan molekul protein.

Fungsi dari membran plasma yaitu sebagai pelindung lapisan molekuler sel terhadap lingkungan. Dimana membran plasma mengatur lalu intas dan laju molekul, ion-ion yang keluar masuk sel atau dalam tubuh

2 Sitoplasma

Sitoplasma pada sel prokariot mempunyai struktur atas susunan molekul-molekul air, protein, lemak, mineral, dan enzim-enzim

Fungsi dari enzim-enzim yang terdapat di sitoplasma adalah untuk proses mencerna makanan ekstraseluler dan melakukan metabolisme sel.

3 Mesosom

struktur sel perbedaan sel hewan dan tumbuhan

Mesosom pada struktur sel prokariotik mempunyai struktur dimana terdapat membran plasma yang masuk ke dalam membentuk organel sel mesosom.

Fungsi dari mesosom sebagai organ sel yang bisa menghasilkan energi. Energi dalam mesosom diakibatkan karena adanya enzim enzim pernafasan. Sehingga terjadinyaeaksi oksidasi untuk menghasilkan energi.

4 Ribosom

Ribosom adalah organ pada struktur sel prokariotik yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sintesis protein. Protein-protein yang termasuk didalamnya adalah DNA dan RNA

  • DNA (deoxyribonucleic acid) Asam deoksiribonukleat mempunyai strukur atas persenyawaan yang terdiri dari gula deoksiribosa, fosfat dan basa2 Nitrogen.

Fungsi dari DNA tersebut sebagai pembawa informasi genetik yang didalamnya terdapat sifat-sifat yang akan diwariskan pada keturunannya.

  • RNA (ribonucleic acid) Asam ribonukleat mempunyai struktur yang merupakan hasil dari transkripsi atau hasil cetakan, hasil kopian dari DNA.

Dalam struktur sel terdapat RNA, Fungsi RNA sendiri yaitu membawa kode-kode genetik sesuai dengan pesanan DNA yang akan diteruskan ke keturunannya.

SEL TUMBUHAN DAN SEL HEWAN

struktur sel perbedaan sel hewan dan tumbuhan

Untuk memahami perbedaan antara sel prokariotik dan eukariotik, berikut tabel perbedaan yang bisa di cermati antara sel yang terdapat dalam sel tumbuhan dan sel hewan.

No Organ Sel Sel tumbuhan Sel Hewan
1 Dinding sel ada Tidak Ada
2 Membran sel ada Tidak Ada
3 Organ sel
a Nukleus ada Bagian tersebsar/Ada
b Retikulum Endoplasma ada ada
c Ribosom ada ada
d Badan Mikro
Peroksisom ada ada
Glioksisom ada Tidak Ada
e Kompleks Golgi ada (diktosom) ada
f Mitokondria ada ada
g Lisosom Tidak Ada ada
h Sentriol Tidak Ada ada
i Plastida ada ada
4 Vakuola ada kecil/tidak ada

Sel hewan termasuk dalam sel prokariotik sedangkan sel tumbuhan termasuk sel eukariotik.

Kesimpulan

Gimana sudah paham tentang struktur sel. lebih memahami materi ini coba ulangi materi di atas dengan membaca dan merangkum dalam tulisan. Cukup sekian semoga bermanfaat, kalo ada salah salah mohon koreksi

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply