1
20839

10 Tanaman Hias Daun yang Murah dan Mudah di dapatkan.

Hallo Sahabat King’S-  Udah pada liburan belum? Atau liburan kamu berdiam diri di rumah aja. Berbagai kegiatan di lakukan untuk mengisi kegiatan di rumah dikala liburan, salah satunya merawat tanaman hias daun.

Kegiatan menanam, merawat tanaman hias banyak di lakukan kaum wanita. Selain mengisi kegiatan diwaktu liburan, bisa juga menjadi kegiatan sehari hari bagi yang tidak bekerja, fungsi lain tanaman hias yaitu dapat mempercantik rumah anda.

Apakah kalian sudah tau jenis tanaman yang cocok untuk memepercantik rumah anda?

Disini saya akan berbagi informasi mengenai jenis tanaman hias yang cocok untuk rumah dan halaman anda.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang sering di gunakan diantaranya tanaman hias batang, tanaman hias daun dan tanaman hias bunga.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun sering menjadi pilihan, perbedaan mendasar terletak dari keindahan daun tanaman tersebut. selain banyak jenis pilihannya, perawatan jenis tanaman hias daun bisa di bilang lebih mudah. berikut jenis jenis tanaman hias daun yang sering ada di pekarang rumah.

1. Tanaman Hias Sirih Gading (Epipremnum Aureum)

tanaman hias sirih garding

Sirih gading merupakan jenis tanaman yang banyak di minati. Media tanam yang digunakan bisa di tanah, di pot besar, atau di pot gantung .

Sirih gading merupakan tanaman  merambat, dimana ciri daun-daunnya yang berbentuk lebar disertai dengan corak-corak putih dengan dominan warna hijau. Proses perawatannya pun sangat mudah, sirih gading  cukup disiram dalam dua hari sekali, meskipun di simpan dalam kondisi sedikit cahanya, tanaman hias ini akan tetap terjaga kesegarannya.

Dengan kemampuan adaptasi yang cukup bagus, sirih gading mampu hidup di suhu rendah seperti di ruangan ber AC, maka dari itu sebagian orang banyak mempergunakan sirih gading sebagai hiasan ruangan baik ruang kantor, ruang rapat ataupun ruang keluarga. Selain untuk memepercantik ruangan tanaman ini berfungsi sebagai penyerap racun-racun yang ada di udara.

cocok di area mana sih tanaman ini?

pertanyaan bagus, sirih gading sangat cocok di semua area yang ada di rumah, baik itu indor ataupun outdor. kemdian karena media tanamnya  di tempatkan di vas atau pot kecil, sehingga penempatannya bisa digantung, di dinding tembok, atau di lorong lorong taman.

2. Kuping Gajah (Anthurium)

Tanaman hias daun kuping gajah

Kuping Gajah- Siapa sih yang ngga tau jenis janaman hias daun ini? Tanaman ini hampir ada di setiap daerah di indonesia. Pasti kamu tidak asing dengan jenis tanaman hias ini, dengan ciri khas daunnya yang lebar menyerupai kuping gajah.

Tidak terlepas dari keindahan tanaman hias ini, perawatan kuping gajah cukup mudah, hanya membutuhkanbantuan cahanya dan air yang sedikit, tanaman ini bisa tubuh maksimal dan menghiasi pekarangan rumah, baik itu di pekarangan atau taman belakang rumah.

Harganyapun terbilang murah, menyebabkan kenapa tanaman ini sangat diminati. Sehingga kaum ibu-ibu tidak perlu berpikir lama untuk membelinya. Satuhal yang perlu di ketahui, kuping gajah hanya cocok di luar ruangan.

Kenapa demikian? Karena daunnya yang lebar menyebabkan butuh space yang lebar, sehingga kalau di simpan di dalam ruangan akan mengambil area yang cukup luas.

3 Pohon Palem hias/ Sago Plem (Cycas repoluta)

tanaman hias daun sago palm

Sago palem- bagi pecinta tanaman hias, pohon sejenis palem banyak di incar, keunikan dan keindahan daun yang berjejer menyusun di batang menjadi daya tarik tersendiri. Pada kondisi cuaca panas daun pada sago palm malah makin terlihat bagus dengan warna hijau gelap terang , memeberikan efek kilau pada daun.

Pada umumnya sago palem sering kita temui di pekarangan rumah yang  luas. Jenis tanaman ini sering di jadikan pilihan dikarenakan fungsi turunannya sebagai pengisi sudut ruang taman.

Disamping fungsinya sebagai pengisi sudut ruang di taman atau pekarangan, fungsi lain dari sago palem adalah memberikan efek teduh. Hal ini disebabkan oleh daun yang cukup lebar ketika pohon sudah dewasa. untuk proses perawatannya pun sangat mudah cukup di siram dan bersihkan gulma disekitar pohonnya saja.

Pada kondisi musim kemarau, jenis tanaman hias daun ini mampu bertahan, struktur daun yang tipis dengan susunan rapat menyebakan simpanan air di tumbuhan ini cukup untuk memenuhi kehidupannya.

4. Gelombang Cinta

tanaman hias daun gelombang cinta

Jika kita mendengar kata gelombang cinta, yang terpikirkan oleh kita adalah tanaman mahal yang diburu banyak orang. Beberapa tahun kebelakang gelombang cinta menjadi incaran, namun sejatinya apa yang menjadi daya tarik tanaman ini sehingga di buru banyak orang.

Jenis tanaman hias daun ini tentunya memiliki keindahan dalam struktur daunnya sendiri, bentuk nya yang bergelombang dengan warna hijau dasar memberikan kesan tersendiri bagi si pemilik.

Selain itu tanaman hias ini sering di pakai atau dijadikan hiasa-hiasan di halaman istana dan tidak jarang juga di simpan di dalam istana. Struktur daun dengan tulang daun yang tegas memberikan kesan ekslusifitas tersendiri. Namun sekarang tidak mahal seperti beberapa tahun kebelakang, gelombang cinta sudah banyak di perjual belikan di pedagang tanaman hias.

Apa aja sih manfaat dari gelombang cinta ini?

1. gelombang cinta dapat mempercantik taman ada (outdor) atau space ruangan anda (indoor)

2. Sebagai Penyejuk Ruangan, gelombang cinta melakukan melakukan fotosintesis. Nah fotosintesis ini kan mengubah gas CO2 menjadi gas O2 yang menghasilkan oksigen, sehingga menyebabkan ruangan segar.

5 Tanaman Hias Daun Walisongo ( Schefflera )

tanaman hias daun walisongo

Schefflera- atau yang kita kenal sebagai tanaman hias walisongo, merupakan jenis tanaman perdu bergerombol daunnya. Posisi daun seperti jari tangan yang menempel pada batang nya, warna hijau mendominasi namun ada beberpaa bagian daun berwarna coklat keputihan.

sudah tau manfaat tanaman ini?

apakah kalian seorang perokok? atau ada anggota keluarga yang merokok?

Nah sangat disarankan jika kamu seorang perokok untuk mempunyain jenis tanaman hias ini. Disamping fungsinya dapat mempercantik area pekarangan, tanaman walisongo mampu menetralisis racun yag di timbulkan oleh asap rokok. Tidak hanya itu manfaat lain dari tanaman perdu ini dapat menyerap racul dursalia yang ada di udara.

selain cantik jenis tanaman hias daun ini sangat mudah dalam perawatan sama seperti tanaman hias lain. Walisongo bahkan mampu hidup di daerah kering sekalipun. untuk cara perkembangannya bisa di lakukan dengan biji atau dengan cangkok.

media tanam yang dipakai berupa tanah, karena tanaman ini bisa tumbuh tinggi, pada umumnya walinsongo di tanam di depan atau di sudut pekarangan rumah. tanaman ini mudah untuk di dapatkan selain kareena manfaatnya, harga nya yang murah menjadi salah satu pilihan jenis tanaman hias daun yang diminati.

6. Tanduk Rusa atau Simbar Menjangan

tanaman hias daun simbar menjangan

Simbar menjangan- merupakan jenis tanaman hias efipit, yaitu jenis tumbuhan yang hidup menumpang di tembat lain, bisa berupa tumbuhan lain ataupun benda mati seperti tembok ataupun batu.

Dilihat dari struktur tanaman ini, tanduk rusa bukan lah sejenis batang atau daun, namun strukturnya lebih mendekati daun. Sehingga tergolong ke dalam jenis tanaman hias daun. Keunikan tanaman hias ini yaitu bentuk daun atau lebih tepatnya si sebut “ental” berbentuk seperti tanduk rusa.

Keindahan dari simbar menjangan terlihat dari bentuk daun seperti tanduk rusa yang bergerombol. Biasanya tanaman tanduk rusa di simpan di pohon yang berada di halaman rumah, tetapi jika tidak ada pohon bisa juga di simpan di tembok.

Cara mendapatkan tanaman hias ini cukup mudah, banyak para penjual tanaman menyediakan jenis tanaman ini. bagi yang suka menanaman sendiri, mengembangbiakan simbar menjangan cukup mudah, yaitu dengan cara memisahkan atau merampal anakan simbar menjangan dari inangnya.

Setelah dipisahkan bisa di tempelkan di pohon kemudian dikat, atau di media tanam pot tempel dengan memberikan sabut kelapa. Cara perawatannya cukup mudah tinggal bersihkan bagian ental yang sudah mati kemudian siram dan beri pupuk secukupnya.

7. Lidah Mertua

tanaman hias daun lidah mertua

Lidah Mertua- Jangan bayangkan ketika mendengan kata “lidah mertua” langsung kebanyang mertua yang galak. Meski namanya agak serem, namun jenis tanaman ini sangat indah ketika di tata dalam sudut sebuah ruangan. Nama lidah mentua dianalogikan karena tanaman hias ini berbentuk tegakan lurus memanjang ke atas dengan ujung yang runcing.

Dengan nama latin Sansevieria, tanaman hias ini menjadi salah satu tanaman hias yang di minati. Terbagi kedalam dua jenis, yaitu lidah mertua panjang dan lidah mertua mini. Lidah mertua tidak hanya sebagai tanaman hias, fungsi lain dari tanaman ini sebagai penyerap racun di udara seperti CO2, formaldehide atau benzene.

Selain itu sansevieria banyak digunakan sebagai obat wasir, diabetes, dan obat penyubur rambut. Di negara maju seperti Jepang lidah mertua di digunakan sebagai penghilang bau perabotan rumah tangga. Selain itu jika kita lihat dari kemampuan bertahan hidupnya, lidah mertua sangat kuat pada kondisi Ekstrem sekalipun, sehinnga perawatannya pun cukup mudah.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Bunga

Tidak hanya jenis daun yang banyak diminati, jenis bungapun menjadi pilihan. Tanaman hias bunga  adalah tanaman hias yang diliat struktur keindahannya dari bunga yang dihasilkan. dibanding jenis daun sebenernya jenis bunga lebih variatif dalam pemilihan warna, jika dibandingkan dengan jenis tanaman hias daun. berikut daftar tanaman hias bunga yang sering nongkrong dihalam rumah

Bunga Anggrek

Tanaman hias bunga Anggrek

Siapa sih yang tidak tau anggrek? hampir di seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia, anggrek menjadi incaran bagi para pecinta tanaman hias. Sejatinya anggrek menjadi bunga pavorit untuk di koleksi.  Nama latin bunga cantik ini Orchidaceae atau sejenis bunga angrek-anggrekan.

Anggrek menjadi salah satu tumbuhan dengan jenis bunga terbanyak.

Tanaman anggrek merupakan jenis tumbuhan efipit dimana dia hidup menempel di tumbuhan inangnya, namun untuk jenis anggrek yang menyebar di daerah tropik sepertiIndonesia, anggrek bisa berkembang biak di tanah secara langsung.

Nah bagi kalian yang ingin mempercantik halaman atau muka depan rumah bisa mengoleksi tanaman hias bunga ini. Warnanya yang mencolok memberikan kesan frees terhadap rumah. Berikut jenis-jenis bunga anggrek.

Penutup

Manfaat tumbuhan sangat banyak, terutama tanaman hias daun yang berfungsi untuk memperindah halam, ruangan rumah anda. banyak jenis tanaman hias yang bisa di tanam dan mudah dalam perwatannya.

Selain memberikan efek indah kepada rumah, anda pun menjadi lebih segar ketika setiap pagi melihat dedaunan yang hijau dan bunga yang berwarna warni. Mari memperindah lingkungan kita, kalo ngga sekarang kapan lagi, kalo ngga kita siapa lagi.

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply