26202

45 Jenis Tanaman Toga, Beserta Manfaat dan Cara Penggunaanya

Assalamualaikum wr wb, kali ini saya akan mengulas berbagai macam tanaman yang bermanfaat bagi kehidupan kita, terutama bagi kesehatan. Pernah dengar istilah tanaman toga? atau tanamman obat keluarga? kalo belum tahu ayok kita ulas bareng bareng

Kita tau bahwa Indonesia merupakan negara tropis dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Berbagai macam tumbuhan terdapat di negara kita, salah satunya tanaman obat. Pada hakekatnya tanaman obat merupakan tanaman yang berfungsi untuk kehehatan dan sering kita tanam pekarangan rumah.

Pengertian Tanaman Obat Keluarga (Tanaman Toga)

jenis-tanaman-obat-keluarga

Tanaman obat sudah di kenal dari zaman mesir kuno sampai zaman milenial seperti sekarang ini. Penggunaanya pun telah menyebar dari daratan Cina, Eropa, sampai Asia, tidak terkecuali Indonesia. Namun di era sekarang orang-orang lebih percaya akan obat-obat kimia, karena proses penyembuhannya yang cepat.

Namun ada sebagian orang yang memilih obat herbal, lebih populernya tanaman obat keluarga. Apa itu tanaman toga? Toga atau tanaman obat keluarga ialah tanaman berfungsi untuk menyembuhkan beberapa penyakit atau berfungsi sebagai obat kesehatan. Tanaman sudah diyakini bermanfaat bagi kehetan kita.

Jika kita deskripsikan lebih lagi, arti kata “obat” bisa bermakna dapat menyembuhkan baik rohani dan jasmani. Ada beberapa jenis tanaman yang dimanfaatkan karena keindahanya, fungsi sebagai pengobatan dan ada juga yang digunakan sebagai pengobatan alternatif, contohnya saja bidara.

Sudah tidak asing bahwa khasiat dan manfaat pohon bidara figunakan untuk penangakal, dari gangguan makhluk halus atau lebih kepada pengobatan rohani. Namun pada kesempatan ini tidak akan membahas tentang itu, yang akan dibahas lebih keapda tanaman yang ada disekitar kita dan bisa digunakan sebagai obat.

Untuk mengetahui apa saja jenis tanaman yang bisa digunakan berikut penjelasannya.

Jenis-Jenis Tanaman Toga Dilingkungan Sekitar

Berikut beberapa jenis tanaman obat keluarga, yang bisa dimanfaatkan baik secarara langsung, atau di olah terlebih dahulu.

1. Tanaman Toga Temulawak (Curcuma Zanthorrhiza)

Jenis tanaman toga

Sumber: Jagapati

Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman obat keluarga asli Indonesia, keberadaanyapun di sekitar kita. Jenis tanaman rimpang ini hampir mirip dengan kunyit, namun sangat berbeda. tanaman ini hampir bisa tumbuh di semua daerah tropis dengan daerah tanam berkisar 7-750 di atas permukaan laut.

Zat kurkumin dalam temulawak sangat bermanfaat bagi proses penyembuhan tubuh kita. Kurkumin yang terdapat di rimpang berfungsi sebagai zat anti inflamasi dan anti anti hepototoksik. Tanaman obat ini berkhasiat untuk beberapa penyakit.

Khasiat temulawak yaitu menurunkan tekanan darah, melawan kanker, masalah pencernaan, menambah nafsu makan. Hasil uji klinis yang dilakukan bahwa khasiat tanaman ini dapat memelihara fungsi hati. Kandungan katagoga yang dapat memperoduksi empedu, sehingga dapat menurun sebanyak 15-30 mg kurkumi kadar SGOT dan SGPT.

Cara membuat ramuan temulawak sebagai berikut, siapkan temulawak cuci hingga bersihh, kemudian, iris/geprek temulawak, setelah itu rebus. Hasil air rebusan minimal setengan dari air rebusan awal. Minum air hasil rebusan, bisa di tambahahkan gula, madu sesuai selera.

2. Tanaman Toga Putri Malu (Mimosa pudica)

Jenis Tanaman Toga Putri malu

Sumber : Pixabay

Mimosa pudica atau kita kenal sebagai tumbuhan putri malu sering kita ketahui sebagai tanaman liar yang tumbuh di pekarangan. Bahkan jika kita menemui tanaman ini cenderung di bersihkan karena dianggap sebagai tanaman liar, atau di jadikan mainan oleh anak anak.

Ternyata selain keunikannya ketika di sentuh, jenis tanaman ini memiliki sejuta manfaat sebagai tanaman obat. Tanaman dengan bunga berwarna pink ini memiliki zat tanin, mimosin dan asam pipekolinat. Seluruh bagian mulai dari akar, batang, daun dan bunga bisa di jadikan obat.

Tika kita mengetahui manfaat tumbuhan ini, alangkah bermanfaat karena bisa menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya mengatasi penyakit hepatitis, dapat meredakan batuk berdahak, mengatasi dan menyembuhkan reumatik, mencegah insomnia bahkan masalah vitalitaspun bisa di atasi.

Cara membuat ramuan dari tanaman obat putri malu, sama halnya jenis tanaman lainnyat. Karna penggunaan putri malu untuk penyakit dalam tubuh, baik daun batang dan akar biambil kemudian dibersihkan, setelah itu rebus sampai kira kira air berubah warna. saring air rebusan minum air rebusan secara berkala.

3. Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi)

Tenis tanaman Toga belimbing wuluh

Sumber: Pixabay

Sebagain orang kenal belimbing wuluh sebagai bahan/bumbu dari masakan, rasa masam yang dihasilkan memberikan rasa segar terhadap citarasa masakan. Ternyata tanaman dengan nama latin Averhoa bilimbi memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Salah satu manfaat belimbing wuluh yaitu sebagai obat jerawat. zat anti jamurnya sangat ampuh mengusir bakteri dan jamur yang ada di kulit. Selain mudah di dapatkan, harganya pun tergolong murah.

Cara penggunaan rwmuan belimbing wuluh dalam mengobati jerawat sebagai berikut,  ambil beberapa biji belimbing wuluh, kemudian blender atau haluskan, tambahkan garam sebagai anti septik. Tempelkan hasil ramuan di permukaan muka yang ada jerawatnya, lakukan secara berulang.

4. Jenis Tanaman toga Daun Kelor (Moringa oleifera)

Jenis tanaman toga daun kelor

Sumber: Pixabay

Moringa oleifera merupakan jenis tanaman toga berupa pohon tegakan yang mencapai tinggi 7- 15 meter. Pohon kelor merupakan salah satu jenis pohon yang yang menghasilkan daun yang berfungsi sebagai obat, dan sering kita temuai di sekitar rumah, maka daun kelor termasuk tanaman obat.

Bahkan WHO sebagai organisasi kesehatan dunia, menetapkan daun kelor sebagai obat ajaib bagi bayi dan anak anak. Kenapa demikian karena efeknya yang sangat manjur namun harganya murah, sehingga bisa di gunakan di negara negara miskin di dunia.

Berikut manfaat Tanaman Toga Daun kelor

  • Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh
  • Membuat mata dan otak segar
  • Memperbaiki metabolisme tubuh
  • Meningkatkan stuktur sel tubuh
  • Meningkatkan sistem sirkulasi darah
  • Bersifat anti-peradangan
  • Memberi rasa sehat secara menyeluruh
  • Mendukung kadar gula normal
  • Mempercantik kulit
  • Meningkatkan energi
  • Memelihara sistem imunitas tubuh
  • Meningkatkan serum kolesterol alami
  • Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
  • Memudahkan pencernaan
  • Sebagai Antioksidan
  • Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal

5. Tanaman Obat Sambiloto ( Andrographis paniculata)

jenis tanaman toga

Sumber :Ulyas days

Jenis tanaman Toga yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Pada masa awal perkembangan tanaman obat sambiloto sudah ada sejak jaman dulu. Tertera dalam kitab jawa kuno Nicisastra yang menyebutkan khasiat sambiloto yang di pakai oleh keluarga keraton atau keluarga bangsawan.

Berikut beberapa manfaat sambiloto diantaranya:

  • mengatasi hepatitis
  • disentri basiler
  • infeksi saluran empedu
  • radang saluran napas
  • radang ginjal akut
  • radang telinga
  • kencing nanah
  • kencing manis
  • darah tinggi
  • keracunan jamur dan kusta.

Kajian farmakologi telah menyebutkan bahwa beberapa kandungan zat pahit adrorapholid. Zat tersebut berfungsi sebagai koleritik yang dapat meningkatkan aliran empedu, asam empedu dan garam empedu. Selain itu zat aktif ini mampu menghambat pertumbuhan sel kangker, payudara dan prostat.

6. Tanaman Toga “Kumis Kucing”

jenis tanaman toga kumis kucing

Orthosiphon aristatus

Kumis kucing merupakan tanaman terna, yang tumbuh subur di dataran 500- 1000 meter diatas permukaan laut. Orthosiphon aristatus adalah salah satu tanaman toga asli Indonesia, yang sudah diketahui manfaatnya sebagai obat dari dulu

Ciri-ciri kumis kucing mempunyai daun tunggal berbentuk lonjong atau belah ketupat, bergerigi di bagian sisisnya dan terdapat bintik-bintik di kedua permukaannya.

Batangnya berbentuk segi empat agak beralur dan berbulu pendek. Bunganya keluar di ujung cabang, berwarna ungu pucat atau putih. Seluruh bagian kumis kucing bisa dimanfaatkan sebagai obat setelah di anginkan dan dijemur di panas matahari.

Berikut salah satu Khasiat dari kumis kucing dan cara penggunaanya sebagai obat batu ginjal atau kencing batu. caranya ambil daun beserta batang kumis kucing kemudian campur dengan daun commelia communis dan kemiran ambil masing-masing sebanyak 30 gr.

Rebus ketiga campuran daun tersebut, selang beberapa saat, saring air hasil rebusan sajikan di gelas, dinginkan kemudian minum. lakukan secara berulang sampai penyakit berkurang.

7. Tanaman Herbal Obat Daun Dewa

Budidaya tanaman toga daun dewa

Sumber : Haloosehat.com

Gynura divaricata, merupakan tanaman jenis daun, daun dewa menjadi salah satu tanaman obat keluarga yang banyak manfaatnya.

Berikut beberapa sifat-sifat zat kimiawi,  yang dimiliki jenis tanaman toga  daun dewa : Antikoagulan, yaitu  menstimulasi sirkulasi darah, serta menghentikan terjadinya perdarahan dan mencairkan pembekuan darah, Diuretik, yaitu dapat meluruhkan kencing, Anti-toxic, yaitu dapat membersihkan racun dalam tubuh.

Pengobatan menggunakan daun dewa bisa secara langsung ataupun dengan ekstarak nya. salah satu penyakit yang sering di temui di masyarakat adalah  tekanan darah tinggi caranya  ambil tujuh lembar daun dewa yang  sudah tua. kemudian rebus daun, minum air rebusan 2 sampe  3 kali sehari.

Sedangkan untuk obat luka memar, bisa menggunakan daun dan umbi seberat 20 gr. Ditambahkan daun jarak yang masih segar 10 lembar. Lalu, haluskan ketiganya, setelah itu tempelkan pada daerah yang memar.

8. Wijaya Kusumah (Epipyllum oxypetalum)

manfaat tanaman toga wijaya kusumah

Sumber: matatiga

Epipyllum oxypetalum merupakan jenis tanaman obat kaktus berbunga. Batangnya yang kecil daun yang lebar serta dominasi warna putih. bunga ini sering di kaitkan dengan mitos. Arti wijaya kusumah yaitu kemenangan yang mutlak untuk seorang raja. Namun kita bisa menartikan di dunia kesehatan. berikut beberapa khasiat dari tanaman toga ini.

Manfaat tanamanini untuk Mengatasi Penyakit TBC

TBC adalah salah satu penyakit dimana pasien mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh. penyakit yang disebakan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis biasanya menyerang paru paru. Jika kalian mengalami gejala penyakit ini sangat disarankan untuk  mengkonsumsi bunga wijaya kususma.

Kandungan zan dan nutrisi di dalamnya sangat efektif untuk menghilangkan virus penyebab TBC, caranya rebus bbeberapa bunga wijaya kusumah, untuk memberikan rasa bisa tambahkan madu atau gula merah, sajikan dan minum setelah dingin

Khasiat Tanaman Toga dapat Mengobati bengek (sesak nafas)

Bengek atau asma merupakan gejala sesak nafas, penyakit ini tidak pandang bulu menyerang semua jenis umur, baik anak-anak ataupun orangtua. salah satu cara untuk mengobati sesak nafas yaitu dengan bunga wijaya kusumah, dibanding obat-obat kimia yang beredar di apotek tanaman ini tidak menimbulkan efek samping.

Caranya sangat mudah ambil beberapa kuntum bunga wijaya kusumah, rendam di air yang cukup banyak, kemudain tim, stelah mateng bisa di minum air hasil rebusan tadi. contoh lain manfaaat wijaya kususmah dapat mengatasi radang tenggorokan, nyeri lambung gartritis dll.

9. Jenis Tanaman Toga buah Blustru

Jenis tanaman toga buah blustru

                                                                    Sumber : Belajar kreatif

Ciri tanaman blustru adalah jenis tanaman terna daun daunnya yang merambat, tanaman toga ini ciri khas seluruh bagian dari tanaman blustru bisa digunakan untuk pengobatan herbal. Blustru di budidayakan namun ada juga yang liar tumbuh bebas di semak-semak belukar.

Blustru mengandung senyawa cucurbitacin, luffein, citrulline dan saponin triterpen yang berkhasiat untuk meredakan bisul, mimisan, batuk , esak, pencahar ringan (laksatif), penghenti perdarahan (hemostatis), peluruh dahak, sukar buang air besar, serta obat  haid tidak teratur.

Untuk mengatasi gejala haid yang tidak tidak teratur,  caranya siapkan buah blustru sebnyak 4 jari, kemudian parut atau bisa juga di blender jangan lupa cuci dahulu. Tambahkan garam halus  juga air matang, aduk sampe rata kemudian peras dan sajikan.

Minum air perasan buah belustru, minumlah sehari 3 kali , akukan secara terus menerus sammpai haid kamu normal kembali.

10. Tanaman Herbal Kemuning

jenis tanaman toga kemuning

Sumber: Jemuin

Pohon Kemuning merupakan pohon khas tropis, pertumbuhann nya bisa mencapai 7 meter. Ciri daun kemuning berukuran kecil daunnya mirip dengan daun jeruk. Ciri bunga kemuning berwarna putih melingkar majemuk di batang dan bagian tengah berwarna kuning.

Dalam daun kemuning terdapat zat cadiene, methyl anthranilate, eugenol dan coumurin. Sedangkan pada bunga kemuning terdapat zat scopoletin. Buah kemuning mempunyai rasa pedas, pahit, hangat sehingga berkhasiat sebagai pemati rasa, penghilang radang, penghalus kulit dan memperlancar darah.

Tanaman kemuning merupakan jenis tanaman toga sejuta manfaat semua bagian pohon berkhasiat untuk melawan penyakit. Baik itu daun, ranting, buah, dan akarnya. salah satu kebiasaan masyarakat minangkabau memanfaatkan akar kemuning untuk tangkai pisau/ golok karena sifatnya yang kuat dan motifnya yang bagus.

11. Tanaman obat keluarga Nona Makan Sirih

Khasiat tanaman toga nona makan sirih

Sumber :beritaokezone

Clerodendrum thomsonae merupakan nama latin dari tanaman nona makan sirih. Tanaman toga ini memiliki ranting muda yang berbentuk segi empat dan daunnya berbentuk bulat telur memanjang. Tanaman dengan bunga indah ini berasal dari afrika barat.

Bagian daun merupakan bagian yang sering di jadikan obat, adapun kandungan kimia dan efek farmakologi tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati panas dan racun. Selain itu bisa menyembuhkan penyakit radang selaput gendang telinga pada anak-anak dengan cara diminumkan.

Cara membuat ramuan tanaman nona makan sirih untuk radang kronis selaput gendang telinga. Ambil daun kira-kira 10-20 gr, cuci bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air.  Tunggu sampe air rebusan menjadi satu gelas, kemudian saring dan sajikan. ulangi step tersebut setiap hari, diminum pagi dan sore.

13. Jenis Tanaman Toga Waru Lengis

Budidaya tanaman toga waru lengis

Sumber: Siapbagi

Agak asing mungkin ketika kita mendengar jenis tanaman waru lengis, apalagi masyarakat yang tinggal di kota. Namun kalo di beberapa daerah terutama di kampung, daun pohon ini di jadikan bungkus makanan, atau makanan yang ada di hajatan.

Jika kita perhatikan dan mengenal waru lengis ternyata termasuk tanam toga yang banya digunakan untuk obat keluarga. bagian yang sering digunakan adalah akar, daun dan bunga. waru lengis bermanfaat untuk penyakit, batuk, radang amandel, rambut rontok, penyubur rambut.

14. Tanaman Herbal Daun Sirih

Budidaya tanaman toga daun sirih

Sumber: SehatAfiat

Daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman toga yang sudah di kenal berkasiat sebagai obat. Ciri-ciri tumbuhan tanaman ini  merambat panjangnya bisa mencapai puluhan meterdan numpang pada batang tanaman. Daunnya kilau ketika kena cahaya matahari, berwarna hijau, dan berbentuk menyerupai gambar scop pada kartu.

Ciri-ciri tumbuhan ini memiliki batang dengan permukaan kulit kasar berwarna hijau kecoklatan. Daun sirih biasa digunakan sebagai obat-obatan tradisional.  Sering kita temui suka di kunyah sebagai campuran me-nyirih oleh nenek-nenek yang berfungsi untuk menguatkan gigi.

Daun sirih bisa dimanfaatkan untuk mengurangi produk ASI yang berlebihan, keputihan, asma, bronithis, alergi, diare, batuk, sakit gigi berlubang, dan sakit mata.

15. Tanaman Toga Akar Wangi

Jenis tanaman toga Akar Wangi

   Sumber : Floradanfauna

Akar wangi merupakan tanaman asli India namun penyebarannya sampai keseluruh asia khusunya negara tropis. Batang akar wangi lunak, berwarna putih dan beruas-ruas, ciri-ciri tanaman ini yaitu jenis tanaman rumpun, tingginya mencapai 1 meter.

Daunnya tunggal berbentuk pita dan berujung runcing. Sistem akarnya termasuk akar serabut dan berwarna kuning. sampai saat ini akar wangi menjadi salah satu produk andalan dengan nilai komoditi yang cukup bagus.

Kandungan minyak atsirinya menjadikan khasiat akar wangi untuk mengobati reumatik, atau wewangian. Selain itu digunakan juga sebagai pengharum mulut. Akar wangi berkhasiat untuk mengatasi bau mulut dan rematik. Bagian yang digunakan yaitu akarnya.

16. Tanaman Toga Mengkudu (Morinda citrifolia)

Tanaman Toga Mengkudu

Sumber: Pixabay

Pohon mengkudu merupakan tanaman asli Asia Tenggara yang menghasilkan buah mengkudu. Ciri-ciri buah mengkudu berbentuk bulat dengan bintik-bintik ditengahnya. Mengkudu bisa tumbuh di dataran rendah sampai dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Pohon mengkudu tidak begitu besar tapi tingginya bisa mencapai 3-8 meter. Daunnya berwarna hijau dengan panjang 20-40 cm dan lebar 7-15 cm. di dalam buah mengkudu terdapat zat zat penyembuh seperti

Zat Terpenoid dimana kandungan zat ini mampu membantu proses sintesis organic yang berguna untuk pemulihan sel-sel tubuh.

Kandungan yang penting dengan lengkap didapat dari buah mengkudu yaitu Protein, vitamin, mineral dan ntioksidan bernama selenium yang terdapat pada buah mengkudu merupakan salah satu jenis antioksidan yang hebat.

17. Jahe Merah

manfaat jahe merah

Tidak asing sebenarnya jika kita mengetahui tanaman yang berfungsi sebagai bumbu dapur ini. Namun pada ada beberapa jenis jahe yang di husukan untuk obat.  Contohnya saja Jahe merah, banyak yang menggunakan tanaman ini untuk mengobati penyakit, yang kdang sering kita alami.

Manfaat jahe merah sudah dibuktikan, baik secara medis maupun tradisional. Jahe merah biasanya digunakan untuk mengobati pegal, pegal kurang enak badan dan masuk angin. untuk penggunaanya pun cukup mudah cukup diolah menjadi minuman dan menambahkan gula pada air rebusan.

Budidaya Tanaman Obat

Dari semua contoh tanaman yang disebutkan di atas masih banyak lagi contoh lainnnya. Yang jadi pertanyaan bagaimana cara memperoleh tanaman tersebut? dengan membelinya kah atau bagaimana? Cara terbaik untuk memperolehnya dengan membudidayakan tanaman-tanman tersebut.

Budidaya tanaman obat bisa di lakukan dan sangat mudah baik di lingkungan sekitar seperti halaman rumah, pekarangan belakang atau kebn khusus. biar tidak pusing berikut cara budidaya tanaman toga

Cara Budidaya Tanaman Obat Keluarga

Cara budidaya tanaman obat sangatlah mudah. Karena pada intinya kita akan memanfaatkan pekarangan rumah untuk di tanami tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat.

berikut beberapa media tanam yang bisa dijadikan pilihan:

  1. Tanah di halaman
  2. Pot kecil
  3. karung media tanah
  4. Polybag media tanah

Tahap selanjutnya anda, mempersiapkan bibit tanaman yang akan anda tanam. Jika bingung memilih jenis tanaman toga di atas bisa jadi pilihan. setelah bibit siap, maka anda bisa pilih media tanam yang sesuai keinginan dan pas dengan tanaman yang anda pilih.

Setelah menentukan, tinggal tanam lakukan perawatan sederhana seperti pemberian pupuk, penyiraman, penyiangan dan usahakan terkena sinar matahari.

Jenis-jenis tanaman obat di atas atau yang lebih dikenal sebagai tanaman toga, hanya beberapa dari puluhan ribu apotik hidup yang bisa tumbuh di bumi indonesia. Dalam penggunaanya tanaman jenis tanaman herbal tidak lah sekali penggunaan langsung langsung sembuh. Namun harus di lakukan berulah kali. Semoga artikel ini bermanfaat terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply