1
154

Panduan Lengkap Tata Cara Sholat Tarawih + Bacaan dan Doa

Assalamualikum sahabat Muslim yang dirahmati Allah Swt.  Kali ini saya akan mencoba menulis tentang tata cara sholat tarawih yang biasa kita laksanakan pada bulan Ramadhan. Sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan, tidak terasa sudah tinggal beberpa bulan lagi.

Tulisan ini hanya bersifat informasi, jika ada panduan yang lebih jelas tentang dalil dan hadist bisa di pertimbangkan sesuai tingkat keilmuan yang di pahami.

Masih ingat waktu kecil dulu? Kadang kita semagat untuk mengerjakan ibadah sunnah ini, namun tidak jarang juga kita harus di paksa orang tua agar melaksanakan sholat tarawih ke mesjid.

Namun yang menjadi catatan jangan sampe kita melaksanakan sholat tarawih tapi tidak melaksanakan puasa, Atau bisa saja melaksanakan puasa namun batal karena tidak tau hal-hal yang membatalkan puasa

Okeh tidak menunggu lama beriku pembahasan mengenai sholat tarawih

Pengertian Sholat Tarawih

tata cara sholat tarawih

 

Tarawih, berasal dari bahasa arab bentuk jamak dari kata  تَرْوِيْحَةٌ (tarwiah) yang artinya  “duduk”. sedangkan menurut istilah tarawih adalah duduk setelah sholat 4 dimana ada istirahat di dalamnya.

Sholat sunnah mua’kad ini dilaksanakan setelah ba’da Sholat Isya pada bulan Ramadhan. Pelaksanaan Sholat Tarawih bisa dilakukan sendiri-sendiri atau secara berjamaah.

Aisyah Radhiyallahu anhuma ditanya: “Bagaimana shalat Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada bulan Ramadhan?.

Dia menjawab, “Beliau tidak pernah menambah -di Ramadhan atau di luarnya- lebih dari 11 raka’at. Beliau shalat empat rakaat, maka jangan ditanya tentang bagusnya dan lamanya. Kemudian beliau shalat 3 raka’at.” [HR Bukhari]

Tata Cara Sholat Tarawih

Fakta unik Sholat Tarawih yaitu, beberapa riwayat menyatakan bahwa Rasullulah Sallahu a’laihi Wasalam hanya melakukan Sholat Tarawih sebanayk 3 kali secara berjamaah. Hal ini di khawatirkan karena takut Sholat Tarawih menjadi wajib hukumnya.

Sejarah  Sholat Tarawih

tata cara sholat tarawih

Pada suatu ketika di malam bulan Ramadhan, Rasullulah Sallahu a’laihi Wasalam keluar menuju masjid untuk melaksanakan sholat malam. Dihari pertama para sahabat ikut dan bermakmum di belakang. Ketika fajar menjelang masyarakat mendiskusikan apa yang Rasullulah Sallahu a’laihi Wasalam lakukan di malam bulan ramadhan.

Kemudian pada malam berikutnya mulai bertambah makmum sampai mesjid penuh sesak. Namun pada hari ke empat Rasullulah Sallahu a’laihi Wasalam tidak keluar dari rumah sampai jemaah membubarkan diri. Sehingga malam selanjutnya sholat tarawih di lakukan sendiri-sendiri sampai wafatnya rosul.

Begitupun pada masa ke khalifahan Abu Bakar Sidiq Rodialohu’anhum tata cara Sholat Tarawih masih dilakuakn sendiri-sendiri. Kemudian pada awal ke ke khalifahan Umar bin Khatab Rodiallohu’anhum, Sholat Tarawih di lakukan secara berjamaah. Sebagai mana hadist yang terkenal ” Sebaik-baiknya bi’dah adalah ini (sholat tarawih yang berjamaah)”

Rakaat Sholat Tarawih

Tata cara Sholat tarawih terbagi 2 cara dalam pelaksanaan berdasarkan jumlah rakaat rakaat shalat tarawih

  1. pelaksanaan 2 rakaat, kemudian salam
  2. pelaksanaan 4 rakaat, tanpa tasahaud awal kemudian salam.

Pada zaman Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup, Sholat Tarawih di laksanakan sebanyak 8 rakaat. Hal ini didasarkan agar tidak menjadi sesuatu yang memberatkan bagi umat.

Kemudian pada zaman khalifah Ummar bin khatab, beliau mendawamkan menjadi 20 rakaat dengan 3 rakaat Sholat Witir. Jadi jika kita melaksanakan sholat tarawih mau yang 8 ataupun yang 20 rakaat semuanya benar, yang tidak benar itu orang yang tidak melaksanakan tarawih.

Niat Sholat Tarawih

niat sholat tarawih

Sumber: imformazone

Pelaksanaan Sholat Tarawih dikerjakan sesudah sholat wajib waktu Isya. Untuk kita melaksanakan ibadah ini dilakukan secara berjamaah, dan sendiri-sendiri.

Niat bacaan Sholat Tarawih

  أُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيحِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُومًا/إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Ushalli  Sunnatat Taraawihii Rak’ataini (Ma’muman/Imaman) Lillahi Taala.
Artinya: ” Aku niat Salat Tarawih dua rakaat (menjadi makmum/ imam) karena Allah Ta’ala”

Pelaksanaan Tata Cara Sholat Tarawih

tata cara sholat Tarawih

Sumber: Selamat Morning Indonesia

Tata cara tarawih pada umumnya di awali dengan

  • Takbiratur Ihram
  • Doa Iftitah
  • Pembacaan Alfatihah
  • Pembacaan surat pendek
  • Ruku
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Tasahud akhir dan salam

Namun ada beberapa pengkususan dalam bacaan yang di baca pada setiap jenis sholat, tidak terkecuali tata cara sholat tarawih. Berikut pembacaan surat-surat yang disunnahkan pada Sholat Tarawih.

Pada rakaat pertama di mulai pada tanggal 1 Ramadhan sampai pertengahan Ramadhan surat yang dibaca setelah Al-fatihah adalah surat-surat di bawah ini. Sedangkan pada rakaat kedua pembacaan surat setelah Al-fatihah mebaca surat Al-Ikhlas.

Kemudian pada tanggal 15 sampai akhir Ramadhan untuk rakaat pertama membaca surat Al-qodr, dan rakaat kedua membaca surat-surat di bawah.

  1. At-Takaatsur
  2. Al-Ashr
  3. Al-Fiil
  4. Quraisy
  5. Al-Maa;uun
  6. Al-Kautsar
  7. Al-Kaafiruun
  8. An-Nashr
  9. Al-Lahab

Membacakan surat-surat seperti di atas tidak di wajibkan, kembali lagi kepada kemampuan masing masing. Dalam tata cara Sholat Tarawih Jika tidak menguasi pakailah surat-surat pendek yang dikuasai. Khusus untuk malam pertengahan sampai akhir ramadhan disunatkan membaca kunut pada rakaat terakhir sholat witir setelah I’tidal.

Sholat tarawih bisa dikerjakan sendiri atau berjamaah, jika di lakukan berjamaan biasanya disertakan bilal, berikut bacaan bilal.

Bacaan Bilal Sholat Tarawih 20 Rakaat

bilal sholat tarawih

Sumber: artikel.masjidku.id

 

Pada umumnya kita mengenal bacaan bilal yang berbeda di setiap daerah, namun tidak menjadikan masalah yang paling penting adalah kita melaksanakan. Ada beberapa versi bacaan bilal baik yang 8 rakaat ataupun yang 20 rakaat.

Dalam tata cara sholat tarawih berjamaah, ada seorang bilal, sebagai petugas pembaca beberapa panduan untuk makmum atau jamaah. Berikut bacaan bilal tarawih 20 rakaat

No Bacaan Bilal Jawaban Jamaah
1 صَلُّوْا سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةَ رَحِمَكُمُ اللهُ رَحِمَكُمُ اللهُ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ
2 فَضْلًا مِنَ اللهِ تَعَالَى وَنِعْمَةْ وَمَغْفِرَةً وَنِعْمَةْ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ
3 اَلْخَلِيْفَةُ اْلاُوْلَى سَيِّدُنَا اَبُوْ بَكَرْ الصِّدِّيْقُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ
4 فَضْلًا مِنَ اللهِ تَعَالَى وَنِعْمَةْ وَمَغْفِرَةً وَنِعْمَةْ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ
5 اَلْخَلِيْفَةُ الثَّانِيَةُ سَيِّدُنَا عُمَرُ ابْنُ الْخَطَّابْ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ
6 فَضْلًا مِنَ اللهِ تَعَالَى وَنِعْمَةْ وَمَغْفِرَةً وَنِعْمَةْ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ
7 اَلْخَلِيْفَةُ  الثَّالِثَةُ سَيِّدُنَا عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانْ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ
8 فَضْلًا مِنَ اللهِ تَعَالَى وَنِعْمَةْ وَمَغْفِرَةً وَنِعْمَةْ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ
9 اَلْخَلِيْفَةُ الرَّابِعَةُ سَيِّدُنَا عَلِيْ بِنْ اَبِيْ طَالِبْ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ كرم الله وجهه
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ
10 اَخِرُ التَّرَاوِيْحِ اَجَرَكُمُ اللهُ اَمِيْنَ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ
Bacaan Bilal Shalat Witir
1 صَلُّوْا سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةَ رَحِمَكُمُ اللهُ رَحِمَكُمُ اللهُ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ
2 صَلُّوْا سُنَّةَ رَكْعَةَ الْوِتْرِ جَامِعَةَ رَحِمَكُمُ اللهُ رَحِمَكُمُ اللهُ

Bacaan bilal Sholat Tarawih 8 rakaat

tata cara sholat tarawih bacaan bilal tata cara sholat tarawih bacaan bilal tata cara sholat tarawih

Keistimewaan Sholat Tarawih

Dari Ali bin Abi Thalib ra bahwa dia berkata: Nabi SAW ditanya tentang keutamaan-keutamaan tarawih di bulan Ramadhan. Kemudian beliau bersabda :

Baca juga Keutamaan bulan Ramadhan

Pada 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan :

tatacara sholat_terawih

Sumber: diansobarna.com

Malam Ke 1: Keistimewaan melaksanakan shalat tarawih pada hari pertama Ramadhan, adalah orang/manusia seperti orang yang tidak mempunyai doosa, seperti bayi yang baru lahir.

Malam ke 2: Keistimewaan pada hari kedua adalah, umat muslim yang mendirikan sholat tarawih akan di ampuni dosa-dosanya. dan dosa-dosa kedua orang tuanya.

Malam ke 3 :  faedah mendirikan sholat pada malam ketiga masih berkaitan dengan pengampunan. Allah akan mengampuni dosa-dosa yang sudah lalu jika kita dengan ibadah pada malam tersebut. dan Malaikatpun  berseru dibawah ‘Arsy: “Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat”

Malam Ke 4: Melaksanaakan shalat tarawih pada malam keempat pahalanya seperti sedang membaca kitab para nabi, aurat, Injil, Zabur dan Al-Quran.

Malam ke 5: Pahala melaksanakan shalat tarawih malam selanjutnya adalah, seperti pahala orang shalat di masjid suci Alah. yaitu Masjidil Haram masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha.

Malam ke 6 : Pahala shalat tarawih pada malam keenam ramadhan adalah Allah SWT, pahalanya seperti orang yang sedang melakukan tawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.

Malam ke 7: pahala mendirikan sholat tarawih pada malam ke tujuh yaitu seolah- olah ia mencapai derajat Nabi Musa a.s. dan kemenangannya atas Fir’aun dan Haman.

Malam ke 8: selanjutnya pahalaAllah Ta’ala memberinya apa yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahim a.s.

Malam ke 9 : Pahala yang Allah berikan jika kita melaksanakan sholat tarawih ada malam ke sembilan seolah-olah ia beribadah kepada Allah Ta’ala sebagaimana ibadahnya Nabi saw.

Malam ke 10 : Pahala pada malam ke  10 yaitu Allah Ta’ala mengaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat.

Pada Hari Ke 15 sampai 20 Bulan Ramadhan :

sholat taraweh berjamaah

Sumber : Rahasia Islam

Malam ke 11: Pahala pada malam ke 11 mendirikan tarawih ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya.

Malam ke 12: Keistimewaan shalat pada malam i12 adalah wajahnya bagaikan bulan di malam purnama saat hari kiamat.

Malam ke 13 :  Keistimewaan bagi siapa yang shalat pada malam ini adalah ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.

Malam Ke 14 : Para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya, bahwa ia telah melakukan shalat tarawih, maka Allah tidak menghisabnya pada hari kiamat.

Malam ke 15 : Siapa yang shalat tarawih pada malam ini maka Ia didoakan oleh para malaikat dan para penanggung (pemikul) Arsy dan Kursi.

Malam  ke 16 : Allah menerapkan baginya kebebasan untuk selamat dari neraka dan kebebasan masuk ke dalam surga.

Malam ke 17 : pahala mengerjakan sholat tarawih pada malam ke 17 ia(manusia) diberi pahala seperti pahala para Nabi.

Malam ke 18 : Pahala malam ke 18 adalah ketika  malaikat berseru, “Hai hamba Allah, sesungguhnya Allah ridha kepadamu dan kepada ibu bapakmu.”

Malam ke 19: Allah mengangkat derajat-derajatnya dalam surga Firdaus.

Malam ke 20 : Allah memberi pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan shalihin (orang-orang yang saleh).

Pada Hari ke 21 sampai 30 Bulan Ramadhan :

keutamaan sholat tarawih

Malam ke 21 :  pahala hari ke 10 terakhir pada malam ke 21 adalah Allah membangun untuknya sebuah gedung dari cahaya.

Malam ke 22 : pahala selanjutnya maka ia (manusia) akan datang pada hari kiamat dalam keadaan aman, bahagia, dan terhindar kesusahan.

Malam ke 23 : Semoga kita masuk surganya Allah, pahala mendirikan tarawih yang ke 23 Allah membangunkan untuknya sebuah kota di dalam surga.

Malam ke 24 : jika kalian ingin banyak dikabulkan doanya, dirikanlah sholat tarawih pada malam ke 24 maka , ia (manusia) memperoleh duapuluh empat doa yang dikabulkan.

Malam ke 25 : Pahala mendirikan tarawih pada malam 5 hari malam terakhir adalah Allah Ta’ala akan menghapuskan darinya siksa kubur.

Malam ke 26 : Pahala jika kita melaksanakan tarawih  pda malam ke 26, Allah mengangkat pahalanya selama empat puluh tahun

Malam ke 27 : imbalan yang Allah berikan jika kita melaksanakan sholat tarawih pada malam ke 27 yaitu, ia (manusia) dapat melewati shirath pada hari kiamat, bagaikan kilat yang menyambar.

Malam ke 28 : pahala msholat tarawih pada malam ke 28 yaitu Allah berjanji akan mengangkat baginya seribu derajat dalam surga.

Malam ke 29 : Pahala hari ke dua terakhir di bulan ramadhan yaitu Allah akan memberikan pahala seribu haji yang diterima.

Malam ke 30 : Allah berfirman:”Hai hamba-Ku, makanlah buah- buahan surga, mandilah dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku” (HR Majalis).

Keutamaan Bulan Ramadhan

keutamaan ramadhan

Sumber: Manfaatonline

Dalam sabdanya Rasulullah SAW membagi bahwa pada Bulan Ramadhan dibagi menjadi 3 bagian diantaranya :

Mari kita tingkatkan ibadah kita karena pada 10 hari pertama  Ramadan adalah Rahmat bagi kaum muslimin. Pada awal ramadan mulai dari hari ke 1 sampe 10 banyak sekali rahmat yang diturunkan Allah Swt. Oleh karena itu sebaiknya kita banyakk berdoa dan beribadah  agar senantiasa kita dalam rahmatNya.

Kemudian di pertengahan bulan ramadhan yaitu pada 10 hari kedua di Bulan Ramadhan adalah tepat di turunkannya maghfirah atau ampunan. Pada 10 hari kedua hendaklah kita lebih meningkatkan ibadah yaumi seperti memperbanyak sholat malam, berdoa dan dzikir.

Selain itu dianjurkan untuk banya-banyak  bermuhasabah diri atau bertaubatan nasuhah. Karena pada sepuluh hari kedua ini adalah kesempatan kita untuk meminta ampunan.

Kemudian sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan adalah penghindaran diri dari siksa api neraka. Pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan merupakan malam yang sangat di tunggu-tunggu.

Karena diantara malam-malam yang ganjil terdapat malam yang lebih baik dari seribu bula, yaitu lailatul Qadr. Maka dari itu mari kita memanfaatkan 10 malam terakhir agar kita bisa mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qodar.

Penutup

Demikianlah beberapa keistimewaan dan tata cara sholat tarawih pada bulan suci Ramadhan. Allah telah menyediakan begitu banyak keutamaan dalam bulan Ramandhan hendaknya kita mempersiapkan diri semaksimal mungkin, dan tetap konsisten dalam menjalankan ibadah. Semoga apa yang saya tulis menjadi informasi bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply