335

Tips Camping Bagi Pemula, Salah Satu pilihan Wisata Yang Mengasikan

Tips Camping Bagi Pemula- Bagi kalian yang masih newbie dalam dunia campin, warning! jangan sekali-kali camping tanpa persiapan yahh. Oh iya gw mau share pengalaman pertama camping bukan camping ala-ala pramuka SD.

Kesempatan ini gw dapet ketika seseorang sebut saja “mawar” dan teman-temannya ngajakin camping. FYI, tujuan camping beda-beda yah. Contohnya profesional traveller memiliki tujuan bukan sekedar menikmati alam, namun lebih dari itu, biasanya melakukan sebuah penelitian.

Nah kalo gw camping tujuannya memang liburan aja, biar weekend nya anti mainstream dan dapet foto bagus buat diupload.

Gw pengen berbagi pengalaman aja bagi sesama pemula, jangan sampe mengulangi kesalahan yang gw perbuat “kayak ngelakuin apa aja ya” hehehe,

Main Idea for Camping

ide camping

Main Idea

Pertama kali muncul ide camping sudah lama, namun belum direalisasikan, efek pembahasan yang berujung “Wacana” di WhatsApp. Kalian pasti ngerasain hal seperti itu,  merencanakan sesuatu tapi ga jadi, nah sama persis kayak gitu.

“Dul, ayok jadiin camping lah, jangan wacana aja ” pesan di WhatsApp dari mawar *nama samaran*

Singkat cerita akhirnya fiks ditentukan berangkat, satu minggu setelah diskusi ini itu di WA. Yeah akhirnya jadi juga, tapi yang jadi pertanyaan, camping nya dimana yah? budget nya berapa? apa saja yang dipersiapkan?.

Maklum pemula jadi serba ga tau, ya wes nanya aja sama prof google, jadi salah satu tips camping buat kalian langsung tanya google ya. Setelah searching dan mengajukan pertanyaan didapat kesimpulan seperti dibawah ini, wkwkwkwk

Tips Camping [Riset]

Riset adalah sebuah tahapan awal yang perlu dilakukan,mungkin bahasa kitanya mengumpulkan informasi seputar camping. Biar keren aja jadi gw pake bahasa ilmiah, kenapa harus ngelakuin tahapan ini? Yaps karena urgent banget masa gw mau camping tapi ga tau tempatnya dimana, jadi yang gw lakuin ada beberapa tahap brayyy

Ada beberapa tahapan dalam mengumpulkan informasi terutama untuk seorang pemula, jadi kalian harus cukup telilti ya

Menentukan Tempat/Lokasi

lokasi camping

Sumber: allaboutbandung

Tips camping pertama adalah menentukan lokasi. Tahapan ini berlaku buat yang newbie or expert karena lokasi menentukan prestasi. Ada beberapa pertimbangan dalam menentukan lokasi. Setelah menentukan lokasi yang gw lakuin yaitu mencari informasi sedetail mungkin, baik itu tranportasi ke tujuan, HTM dan fasilitas apa saja yang tersedia.

Dari beberpa list tempat ngecamp dibandung gw milih Bumi perkemahan Ranca Upas. Ranca Upas terletak di kawasan wisata Ciwidey yang sudah terkenal sebagai daerah dengan tujuan pariwisata Indonesia

Ohh iya kebetulan rumah gw di bandung yah, jadi dalam pemilihan tempat disesuaikan dengan tempat tinggal, biar mudah aja.

Menuju ke Ranca Upas mudah aja. Buat kalian yang di luar Bandung, cukup datang ke bandung, bagi yang kendaraan umum searching aja yah, banyak referensi nya, kemudian yang bawa kendaraan sendiri setelah tibanya dibandung tinggal buka google maps dijamin nyampe sesuai keinginan hehe.

Tips Camping Mempersiapkan Peralatan dan Perlengkapan

peralatan camping

Sumber: Phinemo

Tidak kalah penting yaitu alat tempur, yes seperti kita mau perang kalo ngga ada senjata yang ada bakal mati duluan. begitupun dengan camping, gw mempersiapkan dari jauh-jah hari.

Informasi yang beredar di Ranca Upas udah komplit mau nyewa apa aja perlengkapan dan peralatan camping lainya. FYI meskipun semua perlengkapan di lokasi tinggal sewa, harganya kurang bersahabat.

Ohh iya camping itu ada yang glamour tapi ada juga yang low budget. Gw cuma mau bilang hidup itu lebih asik berjuang dari nol dari pada langsung  serba ada, ungkapan ini gw pake dalam mencari perlengkapan.

Pencarian tempat sewapun dimulai dari nanya ke temen, google, tuakng tambal ban. Akhirnya dapet juga tempat sewa yang murah, ngga nyampe Rp 300 ribu udah dapet perlengkapan yang full set, ini gw sebutin perlengkapan yang di bawa.

  • Tenda
  • Sb (Sleeping bag)
  • peralatan masak (kompor gas portable)
  • peralatan makan
  • korek api
  • golok/pisau
  • logistik (mie, kopi dll)
  • lampu/ headlamp

Peralatan di atas yang mau gw sewa aja yah, karena masih sekitar satu minggu lebih ke hari H, jadi gw tag dulu. Peralatan lain seperti tas carrier/ransel, sepatu gunung, jaket, jas hujan, kamera, bandana sarung tangan, bawa sendiri alias udah punya kebetulan udah ada.

Peralatan yang di sebutin di atas buat dipake rame-rame alias kepentingan bareng-bareng. Setelah semua informasi di dapat dengan riset yang gw lakuin tinggal persiapan. catatan penting jangan lupa izin ortu ya, karena ridonya adalah do’a.

Tahap Persiapan Sebelum Berangkat

Tips camping selanjutnya adalah prepare before camping, Persiapan pun dimulai, temen-temen yang diluar bandung sudah on the way. Sebagai tuan rumah yang baik gw  menyiapkan perlengkapan kebutuhan kelompok, seperti yang gw sebutin di tahap riset, karena ini camping nya ala-ala pemula jadi ngga terlalu butuh persiapan fisik ya, yang penting lagi sehat aja.

Waktu itu sekitar hari Jumat pagi, gw berangkat ke tempat penyewaan yang sebelumnya udah di boking, tinggal tunjukin nota, kemudian barang-barang dikemas pulang deh. Oh iya ga langsung ke TKP ya, soalnya gw nge camp nya hari sabtu sampai minggu

“kalian harus persiapan ya, baik secara fisik maupun mental, tenang jangan takut, biar ga nyesel pas nyampe tujuan.” pesan di grup whatsApp dari salah satu temen gw. emhhh iyaa-iyaaa, lu aja tinggal berangkat gw nih yang capek kesana kesininya. Upss bukan curhat yahh

Setelah tahap riset dan prepare, tinggal berangkat aja ya, sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Inget cintai alam kita jangan buang sampah sembarangan.Selanjutnya jangan lupa foto-foto dan upload ya.

Woy yang ada disana yang ada disini semua ikut beraksi, setelah persiapan ini itu, tanya sana sini, bahas teksnis via grup WA yang cukup sengit. akhirnya jadi juga, kali ini liburan yang no hoax, no wacana dan no tipu tipu.

1.Titik Kumpul

titik kumpul camping

Setasiun Bandung

“gw udah nyampe stasiun nih” pesan dari temen via WhatsApp.

Karena masih cukup pagi sekitar jam 11.00 wib, terlalu siang kalau langsung berangkat ke TKP. Menyiasati hal tersebut gw ajak temen-temen untuk sarapan di salah satu tempat legendaris di Bandung yaitu Bubur H Amid. lokasinya deket bandasa Husen.

kira-kira jam 12.30 kita berangkat, karena kita menggunakan kendaraan pribadi alias motoran, jadi waktu yang di tempuh lumayan sekitar 2,5 jam. mungkin jadi referensi buat kalian gw lewat Jl Kopo terusan Soreang sampai Ciwidey.

Udara segar khas pegunungan terasa seketika pas udah nyampe depan pintu gerbang Ranca Upas. Harga tiket masuk disini murah Rp 10.00 untuk masuk dan Rp 10.000 untuk camping per malam, jadi bisa dibilang hanya dengan Rp 20.000/orang kalian udah bisa camping.

Cara Memasang Tenda

pariwisata indonesia

Dalam sejarah hidup gw ini kali pertama pasang tenda, meskipun udah tutorial sama om youtube ternyata cukup menyulitkan. Setelah keringetan dan ngga berhasil, datang juga pertolongan dari orang yang mungkin kasian ngeliat gw kesusahan. Ternyata mudah cuma memang belum pengalaman aja.

Ranca Upas, bumi perkemahan dengan segala fasilitas sangat bersahabat bagi gw yang pemula. Meskipun ada beberpa logistik yang ngga ke bawa disini banyak warung warung yang meyediakan kebutuhan camping, jadi slow aja.

Baru aja beres pasang, cuaca langsung gelap, selang beberapa menit langsung hujan, alhasil langsung masuk tenda. Selang beberapa menit hujan udah mulai reda. Ngga kerasa sebari becanda ngobrol ngelantur sana sini, udah maghrib aja.

Tips Membuat Api Unggun

api unggun camping

Api Unggun

Bukan camping namanya kalo sampe ngga nyalain api unggun. jam udah nunjukin pukul 22.00 WIB, kondisi cuaca angin kencang dan gerimis dengan suhu lima belas derajat . kebanyang kan dinginnya nusuk tulang, dengan kondisi seperti itu cocok buat nyalain api.

sekedar informasi kalian ga perlu bawa kayu dari rumah ya, di Ranca upas udah banyak penjual kayu bakar, harga nya Rp 15.000 per ikat, cukup sekitar 1 jam lah kalo di buat api unggun, sumpah men kehangatan yang haqiqi pas Api nyala.

Logistic Saat Camping

Tips camping

persiapan mie rebus plus kopi

Logistik paling simpel namun efek nya sangat besar, ya gw yakin 100% kalian pasti setuju kopi sama mie rebus. Cara nya simple banget cukup sediain air panas masukin mie instan, telor jangan lupa kasih cabe ya, bukan cabe-cabean tapi.

“Nikmat Tuhan manakah yang kau dustakan”

Nikmat yang menggambarkan mie dan kopi ketika dingin menerpa di cuaca bumi perkemahan. Waktu sudah menunjukan jam 01.00 sumpah gakuku men, yaudah gw mutusin tidur aja sampe nunggu fajar dateng.

Cara Menikmati Alam Indonesia

Ngga kerasa udah pagi aja, masih ngantuk dan cuaca mendukung untuk lanjut tidur, namun ga mau lewatin moment indah pagi hari. Memang sih acara inti dari camping ya waktu malem nya aja, cuma sayang juga kalau siang di lewatkan.

view tempat camping

Sunset di Ranca Upas

Pict di atas menunjukan sunset yang sungguh maha indah ya, ditemani secangkir kopi hangat, dan nasi uduk. Oh iya ada yang jual nasi uduk sama gorengan, mantep ga tuh di tempat camping ada yang jual. Ngga berselang berapa lama kita beres dan mutusin buat pulang.

Noted “SELAMA CAMPING JAGA KEBERSIHAN, JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN” inget Jaga alam kita

Mungkin cukup sekian Tips camping dari gw, kalo ada yang di tanyain komentar aja ya. hehehe

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply