176

Anda Pendaki Gunung? Pastikan Anda Pilih Sleeping Bag yang Tepat

Mendaki gunung merupakan kegiatan outdoor yang sangat banyak diminati menjadi aktivitas pilihan untuk berlibur, terutama untuk orang-orang penggemar pendakian gunung. Namun, dari sekian banyaknya barang yang harus Anda bawa saat sedang mendaki gunung, sleeping bag adalah item yang sangat penting dan dibutuhkan.

Kantung tidur memiliki peranan yang cukup penting dalam perlengkapan pendakian Anda, terutama bisa mencegah terjadinya hipotermia yang dikarenakan tubuh Anda mendapat suhu yang terlalu dingin. Saat ini, model dan jenis kantung tidur sudah mulai banyak macamnya dan pastinya tiap model memiliki kelebihannya masing-masing.

Mungkin karena terlalu banyaknya jenis kantung tidur yang beredar, tidak ada salahnya Anda melihat beberapa tips di bawah ini supaya Anda tidak salah membelinya dan menyesal.

Cari Tahu Kelebihan Bahan Sleeping Bag

sleeping bag
sumber: brollysheets.com.au

Sebelum Anda benar-benar membelinya, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu bahan apa yang dipakai oleh sleeping bag tersebut. Bahan umum yang biasanya dipakai terdapat 2 jenis, yakni serat sintetis dan bulu angsa. Tentu kedua bahan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Kalau kamu berencana camping atau naik gunung tetapi cuaca di luar sedang ekstrim, ada baiknya Anda membeli bahan serat sintetis. Bahan tersebut memiliki kelebihan yang lebih cepat kering saat terkena basah. Di sisi lain, Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang murah dan penggunaannya pun juga tahan lama.

Kekurangannya yaitu barang bawaan Anda akan semakin lebih berat karena serat sintetis cukup berat untuk dipacking. Berbeda kalau Anda membeli bahan bulu angsa. Anda akan lebih ringan membawanya tapi harganya pun juga lebih mahal.

Kenali Bentuknya Sleeping Bag

Selain mencari tahu bahannya, Anda pun juga harus tahu bentuk dan kelebihannya pula. 2 bentuk yang biasanya dibawa oleh para pendaki yaitu mummy dan tikar. Anda yang memilih bentuk tikar tidak akan kesulitan memakainya karena memiliki sifat yang lebih praktis dan sangat mudah digunakan. Cukup merentangkannya saja, Anda sudah bisa langsung menggunakannya untuk tidur.

Model tersebut juga menjadi pilihan yang banyak dipakai karena praktis dan bisa dijadikan bentuk mummy. Namun, sebelum membelinya, Anda harus memperhatikan kualitas resetlingnya. Resleting menjadi bagian dari bentuk tikar yang sangat penting untuk menutupi tubuh Anda dari udara dingin. Kalau bentuk mummy, Anda bisa mendapatkan kehangatan yang lebih. Udara tentu tidak akan mudah masuk karena sedikitnya celah sehingga Anda bisa lebih merasakan hangat.

Pilih Model yang Memiliki Penutup Kepala

Gunung rata-rata memiliki suhu yang dingin, apalagi Anda berada di puncaknya tentu suhunya semakin dingin. Jika tubuh Anda tidak mendapat kehangatan yang cukup, dipastikan Anda akan mudah terkena hipotermia. Karena itu, pilih sleeping bag yang memiliki penutup kepala agar kepala Anda juga terlindungi dari udara dingin.

Model yang memiliki penutup kepala juga bisa melindungi telinga Anda, karena telinga merupakan bagian tubuh yang sangat mudah atau sensitif terhadap udara dingin.

Dari sekian banyaknya toko disekitar rumah anda yang menjual pelengkapan mendaki, Bukalapak menjadi tempat yang pas untuk Anda yang ingin membelinya. Di Bukalapak, Anda bisa menemukan banyak macam bentuk dan model sleeping bag sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak hanya itu, Anda yang ingin membeli perlengkapan lainnya juga akan sangat mudah menemukannya di toko online Indonesia ini.

Saat Anda memesannya di waktu yang tepat, yakni saat banyaknya promo menarik berlangsung, Anda pun juga bisa membayarnya dengan lebih hemat. Metode pembayarannya juga berbagai macam. Jadi Anda bisa menyesuaikan dengan cara apa yang bisa Anda lakukan. Intinya, semua metodenya aman dan sangat mudah. Selamat berbelanja di Bukalapak.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply