5

5 Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan InsyaAllah Sehat dan Berkah

Olahraga saat puasa – Sebentar lagi kita memasuki bulan ramadhan karim, betapa bahagianya kmau sebagai umat muslim ketika memasuki bulan penuh keberkahsannya. Inti dari bulan ramadhan adalah ibadah wajib yang dilaksanakan selama sat bulan penuh yang dinamakan puasa ramadhan.

Selama 13 jam lebih kamu akan menahan rasa lapar dan hau, sehingga secara langsung suplai energi ke tubuh kamu akan berkurang drastis. Selain itu pola makan yang biasanya sehari 3 kali, pada bulan ini berubah, dengan di awali sahur dan di akhiri buka puasa.

Perubahan jam makan secara tidak langsung akan mempengaruhi sistem metabolisme dala fungsi organ di tubuh kita. Apakah pola perubahan itu seseuatu hal yang buruk atau tidak? Jelals jawabannya tidak.

Menurut beberapa penelitian puasa itu memberikan efek sehat bukan sakit. Namun bagaimana jika dalam kondisi puasa seseorang ingin berolah raga, atau seseorang dengan rutinitas pekerjaan yang gitu-gitu aja ingin olah raga demi menghindari kejenuhan?

Kemudian bagaimana dengan seseorang yang mempunyai pekerjaan di bidang olah raga sebut saja artis.

Kegiatan olahraga sangat baik bagi kesehatan namun bagaimana jika olahraga yang dilakukan pada bulan ramadhan dimana, sebagian dari kita melaksanakan puasa. Sebagaimana disebutkan di atas ketika puasa suplai energi kedalam tubuh sangat berkurang drastis.

Pada dasarnya olahraga saat berpuasa tidak ada salahnya, namun kita harus memperhatikan beberapa pertimbangan, agar kedua duanya berjalan sesuai porsinya.

Berikut bebera hal yang harus diperhatikan kika berolah raga pada waktu puasa.

5 Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan

tips olahraga saat puasa

Nah bagi kalian yang ingin tetap berolahraga ketika berpuasa, ada beberapa tips yang harus di perhatikan.

Bahkan adanya anjuran olahraga dalam islam agar tubuh kita sehat dan bugar, sehingga bisa melaksanakan ibadah dengan sempurna. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan, simak baik baik, penting bagi kesehatan

Baca juga artikel : Panduan Lengkap Tata Cara Sholat Tarawih Lengkap Bacaan Bilal

1 Waktu Olahraga Saat Puasa

Gimana masih semangat kan berolahraga waktu puasa? Harus dong. Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah pemilihan waktu ketika berolahraga pada saat puasa ramadhan. Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa olahraga pada waktu puasa tidak di perbolehkan. Namun tidak demikian adanya.

Seperti yang diberikan internasional islamicity bahwa olahraga yang dilakukan saat puasa ramadhan baiknya dilakukan ketika setelah berbuka, mengapa demikian? Krena kondisi tubuh ketika sudah berbuka kembali lagi kedalam kondisi sempurna, artinya asupan energi dan tenaga sudah kembali pulih.

Tidak demikian apa yang disampaikan Dr Saptawati yang disampaikan di kompas tentang olahraga saat puasa. Menurut beliau waktu terbaik olahraga pada bulan ramadhan yaitu ketika menjelang berbuka puasa.

Dikatakan bahwa cukup dengan 30-60 menit durasi olahraga menjelasng berbuka. Hal demiian disarankan karena ketika konndisi tubuh sudah terkuras energinya tidak selang dari situ sudah ada suplai energi waktu berbuka.

Nah tentunya penulis beranggapan bahwa pemilihan waktu puasa bisa disesuaikan dengan kondisi seseorang ketika berpuasa. Ketika anda ingin mengambil waktu padi hari contohnya keyika pagi hari sebelum berangkat kerja sah sah aja, dengan catatan olahraga itu tidak menyebabkan turunnya efektifitas kerja anada.

Selain itu pemilihan waktu puasa bisa dilakukan di akhir jam menuju berbuka, selain waktu yang digunakan sudah mendekati berbuka, kegiatan olahraga pada waktu tersebut bisa jadi salahsatu kegiatan ngabuburit atau menunggu waktu berbuka.

yang perlu dihindari jangan anda memilih waktu berbuka pada siang hari, dengan pertimbangan waktu berbuka masih lama, yang nanti kamu batal.

2 Jenis Olahraga yang dipilih Saat Berpuasa

waktu olahrata saat puasa

Tips kedua yang tak kalah penting adalah pemilihan jenis olahraga anda saat berpuasa. Perlu di ingat bahwa ketika anda berpuasa kondisi dan fungsi tubuh anda tidak dalam keadaan 100%, dikarenakan tidak adanya suplai energi dalam metabolisme tubuh.

Sehingga untuk menjalalnkan aktifitas tubuh kita secara tidak langsung mengambil energi dari zat zat yang terkandung dalam tubuh. Ketika berpuasa organ organ dalam tubuh secara langsung berkerja keras dalam melakukan metabolisme.

Dengan prinsip seperti itu kita sadar betul ketika puasa terasa lemas, namun bagaimana jika kondiosi tersebut digunakan untuk berpuasa? Sah sah saja dengan catatan olahraga yang dilakukan harus sesuai dengan kondisi fisik anda.

Karena dengan kita berolahraga secara otomatis organ tubuh semakin bekerja keras unntuk melakukan metabolisme, dengan demikian pilihlah olahraga-olahraga ringan seperti: berjalan kaki, joging, atau bersepeda.

Namun jika kondisi fisik seseorang mampu untuk melakukan dan dirasa kuat memilih olahraga yang berat silahkan saja, asal jangan sampe membatalkan puasa. Karena dengan memilih olahraga yang berat dikhawatirkan kondisi tubuh tidak siap

3 Perhatikan Asupan Makanan saat Berpuasa

makanan saat berpuasa

Ketika Ramadhan datang, tubuhkita hanya dikasih waktu dua kali untuk mengisi energi dengan suplai makan, yakni dikala sahur dan berbuka puasa (waktu maghrib). Pola waktu makan di bulan Ramadhan agak berubah dibandingkan dengan hari biasanya.

Selain itu, porsi makan yang tadinya banyak mungkin juga dapat berubah menjadi sedikit atau kebalikannya. Tetapi, usahakan ketika kita makan untuk konsisten memakan makanan dalam jumlah yang sama seperti hari biasanya. Jangan berlebihan dan juga tidak kekurangan.

Perlu diperhatikan juga untuk mengkonsumsiĀ  makanan yang mengandung zat nutrisi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral agar kebutuhan tubuh akan zat tersebut terpenuhi meskipun dalam kondisi berpuasa.

Salah satu zat yang penting adalah karbohidrat, karbohidrat adalah sumber kekuatan utama bagi tubuh. Karbohidrat bisa mengembalikan kadar glukosa darah yang menurun dikala berpuasa. Ketika berpuasa dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan mengandung serat (yang memiliki indeks glikemik rendah).

Mengapa demikian karena sangat diperlukan untuk menolong melepaskan tenaga secara perlahan sehingga energi dalam tubuh tak cepat habis.

Memakan makanan yang mengandung indeks glikemik rendah pada ketika berbuka puasa bertujuan untuk meningkatkan cadangan karbohidrat, meski sekiranya mengkonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi, maka kadar gula darah akan kencang meningkat namun akan cepat habis juga.

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dikala berbuka puasa untuk mengoptimalkan cadangan glikogen otot dan kemudian konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi ketika sahur untuk memperlambat pencernaan sehingga perut tak kencang kosong.

Ini merupakan taktik untuk mengurangi perasaan lapar selama berpuasa dan juga mempertahankan kekuatan jika kita ingin melaksanakan olahraga.

Makanlah makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan, daging, dan telor. Protein ialah zat yang diperlukan untuk pertumbuhan dan juga sebagai zat pembangun. Protein menolong memulihkan dan membetulkan sel-sel otot yang rusak dikala berolahraga.

Namun hindari makan yang berlebih ketika malam tiba, terutama makan yang mengandung karbo dan lemak tinggi. dengan mengkonsumsi maakanan yang seperti itu otomatis mendorong kerja usus ketika kita tidur. Selain itu akan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh. sehingga jika dilihat dari segi keheatan kurang baik.

Dengan kamu mengatur asupan yang ada dalam tubuh, kamu dapat memperkirakan kemampuan tubuh dalam olahraga saat puasa

4 Perbanyak Minum Air Putih ketika Sahur dan Buka

minum air putih olahraga saat puasa olahraga

Mungkin kalian pernah mendengar ada seseorang yang tidak merasa lapar ketika berpuasa, namun tidak tahan menahan haus nya berpuasa. Perllu kita ingat kembali bahwa 80% lebih tubuh manusia tersusun atas cairan maka jangan heran jika kita merasakan haus ketika berpuasa.

beberpa penelitian menunjukan bahwa seseorang bisa bertahan tanpa makan sampai puluhan hari namun untuk bertahan tidak minum hanya bertahan belsan hari saja.

Dengan demikian betapa pentingnya kita memeperhatikan asupan cairan kedalam tubuh terutama air putih. Tidak jarag kita mendengar seseorang mengalami dehidrasi dapat terjadi saat berolahraga apalagi dilakukan pada saat cuaca panas. Sehingga untuk mencegah hal ini terjadi, asupan cairan ke dalam tubuh harus diperhatikan.

Hal tersebut bisa di analogikan ketika kita berpuasa. asupan cairan yang disarankan adalah 1,5-2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas sedang perhari. Selain itu, Anda juga disarankan untuk membatasi melakukan aktivitas fisik di siang hari untuk mencegah dehidrasi.

Selain itu melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat di siang hari saat puasa dapat menyebabkan dehidrasi karena cairan tubuh hilang melalui keringat.

5 Perhatikan Kualitas Tidur agar Kuat Olahraga Saat Puasa

kualitas tidut saat puasa

Sering kali menjadi pertanyaan yang terus berulang, yang harus diperhatikan itu kualitas tidur atau kuantitas tidur?

bebrpa media menyatakan bahwa tidur berkualitas itu tidur dengan jangka rata-rata orang dewasa selama 7-9 jam. Namun pada kenyataanya ada yang cukup dengan 8 jam, atau kurang dari itu. Kualitas tidur yang dimaksud merupakan kualitas tidur dengan pendekatan kuantitas.

Artinya kualitas tidur anda di hitung berapa lama anda tidur. Namun kika kita lihat dari definisi kualitas itu sendiri, bahwa kualitas tidak mempertimbangkan angka namun subjektifitas yang di rasakan oleh objek yang menjalaninya.

Dalam kasus ini kualitas tidur seseorang dikatakan bagus jika memiliki ciri ciri sebagai berikut:

  • Saat Anda sudah berada di tempat tidur, Anda langsung bisa tertidur. Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa tidur.
  • Anda bangun tidur dengan perasaan segar, seperti tenaga Anda sudah terisi kembali.
  • Anda merasa siap untuk menjalani hari Anda dan mampu bekerja produktif sepanjang hari.
  • Anda tidur dengan nyaman dan tenang, tidak mendengkur, mengalami kesulitan dalam bernapas, gelisah, atau masalah tidur lainnya.

Dalam kaitannya tidur saat berpuasa dan hubungannya dengan olahraga adalah bagaimana dengan kita beristirahat dan berolahraga bisa meningkatkan ibadah kita di bulan ramadhan.

Dengan kualitas tidur yang baik secara otomatis keseokan harinya meskipun dalam kondisi berpuasa kita siap menjalani aktifitas termasuk melaksanakan olahraga.

Dan bagi kalian yang berpuasa ramadhan tentunya sudah tau tentang apapun yang dilakukan ketika puasa itu adalah ibadah, termasuk tidur dengan niatan daripada melakukan hal yang sia-sia.

Disarankan juga untuk tidur siang hari atau qailullah, dengan tujuan sejenak istirahat untuk mengembalikan tenaga saat berpuasa.

Penutup

Giaman masih berminatkan berolahraga krika nanti datangnya ramadhan? Harus tetep semangat yah agar tetap fokus dalam beribadah, terutama ibadah di bulan ramadhan

Sebagai penutup olahraga saat puasa itu boleh boleh saja dengan memperhatikan tips tips diatas. MEngapa demikian agar puasa kita bisa jalankan dengan tubuh dalam kondisi prima artinya sehat walafiat. Jangan sampai kita sakit karena tidak atau jarang berpuasa. Cukup sekian kurang dan lebihnya mohon maaf, Semoga bermanfaat allahua’lam

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply